21 Kuliner Khas Banten Yang Unik, Menggoyang Lidah Dan Wajib Dicoba

Banten dengan keberagaman kabupatennya menyimpan hidden gem berupa aneka kuliner khas yang maknyus. Siapa yang tidak mengenal daerah Tangerang, Serang atau Pandeglang? Saat berlibur atau kebetulan berkunjung ke Banten, kamu wajib meluangkan waktu untuk berwisata kuliner. Kulinernya merupakan percampuran antara budaya Sunda dan Betawi yang memang kental di Banten. Selain enak, harganya juga ramah di kantong sehingga kamu bisa makan puas tanpa khawatir. Sudah mulai lapar? TripZilla punya beberapa tempat yang bisa jadi referensimu untuk menemukan beragam kuliner khas Banten yang menggugah selera, cek di bawah ini ya!

1. Merasakan kehangatan di kuah Angeun Lada

Angeun Lada | kuliner khas Banten
Image credit: misshotrodqueen 

Meskipun dinamakan Angeun Lada, namun lada bukan bumbu yang dominan di menu ini lho! Dalam bahasa Sunda, angeun berarti sayur dan lada berarti pedas sehingga makna sesungguhnya adalah sayur pedas. Kuahnya yang merah memang bakal bikin penggemar rasa pedas panas tergoda. Bahan utamanya adalah sayur dan babat sapi yang dibumbui dengan daun walang, kencur, kemiri, bawang merah dan bawang putih. Salah satu tempat yang terkenal untuk menyantap kuliner khas Banten ini adalah di RM. Cep Udin Angeun Lada. Siap berkeringat saat menyantapnya?

Alamat:  Jl. Raya Serang Km. 01, Curug Sawer, Pandeglang, Banten
Jam Buka: Setiap hari, 08.00WIB – 22.30 WIB
Harga: Mulai dari 10,000 IDR

2. Menyeruput kuah rabeg yang manis dan berempah

Rabeg
Image credit: fanny_dcatqueen

Rabeg merupakan hidangan yang diolah dari daging sapi atau kambing dan sekilas nampak seperti semur. Tapi begitu mencoba kuahnya, kamu akan merasakan sensasi rasa sarat rempah, karena dalam semangkuk rabeg tercampur bumbu-bumbu seperti jahe, lengkuas, biji pala, kayu manis dan cabe rawit. Tidak hanya hangat, rasa pedas juga akan tercecap di lidahmu. Salah satu tempat populer yang menyediakan rabeg adalah restoran Rabeg Khas Serang H. Naswi. Hati-hati kalau menyantap rabeg dengan nasi panas, bisa-bisa kamu jadi ketagihan!

Alamat: Jl. Mayor Safei No.30, Kotabaru, Kec. Serang, Kota Serang, Banten
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 – 03.00 WIB
Harga: Mulai dari 17,000 IDR

3. Rasakan gurihnya sate bandeng yang lembut di lidah

Sate Bandeng | kuliner khas Banten
Image credit: Sate Bandeng Ibu Aliyah

Kalau mendengar kata bandeng, apa yang kamu bayangkan? Ikan berdaging lembut yang enak tapi durinya bikin repot? Bagi kamu yang menyukai bandeng dan tidak mau repot, sate bandeng ini wajib dicoba! Sekilas ikan bandeng yang ditusuk tampak gemuk dan menggoda dengan sedikit hangus di kulitnya hasil pembakaran. Duri pada sate bandeng sudah diambil sehingga tidak akan menusuk saat kamu makan. Ketika digigit, maka gurihnya daging ikan akan berpadu dengan rasa smoky yang nikmat. Bumbu-bumbu yang digunakan cukup sederhana semisal santan, garam, bawang merah, gula merah dan ketumbar. Saat ini kamu dapat menjumpai sate bandeng rasa original dan pedas, salah satunya di Sate Bandeng Ibu Aliyah. Nyam nyam!

Alamat: Jl. Lopang Gede III, Lopang, Kec. Serang, Kota Serang, Banten
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 – 20.00 WIB
Harga: Mulai dari 40,000 IDR

4. Sate bebek yang sedap dan anti mainstream

Image credit: foodiesmemories

Kelihatannya memang seperti sate biasa dengan baluran bumbu kecap, tapi kuliner khas Banten ini terbuat dari daging bebek dan menjadi makanan khas di Cibeber. Pengolahan daging bebek untuk sate ini tidak mudah karena untuk menghilangkan bau amis dan membuat daging empuk, bebek harus direndam dalam bumbu selama satu hari sebelum dibakar. Namun begitu sudah dihidangkan, kamu akan merasakan daging yang penuh citarasa berpadu dengan bumbu seperti ketumbar, kunyit, kemiri, lengkuas dan merica. Sate bebek dapat dimakan dengan atau tanpa kuah kecap. Datang saja ke Sate Bebek H. Syafei yang terkenal untuk menikmatinya ya!

Alamat: Jl. Raya Cibeber, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, Banten
Jam Buka: Setiap hari, 11.00 – 22.00 WIB
Harga: Mulai dari 18,000 IDR

5. Mengunyah legitnya ketan dan gurih serundeng di ketan bintul

Image credit: traveloreat.eair

Ketan bintul ini adalah bukti bahwa makanan yang dengan penampilan sederhana itu juga bisa terasa nikmat. Memang bahan utamanya hanyalah beras ketan yang ditumbuk lalu dikukus dengan santan sehingga menjadi ketan yang legit nan gurih. Tapi coba saja kalau kamu sudah mengunyahnya bersama dengan taburan serundeng, seporsi bisa tandas dengan cepat! Selain disajikan dengan serundeng dan bawang goreng, ketan bintul juga dapat ditambahkan empal. Rasa ketan yang netral memang cocok untuk dipadukan dengan lauk yang bercitarasa kuat. Penasaran? Coba datang ke Ketan Bintul Teh Ipah dan cicipi kombinasi asyik ini!

Alamat: Jl. Maulana Hasanudin No.82, Kotabaru, Kec. Serang, Kota Serang, Banten
Jam Buka: Setiap hari, 01.00 – 17.00 WIB
Harga: Mulai dari 15,000 IDR

6. Sumsum gurih dipadu nasi bakar dalam sebungkus nasi bakar sumsum

Nasi Sumsum | kuliner khas Banten
Image credit: Nasi Bakar Sumsum Pisang Mas

Sumsum yang ada di dalam tulang memang enak karena punya citarasa gurih yang kaya. Bayangkan kalau sumsum itu diolah bersama nasi yang lalu dibakar, tentunya bakal bikin air liur menetes! Selain sumsum, di dalam nasi bakar juga dicampurkan oncom atau teri sehingga rasanya makin nendang. Salah satu pedagang nasi bakar yang bisa kamu sambangi adalah Nasi Bakar Sumsum Pisang Mas. Saat daun pisang dibuka, aroma nasi yang harum akan langsung menggelitik hidungmu. Satu porsi bisa habis tanpa terasa!

Alamat: Pisang Mas, Jl. Veteran No.30, Cipare, Kec. Serang, Kota Serang, Banten
Jam Buka: Setiap hari, 15.00 – 23.00 WIB
Harga: Mulai dari 15,000 IDR

7. Sayur besan yang jadi hidangan wajib dalam pernikahan Betawi

Sayur Besan | kuliner khas Banten
Image credit: adellaalgadrie

Sayur besan adalah hidangan yang sayang untuk dilewatkan karena faktor sejarah dan rasanya. Menu sayur besan wajib ada dalam prosesi pernikahan Betawi dan sesuai dengan namanya, dimasak untuk diberikan kepada keluarga besan. Rasanya pun nikmat dan komposisi bahannya tidak biasa. Kamu dapat menemukan terubuk di dalamnya, yaitu bunga tebu yang terasa seperti telur ikan saat dikunyah. Terubuk tidak mudah didapatkan, sehingga menu sayur besan ini jarang ditemui di luar acara pernikahan. Salah satu restoran yang menjual sayur besan ini adalah RM Betawi. Dicampur dengan petai, soun dan ebi, rasa sayur besan pasti akan membekas di lidahmu!

Alamat: RT 01 RW 01, Jl. Bayangkara Pusdiklantas, Paku Jaya, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 – 16.30 WIB
Harga: Mulai dari 20,000 IDR

8. Rasakan pedas dan asam yang berpadu dalam gerem asem

GEREM ASEM DPR kuliner KHAS BANTEN
Image credit: GEREM ASEM DPR KHAS BANTEN

Gerem asem yang terbuat dari daging ayam atau bebek ini dapat membuatmu berkeringat karena rasa asam dan pedas yang tercipta di mulut. Biar pun demikian, menu ini banyak penggemarnya karena terasa segar saat disantap, lho! Rasa asam dalam gerem asem ini muncul dari pemakaian asam jawa. Saat disajikan, bisa juga ditambah dengan sayuran agar isinya semakin lengkap. Kamu bisa berkunjung ke restoran Gerem Asem DPR untuk mendapatkan sepiring gerem asem dengan penampilannya yang menggoda ini.

Alamat: Pasar Lama Serang, Kota Serang, Banten
Jam Buka: Setiap hari, 11.00 WIB – 23.00 WIB
Harga: Mulai dari 25,000 IDR

9. Wangi dan kenyal kue pasung yang cocok untuk kudapan

Kue Pasung | kuliner khas Banten
Image credit: rumahlila

Jajanan pasar yang perlu kamu coba di Banten salah satunya adalah kue pasung. Meskipun terdengar seram, namun kue ini enak banget untuk dijadikan pengganjal perut. Terbuat dari campuran tepung beras dan tepung sagu, terkadang juga ditambahkan potongan nangka atau kelapa di dalamnya. Kue pasung khas Banten punya ciri spesial, yaitu digulung seperti corong menggunakan daun pisang. Penjual kue pasung ini dapat kamu jumpai di pasar-pasar tradisional, salah satunya di Pasar Taman Sari.

Alamat: Pasar Taman Sari, Cimuncang, Kota Serang, Banten
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga: Mulai dari 5,000 IDR

10. Renyah emping menes yang bikin mengunyah terus

Emping Menes
Image credit: Rumah Emping Orok Menes

Desa Menes merupakan sentra penghasil emping yang ada di Banten. Terbuat dari buah melinjo yang ditumbuk, kerenyahan emping ini cocok untuk kamu jadikan cemilan atau pelengkap saat makan nasi. Rasa pahit dari melinjo justru jadi salah satu faktor yang bisa bikin ketagihan. Selain original, kamu bisa menemukan emping yang sudah diberi rasa seperti rasa balado atau gula merah. Datanglah ke Rumah Emping Orok Menes untuk membeli emping yang bisa juga kamu jadikan sebagai buah tangan!

Alamat: Desa Menes, Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang, Banten
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 17.00 WIB
Harga: Mulai dari 12,500 IDR

11. Si kecil balok menes yang punya rasa unik

Balok Menes | kuliner khas Banten
Image credit: igendro

Balok menes ini berbentuk kotak dan sekilas tampak akrab di mata. Tetapi kuliner khas Banten ini punya komposisi bahan unik yang bikin penasaran untuk mencoba. Dibuat dari bahan utama singkong, rasa gurih dan aroma harum akan terasa di lidah. Kemudian sebagai pelengkapnya, ditambahkan serundeng dan bawang goreng. Maka muncullah rasa manis yang tidak biasa dan inilah yang dicari oleh para penggemar balok menes. Kamu dapat mencicipi balok menes di Balok Menes Pandeglang dan mungkin satu porsi nggak akan cukup!

Alamat: Jl. Raya Labuan – Pandeglang No.184, Karyasari, Cikedal, Kabupaten Pandeglang, Banten
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga: Mulai dari 5,000 IDR

12. Mengenyangkan perut dengan lepet yang padat berisi

Image credit: nanie_lembayung

Lapar sedikit atau lapar banget saat sedang jalan-jalan di Serang? Cobalah menggigit sepotong lepet atau leupeut, dijamin ampuh untuk membuat perut kenyang dan hati senang. Lepet adalah penganan dari beras ketan dicampur santan dan kacang sehingga akan terasa gurih. Untuk menambah rasa, terdapat berbagai jenis isian yang lazim dimasukkan ke dalam lepet seperti kacang tanah, kacang merah, kacang tolo atau jagung pipil. Lepet yang murah meriah ini dapat kamu temukan di Pasar Taman Sari dan sebaiknya beli beberapa buah supaya puas menyantapnya!

Alamat: Pasar Taman Sari, Cimuncang, Kota Serang, Banten
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga: Mulai dari 600 IDR

13. Lemang, si bulat yang khas dari Malingping

Leumeung
Image credit: egimardani

Kamu mungkin sudah pernah menyantap lemang atau leumeung ini di tempat lain. Namun ternyata lemang merupakan kuliner khas dari daerah Malingping di Banten. Adonan beras ketan dan santan kelapa kental dibakar dalam bilah bambu dan setelah matang, lemang hangat siap untuk disantap. Biasanya ditambahkan telur asin sebagai pelengkap lemang. Datanglah ke pasar-pasar tradisional di Malingping untuk membeli lemang ini. Sederhana, mengenyangkan dan enak!

Alamat: Jl. Raya Ps. Malingping, Malingping Selatan, Kabupaten Lebak, Banten
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga: Mulai dari 15,000 IDR

14. Kue apem putih, si manis yang lain dari yang lain

Kue Apem Putih
Image credit: elizatsonis

Kue apem memang sudah biasa, tapi kue apem putih ini merupakan kuliner khas dari Pandeglang, Banten. Dikenal juga dengan nama Pak Thong Ko, penjual kue ini mudah kamu temui di sepanjang jalan. Teksturnya lembut dan berongga, rasanya sedikit manis dan membuatmu ingin tambah terus. Umumnya kue apem ini disantap dengan cocolan berupa kinca alias gula merah cair, madu atau sirup. Untuk mengimbangi cocolannya yang manis, disandingkan dengan kopi pahit pasti nikmat banget!

Alamat: Kampung Kadubungbang, Kec. Cimanuk, Kabupaten Pandeglang, Banten
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 – 17.00 WIB
Harga: Mulai dari 10,000 IDR

15. Mengecap kepedasan pecak bandeng yang kondang

Image credit: RM Pecak Bandeng Sawah Luhur

Sambal yang melumuri pecak bandeng ini terlihat menantang bagi para pecinta kuliner pedas. Tidak heran kalau hidangan ini jadi menu populer di Serang. Pada masakan pecak bandeng, sambal dicampurkan langsung ke ikan bandeng yang dibakar. Jika membeli pecak bandeng, tersedia paket dengan nasi dan lalapan sekaligus, membuat acara makanmu makin mantap. Tempat yang terkenal untuk menikmatinya adalah di RM Pecak Bandeng Sawah Luhur. Tersedia juga pilihan pecak bandeng tanpa duri, mudah dimakan dan sama enaknya!

Alamat: Jl. Raya Pontang Km. 10, Kec. Kasemen, Kota Serang, Banten
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 – 19.00 WIB
Harga: Mulai dari 20,000 IDR

16. Nasi gonjleng yang aromatik dan menambah nafsu makan

Nasi Gonjleng | kuliner khas Banten
Image credit: kholidahtamami_olie

Aroma nasi gonjleng ini mirip seperti nasi kebuli karena dibumbui dengan pekak dan kapulaga. Menurut warga Cilegon, asal nama nasi gonjleng adalah karena nasi ini dimasak dan dinikmati bersama-sama. Proses dalam membuat kuliner khas Banten ini disebut juga dengan gonjlengan. Selain dibumbui, nasi diberi lauk daging kerbau, sapi, kambing atau ayam. Lauk daging yang lezat ditambah nasi yang harum pasti akan memunculkan selera makanmu. Kunjungi warung Nasi Gonjleng untuk mencicipinya ya!

Alamat: No.2 RT 003/005, Jl. RA. Kartini, Jombang Wetan, Kota Cilegon, Banten
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 – 19.00 WIB
Harga: Mulai dari 20,000 IDR

17. Makan laksa dengan isian padat dan kuah gurih

Kuliner Laksa Tangerang | khas banten
Image credit: Kuliner Laksa Tangerang

Laksa adalah kuliner yang populer banget dan banyak juga dicari oleh orang dari luar Tangerang. Penyebabnya apa lagi kalau bukan rasanya yang sedap. Kuah unik dari bahan santan, kacang hijau, kentang dan kaldu ayam mengeluarkan rasa gurih yang menyelimuti isian laksa. Isian utama laksa adalah mie putih dari tepung beras yang diberi kacang hijau dan parutan kelapa sangrai. Kalau ingin lebih nikmat, tambahkan telur dan opor ayam dalam laksamu. Sambangi Kawasan Kuliner Laksa Khas Tangerang yang menjadi tempat berkumpulnya para penjual laksa dan pilih sesuai seleramu!

Alamat: Jl. Mochammad Yamin No.113, RT.001/RW.004, Babakan, Kec. Tangerang, Banten
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga: Mulai dari 13,000 IDR

18. Sederhana dan sehat ala gecom

Gecom
Image credit: ismaya_dapur_maya

Gecom. Dari penampilannya kamu pasti bisa menebak ini adalah kombinasi tauge dan oncom. Oncom yang merupakan fermentasi kacang kedelai punya rasa kuat dan tauge memberi rasa segar. Namun jika kamu membelinya di Tangerang, pedagang gecom akan menambahkan kecap buatan Tangerang yang membuat rasanya berbeda. Gecom ini pas untuk dimakan begitu saja atau untuk lauk. Salah satu lokasi yang terkenal untuk menyantap gecom ini adalah Toge Goreng Bu Wati. Kunjungi dan buktikan enaknya!

Alamat: Gg. Leduk Asem No.115, RT.002/RW.002, Jatake, Kec. Jatiuwung, Kota Tangerang, Banten
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 – 18.00 WIB
Harga: Mulai dari 15,000 IDR

19. Manis dan legit yang menyenangkan ala kue cucur

Kue Cucur
Image credit: shirleyliem

Kue cucur yang berbentuk seperti serabi ini terkenal dengan tekstur yang legit dan rasa manis dari gula merah. Kamu dapat menemukan kue cucur dengan mudah di sentra-sentra jajanan di kota Serang. Kue dari tepung beras ini enak untuk dimakan sebagai cemilan atau kamu bawa sebagai oleh-oleh. Toko Oleh-oleh Khas Banten “ZILFI” adalah salah satu tempat yang menjualnya dan harganya pun murah meriah.

Alamat: Pasar Lama, Jl. Maulana Hasanudin, Kotabaru, Kec. Serang, Kota Serang, Banten
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 – 20.00 WIB
Harga: Mulai dari 1,500 IDR

20. Jajan kue jojorong yang putih dan bertekstur lembut

Kue Jojorong
Image credit: JOJORONG IBU BAKRI

Kue jojorong ini sekilas tampak polos namun kamu akan mendapat kejutan saat memakannya. Kue ini berisi gula aren cair yang akan muncul saat kamu menyendoknya. Terbuat dari tepung kanji dan tepung beras, jojorong umumnya dijual saat bulan Ramadhan. Selain manis, rasanya juga gurih karena mengandung santan. Kamu dapat mencoba kue ini dengan membelinya di Jojorong Ibu Bakri, kenyal dan lembutnya bikin nggak cukup makan satu!

Alamat: Perumahan Metro Cilegon Cluster Cendana M10 No. 2, Cilegon, Banten
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 – 17.00 WIB
Harga: Mulai dari 5,000 IDR

21. Menggigit gipang yang renyah dan manis

Image credit: ZILFI Oleh-oleh Banten

Gipang alias jipang ini sangat cocok untuk kudapan karena terasa renyah dan ringan di mulut. Rasanya dominan manis sebab terbuat dari ketan yang dicampur dengan air gula. Tidak hanya rasa original, saat ini kamu bisa memperoleh gipang dengan rasa pandan dan gula merah. Gipang juga mudah didapatkan di Banten, salah satu tempat untuk memperolehnya adalah di Toko Oleh-oleh Khas Banten “ZILFI”. Ditemani kopi atau teh pada sore hari, pas banget deh!

Alamat: Pasar Lama, Jl. Maulana Hasanudin, Kotabaru, Kec. Serang, Kota Serang, Banten
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 – 20.00 WIB
Harga: Mulai dari 19,000 IDR

Baca juga: Tempat Wisata Di Lebak, Banten Yang Asyik Dan Instagrammable

Semua makanan ini nikmat dan mudah didapatkan. Menyantap kuliner khas di tengah pekerjaan atau wisatamu ke Banten pasti akan membuat perjalananmu semakin mengasyikkan!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru