5 Tahu Kupat Solo Yang Enak, Legendaris Dan Wajib Dicoba

Tahu kupat Solo menjadi makanan khas Solo yang harus dicoba setiap traveler dan pecinta kuliner khas Indonesia, tentunya selain tengkleng, gudeg dan nasi liwetnya. Bukan tanpa alasan, tahu kupat Solo memiliki sejarah panjang dan cita rasa yang mengesankan, yang memberikan warna tersendiri akan catatan kekayaan kuliner Indonesia.

Bagi yang belum pernah menikmati kuliner ini mungkin bisa membayangkan isiannya dalam namanya. Ya, tahu kupat merupakan perpaduan tahu dan ketupat sebagai bahan utamanya, serta bakwan, mie kuning, tauge dan kol sebagai pendampingnya. Dengan menggabungkan semua bahan dalam satu piring berukuran sedang, kuliner ini kemudian menjadi lengkap dengan tambahan kuah, yang dibuat dari perpaduan bawang putih, gula merah, gula pasir, kecap manis, garam dan daun jeruk. Ingin menambah cita rasa pedas, kamu bisa melengkapinya dengan cabai rawit serta potongan daun seledri, bawang goreng dan kacang goreng untuk memperkaya rasa.

Sudah bisa membayangkan seperti apa penampakan dan rasanya? Jika belum, mungkin kamu bisa mencobanya langsung saat plesiran ke Solo. Ada beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi guna mendapatkan cita rasa terbaik dari kupat tahu Solo ini. Yuk, simak rekomendasi TripZilla Indonesia di bawah ini!

1. Tahu kupat Sido Mampir

tahu kupat solo
Image credit: Kuliner Asik Solo

Sudah berjualan sejak 1977, penjual menjajakan tahu kupatnya dalam kedai yang cukup sederhana. Namun demikian, tampilan warung ini tidak menutupi popularitasnya sebagai salah satu penyaji tahu kupat Solo paling terkenal. Dimasak dengan cara tradisional, di mana pembakaran menggunakan arang, kamu akan mendapatkan kuliner dengan cita rasa yang khas.

Lokasi: Jl. Gajahmada no. 95, Punggawan, Banjarsari, Surakarta
Jam buka: Setiap hari, 6.30 – 18.00 WIB
Harga: Mulai dari 9,000 IDR

2. Warung Pak Gombloh

Image credit: Fian Dwiasmoro

Selain menawarkan kuliner dengan cita rasa khas yang lezat, Pak Gombloh juga menjajakan tahu kupat bikinannya dengan harga yang relatif terjangkau. Karena dua alasan tersebut, kamu akan selalu melihat warungnya selalu ramai diserbu pengunjung. Untuk bisa menikmati makanan khas Solo ini, kamu harus sedikit bersabar, ya!

Lokasi: Jln Perintis Kemerdekaan 62, Laweyan, Solo, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 6.00 – 15.30 WIB
Harga: Mulai dari 8,000 IDR

3. Tahu kupat Pak Wardi

Image credit: Info Makan Solo

Tahu kupat Pak Wardi juga menjadi salah satu opsi penjaja tahu kupat yang bisa kamu kunjungi saat berada di Solo. Soal rasa dan kualitas masakannya juga tidak kalah, sementara harganya juga berani bersaing. Ingin mendapatkan tahu kupat istimewa, kamu bisa memesan satu porsi dengan ekstra telur dan bakwan, yang dijamin bakal membuatmu kenyang dan puas.

Lokasi: Jl. Dewi Sartika , Danukusuman, Kec. Serengan, Kota Surakarta
Jam buka: Setiap hari, 7.00 – 15.00
Harga: Mulai dari 8,000 IDR

4. Tahu kupat Pak Jo Brewok

Image credit: Kuliner Neng Solo

Konon katanya presiden kedua Indonesia, Soeharto, kerap mampir dan menikmati tahu kupat Pak Jo Brewok. Bisa jadi Pak Harto doyan dengan cita rasa manis dan gurih yang ditawarkan kuliner ini. Kabarnya, kualitas rasanya dijaga sejak beberapa dekade silam sampai sekarang, lho!

Lokasi: Jl. R. M. Said No.197, Mangkubumen, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 7.00 – 15.00 WIB
Harga: Mulai dari 8,000 IDR

5. Warung Pak Kardi Kartosuro

Sedikit keluar dari Kota Solo, kamu bisa melipir ke Kartosuro untuk menikmati tahu kupat Pak Kardi yang juga terkenal. Sudah berjualan sejak beberapa dekade silam, kedai ini termasuk salah satu yang ramai pelanggan karena kualitas rasanya yang tidak main-main.

Lokasi: Jalan Slamet Riyadi, Kartosuro, Sukoharjo
Jam buka: Setiap hari, 7.00 – 16.30 WIB
Harga: Mulai dari 8,000 IDR

Baca juga: 10 Spot Kuliner Malam Di Solo Yang Jadi Jujukan Selebritis Dan Influencer

Tertarik mencoba?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru