Makanan Khas Thailand Yang Harus Dicoba Saat Plesiran Ke Negeri Gajah Putih

Apa yang terbesit di pikiran kamu ketika bisa mengenai makanan khas Thailand? Tom yam dan pad thai? Bukan hal yang salah. Tapi, faktanya, ada banyak kuliner Thailand yang menarik untuk dicoba.

Makanan khas Thailand identik dengan rasa yang kuat, segar dan cenderung mengigit. Seperti halnya masakan khas Indonesia, kuliner Thailand juga tercipta dari perpaduan berbagai budaya, dari Melayu, Cina dan banyak lagi lainnya. Karena itulah ada banyak varian rasa yang bisa ditemukan pada kuliner khas tersebut.

Namun, jika kamu penasaran dengan makanan khas Thailand yang populer dan wajib dicoba saat mendapatkan kesempatan plesiran ke Negeri Gajah Putih secara langsung di masa mendatang, sejumlah kuliner ini menjadi panganan yang wajib kamu coba. Yuk, simak daftar rekomendasi versi TripZilla Indonesia di bawah ini!

1. Pad phuk tong, cita rasa segar

Image credit: Sakichin

Singkatnya, pad phuk tong adalah makanan yang berasal dari labu yang dioseng bersama sayuran lainnya, dan menghasilkan rasa yang segar, pas dinikmati bagi penggemar sayuran. Cara terbaik menikmatinya adalah dengan menyantapnya bersama beras coklat. Yummy!

2. Pad thai, makanan khas Thailand yang mengesankan

makanan khas thailand
Image credit: Chris Tweten

Sebagai salah satu makanan nasional Thailand, pad thai wajib dicoba oleh semua wisatawan. Kamu akan mendapati kuliner mie goreng ala Thailand dengan topping udang atau ayam, dan banyak sayuran. Mendapatkan makanan ini juga mudah karena banyak pedagang kaki lima yang menjajakannya di setiap sudut jalan.

3. Pad see eiw, makanan khas Thailand yang istimewa

Image credit: Lou Stejskal

Mirip dengan pad thai, pad see eiw juga varian mie goreng, dengan jenis mie yang berbeda. Selain itu, bumbu dan topping yang digunakan juga tidak sama, dan biasanya ada tambahan daging babi di atasnya. Bagi traveler muslim wajib waspada, ya!

4. Tom kha gai, saudara jauh dari tom yum

makanan khas thailand
Image credit: rise-a-mui

Tom kha gai memiliki “hubungan spesial” dengan tom yum. Bedanya, masakan ini lebih ramah bagi yang tidak suka pedas. Isian dan bumbunya juga berbeda, di mana tom kha gai lebih banyak memasukkan santan sebagai kaldu, yang menjadikan masakan menjadi gurih. Namun, dengan sayuran yang melimpah sebagai isian, kamu akan mendapati masakan yang istimewa kala menyantapnya.

5. Som tam, makanan khas Thailand yang populer

Image credit: Pairote Mangsa

Som tam merupakan makanan khas Thailand bagian timur laut dan menjadi salah satu kuliner paling populer di negara ini. Bagaimana tidak, ada banyak sensasi rasa yang bisa didapatkan di setiap porsi kuliner ini. Isian som tam antara lain potongan pepaya hijau, tomat, wortel, kacang-kacangan, udang kering, gula merah, saus ikan, jeruk nipis, bawang putih dan banyak cabai. Selain pedas dan menggigit, masakan ini juga menghadirkan rasa menyegarkan kala menyantapnya.

6. Yam pla dook foo, camilan lele goreng

Cita rasa yam pla dook foo alias lele goreng dengan potongan mangga hijau adalah segar dan kriuk. Jika di Indonesia kuliner ini disajikan bersama dengan nasi putih, yam pla dook foo di Thailand tampil sebagai camilan sebagai teman minum bir. Walah!

7. Yam talay, makanan khas Thailand dengan sensasi seafood

Salah satu makanan laut yang layak dicoba di Thailand adalah yam talay. Seperti halnya makanan khas Thailand lainnya, salad seafood ini menawarkan sensasi menggigit lidah, namun dengan isian yang menyehatkan, seperti perpaduan cumi-cumi, udang, kepiting, kerang dan hewan laut lainnya, dengan tomat, bawang bombay dan bihun. Dijamin lezat, deh!

8. Guay teow, mie rebus ala Thai

Di Indonesia, kamu mungkin lebih mengenal guay teow sebagai mie rebus. Isian mie rebus juga kurang lebih sama, seperti suwiran atau potongan daging ayam, babi atau sapi, dan tentunya mie sebagai bahan utamanya. Tak sedikit pula yang menambahkan bakso ikan atau bakso daging, dengan tambahan bahan penyedap seperti cabe kering, perasan jeruk nipis dan saus ikan. Dengan banyak pedagang yang menjajakannya di sejumlah sudut kota di seluruh penjuru Thailand, kamu tak akan kesulitan merasakan masakan ini.

9. Gaeng keow wan, waspada lidah terbakar

Bisa dikatakan kuliner khas Thailand ini menjadi masakan paling pedas. Gaeng keow wan, atau yang lebih sering disebut kari hijau, dibuat dengan banyak bahan bumbu, termasuk cabe hijau segar, jahe, terong, dan banyak santan. Makanan ini paling pas dinikmati bersama nasi putih panas. Yummy!

10. Khao soi, mie rebus yang gurih banget

Image credit: Huahom

Khao soi merupakan mie rebus dengan kuah santan yang segar. Isian utamanya adalah potongan daging ayam, sapi atau babi. Mie telur dimasak bersama dengan bumbu kari dan santan yang melimpah, termasuk acar, jeruk dan cabe goreng. Kamu akan mudah menemukan masakan ini saat berkunjung ke Chiang Mai.

11. Tom yum goong, makanan khas Thailand yang ikonik

Bisa dikatakan tom yum goong adalah makanan khas Thailand paling ikonik dan populer. Kuliner ini diciptakan untuk memberikan cita rasa pedas, asam, segar dan memberikan kesan mendalam akan Thailand. Udang segar dan jamur menjadi bahan utama yang selalu ada dalam sajian ini.

12. Khao pad, favorit semua orang

Image credit: Alpha

Khao pad adalah nasi goreng versi Thailand. Semudah itu!

13. Pad krapow, makanan khas Thailand dengan rasa kuat

Image credit: Lachlan Hardy

Makanan ini bukan untuk mereka yang suka pilih-pilih makanan. Dengan bumbu utama daun basil khas Thailand, yang menghadirkan rasa yang tajam dan pedas, terutama dengan dukungan cabai dalam setiap menu sajian, setiap penikmat kuliner akan menemukan potongan daging ayam atau daging dan juga tofu di setiap porsi pad krapow. Makanan ini juga disajikan dengan nasi putih sebagai pendamping dan telur goreng.

14. Panang, kari Thailand yang lebih ramah di lidah

Panang, makanan khas Thailand
Image credit: Larry Miller

Dibandingkan dengan kari lainnya di Thailand, panang menghadirkan rasa yang lebih ramah dan tidak terlalu pedas. Dengan udang dan sayuran sebagai isian, kari khas Thailand ini menarik untuk dinikmati.

15. Laab, bukan untuk pecinta pedas

Laab merupakan salad khas daerah kawasan timur laut Thailand dengan daging atau jamur sebagai bahan utamanya. Masakan ini tidak direkomendasikan untuk mereka yang tidak suka dengan sensasi pedas. Hati-hati, ya!

16. Pak boong, salad khas Thai

Pak boong menjadi salah satu bentuk salad khas Thailand yang bisa dicoba. Di setiap porsi masakan ini menghadirkan banyak sayuran yang dipadupadankan dengan kecap asin, bawang putih, cabai dan banyak lagi lainnya. Yang tertarik menikmati kuliner ini harus siap dengan sensasi rasa asing, pedas, asam dan gurih.

17. Kai jeow, omelet khas Thailand

Kai Jeow - Makanan khas thailand
Image credit: Jamie Monk

Salah satu makanan khas Thailand yang paling sederhana adalah kai jeow. Omelet ala Thai ini biasanya disajikan di atas nasi putih hangat dengan tambahan saus sambal. Kamu juga bisa mencoba kai jeow pak jika inginlebih banyak tambahan sayur di omelet kamu.

18. Kao niew ma nuang, dessert asyik ala Thai

Kao niew ma nuang menjadi makanan penutup mulut yang wajib dicoba. Dibuat dari ketan dan mangga, makanan ini menghadirkan rasa yang sedap dan manis karena ada tambahan susu.

19. Pad phak, sayuran goreng spesial

Pad phak - makanan khas Thailand
Image credit: Alpha

Apa jadinya jika sayuran digoreng? Di Thailand, kamu bisa menemukan jawaban atas pertanyaan itu dalam seporsi pad phak. Sayuran yang banyak terdapat di Thailand diolah sedemikian rupa untuk menghadirkan cita rasa manis, gurih dan pedas.

20. Kai med ma muang, makanan khas Thailand favorit warga lokal

Kai med ma muang menjadi salah satu makanan khas Thailand yang disukai warga lokal dan wisatawan asing karena menghadirkan cita rasa yang melimpah dan menyegarkan. Bahan utamanya adalah ayam goreng, yang disajikan bersama kacang mete, kecap, madu, bawang bombay, cabai, merica, jamur dan banyak ragam sayuran lainnya.

Baca juga: 20 Tempat Unik di Thailand untuk Pengalaman Tidak Terlupakan

Tertarik mencoba makanan khas Thailand di atas?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru