Restoran Michelin Dengan Masakan Indonesia Yang Harus Kamu Kunjungi

Di belahan benua lain, cita rasa khas Indonesia rupanya memberi kehangatan tersendiri bagi penikmat hidangan. Asyiknya lagi, tidak sedikit restoran yang tersebar di seluruh dunia dengan masakan khas Indonesia yang mendapatkan bintang Michelin, yang membuktikan bahwa kuliner tanah air bukan sekedar makanan biasa. Cita rasa masakan nusantara dengan kekayaan bumbu rempah-rempah menjadi alasan mengapa restoran ini mendapatkan bintang Michelin, yaitu gelar yang diberikan kepada restoran atau tempat makan yang memiliki hidangan dengan cita rasa yang selalu terjaga kelezatannya. Ingin tahu restoran mana saja yang mendapatkan bintang Michelin, yang menyajikan masakan khas Indonesia, yang tersebar di seluruh dunia? Lihat daftarnya di bawah ini.

1. Lucky Indonesia (Hong Kong)

Image credit: @herolhnq

Restoran ini berlokasi di kawasan Tung Ming Street. Lucky Indonesia sudah menarik hati pelanggan, yang sebagian besar adalah karyawan perkantoran atau WNI yang mengenyam pendidikan di sana.

Lucky Indonesia menyajikan masakan khas Indonesia seperti mie dan nasi goreng, sate, nasi kuning, ayam goreng, gulai ayam, ikan goreng, hingga tumis sayuran. Semua makanannya enak, tanpa harus dimodifikasi untuk lidah warga Hong Kong. Michelin menyebutnya sebagai restoran sederhana dengan cita rasa yang luar biasa, rekomendasi menu di restoran ini adalah nasi kuning dan mie goreng. Dan yang terpenting, semua masakan di sini halal.

Lokasi: 46 Tung Ming St, Hong Kong
Harga: 150,000 – 450,000 IDR

2. Pondok Makan Indonesia, Singapore

Image credit: @jamietan04

Pondok Makan Indonesia adalah salah satu kios makanan yang menyajikan masakan halal. Lokasinya tidak jauh dari stasiun MRT Bugis di Albert Center Market & Food Centre.

Hidangan yang tercantum di dalam menu adalah mi rebus, mi Siam, gado-gado, tahu goreng (kupat tahu), soto ayam, nasi soto, lontong, dan beberapa varian sate. Sebagian besar makanan yang dijual di sini memiliki cita rasa khas Sumatra, seperti mie rebus khas Aceh yang dimasak dengan kacang dan bumbu rempah-rempah.

Alamat: 270 Queen St, Singapore 180270
Harga: 75,000 – 300,000 IDR

3. Tambuah Mas (Tanglin), Singapore

Image credit: @tambuahmas

Restoran rekomendasi Michelin yang menyajikan masakan khas Indonesia adalah Tambuah Mas, yang menawarkan makanan khas Sumatra Barat yang kaya akan rempah. Semua makanannya halal dan tersedia menu khusus untuk vegan.

Restoran Michelin Masakan Indonesia
Image credit: @pauline.seefood.diet

Sajian khas padang seperti rendang lembu, dendeng balado, ayam bumbu padang dan paru goreng menjadi menu andalan Tambuah Mas. Sementara menu lain seperti lalap, gado-gado, sate dan tahu telur menjadi pelengkap makanan berselera di restoran yang terletak di pusat perbelanjaan ini.

Alamat: Tanglin Shopping Centre 19 Tanglin Rd Singapore 247909
Harga: 350,000 – 750,000 IDR

4. Borneo Kalimantan (Alhambra, Amerika Serikat)

Restoran Michelin Masakan Indonesia
Image credit: @infatuation (tengah), @stuffbeneats (kiri), @needlefood (kanan)

Restoran rekomendasi Michelin dengan masakan khas Indonesia juga ada di Amerika Serikat, yaitu Restoran Borneo Kalimantan. Menu makanan yang disajikan antara lain varian mie, kwe tiau dan mie goreng dengan topping daging babi di atasnya. Ada juga sate dengan saus kacang yang menjadi menu best seller di sini. Menu otentik khas Borneo Kalimantan adalah mie laksa dengan udang, sup kari pedas, sop buntut, dan gado-gado.

Alamat: 19 S Garfield Ave, Alhambra, California 91801, Amerika Serikat
Harga: Mulai dari 150,000 IDR

5. Tempoe Doeloe (Amsterdam, Belanda)

Restoran Michelin Masakan Indonesia
Image credit: @annaroo22 (kiri), @tempodoeloeamsterdam (kanan)

Restoran Indonesia rekomendasi Michelin dengan masakan Indonesia ini berlokasi di jantung kota Amsterdam, tepat di wilayah perkotaan yang ramai. Menu yang ditawarkan disesuaikan dengan waktu makan (lunch dan dinner). Michelin guide menyebut “setiap pengunjung tak mungkin menyembunyikan rasa antusiasme mereka di sini. Setiap masakannya dibuat persis seperti hidangan Indonesia pada umumnya, tanpa sentuhan lidah Eropa.”

Tempoe Doeloe memiliki menu yang lengkap, mulai dari snack seperti risoles, pangsit, perkedel jagung, lemper hingga hingga hidangan utama, semisal kepiting, soto, pecel, perkedel ayam, gado-gado, rujak, ayam opor, tempe, rendang, balado, sayur lodeh, martabak, ikan bebotok, sop tomat udang, dan ikan woku. Pilihan dessert juga bermacam-macam seperti es nanas, es kelapa, pisang goreng, nasi kuning, mango dessert, spekkoek, dan es kayu manis.

Alamat: Utrechtsestraat 75, 1017 VJ Amsterdam, Netherlands
Harga: 414,000 – 991,000 IDR

6. Sari (Heemstede, Belanda)

Restoran Michelin Masakan Indonesia
Image credit: Michelin guide (kiri), @casper_at_insta (kanan)

Dibangun sejak tahun 1993, Restoran Sari menyajikan tidak hanya masakan khas Indonesia, tapi juga makanan non-halal, seperti babi panggang, yang menjadi best seller. Letak restoran ini tidak jauh dari kawasan perumahan elit di Hemstede Belanda.

Makanan yang disajikan memiliki sentuhan khas Jawa Tengah dengan beberapa menu spesial yang pedas. Variasi menunya beragam, mulai dari nasi rames, nasi goreng, longong sate, nasi kunging, bakmi rames, sate udang, sate ayam, sate babi, sate kambing, varian babi, ayam pedas, ayam rica, ayam panggang, tahu goreng kecap, tahu tauge, ketoprak, tempe, hinga macam-macam sambal. Minumannya juga beragam seperti es cendol, es kelapa muda, dan aneka wine.

Alamat: Valkenburgerlaan 48, 2103 AP Heemstede, Netherlands
Harga: 40,000 – 353.000 IDR

7. Spandershoeve (Hilversum)

Image credit: spandershoeve.nl

Spandershoeve merupakan tempat makan dengan konsep family restaurant. Letaknya ada di kota Hilversum, Belanda Utara dan sudah berdiri sejak tahun 1972. Selama puluhan tahun Spandershoeve  mendapat predikat Michelin star, sebagai rumah makan terbaik di Belanda. Setiap sudut tempatnya sangat bersih dengan dekorasi khas Eropa. Ruang outdoornya sangat sejuk dengan pepohonan rindang yang menciptakan suasana asri.

Restoran Michelin Masakan Indonesia
Image credit: spandershoeve.nl

Restoran rekomendasi Michelin ini menyajikan masakan khas Indonesia dengan gaya gourmet. Menu andalan seperti babi ketjap, ayam pedas, dadar isi, sate kambing, sate ayam, bakmi goreng, nasi goreng, daging rendang padang, dan gulai kambing selalu laris manis saat malam hari.

Alamat: Bussumergrintweg 46, 1217 BS Hilversum, Netherlands
Harga: Rata-rata 600.000/ 2 orang.

8. Kaum (Hong Kong)

 

Restoran Michelin Masakan Indonesia
Image credit: @kaumrestaurant

Restoran mewah ini merupakan cabang dari Kaum yang ada di Jakarta dan Bali. Kini pengelolanya yang asal Indonesia merambah bisnisnya ke Hong Kong dengan konsep dinning yang eksotik. Restoran ini berbalut ornamen batik dan tenun sebagai dekorasi ruangan. Tak jarang ada live music dari DJ yang siap menghibur pengunjung.

Restoran Michelin Masakan Indonesia
Image credit: @kaumrestaurant

Makanan yang disajikan sangat beragam dan berselera, seperti batagor sambal kacang, gulai Aceh, gohu ikan tuna khas Maluku, ayam geprek, ikan goreng bumbu pesmol, gado-gado, tempe dan tahu bacem, lumpia basah, soto ayam, tongseng buntut, sate babi dan sate ayam Madura, bistik Jawa, udang panggang madu, bebek goreng sambal tempoyak, ikan bakar jimbaran, dsb. Menu ekstrak sambal juga menjadi andalan yang selalu laris manis.

Alamat: Potato Head, G/F, 100 Third Street, Sai Ying Pun, Western District, Hong Kong
Harga: 167,000 – 500,000 IDR

9. Wayan (New York)

 

Image credit: @nycluxurylifestyle

Dari namanya kamu mungkin bisa menebak bahwa restoran ini bernuansa Bali, yang juga menyajikan makanan Jawa. Restoran Wayan dikelola oleh chef Cédric dan Ochi Vongerichten di sekitar pertokoan New York, Amerika Serikat. Interior ruangannya sangat mempesona dengan ukiran furnitur khas Bali dan lampu kuning yang hangat, berbalut dengan meja bar yang mewah dengan sajian minuman alkohol.

Restoran Michelin Masakan Indonesia
Image credit: @aguynamedpatrick (kiri), @wayan_nyc (kanan)

Hidangan yang tersadji di sini tidak semuanya halal, terdapat olahan babi kecap khas Bali, dengan seafood dan ayam yang selalu menjadi best seller. Biasanya pelanggan setia memesan sate ayam, cumi dabu-dabu, mie lobster, dan soto ayam. Setiap menunya disajikan dengan gourmet style yang cantik dan menggugah selera. Semua menu di Wayan Restaurant sudah disesuaikan dengan lidah orang Amerika, dan jangan heran bila kamu bisa menemukan burger di restoran masakan Indonesia rekomendasi Michelin ini.

Alamat: 20 Spring St, New York, NY 10012, Amerika Serikat
Harga: 500.000 IDR- 700.000 IDR

10. Rickshaw Republic Chicago

Restoran Michelin Masakan Indonesia
Image credit: @mrinalini_says (kiri), @cookiesncurries (kanan)

Nuansa khas Indonesia sangat terasa sejak kamu sampai di Rickshaw Republic Chicago. Ruangan dengan dekorasi batik mega mendung khas Jawa Barat menjadi sambutan pembuka sebelum kamu menyantap hidangan. Wayang golek dan ornamen hias lainnya akan membuat kamu rindu Indonesia meski kaki sedang menginjakkan tanah negeri orang.

Restoran Michelin Masakan Indonesia
Image credit: @infatuation_chi

Restoran yang menyajikan masakan Indonesia rekomendasi Michelin ini dikelola oleh keluarga kelahiran Indonesia yang kemudian menetap di Chicago. Sebagian hidangannya merupakan makanan sayur mayur, pepes ikan dan daging ayam. Daging sapi hanya disajikan dengan bentuk rendang pedas. Jika kamu vegetarian, ada pula sajian khusus yang makanannya 100% plant-based.

Alamat: 2312 N Lincoln Ave, Chicago, IL 60614, Amerika Serikat
Harga: 250,000 – 750.000 IDR

11. Ron Gastrobar Indonesia Downtown (Ouderkerk aan de Amstel)

Image credit: @rongastrobardowntown

Ron Gastrobar Indonesia Downtown adalah restoran yang sukses berdiri di Ouderkerk aan de Amsterdam, Belanda dan tempat makan sederhana di Amstelveen yang hingga kini masih beroperasi. Dekorasi ruangannya sangat unik berbalut ornamen khas Indonesia, mural orang utan, dan furnitur kelas premium. Desain ruangannya cantik dan sangat instagenik.

Restoran Michelin Masakan Indonesia
Image credit: @rongastrobardowntown

Tema ruangan bernuansa hutan dengan bar minuman yang luas membuat restoran ini makin berkelas. Setiap akhir pekan akan ada live music yang akan memanjakan akhir pekan kamu, setelah lelah bekerja di hari weekdays. Restoran Indonesia rekomendasi Michelin ini menyajikan masakan street food seperti martabak gurih, pangsit goreng, bebek mendoan, daging giling, taco ayam khas bali, batagor, dan tiram ijo. Hidangan utamanya lengkap mulai dari seafood seperti kepiting lunak, cumi-cumi, raja ikan ekor kuning, soto, ikan iblis laut, burung puyuh, hati angsa dan iga babi. Varian satenya tak kalah menggoda, seperti sate ayam, sate maranggi, sate babi lapis, sare konro-grill, sate wagyu, dan kambing.

Alamat: Sophialaan 55, 1075 BP Amsterdam, Netherlands
Harga: 540,000 – 901,000 IDR

Baca juga: 7 Restoran Dengan Penghargaan Michelin Star Di Indonesia

Nah, siapa di antara kamu yang sudah keliling dunia dan menemukan, bahkan mencoba dan mencicipi masakan khas Indonesia di restoran rekomendasi Michelin ini?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru