8 Tempat Wisata Air Di Klaten Yang Instagrammable Dan Asyik Untuk Dikunjungi

Bagi yang ingin menemukan tempat wisata alternatif selain yang ada di Yogyakarta atau Solo, tidak salahnya melipir ke kabupaten tetangga, Klaten. Alasannya jelas, banyak destinasi wisata asyik yang bisa dikunjungi di Klaten, tidak terkecuali wisata air.

Dari air terjun mini hingga umbul yang asri, hasil kreativitas warga desa, Klaten memiliki banyak tempat wisata bernuansa air yang menawarkan banyak keseruan, termasuk destinasi selfie hingga sekadar untuk mendinginkan diri. Tertarik mengunjungi tempat wisata air di Klaten, di bawah ini adalah beberapa di antaranya. Cekidot, ya!

1. Umbul Gedaren yang asyik dan pas untuk terapi kesehatan

Umbul Gedaren | wisata air klaten
Image credit: @umbulgedaren (kiri), @van_rizkie (kanan)

Bukan hanya memiliki nuansa yang asyik, Umbul Gedaren konon memiliki kolam yang bisa dimanfaatkan untuk terapi penyembuhan berbagai jenis penyakit. Memiliki mata air alami yang jernih dan pepohonan rindang di sekelilingnya, tempat wisata air di Klaten yang juga dikenal sebagai Umbul Tirto Pawitro Sari ini memiliki banyak fasilitas pendukung, jadi kamu tidak perlu bingung jika ingin mencari makanan atau menunaikan ibadah.

Lokasi: Jl. Klaten – Jatinom No.7, Gedaren, Kec. Jatinom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
Jam operasional: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: Gratis

2. Umbul Besuki yang tidak kalah keren

umbul besuki | wisata air klaten
Image credit: @albertus_bagusr (kiri), @juragan_santuy (kanan)

Berada di wilayah Ponggok, Umbul Besuki menjadi alternatif yang bisa dikunjungi untuk tempat wisata air selain Umbul Ponggok. Selain mandi di kolam dengan mata air yang jernih di bawah pepohonan yang rindang, kamu juga bisa ber-selfie atau wefie untuk menambah konten Instagram mengingat pemandangan yang ditawarkan cukup Instagenik.

Lokasi: Dk, Kiringan, Ponggok, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
Jam operasional: Setiap hari, 8.00 – 18.00 WIB
Harga tiket: 3,000 IDR per orang

3. Water Gong yang alami

Water Gong Klaten | wisata air
Image credit: @pras_djoyobisono

Sempat dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah, Water Gong Klaten kini berubah menjadi tempat wisata air yang bersih dan alami. Mengambil aliran sungai Gejikan, yang memiliki mata air dari Sigedang dan Kapilaler, Water Gong memiliki banyak hal yang seru untuk dinikmati, mulai dari airnya yang jernih dan segar, sehingga bisa menjadi tempat untuk mandi atau sekadar bermain air, bahkan memandangani keasrian dan kebersihan lingkungan sudah bisa menjadi terapi tersendiri untuk kesehatan jiwa. Ada juga ikan nila yang disebar dan menambah keunikan tempat wisata air di Klaten ini.

Lokasi: Area Kebun/Swah, Ponggok, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
Jam operasional: Setiap hari, 8.00 – 17.00 WIB
Harga tiket: 5,000 IDR per orang

4. Umbul Siblarak yang mulai ngehits

Umbul Siblarak | wisata air klaten
Image credit: @tryarta

Umbul Siblarak termasuk salah satu tempat wisata air baru di Klaten yang menanjak popularitasnya. Bukan hanya karena menawarkan air yang jernih, pemandangannya juga sangat mengesankan. Terdiri dari dua kolam, umbul ini berada di tengah persawahan, yang menghadirkan suasana yang asri dan alami. Mata air yang jernih juga menjamin pengunjung yang bermain di umbul ini akan merasakan kesegaran. Ditambah dengan sejumlah balon apung yang unik, kamu bisa berfoto untuk menambah akun Instagram kamu.

Lokasi: Jatirejo, Sidowayah, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
Harga tiket: 5,000 IDR per orang

5. Umbul Kapilaler yang natural banget

Image credit: @irfankamaluddin74

Ingin berendam di destinasi wisata air yang asyik di Klaten, Umbul Kapilaler bisa menjadi jujukan kamu. Tidak hanya airnya yang segar, tapi juga lokasi umbul yang juga keren dan berkesan natural. Ingin menambah keseruan? Silakan menyelam dan melihat langsung dasar umbul yang dipenuhi dengan akar pohon yang tiada duanya.

Lokasi: Dk, Umbulsari, Ponggok, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
Harga tiket: 3,000 IDR per orang

6. Umbul Ponggok yang populer

Image credit: @umbul_ponggok

Umbul Ponggok menjadi destinasi wisata paling ngehits di Klaten dalam beberapa tahun terakhir. Pemandangan bawah air yang unik menjadi alasannya. Kamu bisa nonton televisi, bersepeda, mengendarai motor atau ‘bersekolah’ dan beragam kegiatan lainnya. Menarik kan?

Lokasi: Jl. Delanggu- Polanharjo No.Ds, Jeblogan, Ponggok, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
Harga tiket: 15,000 IDR per orang

7. Umbul Cokro yang instagenik

Image credit: @gtumes

Siapa sih yang tidak suka bermain air? Apalagi jika airnya cukup dingin dan menyegarkan! Belum lagi nuansa dan atmosfernya yang juga asyik untuk menikmati hari. Di mata air Cokro, Klaten, kamu bisa mendapatkan ‘kemewahan’ itu dan menikmati kesegaran, yang pastinya akan menyegarkan hati dan pikiran kamu yang sedang kalut.

Lokasi: Area Sawah, Cokro, Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
Harga tiket: 7,500 IDR per orang

8. Umbul Manten yang ngetren

Image credit: @taufiqis_

Mau bagaimana lagi, berselfie di Umbul Manten adalah keharusan. Selain menjadi spot yang asyik bermain air, umbul yang berlokasi di Klaten ini begitu Instagenik. Namun jika kamu ingin lebih memahami sejarah umbul ini juga boleh saja, karena ada informasi historis yang panjang dan menarik untuk dinikmati.

Lokasi: Jalan Janti Boto, Boto, Wunut, Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
Harga tiket: 8,000 IDR per orang

Baca juga:  24 Destinasi Wisata Di Solo Dan Sekitarnya Yang Bisa Membuatmu Melupakan Jogja

Dari daftar di atas, destinasi wisata Klaten yang mana yang paling ingin kamu kunjungi?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru