Panduan Perjalanan Piala Dunia 2022, Semua Hal Yang Harus Kamu Tahu!

Piala Dunia 2022 bakal segera bergulir. Qatar, yang menjadi tuan rumah perhelatan akbar sepakbola dunia, juga sudah siap menyambut fans dan suporter. Sistem transportasi, akomodasi dan segala hal pun sudah ditingkatkan kualitas layanannya. Maklum, tak sedikit yang ingin menyaksikan secara langsung ajang besar ini. Jika kamu salah satunya, panduan perjalanan Piala Dunia 2022 ini bisa jadi acuan sebelum berangkat ke Qatar.

Untuk informasi umum, Piala Dunia 2022 akan diikuti oleh 32 kontestan, termasuk di antaranya Brasil, Jerman, Inggris, Spanyol, Portugal, Jepang dan masih banyak negara-negara lainnya. Perhelatan ini akan dimulai pada 20 November 2022 dan berakhir pada 18 Desember 2022. Akan ada delapan stadion yang digunakan untuk menggelar berbagai laga selama perhelatan Piala Dunia 2022.

Penasaran bagaimana jalannya Piala Dunia 2022 dan ingin menyaksikan langsung di Qatar? Ikuti panduan perjalanan Piala Dunia 2022 di bawah ini!

Membeli tiket Piala Dunia 2022

Saat ini, sudah lebih dari 24,5 juta tiket yang telah terjual. Namun, FIFA masih membuka kesempatan kepada fans untuk mendapatkan tiket secara online sejak pembukaan penjualan tiket pada 27 September 2022 dan akan berlanjut hingga 18 Desember 2022.

FIFA memberlakukan sistem “siapa cepat dia dapat” dalam hal penjualan tiket. Karena itu, bagi yang ingin memiliki tiket laga tertentu di Piala Dunia 2022, kamu harus bergerak cepat mendapatkannya. Melalui portal penjualan FIFA, kamu harus melakukan pendaftaran dan membuat akun untuk bisa melakukan pembelian. Petunjuk lengkapnya klik di sini, ya!

Mengajukan visa melalui Hayya Card

Qatar memberikan fasilitas bebas visa untuk pemegang paspor Indonesia. Warga negara Indonesia dengan paspor yang masih berlaku mendapatkan keistimewaan bebas visa selama 30 hari.

Namun, khusus untuk Piala Dunia 2022, secara umum traveler internasional harus mengajukan permohonan Hayya Card. Hayya Card di sini berfungsi tidak hanya menjadi dokumen yang mengizinkan pemegangnya masuk Qatar. Hayya Card juga menjadi bukti bahwa pemegangnya memiliki akses ke stadion. Hayya Card juga menawarkan banyak keuntungan, termasuk bisa menggunakan transportasi publik secara gratis mulai 10 November hingga 23 Desember 2022.

Untuk bisa mendapatkan Hayya Card, pemohon harus memiliki setidaknya satu tiket pertandingan, memiliki paspor yang masih berlaku setidaknya 3 bulan sejak tiba di Qatar dan bukti pemesanan akomodasi selama di kawasan ini.

Ada dua cara untuk bisa mengajukan permohonan mendapatkan Hayya Card. Yang pertama dengan masuk ke portal online Hayya dan mengikuti proses pendaftaran. Cara kedua adalah dengan mengunduh aplikasi Hayya Card di HP dan mengikuti proses hingga mendapatkan Hayya Card versi digital.

Berangkat ke Qatar untuk Piala Dunia 2022

Qatar bisa diakses melalui jalur udara dan jalur darat dari negara tetangga seperti Arab Saudi. Melalui jalur udara, kamu bisa terbang langsung dari Indonesia menggunakan sejumlah maskapai.

Sementara jika kamu memilih jalur darat, kamu bisa terbang menuju ke Arab Saudi dan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan mobil.

Perjalanan ke Doha, Qatar berjarak 581 km dengan lama perjalanan kurang lebih enam jam. Perjalanan itu sendiri akan dilakukan mengikuti Route 522, jalan bebas hambatan sepanjang 122 km menghubungkan Riyadh dan perbatasan Doha. Di Salwa, kamu akan berurusan dengan pihak perbatasan untuk pemeriksaan dokumen dan sebagainya. Diperkirakan butuh dua jam untuk melakukan pemeriksaan. Setelahnya, kamu bakal masuk wilayah Qatar.

Namun, melakukan perjalanan menggunakan mobil dari wilayah Arab Saudi ke Qatar membutuhkan persiapan yang tidak gampang. Bukan hanya kamu harus memiliki Hayya Card, tapi juga harus memiliki visa dan izin masuk ke Arab Saudi yang masih berlaku.

Mendaftar di aplikasi atau situs Ehteraz

Dengan tiket, Hayya Card dan dokumen pendukung perjalanan yang kamu miliki, langkah berikutnya yang harus diambil adalah dengan masuk ke situs Ehteraz, atau mengunduh aplikasi tersebut, dan melakukan pendaftaran.

Aplikasi dan situs Ehteraz (mirip dengan apikasi PeduliLindungi di Indonesia) digunakan sebagai aplikasi pelacakan kasus Covid-19 di Qatar. Mendaftar aplikasi dan situs Ehteraz wajib dilakukan setiap traveler yang tidak memiliki kartu identitas atau paspor Qatar. Pemohon harus memasukkan tangkapan layar dari paspor dan juga bukti sertifikat vaksin Covid-19. Proses pendaftaran hingga mendapatkan bukti izin masuk tuntas dalam tiga hari sebelum perjalanan dilakukan.

Di mana kamu bisa menginap selama Piala Dunia 2022

Pemerintah Qatar sudah menyediakan ratusan akomodasi untuk menampung suporter dari berbagai negara saat perhelatan Piala Dunia 2022 mendatang. Tidak hanya hotel, pemerintah juga mempersiapkan apartemen dan menyediakan lebih dari 100 ribu kamar untuk disewakan.

Bagi yang ingin penginapan dengan harga terjangkau, akomodasi “Fan Village Cabins” di kawasan Free Zone dekat dengan bandara lama bisa jadi pilihan. Kabin ini dibangun dengan memanfaatkan kontainer dan diubah menjadi kamar berukuran double atau twin.

Namun, perlu dicatat bahwa saat ini Qatar Accomodation Agency (QAA) memprioritaskan kamar untuk mereka yang memiliki tiket.

Bagaimana menuju ke stadion untuk laga Piala Dunia 2022?

Panduan Perjalanan Piala Dunia 2022 Qatar

Jarak maksimal antarstadion adalah 75 km. Semua stadion juga bisa dijangkau dengan mudah menggunakan transportasi publik. Bagi yang sudah memegang Hayya Card, transportasi publik bisa diakses secara gratis.

Doha memiliki sistem transportasi kereta Metro yang baik. Terbagi dalam tiga jalur utama, yaitu jalur merah, hijau dan emas, semua jaringan terhubung di Msheireb. Kualitas transportasinya juga termasuk yang terbaik, dengan kursi dibungkus cover kulit, bersih dan nyaman.

Jika memutuskan membeli travelcard, kamu bisa mendapatkannya di bandara dengan harga 10 rial (~39,440 IDR). Setiap perjalanan dibebani biaya 2 rial, namun untuk penggunaan sehari-hari dibandrol 6 rial.

Qatar juga memiliki jaringan bus yang baik. Untuk menggunakannya, kamu harus membeli Karwa, kartu prabayar untuk membayar jasa bus ini. Karwa Classic Card dihargai 30 rial. Busnya sendiri memiliki layar video yang menunjukkan di mana posisi kamu, pemberhentian berikutnya dan perkiraan waktu sampai ke tujuan, bahkan nama supir dan kecepatan bus. Selain kereta dan bus, kamu juga bisa menggunakan taksi online Uber dan tram.

Etika berpakaian dan bertingkah laku di Qatar

Otoritas Pariwisata Qatar mengumumkan ada etika dalam berpakaian yang harus diikuti oleh semua traveler. Semua wisatawan diminta untuk menunjukkan rasa hormat kepada budaya lokal dengan menghindari menggunakan baju yang menunjukkan bagian tubuh secara berlebihan di publik.

“Secara umum direkomendasikan kepada pria dan wanita untuk memastikan bahwa bahu dan lutut mereka tertutupi,” demikian keterangan yang dirilis Otoritas Pariwisata Qatar.

Etika bersikap juga harus diperhatikan.

“Menunjukkan rasa perhatian dan keintiman di depan umum merupakan hal yang dilarang. Kaum perempuan Qatar tidak diizinkan berjabat tangan dengan pria, dan banyak pria tidak diperbolehkan bersalaman tangan dengan wanita sebagai bentuk penghormatan.”

“Kehidupan personal di Qatar sangat dihormati, tapi menunjukkan keintiman di muka umum bisa menghadirkan pelanggaran, terlepas dari gender, orientasi seksual dan niatan.”

Tempat wisata di Qatar

Panduan Perjalanan Piala Dunia 2022 Qatar

Bagaimana jika tidak ada pertandingan yang bisa dihadiri selama Piala Dunia 2022 berlangsung? Kamu bisa menyibukkan diri dengan mengunjungi banyak tempat wisata di Qatar. Museum Nasional adalah salah satunya. Di tempat ini, kamu bisa mengetahui sejarah Qatar menjadi negara yang kaya minyak.

Selain Museum Nasional, Museum of Islamic Art juga menarik untuk dikunjungi. Kawasan pasar modern di berbagai daerah juga menjadi destinasi yang tak boleh dilewatkan. Selain itu, ada juga kawasan wisata populer Khor Al-Adaid, yang berada di dekat perbatasan Arab Saudi. Dikenal sebagai Inland Sea, kawasan ini merupakan cagar alam terbesar Qatar dengan banyak fauna yang dilindungi di dalamnya.

Baca juga: Asal Sudah Divaksin, Traveler Asal Indonesia Bisa Kunjungi Qatar

Tertarik mengunjungi Qatar saat Piala Dunia 2022 mendatang? Ikuti panduan perjalanan Piala Dunia 2022 agar semuanya bisa berjalan lancar, ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru