Niat Puasa Ramadhan 2023, Nih Contekan Buat Yang Gampang Lupa!

Bulan Ramadhan 1444 H sudah di depan mata. Datangnya bulan suci bagi umat Islam ini pun disambut gembira oleh muslim di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Segala persiapan pun dilakukan, mulai dari membersihkan rumah dan tempat ibadah, hingga bersiap untuk lebih antusias dalam beribadah. Khusus di bulan Ramadhan, segala hal kecil pun menjadi lebih penting. Salah satunya adalah dengan mengetahui niat puasa Ramadhan, yang pastinya harus diucapkan di setiap harinya atau awal Ramadhan.

Niat puasa Ramadhan menjadi penting karena hal tersebut termasu dalam rukun berpuasa di bulan suci bagi umat muslim ini. Menurut hadist, Nabi Muhammad SAW menegaskan bahwa berpuasa tanpa mengucapkan niat dianggap tidak sah.

“Barangsiapa yang tidak berniat puasa pada malam hari sebelum fajar, maka tidak ada puasa baginya,” (HR. Ahmad, Abu Dawud dan Ibnu Majjah).

Hadist lainnya juga menekankan bahwa niat sangat penting karena bisa menjadi penentu orang tersebut apakah amalannya diterima atau tidak.

“Sesungguhnya segala amalan tergantung pada niatnya; dan sesungguhnya tiap-tiap orang tidak lain (akan memperoleh balasan dari) apa yang diniatkannya. Barangsiapa hijrahnya menuju (keridhoan) Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya itu ke arah (keridhoan) Allah dan Rasul-Nya. Barangsiapa hijrahnya karena (harta atau kemegahan) dunia yang dia harapkan, atau karena seorang wanita yang ingin dinikahinya, maka hijrahnya itu ke arah yang ditujunya.” (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Karena niat adalah hal yang sangat penting, untuk itu menjadi urgensi tersendiri untuk mengetahui niat puasa Ramadhan, yang akan segera dijalani umat muslim se-dunia ini.

Perlu diketahui, ada dua niat yang bisa dipilih untuk diucapkan dalam hati atau dilafadzkan. Niat yang pertama adalah niat puasa Ramadhan sebulan penuh.

نَوَيْتُ صَوْمَ جَمِيْعِ شَهْرِ رَمَضَانِ هَذِهِ السَّنَةِ تَقْلِيْدًا لِلْإِمَامِ مَالِكٍ فَرْضًا لِلهِ تَعَالَى

Tulisan latin: Nawaitu shauma jami’i syahri ramadhani hadzihis sanati taqlidan lil imami Malik fardhan lillahi ta’ala

Artinya: “Saya niat puasa sebulan penuh pada bulan Ramadan tahun ini mengikuti pendapat Imam Malik untuk memenuhi kewajiban karena Allah SWT.”

Niat di atas biasanya diucapkan oleh mereka yang gampang lupa dan ragu terkait apakah sudah melafadzkan niat semalam sebelum ibadah puasa dilakukan. Ada juga niat yang disampaikan dalam hati atau dilafadzkan di setiap hari.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

Tulisan latin: Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i fardhi syahri Ramadhâni hâdzihis sanati lillâhi ta’âla.

Artinya: “Aku berniat puasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah ta’ala.”

Selain membaca niat, rukun berpuasa Ramadhan adalah menahan diri dari setiap aktivitas makan dan minum, juga bersetubuh. Sementara sunnah puasa yang juga penting untuk dilakukan antara lain melakukan sahur, membaca doa berbuka puasa ketika tiba waktu berbuka, berbuka dengan segera. Berbuka dengan yang manis, memberi makan kepada mereka yang berpuasa serta memperbanyak ibadah dan bersedekah juga sunnah lain yang bisa menambah amal ibadah kamu di bulan Ramadhan.

Baca juga: Libur Awal Puasa 2023, Ini Info Penting Yang Harus Kamu Tahu

Nah, sudah tahu niat puasa Ramadhan, kan? Simpan dan pelajari agar ibadah puasa kamu menjadi jauh lebih baik di tahun ini!

 

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di FacebookTwitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru