15 Wisata Taman Bunga Di Indonesia Yang Membuatmu Serasa Di Luar Negeri

Bunga sejak dahulu dikenal sebagai simbol kebahagiaan. Oleh karenanya, taman bunga merupakan objek wisata yang telah ada dan dikenal sejak lama. Melihat bunga warna-warni yang bermekaran dipercaya bisa menumbuhkan semangat dan menghilangkan stres.

Kalau ingin liburan ke taman bunga tidak perlu jauh-jauh ke Keukenhof Belanda atau Provence di Perancis. Ada banyak wisata taman bunga di Indonesia yang bisa kamu kunjungi. Keindahanya tidak kalah dengan yang ada di luar negeri lho. Dijamin cantik dan instagramworthy!

1. Rainbow Garden, Lembang

Image credit: @syam.alamsyah.10

Taman bunga yang satu ini memang masih tergolong baru. Lokasinya berada di dalam area Floating Market Lembang. Sesuai namanya, beragam bunga berwarna-warni dapat kamu jumpai di sini.

Image credit: @windadiann

Tidak heran jika Rainbow Garden ini jadi salah satu tempat favorit berburu foto yang instagramworthy. Selain bunga, banyak pula tanaman dengan warna daun yang cerah menghiasi area taman. Dijamin kamu tidak akan pernah bosan berfoto di sini.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi
Harga Tiket: 10,000 IDR per orang

2. Taman Bunga Dewari, Magelang

Image credit: @aininditaindit

Tidak jauh dari Candi Borobudur terdapat sebuah hamparan permadani berwarna kuning yang sangat menarik. Inilah Taman Bunga Dewari, taman bunga matahari di Magelang – Jawa Tengah. Meski baru dibuka sejak Februari lalu, namun Taman Bunga Dewari kini banyak dikunjungi wisatawan.

Image credit: @xiaolingchan

Tidak perlu khawatir berjubel dengan pengunjung lain, di sini ada kurang lebih 8,000 bunga matahari yang tertanam rapi di area seluas 2,000 meter persegi. Luas sekali, bukan? Sebelum berkunjung kemari, cek di sini terlebih dahulu ya untuk mengetahui apakah sedang musim berbunga atau tidak.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi
Harga Tiket: 5,000 IDR per orang (parkir motor 2,000 IDR, mobil 5,000 IDR)

3. Taman Bunga Gemitir, Bali

Image credit: @gustindra

Bukan hanya panorama pantai, Bali ternyata juga punya taman bunga yang tidak kalah indahnya dengan yang lain. Namanya Taman Bunga Gemitir. Sesuai namanya, di sini kamu akan mendapati hamparan luas Bunga Gemitir yang indah.

Image credit: @gunsglories

Bunga Gemitir atau marigold flower ini merupakan bunga yang selalu ada di cawan persembahyangan masyarakat Hindu di Bali. Warna oranye keemasan dari Bunga Gemitir ini memberi kesan cerah yang menceriakan. Dijamin kamu tidak akan bosan berfoto sambil mengagumi keindahannya.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi
Harga Tiket: gratis (bunga dijual 8,000 IDR per kg)

4. Padang Bunga Kasna, Bali

Image credit: @gustindra

Siapa bilang kebun bunga identik dengan warna-warni? Di Bali, tepatnya di Desa Temukus terdapat sebuah padang Bunga Kasna yang berwarna putih. Jika dilihat dari atas bunga ini mirip seperti tanaman yang sedang ditutupi salju lho. Unik sekali, bukan?

Image credit: @him_brian

Bunga Kasna yang ada di desa ini digunakan sebagai pelengkap sarana sembahyang umat Hindu. Untuk bisa menikmati bunga pada puncak musim mekarnya, kamu bisa datang seminggu atau dua minggu sebelum Hari Raya Galungan. Karena setelah waktu tersebut, Bunga Kasna akan dipanen untuk keperluan sembahyang.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi
Harga Tiket: gratis (namun jangan lupa untuk meminta izin)

5. Coban Talun, Batu

Image credit: @aghniapunjabi

Coban Talun merupakan tempat wisata yang terkenal dengan air terjunnya. Namun siapa sangka jika Coban Talun punya area kebun bunga yang instagramworthy lho. Dengan dominasi bunga hydrangea, Taman Bunga Coban Talun ini menjadi semacam mood booster tersendiri bagi siapa pun yang berkunjung. Apalagi ditambah dengan udara pegunungan yang sejuk. Rasanya akan betah deh berlama-lama di sini.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi
Harga Tiket: 5,000 IDR per orang (belum termasuk parkir dan tiket masuk Coban Talun)

6. Taman Bunga Amarilis, Jogja

Image credit: @xiaolingchan

Sempat viral karena pernah rusak oleh injakan kaki para pengunjung, kini taman bunga berwarna oranye ini hadir kembali. Berlokasi di wilayah Gunung Kidul, tidak sah rasanya berkunjung ke Jogja tanpa mampir ke sini.

Image credit: @xiwox_woko

Bunga Amarilis adalah bunga yang mekar dikala musim penghujan. Oleh karena itu akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk datang ke sini karena merupakan puncak mekarnya bunga cantik Amarilis. Dengan jumlah sekitar 5,000 bunga, swafoto dengan Bunga Amarilis ini pasti akan menjadi lebih istimewa.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi
Harga Tiket: 3,000 IDR per orang (belum termasuk parkir)

7. Taman Bunga Danau Mas Harun Bastari, Bengkulu

Image credit: @meedevii

Beralih ke luar Pulau Jawa, di Bengkulu ada pula taman bunga yang tidak kalah cantiknya dari yang ada di Pulau Jawa lho. Taman bunga yang satu ini berlokasi di objek wisata Danau Mas Harun Bastari.

Image credit: @lanaasfaradilla

Aneka bunga berwarna kuning dan merah muda seolah menjadi penyejuk dan penyegar pikiran yang sedang kusut. Apalagi jika ditambah dengan pemandangan danaunya yang menentramkan. Tidak heran jika Taman Bunga Danau Mas Harun Bastari ini jadi tempat wisata favorit warga lokal Bengkulu.  

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi
Harga Tiket: 3,000 IDR per orang

8. Taman Bunga Sapo Juma, Tongging

Image credit: @aulia_ferdiri

Bergerak sedikit ke utara Pulau Sumatera, ada Taman Bunga Sapo Juma yang terletak di dataran tinggi Karo, Sumatera Utara. Kalau kamu sedang jalan-jalan ke Air Terjun Sipiso-piso maka jangan lewatkan untuk mampir kemari karena jaraknya sangat dekat.

Image credit: @cahyatrinst

Di sini, kamu bisa bebas berfoto di antara hamparan bunga karena terdapat jalan kecil di antara bunga yang memang disediakan untuk dilewati. Di area taman juga terdapat sebuah gazebo yang populer sebagai tempat foto pre-wedding. Kamu akan dibuat semakin takjub lho dengan pemandangan alam sekitar taman yang mengarah langsung ke arah Danau Toba.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi
Harga Tiket: 20,000 IDR per orang

9. Taman Bunga Krisan Setya Aji, Bandungan

Image credit: @winda_gupita

Apakah kamu termasuk penggemar Bunga Krisan? Jika iya, maka wajib buatmu untuk berkunjung ke Taman Bunga Krisan Setya Aji di Bandungan, Kabupaten Semarang. Lokasi taman bunganya berada di dalam sebuah green house.  

Image credit: @ani_arahma

Aneka Bunga Krisan warna warni sangat cocok untuk dijadikan latar belakang berfoto. Namun tetap hati-hati untuk tidak merusak bunganya ya. Selain berfoto, kamu juga bisa membawa pulang warna warni Bunga Krisan seharga 5,000 IDR saja.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi
Harga Tiket: 7,500 IDR per orang (belum termasuk parkir)

10. Taman Bunga Matahari Pantai Samas, Jogja

Image credit: @yantiherdyanti

Taman bunga selalu identik dengan lokasinya yang berada di dataran tinggi. Tapi jangan salah, ada juga lho taman bunga yang tumbuh di dataran rendah bahkan dekat dengan pantai. Buat kamu yang sering liburan ke Jogja pasti sudah familiar dengan Taman Bunga Matahari yang banyak diperbincangkan di jagat sosial media.

Image credit: @permeiprajogi

Yaps, apalagi kalau bukan Taman Bunga Matahari Pantai Samas. Tidak hanya satu, kini terdapat banyak Taman Bunga Matahari di sepanjang Jalur Lintas Selatan Pantai Samas. Kamu tinggal pilih saja untuk mendatangi taman mana yang sedang berbunga. Di beberapa taman terdapat juga Bunga Celosia dengan warna warni merah dan kuning yang dijamin akan membuat harimu di Jogja semakin cerah.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi
Harga Tiket: 5,000 IDR per orang (belum termasuk parkir)

11. Taman Bunga Nusantara, Cianjur

Image credit: @kevinksuherman

Taman Bunga Nusantara merupakan salah satu taman bunga tertua di Indonesia yang sudah ada sejak tahun 1995. Areanya sangat luas hingga mencapai 23 hektar. Taman bunga ini lokasinya dekat dengan Gunung Gede Pangrango dan Kebun Teh Bogor. Hawa sejuk akan langsung menyapamu saat memasuki area taman.

Image credit: @lookarminow

Koleksi bunga di sini juga sangat lengkap lho, bukan hanya bunga jenis lokal dari Indonesia tapi juga bunga dari negara lain seperti Perancis, Jepang, hingga Amerika. Jangan lupa berfoto dengan patung tanaman hidup berbentuk burung merak yang sangat megah dan indah. Selain itu, kamu juga bisa seru-seruan main petak umpet di area labirin dengan taman cantik di bagian tengahnya. Pokoknya tidak rugi deh jalan-jalan ke sini.  

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi
Harga Tiket: 40,000 IDR per orang (umur 4 tahun ke bawah gratis)

12. Taman Selecta, Batu

Image credit: @alexa_jogja

Udara sejuk Kota Batu sepertinya jadi tempat favorit tumbuhnya aneka tanaman bunga. Hal ini terbukti dengan rimbunnya warna-warni bunga yang ada di Taman Selecta, Batu. Meski koleksi bunga di Taman Selecta merupakan jenis bunga lokal. Namun berkat penataan dan perawatan yang baik, taman bunga di sini nampak sangat cantik dan tentunya instagramworthy.

Image credit: @permatasafiraoa

Selain berfoto dengan bunga-bunga lebih dekat, kamu juga bisa menaiki wahana skybike untuk bisa melihat sekaligus mengelilingi area taman bunga dari ketinggian. Seru sekali, bukan? Yuk, jalan-jalan ke Taman Selecta!

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi
Harga Tiket: 25,000 IDR per orang (belum termasuk biaya wahana permainan)

13. Taman Bunga Malino, Malino Highlands Makassar

Image credit: @larasatyberkian

Buat kamu yang tinggal di Makassar, pasti sudah tidak asing dengan Dataran Tinggi Malino atau Malino Highlands. Objek wisata yang terkenal dengan kebun teh ini ternyata juga memiliki green house bunga warna-warni lho.

Image credit: @ryantiveronica

Bunga yang ditanam kebanyakan adalah Bunga Krisan dan Bunga Anggrek. Pemandangan alam dan tampilan bunga warna-warni sangat pas untuk dijadikan obat penghilang rasa jenuh. Jadi, kapan kamu ke Malino Highlands?

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi
Harga Tiket: 50,000 IDR per orang dewasa (25,000 IDR untuk anak-anak)

14. Taman Bunga Begonia, Lembang

Image credit: @aurelia_siska

Sesuai namanya, di sini kamu akan melihat rimbunnya Bunga Begonia yang cantik. Dengan ketinggian 1,200 meter di atas permukaan laut, Taman Bunga Begonia memiliki iklim dingin yang menyejukkan. Kamu bisa bebas berfoto dengan latar belakang Bunga Begonia sambil menikmati suasana alam yang asri di sekitar area taman. Dijamin seru dan menyenangkan deh!

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi
Harga Tiket: 10,000 IDR per orang

15. Taman Bunga Gardenia, Tomohon

Image credit: @gardeniacountryinn

Taman Bunga Gardenia berada satu tempat dengan Gardenia Country Inn, Tomohon. Pemandangan di sini luar biasa indah karena menghadap langsung ke Gunung Lokon tanpa terhalang oleh suatu bangunan apa pun.

Image credit: @gardeniacountryinn

Warna-warni bunga di sini tidak jarang mengundang kupu-kupu berwarna-warni yang tidak kalah eloknya. Taman bunga ini sangat cocok untuk menyepi karena suasana yang tenang dan alami jauh dari kebisingan. Kalau jalan-jalan ke Manado jangan lupa mampir kemari ya!

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi
Harga Tiket: 25,000 IDR per orang

Bonus: Lereng Gunung Lawu Dan Dieng

Image credit: @andridanu2

Dengan iklim yang sejuk, lereng gunung bisa jadi tempat yang baik untuk menumbuhkan aneka jenis bunga. Tidak heran bila banyak bunga-bunga liar yang tumbuh di sekitar area lereng gunung. Di antaranya bisa kamu jumpai di lereng Gunung Lawu serta Gunung Prau. Meskipun tumbuh secara liar, namun bunga-bunga ini justru nampak cantik dengan ketidakteraturannya.

Baca juga: Melihat Lumba-lumba, Hiu Dan Paus Secara Langsung Di Indonesia

Melihat taman bunga memang bisa jadi aktivitas yang menyenangkan sekaligus menenangkan ya. Tidak rugi deh rasanya liburan ke taman bunga. Semoga tulisan di atas bisa jadi referensi tempat liburanmu selanjutnya ya.

Jangan lupa bagikan foto-foto liburanmu ke taman bunga dengan tagar #TripZillaTraveller dan dapatkan kesempatan untuk difitur di IG TripZilla Indonesia. Selamat liburan ke taman bunga!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru