8 Tempat Wisata Mirip Lokasi Syuting Game of Thrones di Indonesia

Apakah ada di antara kamu penggemar serial televisi Game of Thrones? Kalau iya, pasti sudah familiar dong dengan suasana dan bahkan nama-nama lokasi yang ada dalam serial tersebut? Mulai dari Frostfangs Mountains hingga istana Prince Doran.

Lokasi syuting Game of Thrones (GoT) sendiri banyak dilakukan di Irlandia Utara, Kroasia, Malta hingga Islandia. Namun, jangan berkecil hati, banyak juga tempat wisata yang mirip dengan lokasi syuting Game of Thrones di Indonesia lho! Penasaran kan seperti apa dan dimana lokasi tepatnya? Yuk baca lanjutannya di bawah ini!

1. Istana Air Taman Ujung Soekasada, Bali

Nama lokasi di film: Water Gardens of Drone

Alcazar, Spanyol | Image credit: @sabinelehnh

Water Gardens of Drone diceritakan memiliki sebuah taman dengan kolam yang indah. Di dunia nyata, lokasi istana yang sesungguhnya berada di Alcazar, Spanyol. Nah, di Bali ternyata ada juga lho istana dengan taman dan kolam serupa. Namanya, istana Taman Ujung Soekasada.

Taman Ujung Soekasada | Image credit: @carinapanculescu (kiri), @mahakemala (kanan)

Dulunya, istana ini merupakan tempat peristirahatan Raja Karangasem. Meski sudah tidak memiliki bangunan utuh karena bencana erupsi Gunung Agung namun istana air ini tetap memancarkan pesonanya. Apalagi terdapat bangunan tinggi yang menghadap ke pantai lepas. Keren banget deh!

2. Bukit Tanarara, Sumba

Nama lokasi di film: Pegunungan Frostfangss saat musim panas

Höfðabrekka | Image credit: @ultra_spice

Pegunungan Frostfangss sangat terkenal dalam serial GoT. Lokasi ini menjadi tempat dimana Jon Snow membawa Ygritte sebagai sandera. Pegunungan ini memiliki panorama perbukitan yang menawan. Berlokasi di Höfðabrekka, Islandia, pegunungan Frostfangss tertutup salju ketika musim dingin dan dihiasi padang rumput ketika sedang musim panas.

Bukit Tanarara | Image credit: @amarfdq_

Lekukan lembah dan puncak bukitnya akan mengingatkanmu pada Bukit Tanarara di Sumba. Bukit Tanarara merupakan satu dari sekian banyak savana di Sumba. Dengan kontur meliuk-liuknya yang khas, Bukit Tanarara ini mirip sekali dengan Pegunungan Frostfangss saat musim panas. Penasaran? Yuk, datang ke Sumba!

3. Pantai Bwanna, Sumba

Nama lokasi di film: Wilayah terluar Pesisir Pentos

Azure Window, Malta | Image credit: @omickey_travels

Meski lokasi aslinya di Malta sudah tidak ada karena runtuh ditelan badai pada 2017, namun Azure Window masih menyisakan kenangan mendalam bagi para fans GoT. Pasalnya, di sinilah dilangsungkan pernikahan antara Daenerys dan Khal Drogo.

Pantai Bwanna | Image credit: @bolangdekil

Pantai ini sangat eksotik karena memiliki batuan pantai alami yang berlubang dengan bentuk setengah lingkaran. Penampakan batu berlubangnya sangat mirip seperti yang ada di Pantai Bwanna Sumba lho.  

4. Gua Hawang, Maluku Utara

Nama lokasi di film: sebuah gua di Dragonstone

Grjótagjá | Image credit: @jecc1183

Serial film GoT tentu tidak lepas dari adegan yang berbau roman asmara antara Jon Snow dan Ygritte. Adegan tersebut mengambil lokasi di sebuah gua termal Grjótagjá, Islandia. Gua ini merupakan gua vulkanik dengan kolam air hangat yang suhunya bisa mencapai 38 derajat celcius.

Gua Hawang | Image credit: @hanifvegasha

Meski bukan merupakan gua termal, namun Gua Hawang di Maluku Utara memiliki kemiripan dengan gua vulkanik yang ada di Islandia tersebut. Terutama airnya yang jernih hingga bisa membuatmu refleksi diri sendiri dari dalam air. Menarik sekali, bukan?

5. Jawatan Benculuk, Banyuwangi dan Makam Jayaprana, Bali

Nama lokasi di film: jalan dengan barisan pepohonan yang dilewati Arya Stark (Kingsroad)

Dark Hedges | Image credit: @davionexploring (kiri), @soebart (kanan)

Pepohonan besar dengan dahan yang meliuk-liuk nampaknya hampir selalu ada dalam setiap film fantasi. Begitu pula di GoT. Dalam suatu adegan, nampak Arya Stark berjalan melewati barisan pepohonan yang sangat magis. Pohon-pohon tersebut dapat kamu lihat secara langsung di Dark Hedges, Irlandia Utara.

Jawatan Benculuk (kiri), Makam Jayaprana (kanan) | Image credit: @go_vlog_veller (kiri), @uwieromon (kanan)

Namun, tidak perlu buru-buru ke Irlandia Utara. Di Indonesia kamu bisa menemukan pepohonan serupa. Bukan hanya satu tempat tapi dua. Yang pertama ada di Hutan Jawatan Benculuk, Banyuwangi dan kedua di Makam Jayaprana, Bali. Tinggal pilih saja mana yang menurutmu paling mirip.

6. Air Terjun Moramo, Sulawesi Tenggara

Nama lokasi di film: Westeros Riverlands

Air Terjun Krka

The Seven Kingdoms digambarkan dalam film GoT sebagai tempat yang indah, salah satunya yaitu region The Riverlands. Terdapat beberapa air terjun dan sungai yang tampak indah dan alami. Faktanya, pengambilan gambar tersebut bukan buatan atau manipulasi grafis namun asli ada di dunia nyata yaitu di Taman Nasional Krka, Kroasia.

Air Terjun Moramo | Image credit: @shaza_vosa

Keindahan alam Indonesia juga tidak kalah menawan dengan yang ada di Kroasia. Salah satu air terjun yang ada dalam pengambilan gambar GoT mirip sekali dengan air terjun Moramo di Sulawesi Tenggara. Sudah pernah dengar nama air terjunnya? Kalau belum, mungkin ini waktu yang tepat untuk berlibur ke Sulawesi Tenggara.

7. Puncak Carstensz Pyramid, Papua

Nama lokasi di film: Pegunungan Frostfangs saat musim dingin

Image credit: HBO

Kalau saat musim panas Frostfangs mirip dengan Bukit Tanarara, maka jika musim dingin suasana Pegunungan Frostfangs bisa kamu jumpai di puncak bersalju Indonesia. Dimana lagi kalau bukan di Puncak Carstensz Pyramid yang ada di Papua.

Image credit: @sherif.palit

8. Air Terjun Toroan, Madura

Nama lokasi di film: North of Westeros

Þingvellir National Park | Image credit: @tgavert

Dalam season keempat terdapat sebuah adegan pertarungan sengit antara Brienne of Tarth dan the Hound. Lokasi pertarungan berada di sebuah air terjun berbatu. Kalau di Indonesia,  lokasi tersebut mirip seperti Air Terjun Toroan, Madura.

Air Terjun Toroan | Image credit: @triptrapliburan

Air Terjun Toroan memang tidak terlalu tinggi, namun aneka batuan dan aliran air yang mengarah ke laut membuatnya sangat indah dan mengagumkan. Pecinta GoT wajib banget datang ke sini.

Baca juga: 14 Lokasi Syuting Film Di Indonesia Yang Harus Dikunjungi Movigoers

Bagaimana? Sudah cukup mirip kan lokasi tempat wisata di atas dengan yang ada di film GoT? Yuk, rencanakan liburanmu ke tempat wisata di atas!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru