10 Pemandian Air Panas di Indonesia Untuk Menyegarkan Tubuhmu

Tidak dipungkiri bahwa Indonesia merupakan surganya pemandian air panas. Jajaran pegunungan vulkanis yang banyak tersebar di pelosok Nusantara merupakan sumber alami munculnya mata air panas. Keberadaan sumber mata air inilah yang kemudian menjelma menjadi pemandian air panas yang banyak dijadikan tempat wisata. Kamu bisa kembali menyegarkan tubuh dengan berendam di pemandian air panas alami. Tidak hanya membuat badan menjadi segar, kandungan mineralnya juga menyehatkan lho! Yuk, intip 10 pemandian air panas di Indonesia yang tidak boleh kamu lewatkan.

1.  Candi Umbul, Magelang

Image credit: @morhyz

Pemandian air panas Candi Umbul Magelang ini merupakan pemandian yang bersejarah lho! Hal ini karena tempat tersebut merupakan pemandian Raja dan Permaisuri Kerajaan Mataram. Dari kolam pemandian, kamu bisa menikmati panorama pegunungan menoreh dan Candi Umbul yang indah. Asyik sekali bukan?

Jam buka: setiap hari mulai pukul 06.00 sampai 18.00 WIB
Tiket masuk: 3,000 IDR (parkir motor 2,000 IDR, mobil 5,000 IDR)
Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

2.  Banyuwedang, Bali

Image credit: @mdpease

Baru dibuka pada 2017 lalu, pemandian air panas Banyuwedang kini telah menjadi salah satu destinasi favorit baru di Bali. Meski baru dibuka untuk umum, namun sebenarnya sumber mata air Banyuwedang sudah ada sejak tahun 1965. Konon katanya, mandi di sini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit lho. Kalau tidak ingin mandi di kolam terbuka, kamu bisa menyewa kolam pribadi dengan harga yang cukup terjangkau.

Jam buka: setiap hari mulai pukul 07.00 sampai 22.00 WITA
Tiket masuk: 10,000 IDR (kolam umum), 25,000 IDR (kolam pribadi)
Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

3.  Cipanas Nagrak Parongpong, Garut

Image credit: @hens4m

Nah kamu pasti sudah tidak asing lagi ya dengan pemandian yang satu ini. Selain lokasinya yang cukup dekat dengan pusat kota, fasilitas di area pemandian bisa dibilang sudah lengkap, termasuk di antaranya kolam pribadi untuk berendam. Di sini, kamu juga bisa melihat lebih dekat semburan mata air panas alami dengan kandungan belerang yang berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit lho.

Jam buka: setiap hari mulai pukul 6.30 sampai 22.00 WIB
Tiket masuk: 10,000 IDR untuk dewasa, 5,000 IDR untuk anak-anak
Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

4.  Maribaya Hotspring,  Lembang

Image credit: @maribayaresort

Pemandian air panas Maribaya berada di satu kompleks kawasan wisata Maribaya yang sedang hits. Fasilitas yang sangat lengkap hingga aneka aktivitas di area pemandian jadi daya tarik utama yang membuat para wisatawan tidak bosan datang ke sini. Pemandangan di sekitar pemandian dengan jajaran pepohonan di hutan dan sejuknya hawa pegunungan seolah menambah kenikmatan berendam di kolam air panas Maribaya.

Jam buka: setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 20.00 WIB (Jumat Sabtu sampai 22.00 WIB)
Tiket masuk: 35,000 IDR (belum termasuk berendam)
Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

5.  Aek Rangat Rianiate, Pangururan

Image credit: @ahmadmansurialkindii

Adakah yang tau kalau sebenarnya pulau samosir merupakan pulau vulkanis? Ya, karena merupakan Pulau Vulkanis maka banyak sekali sumber mata air panas ditemukan di sini. Salah satu yang terbesar dan terkenal adalah pemandian air panas Rianiate yang terletak di Pangururan. Pemandian air panas di sini menawarkan pemandangan Gunung Pusuk Buhit yang megah dan mempesona. Kalau jalan-jalan ke Danau Toba tidak boleh lupa mampir ke sini ya.

Jam buka:  setiap hari
Tiket masuk: gratis, namun wajib memesan makan atau minum pada penyedia kolam
Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

6.  Gonoharjo, Kendal

Image credit: @n.h.aluihsasandra

Berada di kaki Gunung Ungaran, pemandian ini juga dikenal dengan nama Nglimut. Pemandangan di sekitar lokasi air panas sangat indah, dilengkapi dengan sebuah air terjun dengan aliran sungai yang sangat menenangkan. Bantaran sungainya pun dijadikan taman hijau yang asyik untuk dinikmati. Mandi di sini nggak cuma bikin segar di badan tapi juga segar di pikiran.

Jam buka: setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 17.00 WIB
Tiket masuk: 12,500 IDR
Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

7.  Ciater, Subang

Image credit: @wanderlust.lelia

Pemandian yang satu ini memang sangat istimewa. Lokasinya yang berada di kaki Gunung Tangkuban Perahu membuat pemandangan di tempat ini sangat indah. Tidak heran bila banyak sekali resort dan tempat penginapan yang tersebar di sekitar pemandian. Di sini kamu bisa memilih untuk berendam di kolam alami berupa aliran sungai yang hangat atau kolam-kolam berendam pribadi yang disewakan secara khusus. Jadi tunggu apalagi? Yuk segarkan tubuhmu di Ciater!

Jam buka: setiap hari 24 jam
Tiket masuk: 20,000 hingga 50,000 IDR (untuk kolam reguler)
Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

8.  Kelewaha, Tombatu

Image credit: @refly51_around

Kolam air panas yang satu ini sangat unik, karena sumber air panasnya yang berdekatan dengan air terjun yang berair dingin. Kolam air panas Kelewaha dapat ditempuh kurang lebih dua jam perjalanan darat dari Manado. Kolamnya berbentuk setengah lingkaran di bawah akar pepohonan dengan kedalaman kurang lebih 1.5 meter. Sumber mata air panas Kelewaha berada kurang lebih 500 meter dari kolamnya. Nah, di sinilah kamu bisa menemui aliran sungai yang bersumber dari air terjun berair dingin. Unik sekali, bukan?

Jam buka: setiap hari 24 jam
Tiket masuk: gratis
Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

9.  Mangeruda Soa, Nusa Tenggara Timur

Image credit: @riski_kawa

Jika akan pergi ke Danau Kelimutu, jangan lupa singgah sejenak di pemandian air panas alami Mangeruda Soa. Air panas di sini bersumber dari Gunung Inelika di Kabupaten Bajawa sekitar 8 jam dari Labuan Bajo. Pemandiannya terdiri dari beberapa kolam yang masing-masing memiliki tingkatan suhu yang berbeda. Fasilitas di area pemandian juga sudah cukup lengkap seperti sarana toilet, tempat makan, dan jalan setapak.

Jam buka: setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 18.00 WIT
Tiket masuk: 4,000 IDR
Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

10.  Goa Susu, Lombok

Image credit: @_ikes

Para pendaki Rinjani pasti sudah tidak asing dengan Goa yang satu ini. Dinamakan Goa Susu karena di area goa terdapat banyak batuan berwarna putih seputih susu. Tidak jauh dari bibir goa, terdapat sebuah kolam air hangat alami yang cocok untuk melepas lelah. Goa ini bisa kamu temukan via jalur Torean dan jaraknya hanya sekitar 1 kilometer dari Danau Segara Anak.

Jam buka: setiap hari 24 jam
Tiket masuk: gratis
Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

Baca juga: 10 Tempat Spa Mewah Bandung Mewah Untuk Pengalaman Yang Mengesankan

Nah sekarang sudah tahu kan pemandian air panas mana saja yang bisa kamu kunjungi? Yuk, langsung datang ke sana dan rasakan sensasi kesegaran berendam di kolam air panasnya.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru