Tempat Wisata Alam Di Pekalongan Yang Menarik Dikunjungi

Sebagai sebuah kota di Jawa Tengah, tempat wisata di Pekalongan tidak kalah menarik dengan kota-kota lainnya. Alam yang indah di Pekalongan adalah mutiara tersembunyi yang menunggu untuk kamu temukan. Mulai dari pantai, air terjun hingga bukit semuanya ada di sini. Keindahan matahari terbit hingga terbenam akan semakin berkesan disaksikan dari lokasi-lokasi yang instagramable ini. Kamu dapat memilih tempat wisata alam di Pekalongan mana yang ingin kamu kunjungi dari referensi TripZilla di bawah ini, atau malah kamu ingin mengunjungi semuanya?

1. Menyusuri Pantai Slamaran Indah dengan legendanya yang penuh misteri

Image credit: Badan Promosi Wisata Kota Pekalongan

Pantai Slamaran ini tidak terlalu ramai dan lokasinya dekat dengan alun-alun kota Pekalongan. Saat yang paling asyik untuk nongkrong di sini adalah ketika matahari terbenam. Kamu bisa menikmati indahnya cahaya matahari yang memerah dari tepi pantai ini.

Image credit: Badan Promosi Wisata Kota Pekalongan

Pantai Slamaran pun kental dengan legenda mengenai Dewi Rara Kuning alias Dewi Lanjar. Dikisahkan suami Dewi Rara Kuning meninggal beberapa hari setelah menikah sehingga sang dewi kemudian disebut Dewi Lanjar karena ditinggalkan saat baru menikah dan belum mempunyai anak. Hingga kini, kalau ada anak-anak hilang di Pantai Slamaran, maka masyarakat umumnya menganggap anak-anak itu dibawa oleh Dewi Lanjar. Percaya atau tidak, tapi legenda ini mengingatkan kita untuk selalu hati-hati saat berkunjung ke pantai dan menjaga lingkungan, ya!

Alamat: Krapyak Lor, Pekalongan Utara, Pekalongan, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 3,000 IDR

2. Bermain air dan berbagai wahana di Pantai Pasir Kencana

Image credit: Badan Promosi Wisata Kota Pekalongan

Buat kamu yang ingin mencoba banyak hiburan di satu tempat, bisa mengunjungi Pantai Pasir Kencana ini. Ombaknya cukup besar sehingga kurang cocok untuk berenang. Pantai ini disebut juga sebagai Pantai Boom dan memiliki berbagai wahana yang bisa kamu jajal bersama keluargamu.

Image credit: Badan Promosi Wisata Kota Pekalongan

Jika ingin menyusuri keindahannya secara total, kamu bisa mencoba naik kapal. Kamu juga bisa duduk-duduk bersantai sambil memancing di area yang tersedia. Ada juga tempat bermain kalau kamu datang bersama anak atau saudaramu yang masih kecil. Jadi tidak akan bosan kalau datang ke sini karena banyak hal yang bisa kamu nikmati!

Alamat: Jalan Pantai, Wonokerto, Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Pekalongan, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 2,000 IDR

3. Berendam di Curug Bidadari yang adem

Penampakan Curug Bidadari ini secantik namanya sehingga perlu kamu kunjungi saat berada di Pekalongan. Nama Curug Bidadari berasal dari keyakinan masyarakat bahwa di saat-saat tertentu pada malam hari, ada seorang putri yang mandi di curug ini. Ada pula yang meyakini bahwa jika anak yang sedang rewel dibawa ke sini maka akan melihat pelangi di curug dan seorang bidadari turun sehingga anak itu tidak rewel lagi.

Di tempat wisata di Pekalongan ini ada kolam yang terbentuk dari lima ceruk aliran air sehingga kamu bisa berendam sambil menikmati pemandangan yang asri. Kalau kamu mahir berenang dan ingin menantang diri, kamu bisa terjun dari salah satu tebing yang mengapit Curug Bidadari. Seru dan mengasyikkan, namun jangan sampai mengabaikan faktor keamanan, ya!

Alamat: Jolotigo, Talun, Pekalongan, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 3,000 IDR

4. Menikmati Curug Bajing yang indah dengan arus deras

Image credit: Wikimedia

Curug yang indah ini adalah salah satu destinasi yang populer di Pekalongan. Akses jalan menuju ke Curug Bajing sudah bagus dan panorama curug yang terletak di lembah ini akan memikat matamu. Air terjun setinggi 75 meter ini memang keren tapi karena arus airnya yang deras dan kolam yang dalam, kamu tidak boleh berenang di sini ya!  Dari jauh saja, curug yang terletak di kaki Gunung Rogojembangan ini sudah kelihatan instagramable banget.

Letak Curug Bajing yang berada di dalam hutan lindung membuat kamu berkesempatan melihat owa jawa yang bergelantungan di pohon juga, lho! Tidak perlu khawatir karena hewan ini tidak berbahaya. Kalau kamu ingin mengisi perut, di Curug Bajing sudah ada warung yang menjajakan makanan kecil. Dijamin gorengan yang kamu makan akan terasa lebih enak di sini!

Alamat: Tlogopakis, Petungkriono, Pekalongan, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

5. Memanjakan mata dengan hijaunya panorama Perkebunan Teh Pagilaran

Image credit: Wikimedia

Wisata kebun teh bisa jadi pilihan menarik untuk kamu yang gemar jalan santai atau pendakian ringan. Udara sejuk dan hijaunya tumbuhan akan segera membuatmu rileks dan nyaman. Selain berjalan-jalan, kamu juga dapat menemukan berbagai aktivitas lain di Perkebunan Teh Pagilaran ini. Kalau kamu datang pada pagi hari sekitar pukul 05.00 WIB hingga pukul 06.00 WIB, kamu bisa mencoba memetik teh. Perpaduan sejuknya udara dengan cantiknya matahari pagi yang baru muncul pasti akan bikin harimu berkesan banget! Kalau kamu nggak ingin jauh-jauh dari nyamannya kebun teh ini, kamu bisa menginap di wisma yang masih terletak di dalam kawasan wisata. Tertarik?

Alamat: Jalan Botosari, Paninggaran, Pekalongan, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 18.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

6. Berburu foto keren dan uji nyali di berbagai wahana di Watu Ireng

Jika kamu menyukai aktivitas menantang dan pemandangan yang keren, kamu perlu datang ke Watu Ireng. Kenakan pakaian yang nyaman untuk melindungimu dari sinar matahari yang terik di sini. Berbagai wahana seperti hammocking, rapeling, panjat tebing atau kursi gantung menanti untuk kamu jajal. Kamu bisa menatap hamparan hutan pinus, hutan karet dan sawah dari ketinggian sembari menikmati terpaan angin. Semua wahana di sini sudah dilengkapi dengan alat pengaman dan juga pemandu. Aman, seru dan dapat bonus pemandangan indah lagi!

Alamat: Lambur Watu Ireng, RT.21/RW.7, Kandangserang, Pekalongan, Jawa Tengah
Jam Buka: Senin, Selasa, Kamis pukul 08.00 WIB – 17.00 WIB, Rabu pukul 08.00 WIB – 17.30 WIB, Jumat pukul 08.00 WIB – 11.00 WIB, Sabtu – Minggu pukul 08.00 WIB – 16.30 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 8,000 IDR

7. Temukan kesegaran yang tidak jauh dari pusat kota di Curug Madu

Nama tempat wisata di Pekalongan ini berasal dari pepohonan yang tumbuh di sekitarnya. Jika sedang berbuah, setelah memakan buahnya kemudian minum air dari curug, maka akan timbul rasa manis seperti madu dalam mulut. Namun kalau saat kamu datang pepohonan sedang tidak berbuah, kamu tetap bisa punya kenangan manis karena pemandangan yang cantik di curug ini. Curug Madu memang tidak tinggi, tetapi kombinasi bebatuan, curug dan kolam yang ada membuatnya terlihat instagramable. Datanglah saat musim penghujan dan kamu akan puas menikmati derasnya air yang mengalir! Apalagi kalau kamu datang tidak terlalu siang, maka sejuknya air dan angin akan membuatmu betah berlama-lama di sini.

Alamat: Lemahbang Lor, Lemah Abang, Doro, Pekalongan, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

8. Menjelajahi kawasan Obyek Wisata Linggo Asri yang sejuk dengan berbagai hiburan

Image credit: Obyek Wisata Linggo Asri

Perjalanan menuju ke Obyek Wisata Linggo Asri akan membuatmu nggak bosan-bosan untuk melihat ke luar jendela. Pemandangan pepohonan pinus dan karet ditambah dengan kontur jalan yang meliuk-liuk terlihat enak dipandang dan sangat bernuansa pedesaan.

Image credit: Obyek Wisata Linggo Asri

Setibanya di tempat wisata alam di Pekalongan ini, kamu akan menemukan berbagai atraksi menarik seperti kebun binatang mini, taman bermain anak-anak, kolam renang, kolam pemancingan, taman bunga, outbound, area berkemah dan spot untuk berfoto ria. Bonus kalau kamu datang saat diadakan upacara tradisi, kamu bisa ikut menyaksikan berbagai upacara seperti syawalan dan sedekah bumi. Ini karena masyarakat masih menjaga keberlangsungan adat di sana. Adem banget deh lihatnya!

Alamat: Yosorejo, Linggoasri, Kajen, Pekalongan, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 6,000 IDR

9. Bersantai menikmati riak sungai di Bengkelung Park

Image credit: BENGKELUNG PARK

Bengkelung Park ini cocok dikunjungi bersama keluarga karena akses jalan yang terbilang mudah dan atraksinya yang pas untuk bersantai-santai. Dikelola oleh warga desa, di saat-saat tertentu setelah membayar tiket, kamu bisa mendapatkan lepet. Lepet sendiri adalah makanan tradisional dari beras ketan dan kacang. Setelah masuk, kamu perlu berhati-hati karena bebatuan di sini cukup licin. Kamu bisa membawa pelampung untuk mengarungi sungai atau bersepeda. Kalau gemar berfoto, maka jembatan bambu di atas sungai juga bisa menjadi pilihan tempat berfoto yang menarik.

Alamat: Kebun, Sidoharjo, Doro, Pekalongan, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 16.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

10. Berperahu sambil melihat pembibitan bakau di Mangrove Park

Image credit: Portal Berita Pemerintah Provinsi Jawa Tengah

Mangrove Park ini berisi segala hal yang berkaitan dengan tanaman bakau. Tidak cuma melihat dari kejauhan, kamu juga bisa mencoba berperahu mengitari lokasi pembibitan bakau dan mengamati berbagai jenis pohon bakau yang ada. Beberapa fasilitas lain yang ada di sini yaitu perpustakaan, kolam sentuh bakau, galeri, gardu pandang dan tempat pemancingan ikan. Kawasan seluas 5 hektar ini masih dalam pembangunan dan luas totalnya direncanakan mencapai 90 hektar. Jika ingin suasana yang teduh, kamu bisa datang pada sore hari. Selain terhindar dari panas matahari, semburat langit senja juga akan membuat acara jalan-jalanmu makin nyaman.

Alamat: Kandang Panjang, Pekalongan Utara, Pekalongan, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 18.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 4,000 IDR

11. Berkemah di kawasan Puncak Tugu Petungkriyono yang eksotis

Tempat wisata di Pekalongan ini sebenarnya adalah puncak dari Pegunungan Kendeng. Disebut Puncak Tugu karena terdapat Tugu Trianggulasi peninggalan Belanda dari abad ke-18 sebagai penanda. Kamu akan puas menyapukan pandangan ke kota Batang dan Pekalongan dari ketinggian 2,117 mdpl  di sini. Selain itu, kamu juga dapat melihat pemandangan Gunung Slamet, Gunung Kendalisodo dan Gunung Rogojembangan. Ketinggian tempat ini menuntut stamina yang baik sehingga kamu perlu mempersiapkan diri jika ingin berekreasi ke sini. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan dengan membawa turun lagi sampahmu setelah selesai menikmati keindahan alamnya ya!

Alamat: Sikucing, Yosorejo, Petungkriono, Pekalongan, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 7,000 IDR

12. Memandang kabut di Telaga Sigebyar Mangunan yang instagenik

tempat wisata pekalongan
Image credit: @hellocills (kiri), @fadhil5002 (kanan)

Telaga yang dulunya dinamakan Telaga Mangunan Petungkriyono ini baru diresmikan pada tahun 2019. Terletak di ketinggian sekitar 2,000 mdpl, bersiaplah disambut udara sejuk dan kabut yang menyelimuti saat kamu tiba di sini. Ketenangan air telaga dan bukit-bukit hijau yang mengelilinginya akan membuatmu betah memandangnya berlama-lama. Kalau nggak mau hanya duduk-duduk di sini, kamu dapat mencoba berperahu kayak mengelilingi danau. Untuk pengalaman yang lebih maksimal, datanglah saat musim hujan karena telaga ini dapat mengering di musim kemarau.

Alamat: Tlogohendro, Petungkriono, Pekalongan, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

13. Mencoba keseruan arung jeram di Desa Lolong

tempat wisata pekalongan
Image credit: @sstyo_

Di Desa Lolong, asrinya pemandangan menjadi pemanis dari daya tarik utamanya yaitu arung jeram. Arung jeram yang dilakukan di Sungai Sengkarang ini juga cocok untuk pemula dan kamu akan didampingi pemandu untuk menjamin keamananmu. Kamu dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti arung jeram selama sekitar dua jam dengan jarak berkisar antara 9 kilometer hingga 12 kilometer. Selain arung jeram, kamu juga dapat melakukan tubing, outbound dan berkemah. Jika berkemah, kamu bisa lebih lama menikmati keindahan di tempat wisata di Pekalongan ini, lho!

Alamat: Desa Lolong Kec.Karanganyar, Pekalongan, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 15,000 IDR

14. Sambut matahari terbit di Puncak Anjir, Kaliboja

Dengan ketinggian sekitar 1,400 mdpl, Puncak Anjir ini cocok untuk kamu yang ingin mendaki tipis-tipis. Meskipun tidak terlalu tinggi, namun pemandangan yang dapat kamu peroleh dari Puncak Anjir ini nggak mengecewakan. Puncak Anjir bermakna puncak tertinggi dan dari sini kamu dapat menyapukan matamu melihat panorama Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Slamet dan Gunung Rogojembangan. Bayangkan betapa megahnya berdiri di tengah gunung-gunung tinggi tersebut! Kamu dapat berkemah juga karena tersedia camping ground di pos 3, namun tidak diizinkan berkemah tepat di puncak karena tendamu bisa tertiup angin yang kencang. Jadi berburu matahari terbit juga makin mudah dan nyaman untuk dilakukan!

Alamat: Kaliboja, Paninggaran, Pekalongan, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

15. Seseruan bermain air di Welo Asri

Jalan-jalan berfoto sambil selfie? Bisa kok dilakukan di sini. Tapi jika sudah tiba di Welo Asri, jangan sia-siakan kesempatan untuk ikut bermain di airnya yang jernih dan sejuk. Ada berbagai wahana yang bisa dicoba seperti tubing, body rafting atau susur sungai. Untuk susur sungai, ada dua pilihan trek yaitu trek pendek dengan jarak 80 meter dan trek panjang dengan jarak sekitar satu kilometer. Ada pula wahana flying fox bagi kamu yang menyukai ketinggian. Pendeknya, banyak hal yang bisa kamu lakukan di Welo Asri ini dan dijamin seru!

Alamat: Hutan, Kayupuring, Petungkriono, Pekalongan, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 15.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 3,000 IDR

16. Isi waktu dengan kemping ceria di Bukit Pawuluhan

tempat wisata pekalongan
Image credit: Nadea Istiqomah

Bukit Pawuluhan adalah salah satu tempat wisata alam di Pekalongan yang asyik untuk berjalan-jalan santai. Kecuali jika datang di musim hujan, yang membuat jalanan bukit akan menjadi licin dan kamu perlu berhati-hati. Namun jika sudah tiba di sini, kamu akan dapat bonus panorama yang indah. Populer untuk melihat matahari terbit maupun terbenam, Bukit Pawuluhan juga punya camping ground bagi kamu yang ingin berkemah. Bukit ini tingginya sekitar 1,176 mdpl tetapi jalan ke puncaknya cukup berkelok-kelok sehingga kamu perlu menyiapkan tenaga ekstra. Tapi sepadan kok dengan pengalaman melihat eloknya sabana yang dapat disaksikan dari puncak bukit!

Alamat: Klesem, Kandangserang, Pekalongan, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

17. Menyambangi kawasan Wisata Karangsrity yang serba ada

Mau lihat bukit? Ada Bukit Karang Srity di sini. Mau lihat air terjun? Ada Curug Srity dan Curug Kutis juga di sini. Mau hiking dan berkemah di sini? Tentu saja ada camping ground yang cantik di sini karena dikelilingi pepohonan tinggi dan perbukitan. Kalau kamu datang ke sini, kamu pun bisa menemukan situs sejarah Lingga Yoni yang merupakan peninggalan dari sekitar abad ke 4 Masehi. Setelah di pagi hingga siang hari kamu puas melihat panorama yang indah, maka di malam hari kamu akan dihibur dengan pemandangan langit penuh bintang. Lengkap ya, semua ada di sini!

Alamat: Tlogopakis, Petungkriono, Pekalongan, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

18. Kolam yang luas untuk berenang di Curug Jlarang

Untuk mencapai Curug Jlarang, kamu perlu berjalan kaki melewati pematang sawah yang indah menghijau. Curug ini memiliki kolam sedalam sembilan meter yang jernih dan menggodamu untuk berenang. Kalau kamu tidak mahir berenang, tersedia penyewaan pelampung sehingga kamu nggak perlu melewatkan kesempatan berenang yang asyik di sini. Jika kamu ingin bersantai, cobalah duduk di atas bebatuannya yang besar sambil memainkan air dengan kakimu. Suara gemericik dan dinginnya air yang terasa di kulit akan bikin perasaanmu rileks seketika. Ingin mencoba?

Alamat: Hutan, Sidomulyo, Lebakbarang, Pekalongan, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 16.30 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

19. Berfoto dengan latar tingkat-tingkat sawah yang mempesona mata di Persawahan Lebakbarang

Selain terkenal karena kecantikannya, Persawahan Lebakbarang ini juga dikenal dengan parade pecing atau orang-orangan sawah. Biasanya parade ini dilakukan saat padi mulai menguning, dengan tujuan untuk mengusir hama padi. Selain parade pecing, ada juga upacara sedekah bumi sebagai ucapan syukur atas panenan. Tetapi jika sedang tidak ada acara, kamu tetap bisa puas dengan jalan-jalan mengitari persawahan ini. Selain mendapatkan udara yang segar, pemandangan di sini juga instagramable banget!

Alamat: Lebakbarang, Pekalongan, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

20. Melihat gemerlap lampu kota di Bukit Bintang Kutorojo

Kalau punya waktu senggang di sore hingga malam hari, Bukit Bintang Kutorojo bisa jadi tempat wisata di Pekalongan pilihan yang tepat untuk dikunjungi. Kamu perlu mendaki sedikit dengan jalanan yang agak terjal pada sore hari agar bisa tiba di puncak bukit pada malam hari. Sambil meregangkan kaki, kamu dapat menikmati kelap-kelip lampu kota Pekalongan yang terbentang di bawah bukit. Kalau kamu tidak mau naik turun bukit dalam satu waktu, kamu bisa berkemah juga di sini. Suasana yang romantis dan unik bikin malam harimu jadi lebih berkesan lho!

Alamat: Kutorojo, Kec. Kajen, Pekalongan, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

21. Berendam di tengah bebatuan hitam di Black Canyon

Black Canyon yang terletak di dalam kawasan hutan lindung ini jadi tujuan berlibur yang terkenal di Pekalongan. Owa jawa yang bisa kamu temukan pada saat berjalan menuju Black Canyon akan membuat suasana menjadi semakin eksotis. Setelah berjalan kaki, tanpa terasa kamu akan tiba dan pemandangan kedung atau kolam yang jernih dapat kamu temukan. Dahulu tempat ini disebut dengan Kedung Sipingit, dan terdapat dua kedung yaitu atas dan bawah. Kedalaman kedung-kedung ini berkisar antara 3,5 meter hingga 7 meter. Jika kamu datang saat musim hujan, tentu saja kedalaman kedung akan bertambah sehingga kamu harus tetap berhati-hati ya! Di kawasan Black Canyon ini, juga tersedia lokasi untuk berkemah yang menyajikan pemandangan alam nan indah.

Alamat: Kayupuring, Petungkriono, Pekalongan, Jawa Tengah
Jam Buka: Senin – Kamis pukul 09.15 WIB – 16.00 WIB, Jumat – Minggu pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

22. Bersenang-senang di Curug Lawe yang punya spot selfie

Kamu dapat menggunakan jasa ojek atau berjalan kaki saat menuju ke Curug Lawe. Meskipun lebih menguras tenaga, namun dengan berjalan kaki, kamu akan bisa melihat berbagai hal menarik di sini. Ada hammock area di tengah hutan pinus di mana kamu bisa berselonjor dengan nyaman menikmati udara yang sejuk. Ada juga spot foto Pohon Selfie yang tepat menghadap ke jurang sehingga kamu bisa mendapatkan sudut selfie yang menarik di sini. Setelah berjalan kaki, kamu perlu menaiki tangga yang cukup licin untuk tiba di Curug Lawe. Memang cukup menantang, namun ketika sudah tiba di Curug Lawe, kamu akan merasakan kepuasan tersendiri lho!

Alamat: Desa Cakrawati, Songowedi, Songgodadi, Petungkriono, Pekalongan, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

Baca juga: Kuliner Khas Pekalongan Yang Wajib Dicoba Pecinta Makanan

Banyak banget tempat wisata di Pekalongan yang menarik untuk dijelajahi, kan? Nggak cukup sebentar kalau menyusuri Pekalongan, jadi siapkan waktu supaya bisa liburan dengan puas di sini!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru