9 Makanan Khas Batam Dan Tempat Terbaik Untuk Mencobanya

Apa yang terbesit di pikiran kamu ketika mendengar Kota Batam? Pastinya salah satunya adalah kota ini sebagai pintu masuk menuju ke Singapura atau Malaysia dari Indonesia, bukan begitu? Itu memang salah satunya. Tapi ada hal lain yang juga membuat Batam layak lebih dikenal, makanan khas yang luar biasa!

Karena lokasinya yang strategis, Batam memiliki banyak makanan khas, yang merupakan bentuk perpaduan dan akulturasi dari banyak budaya. Bagi pecinta kuliner Indonesia, menikmati semuanya menjadi hal yang wajib dilakukan. Untuk itu, inilah daftar makanan khas Batam yang harus kamu coba dan tempat terbaik untuk menikmatinya.

1. Mie kacang Selatpanjang yang nyam-nyam

Mie kacang selatpanjang | makanan khas Batam
Image credit: Azhie Hu

Mie Kacang Selatpanjang menjadi salah satu makanan khas Riau yang harus kamu nikmati saat liburan di Batam. Daya tariknya ada pada mie kacang yang disajikan dengan siraman kuah kacang beraroma udang. Dengan tambahan telur, kecambah dan tahu sebagai topping, Mie Kacang Selatpanjang paling enak dinikmati dengan tambahan irisan cabai rawit. Kedai Ciau Kiat menjadi salah satu tempat terbaik menikmati sajian ini.

Lokasi: Jl. Anggrek Permai, Baloi Indah, Kec. Lubuk Baja, Kota Batam, Kepulauan Riau
Jam operasional: Setiap hari, 8.00 – 16.00 WIB
Harga: Mulai dari 14,000 IDR

2. Nasi lemak khas Batam yang spesial

Nasi lemak adalah makanan khas suku Melayu, tapi di Batam sajian ini memiliki karakter tersendiri. Yang membedakan nasi lemak Batam dengan yang lainnya adalah lauk ikan bilis yang ditumbuk halus dan ditaburkan di atas telur dadar. Momen paling asyik menikmati nasi lemak adalah saat sarapan karena porsinya pas untuk modal kamu memulai hari. Warung nasi lemak Tanjung Batu bisa menjadi destinasi yang dituju untuk menikmati hidangan ini.

Lokasi: Lubuk Baja Kota, Kec. Lubuk Baja, Kota Batam, Kepulauan Riau
Jam operasional: Setiap hari, 7.00 – 13.00 WIB
Harga: Mulai dari 5,000 IDR

3. Mie lendir yang bikin hati berdesir

Mie lendir
Image credit: areloghy

Nama makanan khas Batam ini memang nggak banget, tapi jika sudah mencoba dijamin bakal ketagihan. Biasanya menjadi menu sarapan, mie lendir memiliki komposisi mie kuning dengan kaldu kuah kental dan tauge, bawang goreng hingga seledri. Tempat terbaik menikmati mie lendir di Batam adallah di Kedai Kopi Harum Manis.

Lokasi: Jl. Komp. Bumi Indah No.:10, Lubuk Baja Kota, Lubuk Baja, Kota Batam, Kepulauan Riau
Jam operasional: Setiap hari, 6.30 – 17.00 WIB
Harga: Mulai dari 8,000 IDR per porsi

4. Mie sagu yang kenyal

Mie Sagu | makanan khas Batam
Image credit: daithienn2

Karena bahan utamanya dari sagu, tekstur mie yang disajikan jauh lebih kenyal dari mie biasanya. Namun, dengan tambahan bumbu dan topping yang melimpah, seperti telur, bakso ikan, udang dan potongan ikan, mie sagu menjadi salah satu makanan khas Batam yang sangat layak untuk dicoba pecinta kuliner. Lokasi terbaik mendapatkan mie sagu ini adalah Mie Sagu Goreng Aphe.

Lokasi: Masakan Selat Panjang – Lucky Estate Blok B no 28, Batam
Jam buka: Setiap hari, 7.00 – 14.00 WIB
Harga: Mulai dari 18,000 IDR

5. Mie tarempa yang melegenda

Mie Tarempa
Image credit: e_ndro

Mie Tarempa merupakan makanan khas Riau yang terkenal di Batam. Bentuk sajiannya mirip dengan mie aceh, dengan tekstur tebal dan kenyal, plus topping daging ikan. Penggunaan rempah-rempah sebagai bumbu menjadikan kuliner ini paling nikmat dikonsumsi saat hangat, atau saat hari hujan. Mie Tarempa bisa disajikan secara kering atau basah. Mie Tarempa Batam Centre bisa menjadi destinasi yang dituju untuk mencicipi sajian ini.

Lokasi: Ruko Royal Sincom, Blk. D No.15 – 16, Tlk. Tering, Kec. Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau
Jam operasional: Setiap hari, 8.00 – 22.00 WIB
Harga: Mulai dari 8,000 IDR per porsi

6. Gonggong (Nasi Dagong) yang asli Batam

Gonggong | makanan khas Batam
Image credit: pesonakepri_ri

Kamu akan kesulitan menjumpai makanan ini di luar Batam. Gonggong merupakan biota laut yang hidup endemik di Kepulauan Riau. Bentuknya mirip keong atau siput dan bisa dinikmati dengan terlebih dahulu membersihkan dan merebusnya. Kamu bisa menikmati gonggong sebagai camilan, atau menjadikannya sebagai bagian nasi lemak dengan nama Nasi Dagong. Soal rasa jangan ditanya, dijamin enak.

Lokasi: Kedai Teh Tarik Raja – Komplek Nusantara Golden, Jl. Raja H. Fisabilillah Blok A No.7, Tlk. Tering, Kec. Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau
Jam operasional: Setiap hari, 7.00 – 16.00 WIB
Harga: Nasi dagong mulai dari 10,000 IDR per porsi, gonggong 15,000 IDR per porsi

7. Sop ikan Batam yang menyegarkan

Sop Ikan Batam
Image credit: sopikanbatam.id

Ingin mencari kuliner yang menyegarkan, sop ikan Batam bisa menjadi pilihan. Dengan bahan dasar ikan, udang dan cumi, satu porsi sop akan ditampilkan bersama kuah segar yang lezat dan hangat, plus nasi putih. Jika ingin menambah kenikmatan, jangan sampai tidak memberikan tambahan cabai, minyak wijen dan sawi asin. Yong Kee Istimewa Soup Seafood menjadi tempat makan yang bisa dituju untuk menikmati sajian ini dengan kualitas terbaik.

Lokasi: Komp. Hup Seng, Jl. Raja H. Fisabilillah No.5-8, Tlk. Tering, Kec. Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau
Jam operasional: Setiap hari, 7.30 – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari 18,000 IDR

8. Luti gendang, camilan yang renyah nan gurih

Luti Gendang | makanan khas batam
Image credit: e_ndro

Batam juga memiliki roti khas, luti gendang. Roti berbahan dasar tepung ini biasanya berisi abon ayam atau abon ikan tuna. Menggunakan rempah-rempah khas Melayu sebagai bumbu, luti gendang memiliki rasa yang khas untuk dinikmati. Saat terbaik mengkonsumsinya adalah setelah digoreng sambil menyeruput teh atau kopi.

Lokasi: Luti Gendang Tok Ngah – Jl. Raja Isa, Baloi Permai, Kec. Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau
Jam operasional: Setiap hari, 6.00 – 22.00 WIB
Harga: 4,000 IDR per biji

9. Kue Bilis yang khas Batam

Kue Bilis |
Image credit: nurrochmaningrum

Apa jadinya jika ikan bilis dijadikan camilan dalam bentu molen? Maka namanya pun menjadi bilis molen, dan makanan ini menjadi salah satu kuliner khas Batam. Punya nama lain sebagai bilis gulung atau kue bilis, kue ini memasukkan ikan bilis dalam lembaran kulit tepung sebelum kemudian digoreng kering. Rasanya juga enak dan makanan ini bisa dijadikan oleh-oleh juga, lho!

Harga: 30,000 IDR per 300gr

Baca juga: 15 Destinasi Wisata Di Batam Yang Keren Dan Wajib Dikunjungi

Banyak sekali makanan khas Batam yang bisa kamu coba, kan? Kuliner yang mana nih yang paling kamu ingin nikmati?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru