Panduan Membuat Visa Mongolia Untuk WNI

Untuk kamu para pecinta petualangan, tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Mongolia. Negeri dengan 30 persen penduduknya yang masih nomaden ini memiliki panorama alam serta wisata budaya yang mengagumkan. Mongolia memiliki ribuan danau dan sungai serta pegunungan dan padang rumput yang luas.

Bayangkan dirimu menjadi penggembala kambing di dataran rumput atau berkemah di tenda (ger) menikmati Galaksi Bima Sakti yang terlihat dengan jelas di langit malam Mongolia. Kamu bahkan bisa menaiki kereta Trans Mongolian Express yang terkenal, lho. Pasti akan jadi pengalaman yang menarik, bukan?

Sayangnya, belum banyak agen perjalanan di Indonesia yang memiliki paket tur ke Mongolia. Namun, tenang saja, kamu bisa kok mengurus sendiri visa turis ke Mongolia. Baca sampai habis panduan membuat visa Mongolia berikut ini ya.

Surat Undangan

Nah, sebelum mengajukan aplikasi visa ada satu syarat yang harus kamu penuhi terlebih dahulu, yaitu surat undangan resmi yang bisa berasal dari individu, perusahaan, organisasi atau tur operator yang berada di Mongolia. Surat tersebut harus berisi tujuan perjalanan, tanggal kedatangan serta identitas lengkap beserta nomor paspor dan dikirimkan langsung ke Kementerian Luar Negeri Mongolia di Ulaanbaatar.

Biasanya, tur operator di Mongolia menerapkan biaya mulai dari 20 USD (~304,000 IDR). Namun jika tidak ingin menggunakan jasa mereka, kamu tetap bisa meminta mereka membuatkan surat undangan dengan biaya minimal 10 USD (~152,000 IDR).

Surat undangan tersebut kemudian akan diproses dan jika disetujui, pihak Kementerian Luar Negeri akan memberikan info langsung ke Konsulat Mongolia di Indonesia. Setelah itu, kamu bisa langsung mengajukan visa.

Persyaratan Dokumen

  1. Paspor dan salinannya dengan minimal masa berlaku 6 bulan dari rencana berkunjung
  2. Formulir aplikasi visa bisa diunduh di sini
  3. Satu foto ukuran 3 x 4 cm (tidak ada syarat warna latar belakang)
  4. Surat undangan yang telah disetujui. Kamu bisa cek melalui tur operator maupun konsulat Mongolia langsung.
  5. Surat referensi yang bisa ditulis sendiri (jika belum bekerja) atau oleh perusahaan tempat kamu bekerja. Surat tersebut ditujukan langsung ke konsulat dan menyebutkan alasan mengajukan visa.  
  6. Bukti rencana perjalanan melalui e-tiket penerbangan
  7. Amplop dengan perangko berbayar jika menginginkan visa dikirim melalui pos

Penyerahan Dokumen dan Kelengkapan Lainnya

Jika semua dokumen telah lengkap, kamu bisa menyerahkan langsung ke Konsulat Mongolia di Jakarta yang beralamat di Gozco Building 8th floor, Jl. Raya Pasar Minggu Kav. 32 Pancoran. Pelayanan visa dilayani setiap hari Senin sampai Kamis mulai pukul 08.00 hingga 12.00 WIB. Cek di sini untuk mengetahui informasi resmi terkait visa dari laman website Konsulat Mongolia di Indonesia

Pembayaran

Biaya membuat visa Mongolia untuk WNI adalah sebesar 60 USD (~914,923 IDR) dan harus dibayar dalam mata uang USD secara tunai di kantor konsulat. Jadi, harus siap-siap ya!

Persetujuan

Pada umumnya, proses membuat visa Mongolia akan memakan waktu kurang lebih 3 hari namun bisa juga lebih lama hingga satu minggu. Jika diterima maka kamu akan mendapatkan izin berkunjung hingga 90 hari, lho! Asyik sekali, bukan?

Baca juga: Panduan Membuat Visa Mesir Bagi WNI

Meski tampak sulit, namun perjuangan untuk mendapatkannya tentu sebanding dengan pengalaman yang akan kamu dapat saat liburan ke Mongolia. Yuk, liburan ke Mongolia!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru