Obat Mabuk Perjalanan Yang Bisa Kamu Pilih Dan Tips Untuk Terhindar Dari Kondisi Tersebut

Suka pusing dan mual saat melakukan perjalanan menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi? Jika iya, biasanya orang yang biasa mengalaminya akan memilih mengonsumsi obat mabuk perjalanan sebelum melakukan perjalanan.

Buat kamu yang juga bermasalah dengan situasi selama perjalanan yang kurang menyenangkan ini, dan tertarik memilih obat mabuk perjalanan sebagai solusi, beberapa produk di bawah ini bisa jadi pilihan untuk dipertimbangkan. Yuk, simak daftarnya di bawah ini!

1. Antimo, obat mabuk perjalanan paling populer

Bisa dikatakan Antimo merupakan obat anti mabuk perjalanan yang paling populer digunakan di Indonesia. Selain harganya yang relatif murah, produk ini juga mudah ditemukan di banyak lokasi penjualan obat. Variannya juga beragam, mulai dari bahan herbal, varian untuk anak kecil dan pilihan bentuk obat, antara tablet dan cairan.

CEK HARGA DI SHOPEE

2. Novomin

Tersedia dalam bentuk tablet, Novomin menjadi opsi lain untuk mengatasi mual dan mabuk saat perjalanan. Efek samping yang dimiliki obat ini di antaranya adalah mengantuk. Karena itu obat ini tidak disarankan digunakan saat Anda mengendarai mobil atau alat lainnya.

CEK HARGA DI SHOPEE

3. Dimetic Dimenhydrinate

obat mabuk perjalanan

Salah satu opsi lain untuk mengatasi mabuk perjalanan adalah dengan mengonsumsi obat ini. Obat golongan antihistamin ini bekerja dengan meminimalkan kerja histamin, yang bisa mencegah stimulasi saraf di otak dan telinga bagian dalam yang menyebabkan kondisi mual dan pusing di perjalanan.

CEK HARGA DI SHOPEE

4. Omedrinat

Memiliki kandungan yang sama, yaitu dimenhydrinate, obat mabuk perjalanan ini bisa membantu mengatasi mual dan keinginan untuk muntah saat perjalanan, baik itu menggunakan moda transportasi darat, laut maupun udara. Harganya juga relatif terjangkau.

CEK HARGA DI SHOPEE

5. Sumifun

obat mabuk perjalanan

Tidak hanya tablet, obat anti mabuk ini juga memiliki bentuk koyo alias patch. Sumifun menjadi salah satu alternatif produk yang bisa dipilih. Cara penggunaannya juga mudah, dengan menempelkan di bagian belakang telinga atau pusar, dengan efek koyo ini diklaim bisa bertahan hingga tiga hari. Koyo ini juga tidak menyebabkan kantuk , bekerja cepat dan tanpa efek samping.

CEK HARGA DI SHOPEE

6. Mantino

obat mabuk perjalanan

Mantino bisa dipilih sebagai obat untuk mencegah mual, muntah dan kepala pusing yang terjadi selama perjalanan. Sebagai golongan antihistamin, obat berbentuk tablet ini dijual dalam bentuk strip dengan sepuluh tablet tiap stripnya. Cara efektif menggunakan obat ini adalah dikonsumsi setengah jam sebelum perjalanan dan bisa diulang setiap empat jam.

CEK HARGA DI SHOPEE

7. Peek Me Anti Nausea, obat mabuk perjalanan generasi baru

obat mabuk perjalanan

Inovasi lain untuk mengatasi mabuk perjalanan adalah dengan menggunakan inhaler dari Peek Me Naturals. Mengandung minyak atsiri jahe, inhaler ini diklaim efektif mengatasi rasa mual dan aman digunakan untuk anak-anak di atas usia lima tahun, ibu hamil dan ibu menyusui.

CEK HARGA DI SHOPEE

8. Inhaler Carsick

Satu lagi produk inhaler untuk mengatasi mabuk perjalanan, yaitu Inhaler Carsick dari Oilosophy. Menggunakan bahan minyak lavender, peppermint dan jahe, yang disuling dengan uap murni dan alami, inhaler ini bisa membantu mengurangi efek mual saat perjalanan.

CEK HARGA DI SHOPEE

9. Aneron, obat mabuk perjalanan dari Jepang

Obat ini merupakan produksi Jepang, yang juga bisa mencegah efek perjalanan, seperti mabuk dan mual. Efek obat ini diklaim efektif selama satu hari, dengan pemakaian dikonsumsi 30 menit sebelum melakukan perjalanan.

CEK HARGA DI SHOPEE

Selain menggunakan obat, kamu juga mengikuti tips-tips di bawah ini untuk meminimalkan efek mual dan muntah saat melakukan perjalanan menggunakan transportasi umum. Tips mencegah mabuk perjalanan bisa dilihat di bawah ini:

  • Tidak membaca buku atau bermain dan beraktivitas dengan ponsel selama perjalanan
  • Sebelum perjalanan dilakukan, tidak disarankan mengonsumsi makanan pedas dan berminyak
  • Jangan mengonsumsi minuman dengan kandungan kafein dan alkohol. Sebaliknya, kamu lebih disarankan mengonsumsi air putih.
  • Direkomendasikan untuk tidak makan berat sebelum perjalanan
  • Kamu bisa membuka jendela untuk mendapatkan udara segar
  • Jalan-jalan saat berada di kereta api, pesawat, bus atau kapal bisa membantu mencegah mabuk perjalanan, sementara bila kamu menggunakan mobil, bisa berhenti dan beristirahat di rest area untuk menggerakkan tubuh.

Lalu bagaimana jika pusing, mual dan perasaan ingin muntah tidak lagi terhindarkan? Tips menghilangkan mabuk perjalanan ini bisa kamu coba, ya!

  • Tidur jika memungkinkan
  • Hindari melihat obyek jarak dekat dan beralih melemparkan pandangan ke obyek yang lebih jauh
  • Kamu juga bisa membuka jendela mobil untuk mendapatkan angin segar
  • Mengunyah permen jahe atau minum air jahe juga bisa menghilangkan mabuk perjalanan.

Baca juga: Tips Road Trip Aman Dan Nyaman Bersama Anak Di Tengah Pandemi

Sudah tahu obat yang bisa dipilih untuk meminimalkan mual saat perjalanan, bukan? Selain itu, kamu juga sudah tahu mengurangi risiko pusing? Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak jalan-jalan lagi dalam waktu dekat. Yuk, liburan!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru