5 Lontong Kikil Surabaya Yang Terkenal Enak Dan Nikmat Untuk Dicicipi

Makanan khas Surabaya apa yang sudah pernah kamu coba? Rawon, rujak cingur, sate klopo dan soto daging mungkin sudah kamu cicipi, tapi bagaimana dengan lontong kikil Surabaya?

Ya, makanan khas Surabaya ini sering luput dari incaran penikmat wisata kuliner saat bermain ke Kota Pahlawan. Padahal sensasi rasa yang ditawarkan begitu mengesankan. Bayangkan, perpaduan lontong dan kikil sapi yang diguyur kuah dalam jumlah melimpah dengan rasa gurih dan sedap menghadirkan cita rasa istimewa.

Asyiknya, ada banyak lokasi di Surabaya untuk bisa menikmati masakan ini. Namun, jika ingin mendapatkan pengalaman terbaik menikmati lontong kikil Surabaya, lima tempat ini menjadi lokasi yang harus dikunjungi. Cekidot, yuk!

1. Kikil Kutai Jaya

Image credit: Amazing Indonesia Food

Berdiri sejak 1994, warung kikil Kutai Jaya menjadi salah satu kedai lontong kikil paling melegenda di Kota Pahlawan. Satu porsi lontong kikil di sini menghadirkan sensasi rasa yang kaya akan perpaduan bumbu rempah dengan isian tak hanya kikil, tapi juga tulang sapi yang aduhai.

Lokasi: Jl. Kutai No.35, RW.05, Darmo, Kec. Wonokromo, Kota SBY, Jawa Timur 60241
Jam buka: Setiap hari, 12.00 – 21.30 WIB
Harga: Mulai dari 30,000 IDR

2. Lontong Kikil Sapi Lodoyo Pucang Surabaya

Image credit: Cece Kuliner

Salah satu destinasi yang direkomendasikan untuk menikmati masakan ini adalah di kedai Kikil Sapi Lodoyo Pucang. Perbedaan lontong kikil yang disajikan di sini adalah mengedepankan cita rasa membakar lidah, pas untuk penikmat kuliner pedas. Untuk isian bisa dikatakan boleh diadu dengan kedai lontong kikil lainnya.

Lokasi: Jl. Ngagel Jaya Tengah No.27, Pucang Sewu, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60283
Jam buka: Setiap hari, 13.00 – 21.30 WIB
Harga: Mulai dari 22,000 IDR

3. Lontong kikil Surabaya Bu Sugeng

lontong kikil surabaya
Image credit: @horizonhoman

Kamu juga bisa menemukan kuliner khas Surabaya ini di salah satu spot populer untuk wisata kuliner, yaitu Taman Bungkul. Buka setiap hari, lontong kikil yang disajikan memilik isian mulai dari lontong, kikil sapi dan tambahan lainnya yang disesuaikan dengan selera, dengan guyuran kuah melimpah penuh rempah yang kaya rasa dan nikmat.

Lokasi: Jl. Ngagel, Ngagel, Kec. Wonokromo, Kota SBY, Jawa Timur 60246
Jam buka: Selasa – Minggu, 15.00 – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari 28,000 IDR

4. Kikil Waru Jaya

Lontong kikil surabaya
Image credit: @e_ndro

Di perbatasan antara Surabaya dan Sidoarjo juga ada satu kedai lontong kikil yang sering jadi jujukan banyak orang karena terkenal enak dan nikmat, yaitu Kikil Sapi Waru Jaya. Lokasinya hanya sepelemparan batu dari Terminal Bus Purabaya dan Stasiun Kereta Api Waru, yang menjadikannya sebagai tempat yang strategis untuk mengisi perut bagi traveler. Saking terkenalnya, jangan kaget jika kamu sering melihat antrian di depan kedai untuk sekadar mendapatkan satu porsi lontong kikil yang dijajakan di sini, ya!

Lokasi: Jl. Raya Waru No.18, Kedungrejo, Kec. Waru, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61256
Jam buka: Setiap hari, 10.30 – 22.00 WIB
Harga: Mulai dari 30,000 IDR

5. Kikil Bronggalan

Image credit: @e_ndro

Salah satu daya tarik yang ditawarkan kedai Kikil Bronggalan adalah kuahnya yang sedap dan nikmat. Satu porsi lontong kikil akan disajikan dengan lontong, potongan kikil dan sumsum sapi yang lembut, serta kuah yang gurih. Tambahkan sambal untuk menambah kenikmatan menyantap kuliner khas Surabaya ini.

Lokasi: Jl. Bronggalan No.26, Pacar Kembang, Kec. Tambaksari, Kota SBY, Jawa Timur
Jam buka: Jumat – Rabu, 13.00 – 21.30 WIB, Kamis tutup
Harga: Mulai dari 25,000 IDR

Baca juga: Tahu Tek Surabaya Dan Lima Tempat Terbaik Mendapatkannya

Sudah punya informasi tempat untuk menikmati lontong kikil Surabaya paling enak, kan? Tunggu apa lagi, ayo wisata kuliner di Kota Pahlawan segera!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru