Pempek Bangka Di Jakarta Yang Kaya Rasa Dan Wajib Dicoba

Pempek yang gurih kenyal dengan siraman kuah asam segar, siapa yang nggak tergoda? Pempek umumnya dikenal berasal dari Palembang, tapi makanan olahan ini juga populer di Bangka dan dijamin bikin ketagihan. Bagi yang tinggal di Jakarta, tidak perlu repot-repot pergi ke Bangka karena sudah banyak kedai yang menjual pempek Bangka di sini.

Pempek dari Bangka mempunyai beberapa perbedaan dengan pempek Palembang. Pertama dari jenis ikan yang digunakan, karena pempek Bangka menggunakan bahan ikan laut seperti ikan tenggiri, ikan parang-parang dan juga udang. Kedua, kuah pempek Bangka memiliki tiga pilihan yaitu cuko belacan, cuko tauco dan cuko biasa. Rasa pempek Bangka segar karena didominasi rasa asam dan pedas. Kamu bisa menemukan beberapa kedai yang direkomendasikan TripZilla di bawah ini. Siap-siap lapar ya!

1. Pempek Bangka Su Ing

Image credit: pempekbangkasuing

Mulai dari pempek hingga makanan lain seperti aneka sop dapat kamu temukan di sini. Namun tentu saja kamu harus coba beragam pempeknya mulai dari pempek keriting, kapal selam, adaan, lenjer hingga pempek kulit crispy. Untuk menambah meriah hidanganmu, kamu bisa membeli kerupuk juga di sini. Kerupuk ikan tenggiri atau kerupuk mangkok Bangka yang renyah akan jadi teman yang cocok untuk dicelupkan ke kuah pempekmu. Nyam!

Alamat: Jl. Pademangan III Gang 8 No. 2 C, Kec. Pademangan, Jakarta Utara
Jam Buka: Setiap hari, 10.00 WIB – 22.00 WIB
Harga: Mulai dari 7,000 IDR

2. Pempek Putri Bangka

Image credit: Gofood Pempek Putri Bangka

Di Pempek Putri Bangka, kamu bisa membeli pempek dos yang tidak menggunakan ikan. Kamu juga bisa merasakan perbedaan nuansa pempek Bangka maupun Palembang di kedai ini. Pada setiap pembelian pempeknya, kamu dapat memilih ingin menggunakan cuko hitam atau cuko tauco. Cuko hitam merupakan cuko khas pempek Palembang sedangkan cuko tauco adalah cuko khas pempek Bangka. Hidangan khas lainnya di sini adalah bujan atau pempek talas yang dilengkapi dengan cuko tauco.

Alamat: Jl. Latumenten 1, Gang 1 No. 2, Jelambar, Jakarta Barat
Jam Buka: Setiap hari, 13.00 WIB – 17.00 WIB
Harga: Mulai dari 15,000 IDR

3. Pempek Millenium Bangka Ali

Image credit: Gofood Pempek Millenium Bangka Ali

Pempek Bangka di Jakarta yang ini digoreng kering dan rasa gurihnya akan bercampur sempurna dengan asamnya kuah. Pilihan pempeknya beragam dan jangan meremehkan penampilannya yang biasa saja karena rasanya bisa membuatmu ketagihan. Pempek ini juga enak dimakan tanpa cuko karena rasa gurih dari ikan yang terasa. Jangan datang terlalu siang karena bisa-bisa kamu tidak kebagian!

Alamat: Pasar Puri Indah Blok M KL 25,  Jl. Puri Kembangan, Puri Indah, Jakarta Barat
Jam Buka: Setiap hari, 07.30 WIB – 13.00 WIB
Harga: Mulai dari 6,000 IDR

4. Pempek Bangka Ayen

pempek bangka di jakarta
Image credit: Diah Yenz

Banyak banget jenis pempek yang bisa kamu temukan kedai pempek Bangka di Jakarta ini. Pempek kapal selam ada tiga ukuran dari yang kecil, biasa atau jumbo. Demikian juga dengan pempek lenjernya. Kalau kamu penggemar pempek, kamu akan puas banget makan di Pempek Bangka Ayen ini.

Kedai ini juga menjual pempek kuah khas Bangka yang lazim disebut juga dengan bakwan Bangka. Jika sudah puas makan pempek, kamu bisa memesan es jeruk sonkit Bangka untuk menghilangkan hausmu.

Alamat: Jl. A Sahabat Baru No. 28, Jakarta Barat
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 22.00 WIB
Harga: Mulai dari 6,000 IDR

5. Pempek Bangka Lice’88

pempek bangka di jakarta
Image credit: Pempek Bangka Lice ‘88

Jika mampir ke kedai di Jakarta Barat ini, kamu akan menjumpai banyak kuliner khas Bangka selain pempek. Ada mie ikan, mie selada, tekwan dan otak-otak. Tapi tentunya jangan lewatkan pempek goreng dan pempek rebusnya yang istimewa dengan cuko merah dari jeruk kunci.

Kalau ingin yang renyah, kamu bisa memilih pempek goreng kulit ikan. Warnanya yang kecoklatan akan menggodamu untuk segera makan. Namun jika ingin yang asam segar, cicipi pempek udang dalam bentuk balok atau kapal selam. Udang dan cukonya sama-sama segar dan enak banget!

Alamat: Jl. Tawakal Raya No. 18, Grogol, Jakarta Barat
Jam Buka: Setiap hari, 10.00 WIB – 22.00 WIB
Harga: Mulai dari 6,500 IDR

6. Bakmi Lontar Bangka

pempek bangka di jakarta
Image credit: Bakmi Lontar Bangka

Meskipun terkenal sebagai kedai mi, hidangan pempek di sini sayang untuk dilewatkan. Tekstur garingnya yang pas dengan rasa ikan yang kental akan membuatmu tidak menyesal sudah mencoba.

Ada pilihan pempek ikan dan pempek udang yang direbus atau digoreng. Tidak ketinggalan menu pempek talas dan pempek kulit ikan alias empyang yang memang khas dari Bangka. Kamu dapat menutup acara makanmu dengan es kacang merah yang membuat kombinasi rasa di mulutmu makin lengkap dari gurih, asam, pedas sampai manis!

Alamat: Jl. Lontar Timur Raya No. 15, Tanjung Duren, Tj. Duren Utara, Kec. Grogol Petamburan, Jakarta Barat
Jam Buka: Selasa – Sabtu pukul 06.30 WIB – 17.00 WIB, Minggu pukul 06.30 WIB – 16.30 WIB
Harga: Mulai dari 5,000 IDR

7. Hosit Hosit Bangka Kuliner

pempek bangka di jakarta
Image credit: hosit hosit

Hosit Hosit adalah kedai yang menjual aneka kuliner khas Bangka. Pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek kulit ikan dan talas adalah menu wajib yang bisa disantap di sini. Tidak ketinggalan pempek udang yang legit juga tersedia untuk mengisi perutmu.

Selain pempek, kamu juga bisa mencoba lakso, yang merupakan mi khas Bangka yang berukuran tebal dan disiram dengan kuah santan ikan yang gurih. Menu-menunya akan membuat mulut dan perutmu sama-sama puas deh!

Alamat: Ruko Ketapang Business Center Blok A1-2, Jl. KH. Zainul Arifin No. 20, RT.8/RW.7, Krukut, Jakarta Barat
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 19.00 WIB
Harga: Mulai dari 16,000 IDR

Baca juga: 16 Destinasi Wisata Pulau Bangka Yang Tiada Duanya

Bagi para penggemar pempek Bangka, kedai di Jakarta yang mana saja yang sudah pernah kamu datangi? Bagi yang belum pernah mencicipi, jangan ragu untuk mencoba, ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru