6 Alasan Mengapa Tempat Ini di Afrika Lebih Terkenal karena Seni daripada Hewannya!

Artikel ini diterjemahkan dari versi Bahasa Inggris ini. Read here for the English version.

Di Afrika Selatan yang cerah, menikmati safari bukanlah hal terliar yang bisa dilakukan seseorang. Afrika memang dipenuhi dengan taman nasional, reservasi alam dan cagar alam yang menampung satwa liar yang umumnya dianggap identik dengan “Afrika”. Namun, di Johannesburg (atau Jo’burg), kota terbesar di Afrika Selatan, pemandangan seni yang berkembang membuktikan bahwa kita harus benar-benar lebih melihat kawasan ini daripada hewan-hewan menawannya.

Baca juga: 7 Spot Berfoto Di Cape Town Yang Harus Masuk Dalam Feed Instagram Kamu

Baik di jalanan maupun di dalam galeri, terdapat banyak karya seni yang dapat kamu temukan di sekitar Johannesburg. Di bawah ini, kami telah menyusun daftar alasan mengapa seni menjadi daya tarik kota yang paling signifikan – pastikan untuk melihatnya secara langsung ketika di Johannesburg untuk mengkonfirmasi bahwa ini fakta!

Jelajahi budaya Afrika Selatan yang dinamis ketika kamu terbang dengan Ethiopian Airlines ke Johannesburg dan Cape Town! Ayo pesan tiket kamu sekarang untuk menikmati diskon spesial 15% dan mulai pengalaman seru kamu di negara ini yang penuh hewan-hewan dan seni.

MARI TERBANG KE JOHANNESBURG

 

1. Di sinilah para seniman jalanan yang luar biasa berada

Johannesburg dipenuhi dengan beberapa seniman paling berbakat di Afrika Selatan dan dunia, sehingga wajar jika kota ini dihiasi dengan hasil kreativitas mereka yang menakjubkan. Salah satu hal terbaik tentang seni di Johannesburg adalah bahwa seni tidak terbatas pada ruang tertutup seperti galeri seni tradisional, namun merambat ke jalananan kota. Seni tidak hanya mencerminkan budaya seni demokratis di Johannesburg, tapi juga menjadi penanda bagaimana kota ini benar-benar mewujudkan gagasan bahwa “seni ada di mana-mana”.

Mural berjudul ‘Jelani’ oleh artis Sonny | Image credit: Sonny

Di setiap kesempatan, kamu akan dengan mudah menemukan karya seni di jalanan, umumnya dalam bentuk grafiti. Ini termasuk karya dari seniman terkenal baik lokal maupun internasional – salah satu contohnya adalah seniman yang berbasis di Johannesburg, Sonny.

Di Rosebank, lihatlah Jelani, karya seni bergambar gajah yang terkenal ini merupakan bagian dari proyeknya yang paling berarti, To the Bone. Melalui karya-karyanya di berbagai kota di seluruh dunia, Sonny berusaha membawa kesadaran akan perlunya upaya konservasi satwa liar.

Lukisan dinding terbaru Sonny di Johannesburg berjudul ‘Javistha’ | Image credit: Sonny

Karya seni bergambar elang peregrine ini selesai dibuat pada awal tahun 2019 yang mana menjadi karya terbaru dari Sonny yang ditampilkan di jalan-jalan Jo’burg. Untuk melihatnya secara langsung, kamu dapat menuju ke 55 Malibongwe, Linden.

2. Semua yang terjadi di Maboneng

Image credit: Mathurin

Maboneng Precinct, atau biasa dikenal Maboneng adalah salah satu lingkungan paling berseni yang pernah kamu temui. Terletak di tepi timur CBD Johannesburg, kawasan ini adalah semacam pusat kreativitas yang dipenuhi dengan kedai kopi, galeri seni, dan bahkan rumah bagi beberapa studio seniman. Hari kerja merupakan waktu yang tepat untuk mengunjunginya jika kamu puas dengan menjelajahi toko-toko kuno dan berkeliling di lingkungan yang unik tanpa kerumunan yang hampir penuh dengan orang-orang selama akhir pekan.

Image credit: Market on Main

Selalu ada sesuatu yang terjadi di 1Fox Precinct dan Arts on Main. Area tersebut benar-benar menjadi hidup selama Market on Main yang berlangsung mulai pukul 10:00 – 15:00 setiap hari Minggu. Diadakan di tempat Arts on Main, pasar ini adalah perayaan makanan lezat dan desain Jozi — bersiaplah untuk memanjakan mata dan perut saat kamu berkunjung!

3. Galeri Seni Johannesburg: galeri terbesar di  sub-Saharan Africa

Image credit: Johannesburg Art Gallery

Saat berbicara tentang seni di Johannesburg, maka tidak terlepas dari Galeri Seni Johannesburg atau JAG, galeri terbesar di sub-Saharan Afrika yang menawarkan koleksi mengesankan yang terdiri lebih dari 9.000 karya seni. Pergilah ke Joubert Park di pusat kota Jo’burg untuk mengagumi seni sejak abad ke-17, dengan beragam gaya mulai dari seni Eropa hingga karya kontemporer Afrika.

Harap dicatat bahwa galeri ditutup pada hari Senin dan kamu mungkin ingin memeriksa halaman Facebook JAG untuk informasi tentang pameran yang sedang berlangsung.

4. Kerajinan tangan Afrika di Rosebank Art & Craft Market

Image credit: Rosebank Art & Craft Market

Rosebank Art & Craft Market adalah tempat untuk dikunjungi jika kamu ingin menjelajahi dan membeli produk-produk buatan tangan Afrika termasuk artefak, perhiasan, cetakan, patung, dan banyak lagi. Pasar seni ini menampilkan vendor dari seluruh Afrika, termasuk dari Pantai Gading, Zimbabwe, Kongo, Kamerun, serta Afrika Selatan. Didirikan pada tahun 1993, pasar ini buka setiap hari, jadi jangan khawatir jika kamu ingin membeli cinderamata di menit terakhir untuk teman-teman yang mencintai seni di rumah – silakan datang ke sini!

5. Galeri seni kontemporer di Johannesburg’s Art Strip

Goodman Gallery di Jan Smuts Avenue | Image credit: Goodman Gallery

Galeri seni dan distrik seni berlimpah di Johannesburg, tetapi karya seni Johannesburg itu jelas terletak di Jan Smuts Avenue. Di sini, kamu akan menemukan galeri-galeri terkemuka seperti Goodman Gallery yang “memegang reputasi sebagai galeri seni unggulan di benua Afrika”. Dari pameran hingga pameran seni, galeri yang ramai ini tidak boleh dilewatkan ketika kamu berada di area ini.

Gallery MOMO dekat Jan Smuts Avenue | Image credit: Gallery MOMO

Galeri terkenal lainnya di sekitar Jan Smuts Avenue adalah Gallery MOMO di 7th Avenue. Terlepas dari persaingan dari tempat-tempat seni yang berdekatan, mereka juga berhasil mewakili industri seni sehat yang hadir di Afrika Selatan.

6. Banyak kelas seni yang harus dihadiri

Setelah melihat semua seni yang berada di Johannesburg, kamu mungkin terinspirasi untuk mengikuti satu atau dua kelas seni selama perjalananmu. Menariknya, ada banyak kelas yang bisa kamu ikuti di sekitar kota untuk kursus pemula yang singkat. Silakan pilih dari daftar berikut yang dimiliki oleh beberapa seniman Afrika Selatan.

Sebagai contoh, Fine Arts Workshop mengadakan kursus patung yayasan selama akhir pekan di bulan November.

Jika ingin mencari pilihan yang lebih mudah diakses, maka kunjungi Color Café yang berlokasi di Hyde Park, di mana kamu akan dapat melukis keramik atau membuat mosaik dari beberapa jenis kayu. Kamu juga akan memiliki pilihan untuk menyumbangkan hasil karyamu untuk acara amal di akhir acara.

Di mana pun kamu berkeliling di Johannesburg, kota ini pasti akan menginspirasimu dengan pemandangan seni yang menakjubkan. Saatnya untuk menikmati Afrika lebih dari dengan bersafari, dan jelajahi semua atraksi lainnya sebagai gantinya!

Jangan tunggu lebih lama untuk mengungkap rahasia terbaik Afrika Selatan – pesan penerbangan ke Johannesburg dan Cape Town dengan Ethiopian Airlines! Siapkan diri untuk menyelami sisi kreatif Afrika Selatan yang lebih dari alam liar dan hewan-hewan dengan penawaran spesial berupa diskon 15%.

TERBANG KE JOHANNESBURG

 

Download aplikasi Ethiopian Airlines untuk informasi lebih lanjut tentang pemesanan penerbangan Anda.

Baca juga: Wisata Ke Afrika Selain Bersafari: 8 Aktivitas Alternatif Untuk Dilakukan


Dipersembahkan oleh Ethiopian Airlines.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru