Liburan Di Jepang Dapat Subsidi, Siapa Mau Mendapatkannya?

Jepang melakukan persiapan untuk menghidupkan kembali sektor pariwisata mereka setelah lebih dari tiga bulan terkena imbas pandemi virus Corona Covid-19. Salah satu persiapan yang diambil adalah menyiapkan insentif atau subsidi untuk wisatawan dengan membayari setengah dari budget yang dikeluarkan saat liburan di Jepang.

Dilansir dari Japan Times, Kepala Badan Pariwisata Jepang Hiroshi Tabata mengungkapkan rencana tersebut setelah melihat fakta bahwa jumlah wisatawan internasional yang mengunjungi Jepang di bulan April turun hingga 99,9% jika dibandingkan pada periode yang sama di tahun 2019. Jepang dilaporkan menyiapkan 12,5 juta USD untuk program subsidi liburan di Jepang ini.

“Seperti halnya negara lain, Jepang mendapat hantaman yang cukup telak di sektor pariwisata dengan penurunan jumlah kunjungan hingga 99,9 persen dari April 2019 ke April 2020,” demikian keterangan yang dirilis Dewan Pariwisata Jepang.

“Menanggapi hal ini dan membuat Jepang kembali dicintai, pemerintah mengumumkan meluncurkan skema, yang bisa menutup setengah pengeluaran kamu saat liburan di Jepang. Detil program masih harus dibereskan, tapi dengan Olimpiade Tokyo 2021 akan berlangsung musim panas mendatang, kami berharap bisa meluncurkan program ini secepat mungkin.”

subsidi liburan di jepang
Image credit: Chikai Du

Masih belum dijelaskan secara gamblang terkait skema subsidi yang diberikan pemerintah Jepang untuk wisatawan tersebut. Program tersebut juga belum bisa dipastikan kapan akan dijalankan, meski santer terdengar kabar bakal mulai bergulir di bulan Juli 2020.

Jepang sebelumnya terkena imbas yang cukup signifikan dari pandemi Covid-19. Tercatat lebih dari 16,628 kasus Covid-19 terjadi di negara ini dengan 851 orang meninggal dunia dan lebih dari 13,000 orang sembuh. Jepang juga telah mencabut status darurat Covid-19 pada Senin lalu.

Jepang bukan satu-satunya wilayah yang memberikan subsidi kepada wisatawan asing untuk liburan di negara mereka. Bulan lalu, pemerintah Sisilia, Italia juga mengeluarkan kebijakan yang sama dengan memberikan subsidi untuk pembelian tiket pesawat dan akomodasi selama tiga hari.

Baca juga: Jepang Batalkan Sementara Aturan Visa Turis Untuk WNI

Dengan Jepang memberikan subsidi untuk wisatawan liburan di negara mereka, siapa di antara kamu yang tertarik memaksimalkannya? Jika berniat pergi, patuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan, ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru