Penutupan Maya Bay Diperpanjang Hingga 2021

Berencana liburan ke Thailand, mengunjungi Ko Phi Phi Island, menyibak keindahan Maya Bay, Phuket dalam waktu dekat? Jika iya, sepertinya kamu harus mengurungkan niat karena penutupan Maya Bay masih akan berjalan hingga tahun 2021.

Perpanjangan penutupan Maya Bay diumumkan otoritas pemerintah Thailand setelah hasil penelitian menunjukkan penutupan yang dilakukan sebelumnya, dan masih berlangsung hingga saat ini, belum maksimal mengembalikan ekosistem alami Maya Bay.

Selama penutupan, jalur masuk ke pulau ini tidak akan dibuka dan perahu-perahu dilarang keras untuk mengantar wisatawan ke pulau ini.

Diungkapkan Songtam Suksawang, Direktur Departemen Taman Nasional Thailand, seperti dikutip dari AFP, penutupan dilakukan untuk meregenerasi sumber daya alam yang ada. Dia juga menyatakan pihaknya akan terus melakukan evaluasi setiap tiga bulan sebelum memastikan mencabut keputusan penutupan Maya Bay ini.

Selain untuk peremajaan alam, penutupan juga dilakukan oleh pemerintah Thailand untuk membangun sejumlah fasilitas penunjang pariwisata, mulai dari dermaga apung yang baru, kamar mandi hingga jalur jalan raya. Pemerintah juga berencana akan melakukan pembatasan jumlah wisatawan yang bisa mengakses Maya Bay di setiap harinya.

Ada pun Maya Bay ditutup sejak tahun lalu setelah hampir 80 persen karang dan koral alami di ekosistem yang ada rusak, bahkan mati, termasuk menghilangnya biota laut dan rusaknya terumbu karang di wilayah tersebut. Tingginya kunjungan wisatawan ke lokasi pengambilan gambar film The Beach yang dibintangi Leonardo Dicaprio ini dinilai menjadi alasan kerusakan yang terjadi pada ekosistem alami Maya Bay.

Ramainya kunjungan ke Maya Bay tidak bisa dilepaskan dari dekatnya jarak dengan Phuket sebagai salah satu destinasi ngehits di Thailand, yaitu kurang dari satu jam perjalanan menggunakan speedboat. Wisatawan datang ke Maya Bay untuk berjemur, snorkling atau sekadar berfoto.

Baca juga: Dari Rumah Hobbit Hingga Desa Tuscan, Inilah Enam Tempat Wisata Khao Yai Thailand Yang Keren Abis!

Punya alternatif lain untuk liburan kamu ke Thailand, kan?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru