Beragam Menu Sarapan Di Yogyakarta Yang Menggugah Selera Dan Wajib Dicoba

Yogyakarta atau yang lebih akrab disebut Jogja, menjadi rumah dari berbagai hidangan yang nikmat. Wisata kuliner bisa dilakukan selama 24 jam karena sangat banyak tempat makan menggiurkan yang buka sepanjang hari. Sebaiknya kamu juga tidak malas bangun pagi, sebab ada menu sarapan di Jogja yang maknyus yang menanti di sini.

Aneka hidangan khas Indonesia tersebar di Jogja pada pagi hari. Kosongkan perut agar deretan menu yang ada bisa dilahap dengan leluasa. Di sini TripZilla Indonesia telah merangkum lokasi sarapan di Jogja yang akan membuatmu kenyang dan senang. Catat, ya!

1. Gudeg Basah Bu Sri, kenyang dengan manis yang lekat

sarapan di jogja - Gudeg Bu Sri
Image credit: Gudeg Bu Sri

Gudeg Basah Bu Sri sudah menjadi tempat makan yang legendaris. Karakter dari gudeg basah adalah kuah gudeg yang encer namun tentunya tetap kaya rasa. Ditambah kenyalnya krecek dan lauk lainnya, seporsi gudeg akan terasa memuaskan di pagi hari. Ada varian gudeg komplit, gudeg kendil hingga gudeg besek untuk dibawa pulang. Kamu bisa menambahkan lauk seperti rica-rica kepala ayam atau balungan ayam opor, membayangkannya saja sudah bikin ngiler!

Lokasi: Jl. Wates Km. 2, Kadipiro, Sonosewu, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 23.00 WIB
Harga: Mulai dari 7,000 IDR

2. Wedang tahu Bu Sukardi Pasar Pathuk, hangat kuah jahe yang ramah di perut

Image credit: @nyicip.makan

Wedang tahu alias kembang tahu ini bisa jadi sajian nikmat untuk membuka hari. Kelembutan kembang tahu yang meluncur di lidah dan kuah jahe yang hangat saat diseruput bakal membuat ketagihan. Wedang Tahu Bu Sukardi sudah berdiri selama 14 tahun, jadi kamu tidak perlu meragukan kenikmatan racikannya. Harganya pun tidak mahal, jadi kamu bisa memesan tanpa perlu mengkhawatirkan kondisi uang jajanmu. Nyam!

Lokasi: Jl. Bhayangkara No.72b, Ngupasan, Ngampilan, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: Setiap hari, 05.00 WIB – 09.00 WIB
Harga: Mulai dari 7,000 IDR

3. Pecel Senggol Beringharjo, kenikmatan sarapan di Jogja dalam sepincuk pecel

Pecel senggol Beringharjo
Image credit: @oby.binar

Pecel atau nasi pecel adalah hidangan yang tidak boleh diremehkan. Walau terlihat hanya seperti nasi dengan lauk sayur dan bumbu kacang, tapi nasi pecel nyatanya menjadi salah satu menu sarapan yang digemari. Mampirlah ke Pecel Senggol Beringharjo untuk merasakan asyiknya sarapan nasi pecel. Pecel di kedai ini memakai kembang turi sebagai salah satu bahannya. Kamu pasti tergoda untuk menambahkan aneka lauk seperti sate kikil, ayam gending atau tempe mendoan ke dalam pesananmu. Nikmat!

Lokasi: Ps. Beringharjo, Jl. Pabringan No.84, Ngupasan, Gondomanan, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 16.00 WIB
Harga: Mulai dari 8,000 IDR

4. Soto sampah yang wajib kamu coba

Image credit: @culinaryandart

Namanya terdengar aneh sekaligus bikin penasaran. Kenapa soto sampah? Ternyata julukan ini muncul karena konon katanya soto dibuat menggunakan gajih sapi sehingga penampilannya berantakan dan mirip sampah. Jadi jangan takut berkunjung ke Soto Sampah dan membiarkan lidahmu bergoyang dibuatnya. Ada soto koyor, soto daging sapi, soto ayam dan soto babat untuk dicoba. Agar semakin mantap, tambahkan lauk pendamping seperti ceker ayam, sate usus atau sosis solo.

Lokasi: Jl. Kranggan No. 2, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 03.00 WIB
Harga: Mulai dari 6,000 IDR

5. Soto Ayam Lenthok Pak Gareng, segar dan padat mengenyangkan

sarapan di joga - soto ayam lenthok pak gareng
Image credit: @jogjabikinlaper

Salah satu tempat yang bisa kamu tuju untuk mereguk segarnya soto ayam adalah Soto Ayam Lenthok Pak Gareng. Disebut soto ayam lenthok karena salah satu bahannya adalah lenthok atau perkedel singkong. Keunikan lain adalah ayamnya, di mana daging ayamnya berasal dari ayam jago pilihan. Tidak semua soto ayam seperti ini kan? Agar citarasanya makin meriah, pesan juga sate usus dan sate telor puyuh yang terasa gurih di mulut.

Lokasi: Jl. Pangeran Mangkubumi, Sosromenduran, Gedong Tengen, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 13.00 WIB
Harga: Mulai dari 12,000 IDR

6. Jenang campur Bu Gesti, tekstur kenyal dan rasa manis berpadu serasi

jenang campur bu gesti
Image credit: @jogjabikinlaper

Saat berwisata di Jogja, kamu bisa berkenalan dengan jenang. Sebutan jenang diberikan pada hidangan berupa bubur dengan rasa manis dan biasanya dijual di pasar-pasar tradisional. Salah satu kedai jenang yang populer adalah Jenang Campur Bu Gesti, yang punya banyak jenis jenang untuk dipilih. Cicipi bubur sumsum, bubur mutiara atau jenang candil. Hidangan sederhana dengan warna menarik ini dijamin bisa membuat harimu semanis rasanya.

Lokasi: Pasar Lempuyangan, Jl. Hayam Wuruk No. 277, Tegal Panggung, Danurejan, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 11.00 WIB
Harga: Mulai dari 5,000 IDR

7. Lontong sayur Uda Asdi, sarapan di Jogja dengan citarasa khas Sumatera

Lontong sayur uda asdi - sarapan di jogja
Image credit: @mosyakur

Kamu boleh berada di Jogja, tapi kalau ingin sarapan dengan lontong sayur khas Sumatera, tidak masalah. Datanglah ke Lontong Sayur Uda Asdi untuk membeli seporsi lontong sayur sarat bumbu yang sedap. Sayur nangka ditemani telur atau ayam menjadi teman yang pas untuk lontong padat yang diiris-iris tebal. Siram dengan kuah yang gurih sebelum disuap masuk ke mulutmu. Pasti memuaskan!

Lokasi: Komplek Purwokinanti, Pakualaman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 13.00 WIB
Harga: Mulai dari 8,000 IDR

8. Warung Brongkos Handayani, menyendok isian yang kaya protein

brongkos handayani
Image credit: @jogjaroamer

Warung Brongkos Handayani perlu kamu masukkan ke dalam agenda sarapanmu. Pengalaman makan brongkos di sini tentu akan menjadi kenangan yang menerbitkan air liur. Pasalnya daging yang lembut bersama kacang tolo, tahu, koyor dan telur akan menjadi kombinasi yang serasi ketika disantap. Kamu bisa memilih dari berbagai varian yang ada seperti brongkos koyor, brongkos telur atau brongkos komplit yang dijamin mantap. Selain brongkos, ada pula nasi rames dan soto ayam di warung ini.

Lokasi: Jl. Gading No.2, Patehan, Kecamatan Kraton, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 16.00 WIB
Harga: Mulai dari 14,000 IDR

9. Kopi Klothok, sarapan di Jogja dengan menu aneka hidangan rumahan yang bikin lapar mata

sarapan di jogja - kopi klothok
Image credit: @jogjaculinary

Kedai Kopi Klotok sangat populer dan menjadi destinasi kuliner para pelancong. Suasana khas pedesaan yang akrab, lengkap dengan peralatan tradisional ampuh menciptakan atmosfer yang menyenangkan. Untuk menghangatkan tubuh, kamu dapat mencicipi sajian kopi klotok yang panas dan pahit. Tidak boleh lupa juga memesan seporsi nasi dengan pilihan lauk seperti lodeh kluwih, telur krispi dan tempe garit. Makin nikmat lagi karena ada hamparan sawah yang pemandangannya akan menyejukkan matamu di sini!

Lokasi: Jl. Kaliurang No. KM. 16, Pakembinangun, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 21.30 WIB
Harga: Mulai dari 1,500 IDR

10. Warung Pojok Mbak Yuni, sarapan di Jogja dengan harga murah dan rasa nendang

warung pojok mbak yuni - sarapan di jogja
Image credit: @jogjabikinlaper 

Mendengar kata warung, orang akan mengharapkan lauk-pauk yang beragam. Di Warung Pojok Mbak Yuni, tidak hanya lauknya yang bervariasi namun rasanya pun enak dan harganya terjangkau. Menu andalannya adalah telur gobal gabul, yaitu telur yang didadar hingga garing. Ada pula sayur kluwih, ayam goreng dan mangut lele yang sama enaknya. Sarapan di warjok ini, dijamin kenyang dan kantong tidak bolong!

Lokasi: Jl. I Dewa Nyoman Oka No.3, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: Senin – Jumat, 06.00 WIB – 14.00 WIB
Harga: Mulai dari 3,000 IDR

11. Saoto Bathok Mbah Katro, batok-batok yang mengantarkan kelezatan

Saoto Bathok
Image credit: @makan.ngebolang

Saoto alias soto dalam nama Saoto Bathok Mbah Katro memang disajikan dalam batok kelapa. Kamu akan menemukan soto yang mengepul dan memanggil untuk segera dihirup kuahnya di sini. Ditambah dengan udara sejuk di pagi hari, siapa yang bisa tahan? Apalagi dengan lauk pendamping tempe garit dan sate telor puyuh yang khas Indonesia, sensasi makan soto akan makin terasa. Coba dan lihat apakah kamu juga akan ketagihan!

Lokasi: Sambisari, Purwomartani, Kec. Kalasan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 16.00 WIB
Harga: Mulai dari 6,000 IDR

12. Gudeg Mbah Lindu, sarapan di Jogja dengan perpaduan rasa gurih dan manis

Gudeg Mbah Lindu - sarapan di jogja
Image credit: @nitipkittin

Gudeg Mbok Lindu atau dikenal juga sebagai Gudeg Mbah Lindu adalah kedai gudeg legendaris di Jogja. Gudeg racikan di tempat ini kondang berkat bumbu rempahnya yang meresap sehingga setiap kunyahan penuh dengan rasa. Kamu bisa memilih dari aneka paket yang ada semisal sayur gudeg dengan krecek dan telur atau ditambah juga dengan ayam. Ada pula yang dilengkapi bubur, yang tentunya makin sedap karena disiram kuah gudegnya. Mau yang mana nih?

Lokasi: Jl. Sosrowijayan No. 41-43, Sosromenduran, Gedong Tengen, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: Senin – Kamis pukul 06.00 WIB – 11.00 WIB dan Jumat – Minggu pukul 06.00 WIB – 09.00 WIB
Harga: Mulai dari 15,000 IDR

13. Sate Klatak Pak Yakut, sate dan tengkleng yang menggoda mata

sate klatak pak yakut - sarapan di jogja
Image credit: @jogjabikinlaper

Sate klatak adalah sate yang sedikit berbeda dengan sate biasa, karena ditusuk menggunakan besi. Pemakaian besi dianggap membuat daging sate matang lebih merata ketika dibakar. Sate yang umumnya memakai daging kambing ini pun diberi bumbu berupa garam dan lada. Untuk mengisi pagimu dengan hidangan sate klatak, sambangi Sate Klatak Pak Yakut di Jogja. Selain sate, ada pula tengkleng yang tidak kalah menggiurkannya. Kamu pun bisa memesan nasi goreng kambing, sate kecap, gulai dan tongseng di sini.

Lokasi: Jl. Wates No. Km. 3, Onggobayan, Ngestiharjo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: Senin – Sabtu, 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga: Mulai dari 20,000 IDR

14. Sop empal Bu Wignyo, sarapan di Jogja dengan menu empal yang empuk

Image credit: Sop Empal Bu Wignyo

Sebenarnya tidak hanya empal yang dijajakan di Sop Empal Bu Wignyo. Namun empal memang menjadi menu unggulan berkat tekstur dagingnya yang lembut dan rasa manis gurih yang mudah disukai. Ada pula hidangan oseng jipang, tempe mendoan, paru dan sop yang bisa kamu pesan untuk teman makan empal. Harga yang bersahabat membuat kamu yang datang dengan perut keroncongan tidak perlu waswas saat memilih lauk. Pastikan kamu tidak melewatkan empalnya ya!

Lokasi: Demangan, Gondokusuman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: Senin – Sabtu, 06.00 WIB – 15.00 WIB
Harga: Mulai dari 5,000 IDR

15. Nasi Liwet Bu Wongso Lemu, sarapan di Jogja dengan kuliner khas Solo

Image credit: @voilajogja

Nasi liwet sesungguhnya adalah hidangan khas Solo. Tetapi Nasi Liwet Bu Wongso Lemu yang ada di Jogja menjadikanmu dapat menyantap nasi liwet di mana saja. Untuk sarapan, sepincuk nasi yang didominasi rasa gurih ini benar-benar pas. Ada nasi liwet ayam suwir dengan kepala, uritan, brutu dan masih banyak lagi. Lengkapi dengan kerupuk karak yang renyah untuk memperkaya tekstur hidangan. Bisa-bisa seporsi habis tanpa terasa!

Lokasi: Jl. Monjali, Gemawang, Sinduadi, Kec. Ngaglik, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 22.00 WIB
Harga: Mulai dari 5,000 IDR

Baca juga: Wisata Jogja Terbaru 2022 Yang Tak Boleh Kamu Lewatkan Di Momen Liburan Berikutnya

Waktu sarapan adalah waktu yang mengasyikkan karena kamu bisa memulai hari dengan menu-menu yang menggugah selera. Terutama dengan harga yang terjangkau, kamu bisa mencoba sarapan di Jogja di lebih dari satu tempat, lho!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru