Maya Bay Bakal Dibuka Untuk Wisata Mulai 1 Januari 2022

Setelah sempat ditutup sejak Juni 2018, Maya Bay di wilayah Taman Nasional Hat Noppharat Thara-Mu Ko Phi Phi akan siap menerima wisatawan dan akan kembali dibuka pada 1 Januari 2022 mendatang.

Pemerintah Kerajaan Thailand mengumumkan pembukaan kembali Maya Bay setelah program rehabilitasi dan pemulihan ekosistem di kawasan ini selesai dilakukan.

“Maya Bay secara terus menerus menarik perhatian turis dari seluruh penjuru dunia. Tapi hal ini jua menyebabkan kerusakan pada ekosistem alami, terutama pada koral. Setelah menutup Maya Bay untuk mengembalikan kealamian ke kondisi semula, sampai saat ini, kondisinya sudah kembali jadi lebih baik,” ujar Menteri Sumber Daya Alami Dan Lingkungan Varawut Silpa-Archa, seperti dikutip CNN.

Sebelumnya, kawasan ini ditutup karena kondisi koral dan kehidupan bawah lautnya mengalami kerusakan dan membutuhkan waktu untuk pulih. Setelah penutupan selama lebih dari tiga tahun, kondisi ekosistem wilayah ini menunjukkan perbaikan yang signifikan.

Selain itu, pemerintah juga melakukan peningkatan fasilitas di kawasan wisata yang terkenal sebagai lokasi syuting film yang dibintangi Leonardo DiCaprio, The Beach. Tak hanya itu saja, otoritas setempat juga memperbaiki sistem penerimaan wisata di kawasan tersebut untuk bisa tetap menjaga kealamian ekosistem dan menghindari kerusakan alam seperti sebelumnya.

Terkait penerapan sistem wisata di Maya Bay, otoritas setempat juga menerapkan aturan baru untuk bisa berkunjung ke kawasan ini. Lebih lengkapnya bisa dilihat di bawah ini.

Untuk kapal yang mengantarkan turis kini tidak lagi bisa masuk hingga ke teluknya. Mereka hanya diizinkan menurunkan penumpang di dermaga yang berada di bagian belakang dari pulau ini.

Selain itu, otoritas setempat juga hanya akan mengizinkan delapan perahu cepat yang bisa merapat ke dermaga di setiap sesinya, dengan waktu kunjungan dibatasi selama satu jam dengan jumlah turis maksimal 300 orang, dan waktu operasional antara 10.00 dan 16.00 waktu setempat setiap harinya.

Adapun pemerintah Thailand sudah mengizinkan turis Indonesia liburan ke wilayahnya tanpa harus melakukan karantina, dengan syarat telah divaksin Covid-19 secara lengkap.

Baca juga: Thailand Cabut Keharusan Karantina Untuk Traveler Indonesia, Ini Syarat Yang Harus Dipenuhi!

Nah, dengan Maya Bay akan segera dibuka dan traveler Indonesia diizinkan masuk ke Thailand, apakah kamu mulai berencana untuk liburan ke Negeri Gajah Putih ini tahun depan?

 

 

Preview image credit: Humphrey Muleba | Unsplash

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru