Lagi Hype, 5 Aktivitas Ini Wajib Kamu Lakukan di M Bloc Jakarta!

Akhir-akhir ini nama “M Bloc” lagi banyak dibahas di jagad media sosial oleh berbagai kalangan. Banyak anak muda yang membagikan pengalamannya dan hasil foto-foto mengenai M Bloc di Kawasan Blok M, Jakarta yang sangat kekinian. Bahkan saking hype-nya, sutradara ternama Joko Anwar mengadakan talk show dan meet & greet bersama cast film Perempuan Tanah Jahanam di situ. Sebeneranya M Bloc itu apa sih?

M Bloc adalah sebuah ruang kreatif publik hasil kerjasama antara Perusahaan Umum Percetakan Uang Negara Indonesia (Perum Peruri) dan PT Ruang Riang Milenial (RRM) yang terdiri dari berbagai macam jenis. Ada kafe, toko, panggung musik, dan tempat nongkrong yang semuanya berada dalam satu area. Menariknya, dulunya sebelum disulap menjadi M Bloc, area ini merupakan kawasan yang terbengkalai selama kurang lebih 25 tahun, lho! Pusat kreatif ini berhasil menjadikan kawasan Blok M kembali ramai dipenuhi muda-mudi kekinian Jakarta setelah mengalami mati suri dari era kejayaan terakhir tahun 1980-an hingga 1990-an.

Jika dilihat dari depan, bangunan dengan nuansa vintage bertuliskan M Bloc yang sangat unik ini terlihat tidak terlalu luas, tapi ketika kamu sudah memasukinya maka kamu akan tahu bahwa tempat ini benar-benar lapang dan sungguh menyenangkan. Mau nongkrong cantik atau melihat penampilan dari musisi lokal, semua bisa kamu temukan di sini. Agar makin yakin, inilah lima aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di M Bloc, Kawasan Blok M, Jakarta!

1. Nongkrong santai dan wisata kuliner di berbagai tempat dengan interior keren

Image credit: @mbok.ndoro

Banyak tempat nonkrong seru yang akan kamu temukan di sini, seperti Kedai Tjikini, Padang Tugo, Suwe Ora Jamu, Mbok Ndoro, Titik Temu Coffee, dan masih banyak lagi. Agar tidak penasaran, kamu bisa mengunjunginya satu persatu untuk mencicipi keunikan rasa yang ditawarkan dari berbagai hidangan dari setiap tempat. Jika kamu pecinta kuliner lokal khas Indonesia, kamu bisa memilih Kedai Tjikini yang dari namanya sudah sangat otentik.

Image credit: @s__venton

Tak hanya sebagai tempat nongkrong dan membuat perutmu kenyang, kafe serta tempat makan di sini memiliki ciri khas tersendiri yang berbeda satu sama lain. Misalnya, Kedai Ide Gelato yang tidak hanya sekedar menjual gelato dengan berbagai varian, tapi di sini kamu bisa belajar mengenai proses pembuatan gelato.

2. Menonton konser dari musisi lokal ternama

Image credit: @rendraheryandik

Kamu pecinta musik atau anak konser banget? Coba deh sekali-kali nonton live music di M Bloc. Berbagai musisi berbakat tanah air akan menampilkan penampilan terbaik mereka di panggung-panggung yang tersedia. Untuk sing along bersama musisi kesayangan, kamu harus update mengenai jadwal konser karena tidak hanya satu, dua atau tiga musisi saja, tapi banyak musisi yang banyak manggung di sini dengan waktu yang sudah ditentukan dan berbeda-beda.

3. Berburu kaset, CD, dan vinyl

Image credit: @nadiandreaw

Walaupun kehadirannya sudah mulai tergerus oleh zaman dan ditinggalkan, di sini kamu bisa menemukan toko penjual “barang” antik ini. Mulai dari kaset, CD, hingga piringan hitam atau biasa dikenal dengan vinyl, semuanya bisa kamu pilih dan beli sesuai dengan seleramu. Berburu barang-barang ini merupakan sebuah kebahagiaan bagi para pecinta musik, apalagi makin sedikit dan sulit untuk menemukannya. Berkunjung ke sini pasti berasa ke “surga” oleh para penikmatnya. Apakah kamu salah satunya?

4. Berbelanja pakaian kekinian ala anak muda

Image credit: @nadiandreaw

Update lemarimu di toko-toko pakaian di sini yuk! Ada berbagai toko misalnya saja Union Well, Conectoon dengan karakter kartun lucu, dan masih banyak lagi. Produk-produk kreatif yang dijual di sini adalah hasil dari wirausahawan lokal dari berbagai tempat. Hasilnya pun tidak kalah dengan produk luar karena produk Indonesia kini makin maju dan kreatif karena udah saatnya kita bangga dengan hasil karya anak bangsa.

5. Berfoto-foto dengan background mural

Image credit: @annedanianto

Tembok-tembok putih kini sudah disulap dengan berbagai mural yang indah dan menjadi media bagi pecinta seni. Mulai dari kritikan, hiburan, hingga abstrak semuanya tergambarkan dalam seni mural ini. Pastikan bawa kamera atau smartphonemu untuk mengabadikan keindahannya dalam sebuah foto.

Image credit: @s__venton

Sebelum kamu pergi ke M Bloc, ada dua hal yang harus kamu ketahui. Pertama, M Bloc mengusung konsep cashless sehingga kamu harus menyediakan e-money, debit, atau kartu kredit sebagai alat pembayarannya. Kedua, di sini tidak ada lahan parkir. Kebijakan tersebut dibuat agar masyarakat yang datang ke M Bloc nantinya lebih memilih menggunakan transportasi umum seperti MRT, LRT, dan lainnya dibandingkan kendaraan pribadi. Untuk kamu pengguna MRT, kamu bisa menuju M Bloc dengan stasiun tujuan Blok M atau Asean lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki.

Baca juga: 13 Minuman Dengan Topping Boba Yang Kekinian dan Populer di Jakarta

Nah setelah mengetahui ulasan singkat mengenai hal-hal menarik dari M Bloc di Kawasan Blok M, Jakarta, apakah kamu tertarik ke sana? Ayo ajak teman-temanmu untuk nongkrong bersama di tempat yang lagi hype dan kekinian ini sambil berfoto-foto. Banyak spot instagrammable yang dapat kamu abadikan memalui kameramu. Segera upload hasil fotomu dan tag kami di Instagram kami @tripzilla.id ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru