Sudah Divaksin, Traveler Bakal Bisa Liburan Ke Eropa Mulai Juni 2021

Turis dan traveler yang sudah divaksin dari seluruh dunia, termasuk Indonesia, bakal bisa liburan ke Eropa pada musim panas ini. Soalnya, Uni Eropa bersiap mengeluarkan regulasi baru, yang membolehkan warga negara asing untuk melakukan perjalanan dengan kepentingan apapun dalam waktu dekat.

Seperti diketahui, banyak dari negara Uni Eropa yang sebelumnya menutup pintu perbatasannya sejak pandemi Covid-19 dimulai pada awal tahun lalu. Namun sekarang, komisi Uni Eropa telah memiliki proposal untuk memudahkan pembatasan untuk perjalanan tidak penting. Proposal tersebut bisa dilihat di sini.

sudah divaksin bisa ke eropa
Image credit: Situs Resmi Uni Eropa

Dalam proposal tersebut, Uni Eropa akan mengizinkan warga negara asing dari seluruh dunia, yang negaranya telah menjalankan strategi epidemiologi dengan baik, untuk masuk ke wilayah mereka. Selain itu, Uni Eropa juga akan mengizinkan semua orang, yang telah divaksin secara penuh dengan vaksin yang disahkan oleh Uni Eropa, berwisata di kawasan Benua Biru.

Saat ini, proposal tersebut masih dibicarakan oleh perwakilan dari 27 negara anggota Uni Eropa, yang akan mengeluarkan rekomendasi baru. Belum ada kepastian waktu kapan rekomendasi tersebut akan diresmikan.

Sementara untuk vaksin yang disetujui oleh Uni Eropa adalah vaksin yang telah disahkan oleh Lembaga Obat-obatan Eropa, antara lain vaksin dari Moderna, Pfizer/BioNTech dan Johnson & Johnson. Namun, seiring berjalannya waktu, vaksin lain yang sudah mendapatkan persetujuan WHO juga akan diizinkan untuk digunakan traveler atau turis yang ingin liburan ke Eropa.

Adapun penggunakan vaccine passport oleh traveler asing sejauh ini belum bisa dipastikan. Uni Eropa masih membahas terkait Digital Green Certificate, yang rencananya akan dikeluarkan pada Juni mendatang.

Image credit: Guillaume Périgois

Uni Eropa juga nantinya akan memiliki mekanisme “rem darurat” untuk meminimalkan risiko masuknya varian baru virus Covid-19 ke Uni Eropa. Dengan mekanisme ini, setiap negara anggota Uni Eropa bisa bergerak cepat mencegah turis dari negara yang memiliki varian virus baru, untuk masuk ke wilayahnya, termasuk bagi mereka yang sudah divaksinasi.

Namun, yang menjadi pertanyaan, apakah ada penerbangan langsung ke negara-negara di Eropa pada waktunya nanti? Untuk penerbangan langsung dari Indonesia masih belum memungkinkan. Namun sejumlah maskapai dari negara tetangga, seperti Singapura, sudah melayani penerbangan ke Eropa.

Baca juga: Sudah Divaksin, Traveler Bisa Kunjungi Negara Ini Tanpa Karantina! (Diupdate Februari 2021)

Proposal dari Komisi Uni Eropa ini tentunya menjadi kabar menggembirakan bagi dunia pariwisata. Selain itu, kabar tersebut juga bisa memberikan angin segar buat kamu yang sudah gatal ingin jalan-jalan dan liburan ke Eropa, dengan catatan sudah divaksin, ya!

 

Preview image credit: Julius Silver | Pixabay

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru