Selandia Baru Menunda Membuka Perbatasan, Traveler Diminta Bersabar

Bagi yang sempat memiliki melakukan perjalanan ke Selandia Baru dalam waktu dekat harus kembali menyusun ulang rencananya. Pasalnya, pemerintah Selandia Baru memutuskan untuk menunda membuka perbatasan hingga April 2022 mendatang.

Penundaan pembukaan pintu perbatasan tersebut dilakukan setelah pemerintah Selandia Baru mempertimbangkan situasi pandemi Covid-19 di sejumlah negara Eropa, Asia dan Amerika, yang kembali meningkat menyusul adanya varian Omicron, yang dilaporkan sangat mudah menular.

Dalam keterangannya, Menteri Satuan Tugas Covid-19 Selandia Baru, Chris Hipkins, menyatakan keputusan untuk menunda membuka perbatasan merupakan keputusan yang berat dilakukan pemerintahannya.

“Tidak diragukan lagi ini mengecewakan dan akan mengacaukan banyak rencana liburan, tetapi penting untuk menetapkan perubahan ini dengan jelas pada hari ini sehingga mereka yang memiliki rencana liburan dapat memiliki waktu untuk mempertimbangkan kembali rencana tersebut,” ujar Hipkins seperti dikutip dari Reuters.

Menunda membuka perbatasan bukan menjadi satu-satunya langkah strategis yang dilakukan pemerintah Selandia Baru untuk meminimalkan risiko meningkatnya kasus Covid-19 di wilayahnya. Dijelaskan Hipkins, ada serangkaian tindakan pencegahan lain yang akan diambil terkait dengan ancaman yang ditimbulkan Omicron.

Salah satu di antaranya adalah dengan memperpendek jarak pemberian vaksin booster dari vaksin kedua, dari yang sebelumnya enam bulan, menjadi empat bulan. Dengan demikian, warga Selandia Baru akan kembali memberikan vaksin booster mulai Februari 2022 mendatang.

Selandia Baru juga menunda kesepakatan perjalanan tanpa karantina dengan traveler asal negaranya dan Australia, yang sudah divaksin, hingga akhir Februari 2022. Pemerintah juga akan memperpanjang masa tinggal di fasilitas karantina menjadi sepuluh hari dari sebelumnya satu pekan. Sementara persyaratan tes Covid-19 pra-keberangkatan akan dikurangi menjadi maksimal 48 jam sebelum perjalanan, dari sebelumnya yang 72 jam.

Baca juga: Syarat Masuk ke Selandia Baru Dipermudah, Lihat Semuanya Di Sini!

Yang sabar ya, guys!

 

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru