Oleh-Oleh Khas Mandalika Yang Bisa Dibawa Pulang Jadi Souvenir Unik

Belanja oleh-oleh menjadi salah satu aktivitas yang tak bisa dilewatkan saat liburan ke tempat yang baru. Pun demikian ketika kamu memilih wisata ke Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Jika ada momentum liburan ke sini, jangan sampai melewatkan kesempatan belanja oleh-oleh khas Mandalika, yang dijamin memberikan kesan tersendiri.

Dibandingkan dengan buah tangan khas Lombok, oleh-oleh khas Mandalika memiliki keunikan tersendiri. Bukan hanya karena bahan utamanya yang berasal sumber daya alam lokal, tapi juga jenis oleh-olehnya yang tidak biasa.

Penasaran dengan oleh-oleh khas Mandalika yang menarik dan unik untuk dibawa pulang sebagai souvenir dan buah tangan untuk mereka yang ada di rumah, yuk simak pilihannya di bawah ini!

1. Kain tenun sasak

oleh-oleh khas mandalika
Image credit: Ria Rosalina (kiri), @natgeoindonesia (kanan)

Mandalika memiliki sejumlah desa wisata suku Sasak di Sade dan sejumlah daerah lainnya di Mandalika. Tidak hanya menawarkan keunikan suasana desa adat yang menonjolkan budaya tertentu, desa ini juga menjadi penghasil kain tenun Sasak berkualitas tinggi, yang layak untuk dijadikan oleh-oleh berkesan. Namun, untuk mendapatkannya, kamu harus mengalokasikan budget khusus karena harganya relatif mahal.

2. Dodol rumput laut

Image credit: @aderida93

Ingin membawa pulang oleh-oleh khas Mandalika yang mudah dibawa, dodol rumput laut pilihannya. Dengan menggunakan rumput laut sebagai bahan dasar, dodol ini kaya serat, memiliki tampilan penuh warna dan rasanya manis.

3. Madu Sumbawa

Image credit: @dma.dapurorganik

Salah satu produk lokal yang juga banyak dicari di Mandalika adalah madu Sumbawa. Jika memungkinkan, kamu bisa mencari madu tradisional, yang rasanya pahit manis, dan pastinya memiliki kandungan dan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan, termasuk buat para penderita diabetes.

4. Abon ikan Marlin

Jika biasanya abon menggunakan bahan utama dari daging sapi, tidak demikian dengan abon khas dari Mandalika ini, yang menggunakan daging ikan marlin. Tentunya, ada banyak khasiat yang bisa diperoleh dengan mengonsumsi ikan marlin dalam bentuk abon ini, mulai dari membantu tumbuh kembang anak karena kaya DHA dan omega 3, serta bebas kolesterol.

5. Mutiara

oleh-oleh khas mandalika
Image credit: Sunaka Jewelry

Tidak hanya di Lombok, mutiara yang dibentuk menjadi beberapa aksesoris ini bisa menjadi oleh-oleh yang pastinya berkesan bagi penerimanya. Dari kalung mutiara hingga liontin, kamu bisa menemukan banyak varian perhiasan yang bisa diperoleh.

6. Terasi bakar Lombok

Yang suka makan pedas tidak boleh melewatkan yang ini, terasi bakar. Terasi yang ditawarkan di Mandalika ini memiliki kualitas yang spesial karena menggunakan bahan udang berkualitas dari perairan di sekitar Lombok.

7. Kopi robusta

Kopi robusta Mandalika menjadi salah satu oleh-oleh khas yang paling ngehits dalam beberapa tahun terakhir. Selain karena kualitas kopi robusta yang mengesankan, kopi yang ada di Mandalika juga sukses merebut hati pasar internasional, yang menjadikannya sebagai varian kopi paling diburu.

8. Tuak manis Lombok

oleh-oleh khas mandalika
Image credit: @gededehperut (kiri), @waskitanandangurah (kanan)

Menikmati minuman khas Lombok dan Mandalika ini bisa menjadi daya tarik tersendiri. Kamu juga bisa menjadikannya oleh-oleh karena ada penjual yang mengemasnya untuk dijadikan buah tangan. Yang harus diketahui, minuman ini mengandung alkohol dan tidak tahan lama, jadi tidak bisa disimpan dalam waktu yang panjang.

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Di Mandalika, Kawasan Ekonomi Khusus Di Lombok Dengan Sejuta Pesona

Banyak oleh-oleh khas yang bisa dibawa pulang, bukan? Kamu tertarik membeli yang mana?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru