Negara Dengan Biaya Hidup Termurah Di Eropa? 5 Negara Ini Bisa Jadi Jujukan Liburan Kamu

Siapa bilang liburan ke Eropa mahal? Pertanyaan itu lumrah diajukan karena beberapa negara memang memiliki biaya hidup yang mahal, termasuk untuk yang liburan dengan gaya backpacking sekalipun. Prancis, Jerman, Belanda, Swiss, Austria dan Monaco adalah beberapa negara Eropa yang biaya hidupnya tidak bisa dibilang kecil. Lalu, adakah negara dengan biaya hidup termurah di Eropa untuk jadi destinasi liburan, atau bahkan menetap di masa pensiun nanti?

Untungnya ada beberapa negara Eropa yang menarik untuk dikunjungi, dan relatif murah. Baru-baru ini, index biaya hidup Numbeo telah mengumpulkan data mengenai biaya hidup di Eropa. Pertimbangannya adalah dengan menghitung rata-rata biaya sewa tempat tinggal, biaya belanja kebutuhan rumah tangga dan biaya kebutuhan hidup lainnya dan hiburan. Selain itu, faktor keamanan dan kualitas hidup lainnya juga masuk dalam pertimbangan.

Jadi, di manakah negara dengan biaya hidup termurah di Eropa yang bisa dijadikan tujuan liburan atau untuk menetap dalam jangka panjang di masa mendatang? Yuk, simak daftarnya di bawah ini!

1. Turki, negara dengan biaya hidup termurah di Eropa, destinasi wisata populer turis Indonesia

Turki, negara dengan biaya hidup termurah di eropa

Turki merupakan negara transkontinental, di mana sebagian wilayahnya berada di Asia dan Eropa. Terlepas dari situasi wilayah dan geografisnya, Turki termasuk salah satu negara di Eropa dengan biaya hidup murah. Tak salah jika kemudian Turki menjadi negara yang banyak dikunjungi wisatawan Indonesia dari waktu ke waktu.

Menurut index Numbeo, Turki memiliki index 28,1, yang bahkan lebih rendah biaya hidupnya dari Indonesia, yang memiliki index 31,2. Wisatawan Indonesia juga diuntungkan dengan kebijakan bebas visa ke Turki.

Soal pilihan destinasi wisata, Turki termasuk salah satu negara yang kaya tempat liburan. Jadi, ada banyak itinerary wisata yang bisa dipilih.

2. Montenegro, negara dengan biaya hidup termurah di Eropa dengan pegunungan dan desa-desa abad pertengahan

Montenegro menjadi negara yang memiliki segudang tempat wisata menarik, dari kota-kota yang dibangun di abad pertengahan, danau es hingga lembah terdalam kedua di dunia. Asyiknya, Montenegro termasuk salah satu negara di Eropa dengan biaya hidup paling murah.

Menurut Numbeo, Montenegro memiliki rating 38,9. Bandingkan dengan Swiss, yang menempati urutan negara di Eropa dengan biaya hidup paling besar, yang memiliki rating 114,2.

Pemerintah Montenegro juga menawarkan, tidak hanya visa turis, tapi juga visa digintal nomads berdurasi dua tahun, dengan opsi perpanjangan dua tahun.

3. Portugal, surganya bar dan pantai

portugal, negara dengan biaya hidup termurah di eropa

Portugal menjadi salah satu negara di Eropa yang dikaruniai pantai yang indah dan kota yang begitu semarak. Portugal juga menjadi salah satu destinasi utama pada digital nomad untuk liburan, bekerja dan menetap.

Negaranya Cristiano Ronaldo ini memiliki index biaya hidup 45,3. Makanan yang ditawarkan juga relatif terjangkau, dan kaya rasa. Soal pilihan tempat wisatanya, kamu bakal dibuat terpana. Dari gunung hingga pantai, pilihannya tak terhingga. Namun, pantai dan beach bar menjadi kombinasi yang tepat untuk membuat liburan kamu penuh kesan.

Ingin tinggal dan bekerja di Portugal, sekaligus liburan tentunya, kamu bisa mengajukan visa digital nomad untuk masa tinggal maksimal setahun. Catatan pentingnya, kamu harus memiliki pendapatan 2,800 Euro (45,748,049 IDR) per bulan. Tertarik?

4. Kroasia, taman nasionalnya istimewa

Kroasia termasuk dalam daftar negara Eropa murah yang wajib dikunjungi. Memiliki index 46,7, negara ini memiliki banyak spot menarik untuk dijadikan destinasi liburan kamu, termasuk tempat pengambilan gambar serial Game of Thrones.

Yang mengesankan adalah Kroasia termasuk salah satu negara yang aman dan nyaman untuk ditinggali. Biaya hidupnya juga rendah, termasuk untuk wisatawan backpacker sekalipun.

Kroasia juga menawarkan visa spesial untuk pekerja digital di luar Uni Eropa sejak Januari 2021. Dengan memiliki visa tersebut, mereka bisa tinggal selama setahun dan terhindar dari pajak penghasilan.

5. Lithuania, termasuk yang mengesankan

Lithuania termasuk salah satu negara yang populer bagi pekerja digital, terutama ibu kotanya Vilnius. Bayangkan, kamu bisa dengan mudah menemukan banyak tempat bekerja alias coworking space yang tersebar di sejumlah sudut kota.

Lithuania juga dikarunia banyak tempat wisata alam yang mengesankan. Deretan kotanya juga istimewa, dipenuhi dengan bangunan-bangunan bersejarah dengan gaya artdeco.

Baca juga: Wajib Tahu! Ada Aturan Baru Untuk Yang Ingin Liburan Ke Eropa

Jadi, tertarik mengunjungi negara dengan biaya hidup termurah di Eropa yang mana?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru