Rasakan Sensasi Kuliner Khas Banyuwangi yang Membuat Ketagihan

Tidak cukup mengagumi suasana pedesaan yang masih kental di Banyuwangi, kamu juga perlu mengeksplorasi kekayaan kuliner kota ini. Keberadaan suku Osing atau Using dengan hidangan tradisionalnya semakin menambah warna dalam makanan khas Banyuwangi.

Meskipun ada yang punya kemiripan dengan hidangan dari daerah lain, namun kamu akan selalu menjumpai ciri khas yang berkesan. Sebelum makin lapar, cek dulu rekomendasi makanan khas Banyuwangi dari TripZilla Indonesia ya!

1. Nasi yang jadi bintang di Sego Cawuk Bu Mantih

makanan khas banyuwangi
Image credit: @andreyongz 

Sesuai namanya, sego yang berarti nasi ini cocok untuk menu makanan beratmu. Penampilannya tampak akrab tetapi apa yang membuat Sego Cawuk Bu Mantih ini berbeda? Pertama, kuahnya yang terdiri dari kuah pindang dan kuah cawuk. Bahan seperti parutan kelapa muda, jagung muda dibakar, timun dan bumbu-bumbu membuat rasa kuah jadi tidak biasa. Untuk lauknya, ada pepes ikan tenggiri, telur petis atau endog cit hingga dendeng sapi. Kombinasi anti gagal nih!

Alamat: Dusun Prenjengan, Desa Rogojampi, Kec. Rogojampi, Kab Banyuwangi, Jawa Timur
Jam Buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 01.00 WIB
Harga: Mulai dari 10,000 IDR

2. Penyuka ikan wajib makan semangkuk pindang koyong di Banyuwangi Resto

Image credit: @hobimakan.banyuwangi

Pindang koyong yang tampak seperti sup ikan ini berbahan dasar ikan tongkol, tenggiri atau tuna. Salah satu lokasi yang bisa kamu sambangi untuk mencicipinya adalah Banyuwangi Resto.

Tidak perlu takut dengan warna kuahnya yang pekat karena makanan khas Banyuwangi ini sesungguhnya punya rasa yang segar! Rasa ini berkat adanya belimbing wuluh yang digunakan bersama bahan-bahan lain seperti serai, jahe, kunyit dan kemiri. Dimakan bersama nasi panas, pindang koyong akan membuatmu lupa dengan diet untuk sesaat!

Alamat: Jl. Adi Sucipto Utara No. 27, Tukangkayu, Taman Baru,  Kab. Banyuwangi, Jawa Timur
Jam Buka: Setiap hari, 10.00 WIB – 20.00 WIB
Harga: Mulai dari 10,000 IDR

3. Perpaduan unik pecel rawon di RM. Pecel Ayu

Image credit: @eddy.g

Senang menyeruput kuah rawon yang gurih? Gemar menyantap segarnya sayur mayur dalam pecel? Di Banyuwangi, dua hidangan nan sedap ini bergabung jadi satu dan menjanjikan rasa yang meriah. Ada bayam, taoge, kacang panjang yang direbus diberi sambal pecel lalu disiram kuah rawon. Itu saja tidak cukup, tentunya kamu bisa memperoleh peyek kacang, empal sapi atau paru goreng untuk melengkapinya. Masih ada juga lauk pauk lain yang bisa kamu pilih jika kamu berkunjung ke RM. Pecel Ayu yang kondang dengan hidangan pecel rawonnya. Yuk mari!

Alamat klik di sini 
Jam Buka klik di sini
Harga: Mulai dari 17,000 IDR

4. Tidak cukup mengambil satu kalau makan di Tahu Walik Petis Ibu Atun

Image credit: Tahu Walik Bu Atun

Tahu walik petis adalah menu khas Banyuwangi yang juga menggoda. Mau dimakan untuk cemilan atau sebagai lauk nasi, semuanya sah-sah saja. Sambal petis yang memiliki harum khas akan membuat hidung mekar dan nafsu makan meningkat. Bedanya tahu walik dengan tahu biasa adalah proses pembuatannya.

Sisi dalam tahu dibalik keluar kemudian diisi adonan, lalu digoreng hingga kering. Isian tahu merupakan daging ayam atau daging sapi. Salah satu penjual tahu walik yang bisa kamu kunjungi adalah Tahu Walik Petis Bu Atun. Tahu dan sambal petis yang sudah dikemas rapi pun bisa kamu bawa pulang untuk disantap di perjalanan.

Alamat: Jl. Letjen Di. Panjaitan No.49, Kampungmandar, Lateng, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur
Jam Buka: Setiap hari, 16.00 WIB – 22.00 WIB
Harga: Mulai dari 10,000 IDR

5. Pedas dan panas kuah yang bikin perut keroncongan di Ayam Kesrut Kanggo Riko

Image credit: @makanmaen_jepret

Ayam kesrut menjadi lauk yang wajib dicoba untuk memuaskan hobi makan pedasmu. Ayam kampung yang disajikan bersama kuah dengan rasa pedas, asam dan manis tidak akan gagal untuk menciptakan suasana makan yang asyik.

Jika ingin mencicipi ayam kesrut yang legendaris, meluncurlah ke warung Ayam Kesrut Kanggo Riko. Sudah berjualan sejak tahun 1980an, tentunya ayam kesrut di sini punya rasa tak terlupakan yang membuat penggemarnya tetap bertahan hingga kini. Cobalah sekali dan lihat apakah kamu akan jadi penggemar berikutnya!

Alamat: Karang Sari, Segobang, Licin, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 17.30 WIB
Harga: Mulai dari 10,000 IDR

6. Satu lagi hidangan pedas yang menggoyang lidah di Sego Tempong Mbok Wah

makanan khas banyuwangi
Image credit: @jillkuntoro

Lagi-lagi nasi, tapi jangan bosan! Sego Tempong Mbok Wah yang jadi buah bibir di Banyuwangi ini perlu kamu cicipi apalagi kalau penasaran dengan sengatan pedas sambalnya. Kata tempong yang berarti tampar seakan menggambarkan apa yang menantimu saat menyuap perpaduan nasi, sambal dan lauk di sini. Tidak perlu muluk-muluk, cukup didampingi dengan lauk tahu, tempe, ikan asin dan sayur yang masih segar, maka sepiring sego tempong siap untuk kamu santap. Isi minimal dengan rasa maksimal!

Alamat: Jl. Gembrung No.220, Bakungan, Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 23.00 WIB
Harga: Mulai dari 10,000 IDR

7. Menetel daging ayam yang tidak ada duanya di Ayam Pedas Hj. Siti Rantinem

makanan khas banyuwangi
Image credit: @ritmahalim.instafood

Rasa pedas memang digemari mayoritas warga Indonesia dan muncul lagi dalam bentuk hidangan ayam pedas. Sederhana sesuai namanya, ini adalah ayam yang dimasak dengan kuah santan pedas. Namun prosesnya tidak sesederhana itu karena ayam kampung yang telah dibakar akan direbus selama beberapa jam dalam kuah santan pedas berempah. Lewat proses yang lama, kamu bisa membayangkan betapa meresapnya rasa hangat rempah dan kepedasan ke dalam daging ayam itu!

Ayam Pedas Hj. Siti Ratinem adalah salah satu tempat legendaris sejak tahun 1970an yang menyediakan makanan khas Banyuwangi nikmat ini dan bahkan sudah punya cabang di Bali, lho!

Alamat: Dusun Krajan, Genteng Kulon, Genteng, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur
Jam Buka: Setiap hari, 16.00 WIB – 03.00 WIB
Harga: Mulai dari 4,000 IDR

8. Kreativitas yang menghasilkan hidangan sedap di Pondok Rujak Soto

makanan khas banyuwangi
Image credit: @hobimakanenak

Makanan berkuah biasanya disukai oleh banyak orang dan demikian juga halnya dengan rujak soto. Namanya harfiah karena kuliner ini benar-benar terdiri dari rujak kacang dan kuah soto daging. Selain kuahnya, ada juga tetelan daging sapi, babat dan usus yang menambah citarasa rujak soto. Elemen dari rujak yaitu aneka sayur mayur, pisang klutuk, tahu dan tempe yang diberi bumbu kacang serta petis akan menambah nutrisi hidangan ini. Bikin penasaran bukan? Segera datang ke Pondok Rujak Soto untuk mencicipi pengalaman menarik ini, ya!

Alamat: Jl. Basuki Rahmat No.147, Singotrunan, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 20.00 WIB
Harga: Mulai dari 12,000 IDR

9. Bosan dengan lodeh biasa, nikmati yang berbeda di Lodeh Koro Warung Lya

Image credit: @ayumegalianty

Apa itu sebenarnya lodeh koro? Berisi sayuran koro, tempe dan diberi kuah kaldu tentunya membuat hidangan ini beda dengan lodeh yang biasa kamu santap di rumah. Selain itu, rasanya pun dominan pedas yang bisa membuatmu berkeringat.

Tempat makan lodeh koro yang asyik di Banyuwangi ada di Warung Lya, dan kamu juga bisa memilih lauk-pauk lain untuk mendampingi lodeh koromu. Lodeh koro di sini dimasak sejak satu hari sebelumnya dan dihangatkan untuk menjamin bumbu-bumbu semakin meresap agar rasanya makin pol. Mantap!

Alamat: Jl. Raya Wongsorejo, Dusun Alasmalang, Alasrejo, Kec. Wongsorejo, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga: Mulai dari 10,000 IDR

10. Seramnya tawon hilang terbungkus kenikmatan di Botok Tawon Bu Misnah

makanan khas banyuwangi
Image credit: @elizabethmeily

Makan tawon, siapa takut? Ini bisa kamu lakukan di Banyuwangi dengan berkunjung ke Botok Tawon Bu Misnah. Di tempat ini, tawon justru diidamkan karena kelezatannya ketika sudah diolah menjadi sepotong botok. Jika belum terbiasa mungkin kamu akan terkejut tapi selalu ada yang pertama untuk setiap kesempatan. Tawon yang digunakan masih berbentuk larva berwarna putih dan rumah makan Bu Misnah sudah menjualnya sejak tahun 1981, lho! Selain botok tawon, ada juga menu lainnya seperti wader, ayam atau cumi-cumi.

Alamat: Jl. Raya Rogojampi, Pancoran Kulon, Rogojampi, Genteng, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur
Jam Buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 17.00 WIB
Harga: Mulai dari 10,000 IDR

11. Nasi bungkus yang komplit dan sedap di mulut ala Warung Sego Bungkus & Gudeg Bu Poer

Image credit: Sego Bungkus & Gudeg Bu Poer

Tidak heran Sego Bungkus & Gudeg Bu Poer ini terkenal di Banyuwangi. Di mana lagi ada nasi bungkus dengan isian selengkap ini? Nasinya saja bisa dipilih dari empat jenis nasi yaitu nasi putih, nasi jagung, nasi merah dan nasi uduk yang gurih. Harganya terjangkau dan kamu sudah bisa mendapatkan lauk daging dalam nasi bungkusnya. Apabila kamu tidak puas hanya dengan satu lauk saja, comot juga aneka lauk lainnya seperti telur dadar, oseng mercon, ikan dan sayuran. Kenyang dan puas pastinya!

Alamat: Jalan Jendral Sudirman No 25, Panderejo, Penganjuran, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari 6,000 IDR

12. Dari pagi hingga malam, pecel pitik dapat diandalkan untuk mengisi perutmu

Image credit: @lvnplate

Pecel pitik adalah kuliner khas Banyuwangi yang bisa disantap untuk sarapan, makan siang ataupun makan malam. Salah satu tempat makan yang menjualnya adalah di Pesantogan Kemangi.

Di masa lalu pecel pitik adalah makanan khas Banyuwangi yang muncul hanya ketika ada acara adat, namun kini kamu bisa menemukannya kapan saja. Berbahan daging ayam kampung, sajian khas suku Osing ini juga ditaburi dengan parutan kelapa mentah berbumbu. Terselip pula rasa pedas dalam setiap gigitan dagingnya. Didampingi seporsi nasi, lalapan dan kerupuk, hidangan bersahaja ini pasti akan membekas dalam ingatanmu!

Alamat: Dusun Krajan, Kemiren, Glagah, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur
Jam Buka: Jumat – Rabu pukul 10.00 WIB – 22.00 WIB
Harga: Mulai dari 5,000 IDR

13. Renyah merekah dengan aneka rasa itulah Bagiak “Gajah Oling”

Image credit: Bagiak Gajah Oling, Rumah Kue Khas Banyuwangi

Nama kue ini sendiri adalah bagiak dan Bagiak Gajah Oling merupakan salah satu produsen terkenal di Banyuwangi. Terbuat dari tepung sagu bercampur kelapa parut, sensasi manis dan renyah ketika dikunyah akan tercipta dari sepotong bagiak. Bagian dalam bagiak akan terasa lembut dan tidak keras. Harimu akan makin nyaman dengan sajian bagiak ditemani dengan segelas kopi atau teh. Cicipi juga beragam rasanya mulai dari rasa cokelat, jahe, keningar, susu dan wijen.

Alamat: Jl. Imam Bonjol No.34, Tukangkayu, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur
Jam Buka: Setiap hari, 06.30 WIB – 21.30 WIB
Harga: Mulai dari 17,500 IDR

14. Hidangan khas Lebaran yang asyik disantap kapanpun, klemben

Image credit: Klembyen

Klemben alias bolu kuwuk ini serupa bolu kering dan biasanya ada waktu hari raya Lebaran. Tapi saat ini, penjual klemben mudah ditemukan di hari-hari biasa. Didominasi rasa gurih dan manis khas kue bolu, klemben jadi cemilan yang digemari semua kalangan.

Kalau kamu ingin mencicipi klemben yang kekinian, datanglah ke Klembyen. Di sini klemben dikreasikan dengan aneka rasa seperti belgium chocolate, green tea, lemon dan keju. Warna-warninya pun menarik dan bisa kamu jadikan buah tangan khas yang seru!

Alamat: Jl. K.H. Wahid Hasyim No. 63, Tukangkayu, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari 35,000 IDR

15. Tape khas dari suku Osing dengan kemasan unik yaitu tape buntut

Image credit: @arista_fajar

Bukan tanpa alasan kudapan ini disebut tape buntut. Pembungkusnya yang terbuat dari daun jati dibentuk sedemikian rupa hingga menyerupai buntut. Pesantogan Kemangi merupakan lokasi dimana kamu bisa menemukan hidangan khas suku Osing ini. Menyantap tape buntut sebelum menjelajahi desa wisata Osing akan jadi aktivitas yang menyenangkan. Walau tape ada di mana-mana, tetapi dengan kemasan tradisional yang khas, dijamin akan meninggalkan kesan yang lebih mendalam.

Alamat: Dusun Krajan, Kemiren, Glagah, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur
Jam Buka: Jumat – Rabu pukul 10.00 WIB – 22.00 WIB
Harga: Mulai dari 10,000 IDR

16. Mencoba ketan kirip ala Banyuwangi yang gurih dan legit

makanan khas banyuwangi
Image credit: Srengenge Wetan Banyuwangi

Ketan kirip adalah ketan yang ditaburi dengan bubuk kedelai, namun ada juga yang menggunakan bubuk kacang tanah atau serundeng. Tetapi satu hal yang pasti, hidangan ketan ini akan membuatmu ketagihan dengan rasanya yang gurih dan enak untuk dikunyah.

Kamu dapat memesan ketan kirip di restoran Srengenge Wetan yang menyediakan aneka hidangan tradisional Banyuwangi. Dimakan sebagai pengganjal perut ketika sore atau malam hari, ketan kirip sangat pas disantap ditemani dengan segelas minuman panas. Nikmatnya!

Alamat: Jl. PB Sudirman No. 175, Singonegaran, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 22.00 WIB
Harga: Mulai dari 12,000 IDR

Baca juga: Tawarkan Nuansa Pedesaan, 12 Tempat Makan Di Banyuwangi Ini Wajib Dicoba!

Tidak heran kalau Banyuwangi menarik banyak wisatawan untuk datang, dan salah satu alasannya adalah karena makanan dan kuliner khas yang bikin penasaran. Selain di lokasi-lokasi ini, kamu juga bisa menemukan pedagang lainnya terutama di pasar-pasar tradisional dan juga di dalam desa wisata. Selamat mencoba!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru