15 Destinasi Wisata Di Banyumas Yang Tidak Kalah Keren Dari Jogja Dan Semarang

Spot wisata di Yogyakarta memang aduhai, pun demikian yang ada di Semarang dan Solo. Tapi destinasi wisata di Banyumas juga tidak kalah keren, lho!

Banyumas lebih dikenal karena logat ngapak Banyumasan. Tapi keistimewaan kabupaten yang berada di jalur selatan Jawa Tengah ini terbukti bukan hanya itu saja. Bila berbicara pariwisata, tidak sedikit destinasi yang sangat layak untuk dikunjungi, terutama bagi traveler yang doyan menjelajah spot-spot wisata baru dan anti-mainstream.

Apakah kamu di antaranya? Jika memang iya, destinasi wisata di Banyumas di bawah ini layak masuk dalam daftar kunjungan untuk wisata akhir pekan kamu berikutnya. Berangkaaaat!

1. Kebun bunga yang buat hati meleleh Kebun Bunga Matahari Rempoah

Image credit: @instapurwokerto

Yang tertarik menikmati warna-warna cerah bunga matahari dan marigold, kebun bunga ini adalah spot yang tepat dikunjungi. Kamu dipersilakan berburu foto yang Instagenik, tapi jangan sampai merusak kebun bunganya, ya!

Lokasi: Dusun II, Rempoah, Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

2. Memanjakan mata dan hati dari ketinggian Bukit Pandang Munggang

Image credit: @fhm_atm

Tidak bisa dimungkiri, Bukit Pandang Munggang menjadi destinasi wisata di Banyumas yang harus kamu kunjungi jika ingin melihat keindahan alam dan lanskap yang keren dari kota ini. Tidak hanya itu saja, banyak spot berfoto kece yang bisa jadi pilihan background kamu, terutama saat malam hari!

Lokasi: Desa Ketenger, Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah

3. Kolam mandi tersembunyi yang eksotik Sendang Bidadari

Image credit: @asyrull

Ingin tahu seperti apa kolam mandinya para bidadari? Sendang Bidadari di seputaran wilayah Curug Telu setidaknya menggambarkan nuansa dan suasana kolam tersebut. View yang eksotik dengan atmosfer yang hening dijamin akan memesona kamu!

Lokasi: Dusun II, Karangsalam, Baturraden, Banyumas

4. Spot asyik menikmati lanskap yang cantik Bukit Watu Meja

Image credit: @ferdianh11man

Bayangkan, dari destinasi wisata di Banyumas ini, kamu akan mendapati lukisan alam dalam bentuk 3D yang luar biasa! Perpaduan perbukitan yang hijau di kejauhan, aliran sungai dan langit biru sebagai latar, sungguh view yang istimewa!

Lokasi: Jl. Raya Patikraja – Kebasen, Tumiyang Kidul, Tumiyang, Kebasen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

5. Tidak kalah dengan Hutan Pinus Pengger Bukit Agaran

Image credit: @rndhzhrfh (kiri), @_elys07

Jogja memiliki Hutan Pinus Pengger yang begitu ngehits, sementara Banyumas memiliki Bukit Agaran yang tidak kalah menariknya. Tangan raksasa sebagai spot foto, dengan background alam yang keren, pun terdapat di sini, dan pastinya bisa menjadi salah satu alasan untuk datang ke sini.

Lokasi: Dusun Depok, Desa, Dusun III, Melung, Kedung Banteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

6. Nuansa natural di alam yang asri Hutan Pinus Limpakuwus

Image credit: @fia_hartono

Jika tertarik mengunjungi hutan pinus yang minim sentuhan manusia, Hutan Pinus Limpakuwus bisa menjadi alternatif yang pas. Suasananya masih alami, pun demikian dengan panoramanya yang asri. Yang tertarik camping di sini juga asyik, lho!

Lokasi: Area Sawah, Limpakuwus, Sumbang, Banyumas, Jawa Tengah

7. Melongok keindahan alam dari ketinggian Bukit Tranggulasih

Image credit: @instapurwokerto

Salah satu destinasi wisata di Banyumas yang tidak boleh dilewatkan adalah Bukit Tranggulasih. Sempat ditutup untuk sementara waktu, spot wisata ini menawarkan tempat yang mengesankan untuk menikmati pesona alam Purwokerto.

Lokasi: Windujaya, Kedungbanteng, Dusun III, Windujaya, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

8. Menikmati sunset asyik Puncak Dinar

Image credit: @instapurwokerto

Puncak Dinar mendapatkan popularitasnya saat Bukit Tranggulasi ditutup pada pertengahan tahun lalu. Kini, keduanya menjadi destinasi wisata di Banyumas yang ngehits karena daya tarik yang dimilikinya.

Lokasi: Desa Kalisalak, Gerumbul Windusari RT1/RW III Kec Kedung Banteng, Banyumas, Jawa Tengah

9. Menyambangi spot selfie menantang Bukit Gadog

Image credit: @dwiecahyo

Penikmat selfie, Bukit Gadog bisa menjadi destinasi wisata di Purwokerto yang pas untuk dikunjungi. Meski sedikit menantang untuk didatangi, namun pesona alam yang kamu dapatkan di puncaknya akan membuat siapapun terkesima.

Lokasi: Dusun III, Sunyalangu, Karanglewas, Banyumas, Jawa Tengah

10. Air terjun cinta Curug Jenggala Kalipagu

Image credit: @vitongdwiputranto

Nah, bagi yang ingin mendapatkan nuansa alam dengan atmosfer romantis, Curug Jenggala bisa menjadi jujukan yang pas. Air terjun alami dengan lingkungan sekitar yang hijau, plus spot foto yang romantis dijamin bakal memberikan kesan mendalam bagi semua orang.

Lokasi: Jl. Pangeran Limboro, Dusun III Kalipagu, Ketenger, Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

11. Pesona air terjun yang istimewa Curug Lima

Image credit: @theguhwe

Kamu akan mendapati air terjun dengan debit air yang cukup deras, dengan nuansa alami yang begitu kental dan atmosfer hijau yang menyegarkan di Curug Lima. Dijamin kamu akan terpesona dengan keindahannya.

Lokasi: Dusun II, Baseh, Kedungbanteng, Banyumas, Jawa Tengah

12. Memesona dan natural Curug Kedung Lesung

Image credit: @instapurwokerto

Oke, di destinasi wisata di Banyumas ini, kamu bakal melihat air terjun dengan debit air yang deras, terutama di musim hujan. Yang menjadikannya istimewa adalah nuansa naturalnya, kealamian yang terjaga. Pastinya sangat mengesankan bagi para pecinta alam.

Lokasi: Hutan, Tumiyang, Pekuncen, Banyumas, Jawa Tengah

13. Cantik dan elegan Curug Telu

Image credit: @hanifah.15

Dua kata di atas menjadi kesan yang muncul dari Curug Telu. Ketinggian ‘pancuran air’ yang ditampilkan, plus ‘cucuran’ yang elegan menegaskan itu semua. Selain itu, pesona alam di sekitarnya memberikan nilai tambah tersendiri untuk menyambangi destinasi wisata di Banyumas ini.

Lokasi: Karangsalam, Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah

14. Curug berundak yang istimewa Curug Nangga

Image credit: @arief_kust

Tidak ada gambaran yang lebih baik untuk menunjukkan betapa istimewanya curug Nangga selain dengan gambar yang istimewa. Kamu bisa melihat sendiri kecantikannya di sini!

Lokasi: Petahunan, Pekuncen, Hutan, Petahunan, Banyumas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

15. Curug ngehits yang asyik Curug Cipendok

Image credit: @nh_anisaa

Bisa dikatakan curug ini menjadi salah satu destinasi wisata di Banyumas yang cukup ngehits. Bukan hanya karena atmosfernya yang masih alami, di mana jika beruntung kamu bisa menjumpai monyet ekor panjang atau elang jawa, tapi juga banyak spot foto yang Instagenik.

Lokasi: Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Di Wonosobo, Kota Dengan Panorama Yang Istimewa

Bagaimana? Tidak kalah keren dari Jogja, Solo dan Semarang, kan? Tertarik menjelajah destinasi wisata di Banyumas ini dalam waktu dekat?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru