Lontong Kupang Surabaya Dan Lima Tempat Terbaik Untuk Menikmatinya

Lontong kupang identik dengan Sidoarjo. Ya, Kota Udang yang berada di sisi utara Surabaya itu menjadi asal muasal kuliner ini muncul. Namun demikian, kamu masih bisa mendapatkan lontong kupang dengan kualitas rasa terbaik di Surabaya. Malahan, tidak sedikit lontong kupang Surabaya yang rasanya jauh lebih enak dari kedai legendaris di kota asalnya, Sidoarjo.

Lontong kupang sendiri merupakan makanan yang terbuat dari kerang berukuran kecil, dengan lontong sebagai makanan pendamping dan paduan bawang putih, petis dan cabai sebagai bumbu utama. Ada beberapa tambahan topping untuk menambah cita rasa kuliner khas ini, seperti remasan lentho, bawang goreng hingga tambahan sate kerang. Es kelapa muda menjadi pendamping paling pas untuk menyantap hidangan ini. Selain menyegarkan, es kelapa muda juga bisa menjadi penetralisir dari makanan ekstrim ini.

Buat kamu yang penasaran menikmati lontong kupang Surabaya, lima tempat ini bisa menjadi jujukan wisata kuliner kamu karena menyajikan lontong kupang dengan cita rasa terbaik. Yuk, simak rekomendasi lontong kupang Surabaya dari TripZilla Indonesia di bawah ini!

1. Lontong Kupang Dan Lontong Balap Pak H. Woko

Image credit: Ayu Ria Anggraeni

Dua menu utama yang disajikan Pak H. Woko memang lontong kupang dan lontong balap. Keduanya juga sama-sama juara. Cita rasa yang khas dengan petis yang berasa menjadi keunggulan tersendiri. Yang pasti, kamu akan mendapatkan sensasi rasa yang menyegarkan jika memilih salah satu dari dua menu utama tersebut.

Lokasi: Jalan Kalasan No.30, Pacar Keling, Kecamatan Tambaksari, Surabaya, Jawa Timur, 50131
Jam buka: Setiap hari, 9.00 – 17.00 WIB
Harga: Mulai dari 15,000 IDR

2. Lontong Kupang ARTOMORO

Kupang lontong ARTOMORO menjadi salah satu penjaja kupang lontong yang terkenal di Surabaya. Yang menjadikan sajian dari kedai ini khas adalah bumbu petisnya yang begitu terasa, yang menjadikan lontong kupang yang disajikan memiliki rasa yang kuat dan segar.

Lokasi: Jl. Raya Manyar No.5J, Manyar Sabrangan, Kec. Mulyorejo, Kota SBY, Jawa Timur 60117
Jam buka: Setiap hari, 9.00 – 20.00 WIB
Harga: Mulai dari 10,000 IDR per porsi

3. Kupang Legendaris Bu Wito

lontong kupang surabaya
Image credit: Bemp Culinary

Lontong kupang Bu Wito menjadi salah satu penjaja lontong kupang legendaris di Surabaya. Sudah berjualan sejak 1980-an, Bu Wito sukses menjaga dan menambah jumlah pelanggannya dari tahun ke tahun. Lumrah jika kamu bakal melihat antrian panjang di kedainya untuk menikmati lontong kupang dengan kerang kupang berukuran maxi, lontong, sate kerang dan lentho yang royal serta siraman kuah petis yang segar dan pedas.

Lokasi: Jalan Raya Tenggilis No.128, Tenggilis Mejoyo, Surabaya, Jawa Timur, 60292
Jam buka: Senin – Sabtu, 10.00 – 16.00 WIB
Harga: Mulai dari 10,000 IDR per porsi

4. Warung Bu Vivi

Image credit: Surabaya Foodies

Salah satu lontong kupang yang menawarkan cita rasa berbeda, namun tetap enak adalah kedai Bu Vivi. Lokasinya berada di kawasan Lidah Wetan, Wiyung. Yang membedakan kuliner ini dari tempat lainnya adalah penggunaan petis udang yang lebih pekat, yang memberikan kesan mendalam bagi penikmatnya. Selain toping biasanya, kamu bisa menambahkan gorengan untuk menambah keseruan. Jangan lupa minum es kelapa mudanya, ya!

Lokasi: Jalan Raya Menganti No.28, Lidah Wetan, Kecamatan Wiyung, Surabaya, Jawa Timur, 60123
Jam buka: Steiap hari, 10.00 – 17.00 WIB
Harga: Mulai dari 15,000 IDR per porsi

5. Warung Kupang Pak Warno

Image credit: Surabaya Makan Enak

Selain lontong kupang, kedai Pak Warno juga menyajikan lontong balap. Namun, jika dibandingkan, lontong kupangnya termasuk menu yang best seller di sini. Toping tambahan sate kerang, lentho dan kerupuk menjadi salah satu pembeda dari warung lontong kupang lainnya di Surabaya.

Lokasi: Jalan Ploso 12 No. 9A, Ploso, Kecamatan Tambaksari, Surabaya, jawa Timur, 60133
Jam buka: Setiap hari, 9.00 – 20.00 WIB
Harga: Mulai dari 15,000 IDR per porsi

Baca juga: Lontong Balap Enak Di Surabaya Yang Wajib Dinikmati Pecinta Kuliner

Masih banyak penjual lontong kupang Surabaya lainnya yang tak kalah enak. Namun, untuk mendapatkan kesan yang mengesankan, sajian dari lima kedai tersebut bisa jadi acuan. Selamat mencoba!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru