10 Tempat Wisata Kebun Teh di Indonesia untuk Akhir Pekan yang Menenangkan

Buat kamu yang bekerja atau tinggal di kota besar, akhir pekan merupakan waktu yang ditunggu-tunggu untuk melepas kepenatan. Tempat yang menawarkan suasana tenang dan udara sejuk, bisa jadi pilihanmu. Wisata kebun teh, misalnya.

Indonesia adalah negara penghasil teh terbesar kedua di dunia, lho! Kita pun terbiasa minum teh pada berbagai kesempatan, terutama saat menyantap hidangan di rumah makan. Pesan apapun, minumnya kalau bukan teh panas, ya es teh manis. Maka dari itu, yuk sesekali berlibur sambil menyelami kekayaan hasil bumi Indonesia! Berikut sepuluh wisata kebun teh di Indonesia yang bisa dikunjungi oleh masyarakat umum.

1. Kayu Aro, Jambi

Image credit: @therealandreyo

Kayu Aro bukan wisata kebun teh biasa. Terletak di kaki Gunung Kerinci, Kebun Teh Kayu Aro ini merupakan salah satu yang terluas di dunia dalam satu area yang sama. Bayangkan saja, luasnya mencakup 2,500 hektar! Kebun teh yang telah ada sejak zaman penjajahan Belanda ini menjadi supplier teh hitam bagi beragam merek terkenal di luar negeri. Berada di ketinggian 1,600 mdpl; kamu pasti betah berlama-lama di sini hanya untuk bersantai dan menghirup udara segar.

Image credit: @matt_rcloud

Meskipun Kebun Teh Kayu Aro secara geografis berada di Provinsi Jambi, akan lebih cepat jika kamu mencapainya dari kota Padang. Dari Bandara Internasional Minangkabau, perjalanan akan kamu tempuh sekitar 8 hingga 9 jam. Sementara jika kamu berangkat dari ibu kota Jambi, akan memakan waktu sekitar 12 jam. Sekalian road trip di Pulau Sumatra boleh juga!

Lokasi: Kayu Aro, Kerinci, Jambi
Tiket masuk: Tidak ada
Akses ke pabrik teh: Tertutup

2. Gunung Mas, Bogor

Image credit: @syahmartian

Tak perlu jauh-jauh melintasi pulau, kamu yang berada di Jakarta bisa melakukan weekend getaway ke Kebun Teh Gunung Mas di Cisarua, Bogor. Untuk wisata kebun teh yang lebih sempurna, kamu bisa mengunjungi kantor pengelola lalu meminta guide mendampingimu menyusuri kebun teh. Ada empat pilihan rute: 4 km, 6 km, 8 km, dan 10 km; di mana kamu bisa mempelajari tentang varian teh yang ditanam di sini, hingga bercengkrama dengan para pemetik daun teh.

Image credit: @tyarooo

Masih di wilayah yang sama, kamu bisa berkeliling kawasan agrowisata dengan menaiki kuda atau ATV. Selesai berkuda, kamu bisa memilih aktivitas lainnya seperti berenang atau bermain sepak bola di lapangan. Mau menginap bersama keluarga? Ada homestay yang disewakan, lengkap dengan kamar VIP.

Lokasi: Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Bogor
Tiket masuk: Ada, mulai dari 15,000IDR (masuk agrowisata, belum termasuk tur kebun teh)
Akses ke pabrik teh: Terbuka, tersedia tur setiap hari

3. Kaligua, Brebes

Image credit: @novemlawalata

Bagai lukisan, Kebun Teh Kaligua berpadu dengan perbukitan yang berundak-undak, bunga-bunga yang tumbuh liar, dan awan putih yang meneduhkan aktivitas wisatamu. Untuk menikmati liburan di kebun teh yang berada di kaki Gunung Slamet ini, kamu bisa ‘blusukan’ ke kebun teh melalui jalan setapak yang dilalui warga setempat, atau mengambil paket tur agrowisata yang dikelola oleh PTPN IX Kaligua.

Image credit: Website PTPN IX Kaligua

Tak tanggung-tanggung, PTPN IX Kaligua mengklaim bahwa ada setidaknya 15 fasilitas yang ditawarkan di sekitar Kebun Teh Kaligua. Dari mulai lapangan tenis, area perkemahan, sarana outbound, hingga resort mewah, semua tersedia. Istimewa!

Lokasi: Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Brebes
Tiket masuk: Ada, mulai dari 15,000IDR (hanya tiket masuk ke kebun teh)
Akses ke pabrik teh: Terbuka, tersedia tur sesuai perjanjian

Baca Juga: 15 Destinasi Wisata Di Banyumas Yang Tidak Kalah Keren Dari Jogja Dan Semarang

4. Kemuning, Karanganyar

Image credit: @candydyna

Puas berwisata di kota Solo dan sekitarnya? ‘Melipir’ ke Kabupaten Karanganyar sejenak, bisa nih. Di sini, ada Kebun Teh Kemuning yang berlokasi di lereng Gunung Lawu. Sajian utama wisata kebun teh di Kemuning adalah tea time atau tea tasting. Kamu bisa mencoba berbagai jenis teh yang ditanam di Indonesia.

Image credit: @gunungcilikadventure

Tidak hanya menatap hamparan kebun teh yang menenangkan pikiran, kamu juga bisa bertualang dengan melakukan tubing di sungai terdekat. Semakin ramai, semakin seru! Jadi, pastikan kamu mengajak lebih banyak teman atau keluargamu ke sini.

Lokasi: Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar
Tiket masuk: Tidak ada
Akses ke pabrik teh: Terbuka, tersedia tur sesuai perjanjian

5. Rancabali, Ciwidey – Kabupaten Bandung

Image credit: @official_bhernadetardiana

Jawa Barat merupakan daerah penghasil teh terbesar di Indonesia. Terdapat lebih dari satu kebun teh di sekitar Bandung, antara lain Sukawana, Malabar, Pangalengan, dan Gununghalu. Salah satu yang tertua adalah Kebun Teh Rancabali, yang sudah ada sejak tahun 1870. Terletak pada ketinggian 1,628 mdpl, temperaturnya memang sempurna untuk menumbuhkan daun teh berkualitas tinggi. Tak heran jika Kebun Teh Rancabali menjadi pemasok tetap di pabrik teh lokal maupun internasional.

Image credit: @asaliabayuuu

Di sini, kamu tidak hanya bisa melakukan wisata kebun teh. Karena lokasinya berdekatan dengan Kawah Putih Ciwidey dan Bumi Perkemahan Ranca Upas, tentu kamu sangat bisa mengisi akhir pekanmu dengan berwisata di daerah ini. Kalau perlu, sekalian berkemah untuk memandangi langit yang penuh bintang pada malam hari. Ide yang bagus untuk kabur sejenak dari rutinitas yang membosankan, betul?

Lokasi: Patengan, Rancabali, Bandung
Tiket masuk: Ada, 5,000IDR
Akses ke pabrik teh: Terbuka, tersedia tur sesuai perjanjian

6. Tambi, Wonosobo

Image credit: @wijayantowahyu36

Rasanya, julukan ‘negeri di atas awan’ untuk kawasan dataran tinggi Dieng tidaklah berlebihan. Lihat saja pesona hamparan Kebun Teh Tambi yang berpadu dengan megahnya Gunung Sindoro di atas. Saking nyamannya, bukan hanya berlibur 1-2 hari, mungkin kamu akan tergoda untuk pindah permanen ke sini!

Image credit: @devianamutiara

Untuk menjelajah wisata kebun teh di Tambi, kamu harus memasuki kawasan wisata Dieng terlebih dahulu. Kemudian, kamu bisa memilih paket wisata yang tersedia di agrowisata, mulai dari paket standar hingga paket eksklusif jika kamu berminat untuk mengikuti serangkaian program outbound. Manapun paket yang kamu pilih, sudah termasuk tea walk dan melihat proses produksi minuman teh.

Lokasi: Tegalrejo, Tambi, Kejajar, Wonosobo
Tiket masuk: Ada, mulai dari 27,500IDR (paket standar)
Akses ke pabrik teh: Terbuka, tersedia tur setiap hari

7. Sidamanik, Pematang Siantar

Image credit: @jenderal_angga

Sumatera Utara tidak hanya patut dikenal dengan hasil perkebunan seperti durian atau tembakau – karena jika dijumlahkan, kebun teh di Pematang Siantar mencakup area seluas 8,373 hektar! Luas tersebut meliputi Kebun Teh Sidamanik, dan dua kebun teh lainnya yaitu Bah Bontong dan Toba Sari. Tak pernah menyangka, kan?

Image credit: @andresilalahi1

Tak jauh dari wisata Kebun Teh Sidamanik, terdapat air Terjun Bah Biak Bahbutong yang akan menjadi highlight dalam perjalananmu. Kaki lelah karena ‘jogging’ mengitari kebun teh berjam-jam? Segarkan kembali saat menceburkan diri di air terjun ini.

Lokasi: Sidamanik, Simalungun, Pematang Siantar
Tiket masuk: Tidak ada, hanya membayar parkir
Akses ke pabrik teh: Tertutup

8. Nglinggo, Kulon Progo

Image credit: @a.nisak08

Berani terima tantangan bangun pagi? Yuk, bergegas menanti matahari terbit di Perbukitan Menoreh yang berjarak beberapa ratus meter dari Kebun Teh Nglinggo. Segera setelah matahari muncul, kamu bisa bergeser ke Kebun Teh Nglinggo mumpung belum terik. Kontur kebun teh yang berundak-undak bisa jadi olahraga akhir pekan yang lumayan menantang untukmu. Tapi tetap fresh dong, karena udaranya sejuk banget!

Image credit: @fatinsp

Sesampainya kamu di puncak kebun teh yang paling tinggi, jangan lupa untuk mengabadikan kenangan di spot foto yang tentunya instagrammable. Pasti sukses bikin teman-temanmu iri!

Lokasi: Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo
Tiket masuk: Ada, 5,000IDR
Akses ke pabrik teh: Tertutup

9. Wonosari, Kabupaten Malang

Image credit: @faridmaulana_id

Kebun teh di Lawang ini sudah sejak lama menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Jawa Timur. Maklum, ragam fasilitasnya memang ramah untuk keluarga maupun rombongan kantor atau sekolah yang ingin mengadakan acara di sini. Sebagai contoh, untuk berkeliling kebun teh, tersedia ‘kereta kelinci’ sehingga pengunjung tidak perlu berjalan kaki terlalu jauh. Jika ingin menginap, terdapat beberapa pilihan akomodasi dari asrama hingga vila.

Image credit: @liefukpau

Selain melakukan tea walk dan berkunjung ke pabrik teh, terdapat aktivitas lain seperti flying fox dan ATV. Dijamin, kamu akan betah berakhir pekan di Kebun Teh Wonosari.

Lokasi: Toyomarto, Lawang, Singosari, Kabupaten Malang
Tiket masuk: Ada, mulai dari 10,000IDR
Akses ke pabrik teh: Terbuka, tersedia tur sesuai perjanjian

10. Sirah Kencong, Blitar

Image credit: @deavnra

Satu lagi kebun teh di Jawa Timur – tapi yang ini spesial karena belum banyak diketahui orang. Padahal, tujuan wisata di sini tidak hanya kebun teh, tetapi juga ada air terjun Sirah Kencong yang menarik untuk dikunjungi. Lokasi Sirah Kencong berada di lereng Gunung Kawi dengan ketinggian 1,179 mdpl. Sudah terbayang sejuknya udara di sini, kan?

Image credit: @wiedha_moetz

Yang lebih luar biasa, kalau kamu benar-benar mau mengeksplorasi wisata Kebun Teh Sirah Kencong, kamu akan melewati wisata-wisata alam lainnya. Dari mulai hutan sengon dengan pepohonan yang rata-rata tingginya mencapai 35 meter, sawah, perkebunan kopi, hingga peternakan sapi – semua ada di sini!

Lokasi: Sirahkencong, Ngadirenggo, Wlingi, Blitar
Tiket masuk: Ada, 5,000IDR
Akses ke pabrik teh: Tertutup

Baca Juga: 15 Wisata Taman Bunga Di Indonesia Yang Membuatmu Serasa Di Luar Negeri

Menyimak sepuluh wisata kebun teh di atas, tidak berlebihan jika tema liburan berikutnya adalah back to nature, sepakat? Segera rencanakan perjalananmu, mulailah dari kebun teh yang paling dekat dengan tempat tinggalmu!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru