Maya Bay Ditutup Tanpa Batas Waktu, Boracay Siap Dibuka

Bagi kamu yang berencana liburan ke Thailand dan mengunjungi Maya Bay terpaksa harus menunggu untuk waktu yang lebih lama lagi. Soalnya, Maya Bay ditutup oleh Departemen Taman Nasional, Konservasi Flora dan Fauna Thailand, DNP, hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

Menurut Direktur Umum DNP Thanya Nethithammakul, diperpanjangnya penutupan Maya Bay dilakukan karena proses pemulihan ekosistem pantai masih harus dilakukan dan akan ditunggu hingga kembali ke kondisi normal.

Tidak ada waktu khusus yang disebutkan untuk penutupan Maya Bay tersebut. Pihak DNP hanya mengungkapkan bahwa penutupan akan dilakukan hingga “kondisi natural kembali ke normal.”

Pantai yang terkenal karena menjadi lokasi pengambilan gambar film The Beach yang dibintangi Leonardo Di Caprio tersebut sudah ditutup sejak April silam. Rencana sebelumnya menyebutkan penutupan Maya Bay hanya akan berjalan hingga bulan Oktober 2018.

Namun diperpanjangnya masa penutupan Maya Bay terpaksa dilakukan karena sistem ekologi dan ekosistem pantai, termasuk menghilangnya biota laut dan rusaknya terumbu karang di wilayah tersebut, mengalami kerusakan yang cukup parah dan belum kembali ke kondisi normal, menyusul ramainya kunjungan wisatawan.

Ramainya kunjungan ke Maya Bay tidak bisa dilepaskan dari dekatnya jarak dengan Phuket sebagai salah satu destinasi ngehits di Thailand, yaitu kurang dari satu jam perjalanan menggunakan speedboat. Wisatawan datang ke Maya Bay untuk berjemur, snorkling atau sekadar berfoto.

Salah satu sudut di pantai Boracay, Filipina

Jika Maya Bay ditutup hingga batas waktu yang tidak ditentukan, pantai Boracay di Filipina dinyatakan akan dibuka kembali dalam waktu dekat. Sebelumnya, destinasi populer wisatawan di Filipina itu juga harus ditutup selama enam bulan karena kerusakan lingkungan yang signifikan.

Otoritas pemerintah Filipina mengungkapkan Boracay akan dibuka secara bertahap, dimulai pada bulan Oktober ini, demikian diwartakan CNN Travel.

Baca juga: Phuket atau Krabi – Manakah yang Lebih Memukau?

Jadi, sudah tahu mana tempat yang harus kamu kunjungi untuk sesi liburan kamu berikutnya, kan?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru