13 Pantai Di Jogja Ramah Anak Untuk Destinasi Liburan Keluarga Yang Seru

Jogja menjadi kota tujuan favorit untuk berlibur sebab banyak destinasi asyik ada di sini. Salah satu yang tersohor adalah deretan pantai yang indah dan tidak ada habisnya untuk dijelajahi. Tidak hanya bersama teman, wisata pantai di Jogja juga seru untuk dikunjungi bersama keluarga terutama si kecil.

Jangan khawatir karena ada pantai-pantai yang aman dan ramah anak di Jogja. Menjauhlah dari pusat kota untuk merasakan nikmatnya suasana pantai di Jogja. Lihat rekomendasinya di TripZilla Indonesia sebelum berlibur bersama si kecil, ya!

1. Pantai Goa Cemara yang indah dan unik

pantai di jogja ramah anak
Image credit: @1drajat_

Tidak salah kalau pantai ini dinamai Pantai Goa Cemara. Kamu akan menemukan banyak pohon cemara udang sehingga pantai terkesan rimbun dan asri. Selain bikin adem, tentunya menciptakan pemandangan yang instagramable. Selain berfoto dengan pohon cemara, ajak si kecil untuk melihat tempat penangkaran penyu, berbelanja di penjaja makanan tradisional yang ada di kawasan pantai dan mencoba berbagai wahana seperti ATV. Menarik dan tidak membosankan bukan?

Lokasi: Jl. Lintas Sel., Patihan, Gadingsari, Kec. Sanden, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 3,000 IDR

2. Pantai Indrayanti, pantai di Jogja untuk kenangan yang berkesan

pantai di jogja ramah anak
Image credit: @xolodheya

Dijamin berkesan sebab Pantai Indrayanti sudah terkenal dengan kecantikannya. Pasir putihnya akan terasa sangat nyaman ketika menyentuh kakimu. Dari kejauhan kamu pun bisa melihat bukit yang dapat didaki bila ingin melihat pantai dari ketinggian. Tentunya harus lebih berhati-hati saat menaiki bukit bersama si kecil. Kamu pun dapat melihat ikan-ikan yang terperangkap di antara karang yang pasti akan menyenangkan bagi si kecil. Jika sudah lelah, bersantai saja di tepian sambil melihat ombak laut dapat membuatmu berenergi kembali.

Lokasi: Ngasem, Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

3. Pantai Gesing, spot memancing yang seru

Image credit: @tutilatuconsina

Ingin aktivitas liburan yang berbeda? Cobalah kunjungi Pantai Gesing dan memancing bersama si kecil. Sensasi menunggu ikan datang sambil memandang lautan yang memikat pasti lebih berkesan. Selesai memancing, tidak perlu buru-buru untuk pulang. Isi waktu dengan mengabadikan sisi-sisi cantik pantai sampai senja tiba karena sunset di Pantai Gesing juga tersohor di kalangan wisatawan. Jangan sampai terlewat lho!

Lokasi: Bolang, Girikarto, Kec. Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

4. Pantai Kukup, pantai di Jogja yang elok dan sulit dilupakan

pantai di jogja ramah anak
Image credit: Pantai Kukup

Pantai Kukup punya banyak sisi menarik untuk disambangi. Si kecil dapat bermain air di pinggir pantai yang terbilang aman karena cukup tenang. Kamu dan si kecil pun dapat menyeberangi jembatan menuju ke bukit yang dinamakan Pulau Jumino. Di Pulau Jumino, terdapat saung untuk menikmati panorama Pantai Kukup. Dijamin akan membuat si kecil terpesona dengan keindahannya. Setelah itu kamu pun dapat mengisi perut dengan aneka hidangan laut yang banyak dijajakan di area pantai. Sepulang dari sini, pasti rasanya kenyang dan senang!

Lokasi: Ngepung, Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

5. Pantai Krakal, menikmati keindahan bawah laut

Image credit: @octavyaalgaol

Tidak hanya permukaan Pantai Krakal yang tampak indah, namun juga dunia bawah lautnya. Kamu bisa mengajak si kecil snorkeling sambil menanti matahari terbenam yang bakal menambah keindahan pantai. Setelah bermain air, kamu bisa mencicipi hidangan laut yang banyak dijual di sini. Aktivitas lain yang dapat dilakukan bersama si kecil misalnya bermain layang-layang atau berfoto di saung yang telah disediakan. Sederhana tapi mengasyikkan!

Lokasi: Rejosari, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

6. Pantai Kuwaru, pantai di Jogja yang tenang

Image credit: @nissa.ulfah

Pantai Kuwaru menjanjikan ketenangan dengan ombak yang tidak terlalu besar dan rimbunnya pohon-pohon cemara. Kamu bisa bersantai dengan si kecil sambil berwisata kuliner. Pengelola pun menyediakan kolam renang yang membuatmu bisa berenang sambil memandang laut di kejauhan. Bagi si kecil, ada wahana seperti mandi bola, kereta mini dan ATV. Jadi, mana aktivitas yang lebih cocok untukmu?

Lokasi: Kawaru, Poncosari, Kec. Srandakan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

7. Pantai Parangtritis, pantai yang populer

Image credit: @afflkhlz_22

Siapa yang belum pernah mendengar tentang Pantai Parangtritis? Jika berkunjung ke sini memang perlu pandai memilih waktu karena pantai yang tersohor ini sering dipadati pengunjung. Tapi dijamin kamu tidak akan rugi karena ada berbagai fasilitas seperti pemandian air hangat, wisata berkuda, motor trail sampai paralayang. Jadi meskipun tidak dianjurkan berenang di Pantai Parangtritis, kamu akan tetap bisa menikmatinya bersama si kecil. Datang yuk ke pantai ikonik ini!

Lokasi: Desa Parangtritis, Kec. Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

8. Pantai Parangkusumo, pantai di Jogja dengan hamparan pasir yang cantik

pantai di jogja
Image credit: @marissavenita

Pantai Parangkusumo menjadi tempat diadakannya upacara Labuhan setiap tahun. Upacara pengucapan syukur ini dapat kamu saksikan di waktu tertentu. Ada pula upacara Melasti yang menyajikan tari-tarian. Namun jika tidak menyaksikannya, kamu tetap akan terkagum dengan lanskap dari Pantai Parangkusumo. Hamparan gumuk pasirnya yang luas dan lembut akan jadi tempat bersantai yang menyenangkan sekaligus arena bermain si kecil. Jika berani, cobalah sandboarding yang seru!

Lokasi: Jl. Pantai Parangkusumo, Kec. Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam (pantai), setiap hari pukul 07.30 WIB – 18.30 WIB (gumuk pasir)
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR (pantai), gratis (gumuk pasir)

9. Pantai Sepanjang, menatap eloknya garis pantai

Image credit: @aziss_abdul

Konon katanya, Pantai Sepanjang termasuk salah satu lokasi dengan garis pantai terpanjang di Gunung Kidul. Apakah pemandangannya indah? Jawabannya adalah ya. Bahkan di sepanjang garis pantainya, matamu akan dimanjakan dengan deretan pohon palem dan pandan yang menyejukkan. Kios-kios makanan sangat mudah ditemukan. Bermain air di laut pun bisa dilakukan dengan cukup nyaman. Dijamin kamu dapat menghabiskan waktu sepanjang hari tanpa terasa di sini!

Lokasi: Jl. Sepanjang, Ngalos, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

10. Pantai Glagah Indah, berpetualang tanpa akhir

Image credit: @bellamomssy

Pantai Glagah Indah punya banyak sisi menarik untuk diabadikan, misalnya tetrapod alias pemecah ombak ini. Jangan terlalu lama mengaguminya karena kamu juga bisa melakukan aktivitas lain seperti memancing, berkeliling dengan kano atau perahu kayuh hingga mengunjungi kebun buah. Terdapat perkebunan Agrowisata Kusumo Wanadri yang merupakan tempat budidaya buah naga. Banyak yang bisa dipelajari dan dinikmati bersama si kecil bukan?

Lokasi: Glagah, Kec. Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 6,000 IDR

11. Pantai Ngrenehan, hamparan perbukitan yang mengagumkan

pantai di jogja
Image credit: @putrilagilagi

Pantai Ngrenehan punya lanskap unik yang membuatnya perlu untuk dikunjungi. Kamu akan menjumpai pantai berupa teluk yang dikelilingi perbukitan kapur. Selain bisa berfoto sampai puas dengan latar yang menawan, kamu pun akan menemukan pasar ikan segar yang mungkin akan membuatmu lapar mata. Si kecil pun akan mendapatkan pengalaman yang sulit ditemukan di kota besar. Karena banyaknya nelayan, pantai ini sering dijuluki pantai nelayan. Kamu bahkan bisa menyewa perahu nelayan untuk wisata susur pantai lho!

Lokasi: Desa Kanigoro, Kec. Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

12. Pantai Sadranan, pantai di Jogja yang menawarkan kedamaian

pantai di jogja ramah anak
Image credit: @exaudinap

Bila kamu mencari pantai yang tidak terlalu ramai pengunjung, maka Pantai Sadranan bisa jadi pilihan yang pas. Kamu bisa menemani si kecil bermain pasir sambil melepas penat di saung-saungnya. Pemandangan secantik ini tentu sayang jika tidak dinikmati berlama-lama kan? Kalau gemar olahraga air, kamu dapat menyewa peralatan untuk snorkeling dengan harga terjangkau. Dijamin, kamu pasti akan penasaran dengan keindahan pemandangan bawah lautnya!

Lokasi: Desa Sidoarjo, Kec. Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

13. Pantai Baron, hanyut dalam keramaian

Image credit: @wahyuea

Pantai Baron termasuk salah satu pantai yang kondang di Jogja. Kamu akan terhibur tidak hanya dengan hempasan ombak namun juga berbagai atraksi lainnya. Misalnya ada mercusuar yang bisa kamu masuki dan pasti akan jadi hal yang menarik untuk si kecil. Pemandangan yang tertangkap dari bukit mercusuar ini sangat mengesankan. Ada pula Baron Techno Park, yaitu pembangkit listrik yang juga menjadi tujuan wisata karena pemandangan senjanya yang indah. Sambangi saja semuanya supaya puas!

Lokasi: Rejosari, Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

Baca juga: 15 Destinasi Wisata Di Jogja Yang Gratis Dan Keren Banget

Meski sama-sama pantai, tapi setiap pantai di Jogja punya ciri khasnya masing-masing. Sambangi saat hari cerah supaya kamu dan si kecil mendapatkan pengalaman liburan yang seru.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru