Makanan Khas Lombok Yang Nikmat Dan Menggugah Selera

Jika mengingat tentang Pulau Lombok, maka yang terlintas di pikiranmu umumnya adalah cuaca yang sangat panas dan pemandangan yang eksotis. Tapi apa hanya itu? Jangan lupa kalau Lombok juga punya makanan khas yang wajib dicicipi.

Makanan-makanan yang ada sekilas tampak serupa namun sebenarnya punya cirinya masing-masing. Jadi sambil merencanakan pantai yang ingin kamu kunjungi, rencanakan juga mendapatkan hidangan yang akan kamu nikmati. Tentu saja kamu bisa melihat rekomendasi makanan khas Lombok yang maknyus dari TripZilla Indonesia di sini!

1. Sate rembiga, makanan khas yang tidak kalah panas dengan suhu di Lombok

makanan khas lombok
Image credit: @dhinamuflihana 

Didominasi rasa pedas dan manis, sate rembiga akan jadi sepiring hidangan yang sulit untuk kamu tolak. Walaupun keringat mengucur, tetapi potongan-potongan daging sapi atau ayam ini tetap akan kamu santap dengan gembira. Dilumuri bumbu-bumbu seperti cabe keriting merah, cabe rawit, asam jawa, terasi, kecap manis hingga gula merah, tidak heran kalau rasanya menjadi mantap. Sate Rembiga Ibu Sinnaseh merupakan restoran sate yang kondang dan dapat kamu sambangi di Lombok.

Lokasi: Jl. Dr. Wahidin No 11B, Rembiga, Selaparang, Lombok, Nusa Tenggara Barat
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WITA – 22.00 WITA
Harga: Mulai dari 20,000 IDR

2. Sate bulayak yang super lembut

Image credit: @muhlis_mahardika 

Sate ini juga memiliki citarasa pedas dan dapat terbuat dari daging ayam, daging sapi atau jeroan sapi. Pilih saja mana yang kamu inginkan dan kemudian bahan favoritmu akan diberi bumbu khas dengan komposisi santan dan cabe. Ada pula saus kacang yang gurih untuk melengkapinya. Hidangan ini disebut sate bulayak karena disajikan bersama bulayak, yaitu lontong yang dibungkus dengan daun enau. Bentuk bulayak unik dan punya tekstur yang lembut. Sate Bulayak Suranadi menjadi tempat yang pas bagi kamu yang penasaran dengan kombinasi menarik ini.

Lokasi: Suranadi, Narmada, Lombok, Nusa Tenggara Barat
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WITA – 18.00 WITA
Harga: Mulai dari 20,000 IDR

3. Sup bebalung, makanan khas Lombok yang segar dan akan membuat makanmu lahap

sup bebalung | makanan khas lombok
Image credit: @jeanrachman 

Seporsi sup bebalung yang dihidangkan panas-panas dijamin akan mencuri perhatianmu. Disebut juga sebagai sup tulang, matamu akan langsung menangkap sepotong tulang besar yang berasal dari iga sapi atau kerbau. Rasa sup ini pun khas karena diracik menggunakan cabe rawit, lengkuas, kunyit, jahe dan asam. Ditambah dengan seporsi nasi panas, siapa yang tahan untuk tidak segera melahapnya? Kalau sudah penasaran dengan sup bebalung, datanglah ke Dapoer Sasak yang menyediakan sup khas suku Sasak ini. Segar!

Lokasi: Jl. Udayana, Pejarakan Karya, Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat
Jam Buka: Setiap hari, 11.00 WITA – 21.00 WITA
Harga: Mulai dari 42,000 IDR

4. Ayam Taliwang, makanan khas yang Lombok banget

ayam taliwang | makanan khas lombok
Image credit: @belabeliumkm 

Walau penampilannya biasa saja, namun ayam taliwang adalah menu yang kondang di kalangan wisatawan yang berpelesir ke Lombok. Jika sudah tiba di Lombok, wajib hukumnya untuk mencicipi ayam bakar dengan baluran bumbu ini. Kombinasi antara kencur, terasi goreng, gula merah dan tomat di dalam ramuan bumbunya membuat rasa ayam taliwang menjadi tidak biasa. Disajikan bersama sambal, kamu bisa memilih ingin sepedas apa rasa ayam taliwangmu. Restoran Ayam Taliwang H. Moerad dapat menjadi tempat yang pas untuk kamu yang ingin menjajal hidangan nikmat ini.

Lokasi: Jl. Pelikan, Pejanggik, Mataram, Nusa Tenggara Barat
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WITA – 22.00 WITA
Harga: Mulai dari 45,000 IDR

5. Beberuk terong, terong yang terasa luar biasa

Image credit: @cicie_kitchen 

Melihat penampilannya saja, kamu bisa memperkirakan seberapa pedas beberuk terong. Beberuk terong yang meriah ini tergolong sebagai lalapan di Lombok. Ada tempat yang menggunakan bahan-bahan mentah dan ada pula yang sudah dikukus. Umumnya beberuk terong tidak disantap begitu saja namun dijadikan pendamping lauk seperti masakan ikan atau ayam. Dijamin dengan menambahkan sesuap beberuk terong, makanan pilihanmu jadi makin sedap! Berkunjunglah ke Rumah Makan Khas Lombok Tanjung Karang untuk memesannya ya!

Lokasi: Jl. Arya Banjargentas No. 88X Ampenan Sekarbela, Tj. Karang, Kec. Ampenan, Mataram, Nusa Tenggara Barat
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WITA – 22.00 WITA
Harga: Mulai dari 10,000 IDR

6. Sate pencok, sate dengan tekstur yang padat dan membangkitkan selera

makanan khas lombok
Image credit: @citra_haries 

Sate pencok adalah jenis lain sate yang dapat dicoba di Lombok. Keunikan sate ini adalah terbuat dari nasi sagu sehingga terasa sangat berbeda ketika disantap. Ada pula yang masih menggunakan kulit sapi seperti ketika awal mula sate pencok dibuat. Rasa sate pencok tidak kalah enak dengan sate dari daging apalagi ditambah siraman bumbu pelalah yang berwarna cerah. Bumbu pelalah ini diracik dari ketumbar, kemiri, jahe, merica, kencur hingga daun sereh yang membuat rasanya kaya. Salah satu tempat yang menyajikan sate pencok adalah Rumah Makan Khas Lombok Tanjung Karang, cicipi yuk!

Lokasi: Jl. Arya Banjargentas No. 88X Ampenan Sekarbela, Tj. Karang, Kec. Ampenan, Mataram, Nusa Tenggara Barat
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WITA – 22.00 WITA
Harga: Mulai dari 1,000 IDR per tusuk

7. Ayam rarang, makanan khas dari pedesaan Lombok

Image credit: @foodierecommend 

Sesuai namanya, ayam ini berasal dari daerah Rarang di Kabupaten Lombok Timur. Seperti masakan dari Lombok, ayam rarang didominasi rasa pedas yang akan menggoyang lidahmu. Apabila kamu datang setelah menempuh perjalanan jauh berkeliling Lombok, maka penampakan ayam rarang akan membuat perutmu makin keroncongan. Diracik menggunakan sebiye gero atau cabe rawit kering, pedas yang khas akan timbul dari hidangan berkuah ini. Kamu bisa menyantapnya di Rumah Makan Rarang Dua yang menjadikan ayam rarang sebagai menu unggulannya.

Lokasi: Jl. Raya Mataram-Kayangan, Masbagik, Sukadana, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat
Jam Buka: Setiap hari, 10.00 WITA – 22.00 WITA
Harga: Mulai dari 35,000 IDR

8. Sate ikan tanjung, lembutnya daging ikan yang penuh rasa

Image credit: @jajelombok 

Lombok juga punya sate yang terbuat dari ikan dan merupakan hidangan khas dari Kecamatan Tanjung di Lombok Utara. Rasa pedas akan tetap muncul di sate ini namun hanya terasa lembut sehingga dapat dinikmati oleh kamu yang kurang menyukai pedas. Baluran bumbu dari rempah-rempah makin menyerap sempurna ketika daging ikan dibakar. Kamu akan mencecap rasa gurih yang nikmat dan dijamin tanganmu akan segera menyendok nasi panas untuk melengkapinya. Sate ikan mudah ditemukan dan salah satu yang terkenal adalah di warung Sate Ikan Khas Tanjung. Nikmat!

Lokasi: Jalan Raya Tanjung, Sokong, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat
Jam Buka: Setiap hari, 11.00 WITA – 20.00 WITA
Harga: Mulai dari 15,000 IDR

9. Nasi balap, penampilan minimal rasa maksimal

nasi balap | makanan khas lombok
Image credit: @homecooking_meidy 

Di Lombok, ada juga hidangan nasi yang terkenal yaitu nasi balap. Terletak di daerah Puyung sehingga sering disebut nasi balap Puyung. Tentunya nasi ini tidak meninggalkan rasa pedas yang menjadi ciri makanan Lombok. Penampilannya bersahaja, berupa nasi dengan lauk ayam suwir pedas, kacang goreng dan kedelai goreng. Tapi jangan tertipu dengan kesederhanaannya karena begitu dikunyah, lidahmu akan merasakan pedas dan gurih yang bikin ketagihan. Tidak heran kalau warung tersohor di Lombok yaitu Nasi Balap Puyung Inaq Esun sudah bertahan sejak tahun 1970 dan tetap diminati sampai sekarang.

Lokasi: Jl. Raya Puyung, Puyung, Jonggat, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WITA – 22.00 WITA
Harga: Mulai dari 17,000 IDR

10. Ares, sayur unik yang sehat dan mengenyangkan

makanan khas lombok
Image credit: Rumah Makan Khas Lombok Tanjung Karang

Tidak hanya olahan daging yang akan memuaskan perutmu di Lombok. Tumbuhan seperti pelepah pisang pun dapat diolah menjadi hidangan sedap, seperti ares ini. Ares yang jadi menu wajib saat ada hajatan kini dapat kamu santap kapan pun dan tidak sulit untuk dicari. Selain pelepah pisang, ares juga berisi potongan daging yang menambah kelezatannya. Gemar makan sayur dan ingin segera memesan seporsi ares? Beranjak saja ke Rumah Makan Khas Lombok Tanjung Karang untuk mendapatkan hidangan ini.

Lokasi: Jl. Arya Banjargentas No. 88X Ampenan Sekarbela, Tj. Karang, Kec. Ampenan, Mataram, Nusa Tenggara Barat
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WITA – 22.00 WITA:
Harga: Mulai dari 10,000 IDR

11. Poteng jaje tujak, makanan khas Lombok pas untuk hidangan penutup

makanan khas lombok
Image credit:@buburinas 

Merasa akrab dengan penampilan poteng jaje tujak? Memang hidangan ini termasuk sejenis tape dan punya rasa manis yang memanjakan indera perasamu. Poteng dibuat dari olahan ketan putih dan tape yang lalu dibungkus daun pisang. Sedangkan jaje tujak dibuat dari beras ketan putih, beras ketan hitam dan kelapa parut yang kemudian dikukus. Poteng jaje tujak tidak tahan lama karena umumnya diolah tanpa pengawet sehingga kamu dapat menyantapnya segera setelah dipesan. Salah satu tempat yang menjualnya secara online adalah Pawon Arini yang dapat kamu cek lewat Instagram di @pawon.arini

Lokasi: Jl. TGH. Moh. Faisal, Selong, Nusa Tenggara Barat
Jam Buka:
Harga: Mulai dari 5,000 IDR

12. Kue lekong, makanan ringan buah tangan khas yang berkesan dari Lombok

Image credit: Oleh Oleh Khas Lombok

Kue lekong yang berwarna putih ini punya keunikan yang membuatnya mirip dengan kue nastar, yaitu isian nanas. Bahan utamanya adalah tepung sagu dan konon katanya kue ini menjadi salah satu hantaran di pesta pernikahan. Karena cukup awet, kamu dapat membawa kue lekong sebagai alternatif buah tangan yang menarik dan jarang ada di daerah lain. Untuk pemesanan online, kontak saja ke akun Instagram Oleh Oleh Khas Lombok yaitu @oleholehkhaslombok

Lokasi: Jl. Krakatau 1 No. 6, Midang, Kec. Gunungsari, Lombok, Nusa Tenggara Barat
Jam Buka:
Harga: Mulai dari 45,000 IDR

13. Dodol rumput laut dengan warna-warni yang bikin penasaran

Image credit: Phoenix Food

Dodol tapi dari tumbuhan? Ya, dodol rumput laut adalah salah satu cemilan yang terkenal dari Lombok. Kamu dapat menemukan dodol ini dalam kemasan berbagai ukuran sehingga mudah untuk dibeli sebagai cemilan sehari-hari atau untuk buah tangan. Terbuat dari tepung rumput laut dan tidak mengandung pemanis buatan sehingga lebih sehat untuk dikonsumsi. Kamu dapat membeli satu atau dua bungkus dodol rumput laut di Phoenix Food. Selain dodol rumput laut, ada pula jenis-jenis dodol lain yang tidak kalah unik seperti dodol wortel dan dodol labu siam. Kreatif dan menarik kan?

Lokasi: Jl. A. A Gede Ngurah, Cakranegara Sel. Baru, Kec. Cakranegara, Mataram, Nusa Tenggara Barat
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WITA – 17.30 WITA
Harga: Mulai dari 15,000 IDR

Baca juga: 9 Tempat Makan Kuliner Lombok Wajib Coba Untuk Pengalaman Otentik

Beragam banget makanan khas yang bisa kamu nikmati di Lombok, bukan? Jangan lupa untuk selalu menikmati hidangan lokal setiap berkunjung ke satu daerah, karena kamu akan menemukan citarasa yang unik dan otentik!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru