Berbagai Kedai Teh Dengan Racikan Menyegarkan di Jakarta

Teh yang konon sudah ada sejak ribuan tahun lalu dan berasal dari negeri China terkenal dengan khasiatnya yang menyehatkan tubuh. Selain itu, aroma dari teh pun dapat menimbulkan rasa tenang bagi yang meminumnya. Tidak heran kalau sampai saat ini, teh menjadi minuman yang digemari banyak orang. tea house jakarta

Di Indonesia, teh mulai dipopulerkan kembali dengan kemasan dan racikan yang menarik. Terutama di Jakarta, kamu dapat menemukan berbagai kedai teh dan tea house yang punya koleksi teh tradisional hingga menu teh kekinian.

Lokasi yang nyaman membuat kedai teh ini bisa jadi pilihan yang asyik untuk kopi darat. Tertarik menikmati akhir pekan di tea house di Jakarta? Rekomendasi dari TripZilla Indonesia di bawah ini dapat menjadi panduanmu. Cek dulu, ya!

1. Ngeteh di bangunan ikonik dalam Pantjoran Tea House

tea house jakarta
Image credit: @ahadinyusuf7 (kiri), @puscisia

Pantjoran Tea House berlokasi di dalam bangunan yang sudah berdiri sejak tahun 1928. Di depan pintu masuknya terdapat delapan teko teh yang sengaja disajikan gratis untuk para pelintas. Hal ini sesuai dengan tradisi patekoan dengan filosofinya bahwa teh menyatukan semua orang dan tidak mengenal ras.

kedai teh di jakarta
Image credit: @yukianggia (kiri), Pantjoran Tea House

Setelah mengagumi arsitekturnya yang cantik, masuklah ke dalam tea house Jakarta ini dan kamu bisa mulai mengeksplorasi koleksi teh yang dikumpulkan dari daratan China hingga Taiwan. Banyak varian dari teh hijau, teh putih, teh merah, teh oolong hingga teh premium seperti premium shou pu’er bisa membuatmu bingung untuk memilih. Jika ingin sekalian mengisi perut, beragam hidangan khas China seperti dim sum, sup tradisional semisal chicken ginseng “Chung Hwa” atau nasi goreng buah bit bisa menjadi pendamping yang nikmat.

Alamat: Jl. Pancoran No.4-6 Glodok Tamansari 9, Kec. Taman Sari, Jakarta Barat
Jam Buka: Senin – Jumat pukul 07.00 WIB – 20.00 WIB, Sabtu – Minggu pukul 07.00 WIB – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari 32,000 IDR

2. Menyesap teh sambil menghirup udara segar di House of Tea

tea house jakarta
Image credit: House of Tea (kiri), @windu_kuntoro

House of Tea memadukan kesegaran teh dengan alam di sekitarnya yang menyejukkan mata. Kalau kamu suka dengan tanaman, maka area duduk yang semi terbuka ini cocok untukmu. Atau kamu bisa memilih racikan teh yang menjadi unggulan sambil duduk di dalam ruangan bernuansa monokrom yang hangat.

kedai teh jakarta
Image credit: House of Tea

Tidak hanya teh tradisional, kamu pun bisa meneguk segarnya butterfly pea carica yang berpenampilan unik. Bagi yang ingin merasakan pahit khas dari teh hijau khas Jepang, maka segelas matcha yang pekat tersedia untuk dipesan. White tea yang termasuk teh premium bisa dicicipi ketika kamu ingin memanjakan lidahmu. Ada pula menu-menu makanan seperti rawon hingga tom yam bagi kamu yang datang dengan perut lapar.

Alamat: Jl. Poncol No.3B, Gandaria Selatan, Kec. Cilandak, Jakarta Selatan
Jam Buka: Jumat – Rabu,  16.00 WIB – 20.00 WIB
Harga: Mulai dari 18,000 IDR

3. Sepotong kedamaian yang bisa kamu dapatkan di Pieces of Peace

tea house jakarta
Image credit: @food.serenade

Rasa damai dan tenang memang akan kamu dapatkan ketika meneguk teh yang diolah dengan baik. Begitu juga dengan Pieces of Peace yang atmosfer kedainya saja sudah menerbitkan kedamaian. Lihat deretan koleksi poci teh hingga bubuk teh yang dipajang di raknya. Peracik teh yang sedang bekerja juga bisa kamu amati di sini lho!

tea house jakarta
Image credit: PoP

Piece of Peace pandai mengemas produk tehnya menjadi terlihat keren untuk diminum. Misalnya 5 Elements tea bottle yang melambangkan elemen air, kayu, api, logam dan tanah. Setiap elemen memiliki manfaat bagi tubuh misalnya untuk memperbaiki metabolisme, meningkatkan kualitas tidur atau memperkuat tubuh. Ingin kombinasi yang seru? Coba pesan segelas strawberry mint yang elegan atau marmalade matcha yaitu paduan matcha dengan minuman jeruk. Bagi kamu yang memesan teh panas seperti Denpasar Moon, citrus puer 3 years old atau qian li xiang, tanyakan juga rekomendasi cara meminumnya kepada peracik teh agar mendapat rasa yang maksimal!

Alamat: Jl. Pancoran No.43, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Jakarta Barat
Jam Buka: Setiap hari, 10.00 WIB – 19.30 WIB
Harga: Mulai dari 25,000 IDR

4. Suasana rumah yang ramah dan nyaman di Teatorial Tea Room

tea house jakarta
Image credit: Kedai Teh Teatorial

Teatorial Tea Room bisa jadi pilihan tempat gaul untuk kamu yang menyukai suasana rumahan. Dari luar memang terlihat seperti kedai biasa tetapi ketika memasukinya, kamu dapat melihat berbagai contoh daun teh koleksi Teatorial Tea Room. Dijamin akan membuatmu tidak sabar untuk segera menghirup harumnya teh andalan di sini!

kedai teh di jakarta
Image credit: Kedai Teh Teatorial, @mayangathira

Terdapat beragam teh yang berasal dari Indonesia dan China. Dari tangan pendirinya, Farid Wadji yang juga seorang tea blender bersertifikat, kamu pun bisa memesan artisanal tea blend yang diracik khusus menggunakan campuran teh, rempah dan bunga. Varian teh semisal genmaicha, chamomile atau earl grey milk tea siap menyegarkan tubuhmu. Tersedia juga kudapan untuk teman minum tehmu seperti donat gula halus atau cireng crispy. Teh berkualitas dengan cemilan khas Indonesia, menarik bukan?

Alamat: Jl. Bunga Mawar, RT.2/RW.2, Cipete Selatan, Kec. Cilandak, Jakarta Selatan
Jam Buka: Setiap hari, 14.00 WIB – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari 5,000 IDR

5. Meneguk teh dengan suasana elegan di Lewis & Carroll Tea

tea house jakarta
Image credit: Lewis & Carroll Tea

Nama Lewis & Carroll Tea sudah terkenal tidak hanya di kalangan penikmat teh. Tempatnya yang didesain elegan dan nyaman ini memang mudah menarik orang untuk berkunjung. Tentu saja tidak hanya itu, namun hidangan yang ada dan koleksi teh yang mencapai 80 varian adalah daya tarik utama dari Lewis & Carroll Tea.

kedai teh di jakarta
Image credit: Lewis & Carroll Tea

Kamu dapat mencoba meneguk golden genmaicha, casablanca atau Kyoto matcha latte. Bahkan kamu bisa membeli teh premium dalam kemasan botol untuk dibawa bepergian. Tidak hanya teh, pesan juga makanan yang kebanyakan berupa hidangan khas Barat. Baked salmon, creamy penne and cheese dan AUS sirloin beef steak yang sama nikmatnya dapat kamu pasangkan dengan teh pilihanmu agar semakin kaya rasa.

Alamat klik di sini
Jam Buka klik di sini
Harga: Mulai dari 25,000 IDR

6. Berbelanja teh yang dikemas cantik di TWG Tea Salon & Boutique

tea house jakarta
Image credit: TWG Tea Indonesia

Kata TWG merupakan singkatan dari The Wellbeing Group dan mulanya tempat minum teh ini didirikan di Singapura. Saat ini, kamu bisa menikmati koleksi tehnya yang istimewa di Indonesia dalam suasana yang mewah dan elegan. Jangan ragu untuk mencicipi teh yang diracik khusus di sini dan bagi kamu yang menyukai kemasan menarik, maka desain kemasan-kemasan teh di TWG Tea Salon & Boutique juga seru untuk dikoleksi!

kedai teh di jakarta
Image credit: TWG Tea Indonesia

Varian teh unik yang bisa kamu pesan misalnya TWG Tea Iced Teabag Collection dengan 15 jenis racikan seperti Moroccan mint tea, caravan tea atau cocktail hour tea. Ada pula minuman kombinasi dari Pink Flamingo Tea yang dipadukan dengan white wine. Jika ingin melengkapi teh kesukaanmu dengan makanan ringan, maka kamu bisa memesan Tea Time Set Menu yang terdiri dari teh dipadukan dengan patisserie dan sandwich yang cantik. 

Alamat klik di sini  
Jam Buka klik di sini
Harga: Mulai dari 35,000 IDR

7. Racikan matcha yang kreatif dan lezat di Tsujiri Tea House

Tsujiri Tea House bukan pemain baru dalam dunia teh. Sudah berdiri di Jepang sejak tahun 1860, kini kamu bisa menikmati olahan matcha dari Kyoto yang kondang karena kelezatannya. Bagi kamu yang gemar teh sekaligus kangen ingin berpelesir ke Jepang, Tsujiri Tea House pasti ampuh menjadi pengobat rindumu!

tea house jakarta kedai teh di jakarta
Image credit: @missculinaryy (kiri), @angkytan (tengah), @cellarakus (kanan)

Matcha yang dijual di sini sudah diproses menjadi beragam bentuk seperti soft ice cream, parfait, shaved ice dan aneka dessert. Semuanya menggiurkan seperti houjicha chiffon cake parfait, matcha tsujiri parfait dan matcha cheese cake. Kamu akan hanyut dalam lembut dan harumnya krim berkualitas tinggi yang mendominasi setiap hidangan. Tetapi jangan pergi dulu sebelum memesan minuman seperti hazelnut chocolate matcha latte ini supaya lebih afdol!

Alamat: Neo Soho Mall LG Fl Unit LG217, Jl. Letjen S. Parman No.Kav 112, Tomang, Grogol Petamburan, Jakarta Barat
Jam Buka: Setiap hari, 10.00 WIB – 22.00 WIB
Harga: Mulai dari 28,000 IDR

8. Menyeduh teh dengan teknik yang tepat di Siang Ming Tea Shop

tea house jakarta
Image credit: Siang Ming Tea Shop

Siang Ming Tea Shop menyuguhkan jenis-jenis teh tradisional dan kamu juga bisa mempelajari cara menyeduhnya ketika berkunjung. Di sini juga dijual perlengkapan menyeduh teh seperti penyaring dan teko teh. Jika membelinya, kamu pun dapat mempraktekkan teknik menyeduh teh yang benar di rumahmu, lho!

kedai teh di jakarta
Image credit: Siang Ming Tea Shop

Ada teh yang dijual dalam kemasan dan tinggal diseduh seperti teh osmanthus ini. Jika ingin racikan yang sudah jadi untuk dibawa pulang, kamu bisa membeli green tea matcha atau angcou tea dalam kemasan botol. Ketika duduk di kedainya, pastikan kamu merasakan koleksi teh premium seperti shou puer da tou cha atau fuding bai cha agar pengalaman minum tehmu tidak terlupakan. Aneka menu mie semisal ta lu mian noodles + mushroom dan ja jiang mian minced chicken noodles juga bisa menjadi teman minum teh yang menyenangkan.

Alamat: Mangga Dua Square, Jl. Mangga Dua Raya, Ancol, Kec. Pademangan, Jakarta Utara
Jam Buka: Setiap hari, 11.00 WIB – 22.00 WIB
Harga: Mulai dari 10,000 IDR

Baca  juga: 10 Tempat Wisata Kebun Teh di Indonesia untuk Akhir Pekan yang Menenangkan

Menyegarkan dan menyehatkan, minum teh juga layak kamu jadikan rutinitas dalam keseharianmu. Sempatkan berakhir pekan di tea house dan kedai teh di Jakarta ini dan kamu akan pulang dengan rasa nyaman di tubuhmu!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru