Panduan Membuat Visa Kanada Untuk WNI

Tahukah kamu bahwa Kanada dipilih sebagai negara terbaik dalam Best in Travel 2017 versi Lonely Planet serta negara paling damai urutan ke delapan versi Global Peace Index 2017? Siapa coba yang tidak tertarik mengunjungi negara dengan sejuta pesona ini?

Jika memang kamu berniat untuk mengelilingi dunia, mengunjungi Kanada sudah menjadi hal yang wajib. Tetangga Amerika Serikat itu tidak hanya memiliki keindahan alam yang luar biasa, tapi juga budaya, arsitektur dan komunitas warga yang juga istimewa dan menarik untuk diselami.

Masuk ke Kanada juga tidak seribet proses masuk ke AS, meski sama-sama harus menggunakan visa kunjungan. Untuk membuat visa Kanada, kamu hanya perlu mengurusnya secara online dengan proses pembuatan yang cepat dan masa berlaku visa yang sangat panjang. Bagi kamu yang tertarik travelling ke sana, tidak ada salahnya melihat prosedur membuat visa Kanada di bawah ini sebagai panduan kamu.

Alam Kanada menjadi salah satu yang terbaik untuk dikunjungi, tertarik?

1. Dua Cara Membuat Visa Kanada

Ada dua cara membuat visa Kanada, yaitu secara online, atau menggunakan cara on paper, yang berarti kamu harus mencetak semua formulir yang sudah diisi dengan print laser di atas kertas putih non-glossy. Selain itu, jika kamu memutuskan mengurus visa secara on paper, harus disertakan formulir khusus yang memberikan otorisasi bagi pihak lain untuk mengurusi visa kamu.

Selain dua perbedaan di atas, pencetakan formulir yang sudah terisi dan pengajuan formulir khusus, tidak ada hal lain yang menunjukkan perbedaan secara signifikan. Baik secara online maupun on paper, kamu harus melakukan pengisian formulir secara online terlebih dahulu ,menyiapkan dokumen sesuai ketentuan yang ada, melakukan pembayaran secara online karena mengingat pembayaran biaya visa melalui Bank Draft sudah tidak diterima lagi, dan mengunjungi pusat aplikasi visa VFS Global secara langsung.

2. Cek Apakah Kamu Berhak Membuat Visa Kanada

Sebelum mulai mempersiapkan dokumen dan mengisi formulir secara online, satu langkah yang harus kamu lakukan adalah memastikan apakah dirimu berhak mengajukan visa Kanada, secara online maupun secara on paper. Langkah ini sangat penting karena hasil dari pendataan ini akan menentukan apakah kamu dinilai layak masuk ke Kanada atau tidak.

Ada pun formulir yang harus diisi untuk memastikan apakah kamu berhak membuat visa Kanada bisa diklik di sini. Kamu harus menjawab semua pertanyaan yang diberikan dengan data yang sesuai fakta. Ada pun pertanyaan yang diajukan seputar kewarganegaraan, usia, pekerjaan, keluarga dan banyak hal lainnya.

Setelah melengkapi semua pertanyaan di formulir online tersebut, dan kamu dinyatakan berhak membuat visa Kanada secara online atau on paper, kamu akan mendapatkan ‘Personal Reference Code‘. Kode ini diperlukan untuk mendaftarkan akun dan juga visa kamu; karena itu, kamu harus menyimpan kode ini baik-baik dan mengikuti petunjuk selanjutnya yang dijabarkan dengan jelas.

3. Persiapan Dokumen Pendukung Membuat Visa Kanada

Seperti halnya proses membuat visa ke sejumlah negara, kamu harus mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan agar pengajuan visa kamu ke Kanada bisa berjalan mulus. Dokumen yang disiapkan bisa dalam bentuk fotokopi dan/atau hasil pemindaian.

Adapun dokumen yang disiapkan antara lain:

  • Paspor, proses pemindaian dikhususkan di halaman identitas
  • Riwayat perjalanan, pemindaian visa maupun cap keluar masuk ke negara yang sudah dikunjungi dalam sepuluh tahun terakhir
  • Pas foto berukuran 35mm x 45mm atau 420×540 pixel dengan format JPEG dan Size 240KB
  • Bukti perjalanan, seperti tiket pesawat, itinerary perjalanan dan/atau bukti pemesanan hotel
  • Bukti keuangan, yang membuktikan kamu mampu membiayai perjalanan, seperti rekening koran bank dalam 4 bulan terakhir, surat keterangan bekerja atau usaha, bukti kepemilikan harta atau dokumen pendukung lainnya
  • Hasil pemindaian surat izin tinggal, belajar atau bekerja di luar negeri, jika ada
  • Hasil pemindaian visa Amerika Serikat yang masih berlaku, jika ada

Selain dalam bentuk hasil pemindaian, kamu juga disarankan menyiapkan dokumen di atas dalam bentuk fotokopi.

Mountain Peak Range yang keren

4. Mengisi Formulir Secara Online

Dalam proses membuat visa Kanada secara online atau on paper, pengisian formulir tetap dilakukan secara online. Nantinya, bagi yang membuat visa Kanada dengan on paper, hasil pengisian formulir harus dicetak dengan print laser di atas kertas putih non-glossy.

Ada pun formulir yang harus diisi antara lain:

  • Formulir Visa Kunjungan Sementara IMM5257, bisa diunduh di sini
  • Formulir Data Keluarga IMM5707, bisa diunduh di sini
  • Dokumen checklist, yang akan dilampirkan ketika mengajukan visa, bisa diunduh di sini
  • Surat Pernyataan VFS, yang mengizinkan VFS mengurus visamu, bisa diunduh di sini

5. Pembuatan Akun Untuk Pengajuan Aplikasi Online

Setelah mengisi semua formulir di atas, kamu akan dibawa ke halaman khusus yang menginstruksikan kamu untuk mengikuti langkah-langkah yang harus ditempuh berikutnya. Langkah yang harus diambil adalah dengan membuat akun baru dengan mengklik ‘Register to get a key‘. Akun ini akan digunakan untuk mengajukan aplikasi, membayar biaya visa sekaligus mengecek status aplikasi visa.

Setelah membuat username dan password, kamu harus login menggunakan username dan password kamu itu untuk masuk ke akun kamu di situs pemerintah Kanada. Setelahnya, kamu memilih visitor visa, study and/or work permit sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya. Kamu juga harus memasukkan ‘Personal Refence Code‘ yang sudah kamu dapatkan sebelumnya, mengupload formulir serta dokumen pendukung yang telah kamu isi dan siapkan sebelumnya.

Proses upload dokumen bisa jadi memakan waktu apabila dokumen yang kamu submit tidak memenuhi syarat. Jika proses upload ditolak, kamu akan diminta memperbaiki dokumen untuk kemudian diupload lagi. Setelah semua dokumen terverifikasi, kamu akan masuk ke halaman pembayaran biaya pembuatan visa.

6. Pembayaran Biaya Membuat Visa Kanada

Proses pembayaran biaya pembuatan visa Kanada dilakukan secara online. Setelah sistem memverifikasi semua dokumen, kamu akan dibawa ke halaman khusus untuk pembayaran visa, yang dihargai sebesar 100 CAD (~ 1,063,492 IDR).

Jika pembayaran sukses dilakukan, kamu akan mendapatkan konfirmasi pembayaran. Setelahnya, kamu tinggal membawa bukti konfirmasi pembayaran tersebut ke kantor VFS Global Jakarta atau Surabaya, baik yang melakukan pengurusan visa secara online maupun on paper, bersama dengan dokumen yang sudah dicetak sebelumnya dan persyaratan lainnya.

CN Tower dengan lanskap bangunan yang tidak kalah mengagumkan menjadi salah satu destinasi wisata ngehits di Kanada yang harus dikunjungi.

Ada pun alamat VFS Global yang bisa kamu kunjungi adalah:

  • Jakarta: Kuningan City Mall lantai 2 No. L2-19, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 18, Setiabudi, Kuningan, Jakarta 12940
  • Surabaya: Graha Bukopin lantai 10, Jl. Panglima Sudirman No. 10-18, Surabaya, 60271

Di loket yang sudah ditentukan, kamu bisa menyerahkan bukti pembayaran, paspor kamu dan pas foto untuk kemudian diganti dengan tanda terima. Dalam waktu empat hingga lima hari kerja, kamu akan mendapatkan notifikasi e-mail untuk pengambilan visa dan paspor kamu.

Untuk yang mengurus visa secara on paper, kamu juga akan dibebani biaya tambahan sebesar CAD 27,15 (~288,832 IDR).

Sebagai informasi buat kamu, masa berlaku visa turis yang diberikan Kedutaan Kanada disesuaikan dengan masa berlaku paspor kamu, lho! Jadi, jika kamu baru saja memperpanjang paspor, dan mendapatkan visa Kanada, berarti masa berlaku visa kamu juga berjalan hingga lima tahun ke depan. Sifatnya yang multiple entry juga membuat kamu bisa keluar masuk Kanada berulang kali. Asyik, kan?

Baca juga: Cara Untuk Menikmati Liburan Bersama Teman Tanpa Saling “Membunuh”

Mudah kan cara membuat visa Kanada? Jika sudah tahu caranya, segera berangkat ke Kanada dan menikmati semua keajaiban alam di sana ya. Dijamin tidak akan kecewa, deh!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru