Pantai Di Lombok Yang Cantik, 13 Destinasi Yang Harus Dikunjungi

Tahukah kamu di mana bisa menemukan pantai yang panjang dan indah di Indonesia? Sebagai negara kepulauan, Indonesia mempunyai banyak pantai yang menarik, salah satunya dapat kamu jumpai di Pulau Lombok. Banyak pantai di Lombok yang unik dan memikat, dari yang letaknya tersembunyi hingga yang mudah ditemukan. Semuanya sangat sayang untuk dilewatkan!

Jika kamu sedang merencanakan liburan untuk menikmati musim panas, Tripzilla Indonesia merekomendasikan pantai di Lombok di bawah ini untukmu. Selain mendapatkan suasana ceria bermandikan matahari, mata kamu juga akan dimanjakan oleh panorama yang unik di sini. Mari disimak beberapa pantai di Lombok yang layak masuk ke dalam jadwal wisatamu!

1. Keindahan yang legendaris – Pantai Senggigi

pantai di lombok
Image credit: @arimbyc

Pantai Senggigi adalah pantai yang sudah terkenal sejak lama di Lombok. Pantai ini mudah dikunjungi dan lokasinya tidak jauh dari bandara internasional Lombok. Warna pasirnya bergradasi dari kehitaman hingga putih dan ombaknya tidak terlalu besar sehingga kamu dapat berenang di sini. Garis pantainya yang panjang juga sering dimanfaatkan pegiat olahraga yang ingin berlari pagi atau sekedar berjalan-jalan santai.

Pantai di Lombok
Image credit: @aqilf01

Bagi kamu yang ingin membeli buah tangan, kamu dapat menjumpai banyak kios cenderamata di tepi pantai. Kamu juga mudah menemukan berbagai penginapan yang menghadap ke pantai Senggigi. Sangat cocok untuk kamu yang ingin merasakan sensasi langsung menatap pantai saat bangun di pagi hari.

Lokasi: Barat laut Mataram, Kabupaten Lombok Barat, NTB.
Harga tiket masuk: 15,000 IDR.

2. Pasir dengan koral yang semarak – Pantai Tangsi

pantai di lombok
Image credit: @fefeawangsamad

Jika melihat pantai ini, pasti kamu akan teringat dengan Pantai Pink yang ada di Labuan Bajo. Pantai Tangsi memang dikenal juga dengan sebutan Pantai Pink Lombok karena pasirnya yang mengandung koral sehingga tampak berwarna pink. 

Pantai di lombok
Image credit: @nauvalz

Pantai ini diberi nama Pantai Tangsi karena dulunya pernah digunakan sebagai asrama atau tangsi tentara Jepang ketika mendarat di Lombok. Berlatar belakang Gunung Rinjani, pantai ini sungguh elok dipandang. Pantai ini juga bisa dijadikan tempat berkemah karena datarannya yang rata. Siap-siap deh kemasi peralatan berkemahmu untuk sensasi liburan yang unik di sini!

Lokasi: Sekaroh, Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, NTB.
Harga tiket masuk: 10,000 IDR.

3. Mutiara yang tersembunyi – Pantai Telawas

Pantai di Lombok
Image credit: @journeylaziza_

Letaknya yang terpencil membuat pantai di Lombok ini cocok untuk kamu yang ingin suasana sepi dan tenang. Lautnya yang sangat biru akan membuat penatmu hilang dalam sesaat. Selain itu, jalan dan tebing di pantai ini tersusun dari bebatuan karang yang unik. Jika naik ke atas tebingnya, kamu dapat merasakan hempasan ombak yang pecah di sana. Tapi ingat untuk selalu berhati-hati karena ombaknya cukup keras dan belum ada penjaga pantai di sini!

Pantai di Lombok
Image credit: @alhi_dzirin

Saat air pasang, bebatuan yang ada di pantai ini akan terbenam. Bentuk dari bebatuan karang di sini disebut mirip dengan batu kryptonite di film Superman. Tidak heran banyak fotografer maupun wisatawan yang mengabadikan momen di tengah bebatuan pantai yang sangat instagramable ini.

Lokasi: Selong Belanak, Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, NTB.
Harga tiket masuk: 5,000 IDR (untuk motor) dan 10,000 IDR (untuk mobil).

4. Langkahkan kakimu ke sisi tebing yang megah – Pantai Semeti

pantai di lombok
Image credit: @dian_3

Tidak jauh dari Pantai Telawas, kamu akan menemukan Pantai Semeti yang juga berlimpah dengan batu karang berbentuk unik. Pantai di Lombok ini dikelilingi oleh tebing, dan saat air laut surut kamu bisa menemukan biota-biota laut kecil yang masuk ke dalam celah tebingnya. Oleh karena itu, pantai ini disebut juga dengan pantai akuarium alam.

Image credit: @lombokexcursions

Pantai Semeti berada satu jalur dengan Pantai Mawi. Kamu dapat membayar tiket masuk di satu lokasi yang sama dengan tiket masuk ke Pantai Mawi. Perjalanan yang tidak mudah untuk tiba di pantai ini, akan terbayar dengan pemandangan mempesona yang bakal kamu dapatkan. Jika ingin lebih puas menjelajahi pantai ini, bawalah alat snorkeling agar kamu dapat mengamati kehidupan di bawah lautnya!

Lokasi: Jl. Pantai Mawi, Selong Belanak, Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, NTB.
Harga tiket masuk: 5,000 IDR (untuk motor) dan 10,000 IDR (untuk mobil).

5. Fenomena air terjun yang keren – Pantai Nambung

pantai di lombok
Image credit: @halim_halilintar

Pantai Nambung ini sangat populer dengan fenomena air terjunnya. Air terjun ini terbentuk ketika ombak sangat keras dan airnya melimpah hingga ke atas bebatuan cadas dan turun kembali ke laut. Rata-rata ombak di pantai ini memang besar sehingga cocok jika kamu ingin berselancar. Selain itu, kamu juga dapat memancing di sini.

Image credit: @stonelombok

Akses menuju pantai ini sudah cukup baik dengan jalanan yang beraspal. Di sekitar pantai ini sudah banyak warung yang menyediakan menu hidangan laut dengan bumbu khas daerah Sekotong. Kamu juga bisa melihat budidaya rumput laut yang dilakukan oleh penduduk sekitar.

Lokasi: Montong Ajan, Praya Barat Daya, Kabupaten Lombok Tengah, NTB.
Harga tiket masuk: 10,000 IDR.

6. Pantai di Lombok dengan bukit indah dan konservasi penyu – Pantai Tanjung Bloam

pantai di Lombok
Image credit: @black_1717

Banyaknya bebatuan yang menjorok ke laut menjadi tempat yang disukai para penyu dan kamu dapat menemukan lokasi penangkarannya di sini. Jika kamu mengajak anak kecil, penangkaran ini bisa menjadi tempat belajar sambil berlibur yang menyenangkan, lho! Pantai di Lombok, yang minim fasilitas wisata ini, tetap memuaskan karena pemandangan bukit-bukitnya yang indah.

Image credit: @oman_suci

Pantai ini juga terkenal karena adanya dua tebing cadas yang cantik. Selain berenang dan snorkeling, jangan lupa juga berfoto di sini, ya! Dijamin hasil fotomu akan keren dan bikin teman-temanmu penasaran!

Lokasi: Jl. Pantai Beloam, Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, NTB.
Harga tiket masuk: 5,000 IDR (untuk motor) dan 10,000 IDR (untuk mobil).

7. Wisata pantai di Lombok sekaligus savana yang mengagumkan – Pantai Penyisok

Image credit: @rudy_rudedz

Jika kamu melihat tebing yang ada di Pantai Penyisok ini, bisa jadi kamu akan merasa akrab dengan pemandangan tersebut. Hal ini karena salah satu daya tarik di Pantai Penyisok adalah tebing yang tampak megah dan menjadi terkenal karena sangat instagramable. Pemandangan dari tebing ini sangat menawan karena kamu dapat melihat luasnya laut yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Image credit: @pristiwanda_karyana

Selain tebing, hal unik lain di sini adalah kamu dapat menjumpai padang rumput atau savana yang cukup luas. Perpaduan warna hijau savana, putihnya pasir dan biru dari air laut menciptakan kombinasi yang mengagumkan. Perjalanan ke pantai ini memang cukup sulit, jadi sebaiknya berhati-hati jika kamu berencana untuk datang di musim hujan.

Lokasi: Lendang Sekaroh, Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, NTB.
Harga tiket masuk: 5,000 IDR (untuk motor) dan 10,000 IDR (untuk mobil).

8. Bukit dan pantai di Lombok yang sama-sama berkesan – Pantai Tunak

pantai di lombok
Image credit: @radiallahuan23

Kalau hendak ke Pantai Tunak, tidak lengkap jika melewatkan Bukit Tunak yang ada di dekatnya. Keduanya tergabung dalam kawasan Taman Wisata Alam Gunung Tunak. Jika kamu melihat pemandangan laut dari bukit ini, akan tampak pulau-pulau karang yang unik meruncing. Selain bukit, kamu juga dapat menemukan penangkaran rusa dan kupu-kupu.

Image credit: @orang.lombok

Taman Wisata Alam ini mudah diakses dan tidak terlalu jauh dari bandara. Cocok juga untuk didatangi bersama keluarga karena menawarkan berbagai aktivitas yang bisa dicoba oleh segala usia. Pantai Tunak pun cocok untuk berkemah karena konturnya yang landai. Pemandangan pasir putih yang lembut dan belum banyak didatangi turis membuat suasana di sini damai banget untuk kamu yang ingin menenangkan pikiran.

Lokasi: Desa Mertak, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB.
Harga tiket masuk: 2,500 IDR.

9. Melihat indahnya batu kura-kura di tengah laut – Pantai Sungkun

Image credit: @apiprasel

Pantai yang tersembunyi ini perlu dikunjungi saat kamu ke Lombok. Di pantai ini, matamu pasti akan langsung tertuju pada sebuah gili atau pulau kecil yang tidak berpenghuni di tengah laut. Gili ini sangat unik, berbentuk seperti kura-kura dan disebut oleh masyarakat sekitar sebagai batu kura-kura. Kalau kamu ingin melihat pemandangan keseluruhan Pantai Sungkun, kamu bisa naik ke perbukitan yang cukup mudah untuk didaki.

Image credit: @galangtriansyah

Keunikan lain dari pantai ini adalah pada jenis pasirnya. Kamu akan menemukan dua jenis pasir yaitu pasir putih yang halus dan pasir putih berbutir besar seperti merica. Menarik sekali bukan? Pantai ini pun menjadi tujuan bagi para peselancar karena memiliki ombak yang besar. Bagi kamu yang hanya ingin berendam saja, ada juga sisi pantai yang tenang dan dangkal. Banyak juga warga yang datang ke sini untuk memancing ikan.

Lokasi: Pemongkong, Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, NTB.
Harga tiket masuk: 30,000 IDR (untuk mobil).

10. Nikmati eksotisnya pemandangan khas pedesaan – Pantai Selong Belanak

Image credit: @devisonya

Apabila kamu melihat pantai ini dari kejauhan, akan tampak bahwa pantai ini berbentuk seperti bulan sabit. Tentu saja kamu akan menjumpai kecantikan khas pantai di Lombok yaitu pasir yang putih dan laut yang sangat biru. Di pantai ini, warga sekitar juga membuka kedai makanan sehingga memudahkanmu untuk mengisi perut.

Image credit: @danraper

Namun daya tarik utama dari pantai ini adalah saat sore hari mulai sekitar pukul 16.00 hingga saat matahari terbenam. Pada jam ini, kamu bisa melihat masyarakat lokal menggembalakan kerbaunya melewati pantai. Momen ini tampak sangat unik sehingga banyak wisatawan datang untuk berfoto dan juga berinteraksi dengan kerbau-kerbau tersebut.

Lokasi: Selong Belanak, Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, NTB.
Harga tiket masuk: 2,000 IDR (untuk motor) dan 5,000 IDR (untuk mobil).

11. Kecantikan pantai di Lombok berbentuk tapal kuda – Pantai Mawun

pantai di lombok
Image credit: @rose_violetz

Di Pantai Mawun, kamu dapat menikmati sensasi dua jenis pasir dan arus laut yang berbeda. Hal ini karena garis pantainya berbentuk tapal kuda dan diapit dua bukit di sebelah kiri dan kanannya. Pada bagian tengah, pasir putihnya memiliki tekstur yang lembut. Sedangkan di bagian barat, pasirnya lebih kasar dan bercampur dengan pecahan karang. Arus lautnya pun berbeda, ombak akan lebih besar di bagian tengah. Sedangkan di sisi yang terhalang bukit, ombaknya tenang sehingga lebih aman jika kamu ingin berenang di sini.

Selain menikmati ombak, tentu saja aktivitas lain yang wajib dilakukan adalah berjemur dan mengambil foto-foto. Dijamin akan bagus hasilnya karena pemandangan aslinya pun sudah cantik, tidak perlu pakai filter lagi deh!

Lokasi: Tumpak, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB.
Harga tiket masuk: 10,000 IDR.

12. Tidak kalah keren dibanding dengan yang di Bali – Pantai Kuta

pantai di lombok
Image credit: @belmori

Pantai ini adalah salah satu pantai yang tersohor di Lombok. Bukitnya yang menghijau, laut birunya yang tenang tampak seperti dalam lukisan. Jika kamu ingin beraktivitas, di pantai ini juga terdapat penyewaan banana boat dan windsurfing. Apabila kamu ingin melihat indahnya pantai ini dari atas, mendakilah ke Bukit Mandalika. Atau bisa juga kamu berparalayang, pasti jadi pengalaman yang tidak terlupakan!

pantai di lombok
Image credit: @megatad

Di tepi pantai Kuta ini juga sudah ada warga yang menjajakan makanan dan cenderamata khas seperti perhiasan gelang tenun maupun kalung. Bisa juga nih kamu beli untuk oleh-oleh bagi orang terdekat!

Lokasi: Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB.
Harga tiket masuk: Gratis.

13. Jangan lewatkan Festival Bau Nyale di pantai di Lombok – Pantai Tanjung Aan

pantai di lombok
Image credit: @anna.yli

Saat kamu menapakkan kaki di pantai ini, kamu akan merasakan pasir yang bertekstur seperti bulir merica. Tapi jika kamu berjalan menuju ke arah bukit, pasirnya akan berubah menjadi pasir putih yang lembut. Unik sekali ya, dalam satu pantai kamu dapat menemukan dua jenis pasir!

pantai di lombok
Image credit: @babyjarimungil

Keseruan lain yang ada di pantai ini adalah, jika kamu datang antara bulan Februari sampai Maret, kamu berkesempatan menyaksikan Festival Bau Nyale. Ini adalah sebuah acara adat yang dirayakan dengan perburuan cacing nyale oleh warga. Cacing nyale dianggap sebagai jelmaan dari Putri Mandalika, yang terjun ke laut karena melarikan diri dari para pangeran yang ingin melamarnya. Cacing ini dianggap membawa keberuntungan, dan kamu boleh ikut mencari juga, lho!

Lokasi: Desa Pengembur, Sengkol, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB.
Harga tiket masuk: 5,000 IDR (untuk motor) dan 10,000 IDR (untuk mobil).

Baca juga: 14 Tempat Wisata Lombok Timur Yang Eksotis Dan Tersembunyi

Banyak sekali ya pilihan pantai unik yang bisa kamu temukan di Lombok! Mulailah merencanakan sesuai dengan rute yang ingin kamu tempuh karena ada pantai-pantai tertentu yang letaknya tersembunyi. Meskipun terkadang sulit dijangkau, tapi kamu nggak akan menyesal kalau sudah berkunjung ke sana!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru