Masa Karantina Di Malaysia Dikurangi Jadi 10 Hari

Pemerintah Malaysia mengubah kebijakan kewajiban masa karantina bagi warga negara yang datang ke negaranya. Jika sebelumnya diwajibkan menjalani masa karantina 14 hari, mulai 14 Desember 2020, masa karantina di Malaysia kini hanya dijalani selama sepuluh hari.

Diungkapkan Direktur Jenderal Kesehatan Malaysia, Tan Sri Dr Noor Hisham Abdullah, pengurangan masa karantina didasarkan pada hasil penelitian ilmiah terakhir yang menunjukkan bahwa risiko infeksi setelah karantina jauh menurun setelah periode karantina.

“Rata-rata periode infeksi tertinggi terjadi pada minggu pertama setelah terpapar,” jelasnya seperti dikutip Bernama.

Malaysia bukan menjadi negara pertama yang mengurangi masa karantina untuk warga yang datang dari luar negeri. Inggris, Jerman dan Belgia juga sudah mengurangi masa karantina, dari sebelumnya 14 hari menjadi sepuluh hari. Sementara Prancis menurunkan kewajiban masa karantina bagi warga yang datang dari luar negeri selama tujuh hari.

Namun demikian, Malaysia sendiri masih melakukan lockdown ketat di negaranya dan menutup wilayah perbatasan untuk masuknya warga negara asing untuk kepentingan wisata, sekaligus mengawasi secara ketat selama warganya menjalani masa karantina.

Malaysia juga masih melakukan pembatasan pergerakan warga (Movement Control Order, MCO) hingga 31 Desember 2020 dan setelahnya kebijakan tersebut akan kembali direvisi, apakah akan dilanjutkan atau tidak.

Baca juga: Turis Masih Dilarang Masuk Malaysia Hingga 31 Desember

Bagi yang berencana pergi ke Malaysia untuk urusan penting, ikuti semua aturan dan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan di sana, ya!


Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru