13 Tempat Makan Bakmi Jawa Di Jogja Yang Terkenal Kelezatannya

Yogyakarta bukan hanya terkenal karena gudegnya saja, lho! Ada banyak kuliner yang bukan hanya unik, tapi juga memiliki cita rasa yang mengesankan, termasuk di antaranya bakmi Jawa. Bakmi Jawa di Jogja menjadi salah satu kuliner yang paling diburu oleh mereka yang berkunjung ke ‘Kota Pelajar’ ini. Bukan hanya karena mengenyangkan, tapi juga memberikan kesan menghangatkan ketika menyantapnya. Cara memasaknya yang khas juga menjadi daya tarik tersendiri, sekaligus memberikan cita rasa yang tidak biasa pada makanannya.

Tidak sulit menemukan tempat makan bakmi Jawa di Jogja. Hampir di setiap sudut kota selalu ada lapak penjual bakmi Jawa. Namun, jika kamu tertarik menikmati bakmi Jawa di Jogja yang bakal memberikan kesan mendalam, 13 tempat makan ini bisa menjadi jujukan kamu untuk menikmatinya.

1. Spot asyik menikmati bakmi yang gurih Bakmi Mbah Mo

Image credit: @jogjafood

Jika rasa saja tidak cukup untuk membuatmu mendapatkan kesan yang bagus, maka tempat yang asyik mungkin bisa memaksamu berubah pikiran. Di warung Mbah Mo, selain menawarkan bakmi Jawa yang gurih, sedap dan mengenyangkan, kamu juga bisa menikmati alam pedesaan yang asri lho!

Lokasi: Jalan Parangtritis KM. 11, Trirenggo, Bantul
Harga: 20,000 IDR per porsi

2. Bakmi Jawa nikmat di bekas kandang sapi Bakmi Mbah Gito

Image credit: @frederico2502

Tidak ada salahnya menikmati bakmi jawa super nikmat di tengah kandang sapi. Tempat makan bakmi Jawa di Jogja yang tidak biasa ini adalah bakmi Mbah Gito. Bekas kandang sapi yang disulap menjadi warung dengan suasana yang adem ini menawarkan bakmi Jawa dengan kuah kental, taburan suwiran ayam, telur dan bawang goreng dengan rasa yang enak, sedap dan gurih. Bakmi gorengnya juga tidak kalah enak. Slurp!

Image credit: @e_ndro

Lokasi: Jl. Nyi Ageng Nis No.9, Rejowinangun, Kotagede, Kota Yogyakarta
Harga: 27,000 IDR per porsi bakmi spesial

3. Menu spesial di tengah terminal Bakmi Jombor

Image credit: @masclink_kulineran

Bakmi Jombor merupakan salah satu warung bakmi Jawa di Jogja yang legendaris. Berada di kawasan terminal Jombor, kamu bisa menikmati seporsi Bakmi Godog dengan rasa yang mantap. Ingin menu berbeda, Nasi Godog bisa menjadi alternatif yang layak direkomendasikan. Bakmi dengan nasi putih dan suwiran ayam kampung, taburan seledri dan bawang goreng dengan kuah berwarna cokelat menghasilkan rasa yang begitu nikmat.

Lokasi: Terminal Jombor, Jalan Raya Magelang KM. 6.5, Sinduadi, Mlati, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman
Harga: 20,000 IDR per porsi

4. Rasa yang menggoda Bakmi Jawa Pak Pele

Image credit: @jogjafoodhunter

Suwiran ayamnya tebal, kaldunya gurih dan tekstur mie yang kenyal membuat bakmi Jawa Pak Pele begitu melegenda. Tidak salah jika kuliner ini bisa bertahan hingga beberapa dekade dan menjadi populer di kota Jogja.

Lokasi: Pojok Tenggara Alun-Alun Utara, Kelurahan Panembahan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta
Harga: 20,000 IDR per porsi

5. Setiap porsi yang selalu spesial Bakmi Kadin

Image credit: @sasmitaedo

Kamu akan selalu dianggap spesial jika mendatangi tempat ini. Setiap porsi yang dipesan selalu dimasak terpisah, jadi tidak ada yang namanya memasak dalam jumlah besar. Karena teknik ini, setiap porsi memiliki rasa yang istimewa. Karena teknik memasak ini juga, kamu harus sedikit bersabar untuk bisa menikmati bakmi Kadin yang terkenal ini.

Lokasi: Senopati, Jl. Bintaran Kidul No.6, Wirogunan, Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Harga: 20,000 IDR per porsi

6. Biar rasa yang berbicara Bakmi Shibitsu

Image credit: @andrianikuyaw

Bakmi Jawa di Jogja yang ini cukup spesial, karena diracik oleh seorang tunawicara. Namun tidak perlu khawatir dengan kualitas rasa karena seporsi bakmi Jawa Shibitsu bakal bisa menghilangkan keraguan kamu. Maknyus banget!

Lokasi: Jl. Bantul No.111, Gedongkiwo, Mantrijeron, Yogyakarta
Harga: 20,000 IDR per porsi

7. Bakmi goreng yang endes Bakmi Mbah Hadi

Image credit: @makandijogja

Sedikit berbeda dengan yang lainnya, bakmi Mbah Hadi lebih dikenal karena bakmi gorengnya. Bakmi dengan tekstur besar ditambah telur bebek, seledri, kol dan suwiran ayam yang diolah di atas tungku menghasilkan bakmi goreng yang gurih dan nikmat.

Lokasi: Jl. C Simanjuntak No.1, Terban, Gondokusuman, Kota Yogyakarta
Harga: 20,000 IDR per porsi

8. Bakmi dengan olahan spesial Bakmi Mbah Wito

Image credit: @rayidenoksunestri

Tempat makan bakmi Jawa di Jogja lainnya yang patut menjadi jujukan adalah bakmi Jawa Mbah Wito, yang berada di Gunung Kidul. Kaldu ayam yang gurih menjadi pemikat bakmi ini. Kaldunya juga diolah secara spesial, yaitu rebusan dari empat ayam Jawa pilihan ditambah 250gr udang basah dan 250gr gula batu. Hasilnya gurih dan nikmatnya bakmi ayam membuat presiden keenam Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono menjadikan tempat ini sebagai salah satu tempat makan favoritnya.

Lokasi: Jalan Lingkar Utara, Piyaman, Wonosari, Piyaman, Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul
Harga: 7,000 IDR per porsi

9. Menyesapi kehangatan bakmi Jawa Bakmi Mbah Noto

Image credit: @rieny_rinjani

Campuran mie kuning dan bihun, ditambah bawang goreng, kecambah, telur dan daging dengan kaldu yang gurih dan enak serta hangat dijamin akan memberikan kesan mendalam akan bakmi Jawa Mbah Noto. Apalagi setiap porsinya dimasak terpisah, yang menjadikannya spesial. Kamu juga bisa menikmati ayam goreng bumbu bacem yang istimewa di sini, jika ingin menu alternatif dengan kualitas yang tidak kalah enak dengan bakminya.

Lokasi: Jalan Yogyakarta – Wonosari, Logandeng, Playen, Logandeng, Playen, Gunungkidul
Harga: 12,000 IDR per porsi

10. Makan bakmi Jawa dengan sistem booking Bakmi Jawa Pak Jiono

Image credit: @yoegasatria

Saking enaknya, kamu harus antri untuk bisa mendapatkan satu porsi bakmi Jawa Pak Jiono. Jika ingin aman, kamu bisa menghubungi warung ini untuk melakukan pemesanan guna mendapatkan seporsi mie kuning dan bihun dengan kol, telur bebek dan ayam suwir, yang diguyur kuah yang nikmat dan gurih. Tempat makan bakmi Jawa di Jogja ini juga hanya buka pada hari biasa dan ikut libur di akhir pekan!

Lokasi: Mutihan, Kota Gede, Yogyakarta
Harga: 20,000 IDR per porsi

11. Bakmi langganan Presiden Soeharto Bakmi Pak Geno

Image credit: @cicikulinerjogja

Lokasi warung yang sudah berdiri sejak 1952 ini berada di komplek pasar Prawirotaman. Walaupun kecil dan tersembunyi, popularitas warung bakmi Pak Geno ini sudah begitu terkenal karena menjadi favorit dan langganan dari mantan presiden Soeharto. Ingin tahu seperti apa bakmi Jawa yang menjadi kesukaan presiden kedua Indonesia itu? Langsung saja melipir ke sana. Dijamin tidak menyesal, deh!

Lokasi: Ps. Prawirotaman Yogyakarta, Jl. Parangtritis No.103, Brontokusuman, Mergangsan, Kota Yogyakarta
Harga: 15,000 IDR per porsi

12. Bakmi kotor yang maknyus Bakmi Lethek Mbah Mendes

Image credit: @melindanurwulantikansari

Lethek memang berarti kotor dalam bahasa Jawa, namun bukan berarti kuliner ini disajikan secara tidak higienis. Tambahan cabai hijau, wortel dan tahu, serta suwiran ayam dan telur membuat bakmi terlihat kotor, tapi rasanya bisa diadu dengan yang lain. Racikan bumbunya membuat bakmi Jawa ini begitu nikmat dan gurih.

Lokasi: Jl. Sarirejo, Meguwo, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman
Harga: 20,000 IDR per porsi

13. Warung bakmi legendaris Bakmi Jawa Pak Rebo

Image credit: @perutkenyang.hatisenang

Berdiri sejak 1960-an, bakmi Jawa Pak Tebo termasuk salah satu warung bakmi Jawa di Jogja yang legendaris. Kemampuan ‘chef’ Pak Rebo yang menjaga kualitas rasa bakmi yang gurih, nikmat dan sedap dengan campuran telur bebek, kaldu ayam dan suwiran ayam kampung yang spesial, menjadi alasan utama warung ini bisa bertahan beberapa dekade.

Lokasi: Jl. Brigjen Katamso, Keparakan, Mergangsan, Kota Yogyakarta
Harga: 20,000 IDR per porsi

Baca juga: 15 Jajanan Kaki Lima Di Jogja Yang Murah, Enak Dan Harus Kamu Coba

Sudah pernah mencoba semuanya, atau beberapa di antaranya? Menurut kamu, warung bakmi Jawa di Jogja yang mana yang paling maknyus?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru