Tempat Wisata Alam Di Sumedang Yang Menawan Hati

Kalau kamu ingat dengan Sumedang, apa yang terlintas di kepalamu? Jika yang terpikir olehmu hanya tahu yang gurih, mungkin kamu perlu liburan dan menjelajahi destinasi wisata di Sumedang, karena keindahan alam di sini juga mengesankan.

Di Sumedang terdapat dua kecamatan yaitu Sumedang Utara dan Sumedang Selatan yang keindahan alamnya sama-sama enak dipandang. Mulai dari air terjun hingga pegunungan ada di sini, terutama karena sebagian besar wilayah Sumedang merupakan pegunungan. Kamu dapat melihat rekomendasi tempat wisata di Sumedang dari TripZilla di bawah ini dan mulai menyusun rencana liburan. Yuk mari dicek!

1. Mengintip keindahan yang masih alami di Curug Ciputrawangi

Image credit: @pakrw25

Jika kamu berkunjung ke curug ini, kamu bisa mendapat kejutan dari kemunculan hewan-hewan liar seperti babi hutan, monyet, macan kumbang atau landak. Hewan-hewan ini terkadang turun dari Gunung Tampomas untuk minum air. Mereka tidak akan mengganggumu, namun akan lebih baik kalau kamu tidak datang sendirian supaya tidak kaget ya! Suasana di destinasi wisata alam Sumedang ini masih terjaga dan airnya dangkal sehingga aman jika kamu ingin berenang.

Alamat: Narimbang, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

2. Curug Gorobog yang menggoda untuk didaki

Image credit: Meilani

Curug dengan tiga tingkat ini akan memanjakan matamu dengan kecantikannya. Alam sekitarnya masih asri dan masih terdapat monyet-monyet liar di pepohonannya. Jika kamu ingin berenang, kamu dapat menceburkan diri di tingkat pertamanya yang paling dekat dengan pintu masuk. Namun konon pemandangan terindah akan kamu dapatkan di tingkat kedua, yang harus kamu capai dengan sedikit mendaki. Dijamin setibanya di sini, lelahmu akan hilang dan digantikan dengan kekaguman. Tingkat ketiga paling sulit diakses dan berbahaya karena tidak diberi pengaman sehingga kamu harus ekstra hati-hati jika ingin mencapainya ya!

Alamat: Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang Jawa Barat
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

3. Ketinggian Curug Cipongkor yang memikat mata

wisata sumedang
Image credit: Udus Thea

Apabila kamu termasuk orang yang menyukai tantangan, kamu dapat mencoba berkunjung ke Curug Cipongkor. Letaknya tersembunyi dengan akses yang masih sulit, tetapi panorama curug setinggi kira-kira 30 meter ini tidak akan mengecewakan. Jalanan yang curam dan becek juga akan menemanimu ketika menuju ke curug ini. Curug ini indah namun sebaiknya tidak digunakan untuk berenang karena airnya yang bercampur lumpur. Tetapi perjalanan ke curug ini membuatnya terasa seperti hidden gem dan bisa jadi kenangan yang mengesankan untukmu!

Alamat: Desa Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang Jawa Barat
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 15.30 WIB
Harga Tiket: Gratis

4. Selfie dengan latar Curug Buhud yang unik

Image credit: Didin Dombak Gilbarco

Curug ini disebut juga dengan Niagara mini karena bentuknya yang datar dan luas. Curug Buhud memang pendek karena tingginya hanya sekitar enam meter sehingga kamu bisa naik ke atasnya untuk berfoto. Tapi tetap harus berhati-hati untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, apalagi jika debit air sedang deras. Pepohonan dan susunan bebatuan yang ada juga membuat Curug Buhud semakin instagramable lho!

Alamat: Sukatani, Tanjungmedar, Kabupaten Sumedang Jawa Barat
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 18.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

5. Curug Sabuk yang megah dan instagramable

wisata sumedang
Image credit: Riki Susanto

Untuk mencapai Curug Sabuk, kamu perlu berjalan menelusuri area hutan yang cukup rimbun. Kamu dapat menyewa jasa pemandu yang disediakan penduduk lokal agar lebih nyaman saat menelusuri area sawah, hutan pinus dan menyeberangi sungai. Di tengah jalan, kamu juga bisa menjumpai hewan liar seperti kucing hutan atau kera lho! Setelah berjalan sambil menghirup udara yang masih segar, kamu akan menemukan Curug Sabuk yang berketinggian sekitar 70 meter. Jika kamu datang saat debit air sedang deras, curug ini terlihat mengagumkan dan cantik banget untuk dijadikan latar fotomu!

Alamat: Margamekar, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang Jawa Barat
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Gratis

6. Ajak keluargamu menyusuri jalan setapak yang asri di Wana Wisata Ciburial

Image credit: Pesona Saung Ciburial

Nama tempat wisata alam di Sumedang ini berasal dari nama mata air yang ada di dekatnya yaitu mata air Ciburial. Mata air ini unik karena keluar dari dalam pasir secara vertikal sehingga tampak jernih. Di Wana Wisata Ciburial, bersiaplah menghirup udara segar yang akan dihadirkan oleh hutan pinus yang luas. Terletak di kaki Gunung Tampomas dengan ketinggian 600 mdpl, kesejukan akan terasa dan membuat acara berliburmu semakin nyaman. Di sini kamu juga dapat menjumpai kolam mata air yang indah berukuran 30×10 meter dan dijadikan tempat pemeliharaan ikan air tawar. Tempat ini sangat cocok buat kamu yang ingin menikmati keindahan alam dengan berjalan-jalan santai.

Alamat: Licin, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang Jawa Barat
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

7. Siapkan stamina untuk mendaki di Gunung Tampomas

wisata sumedang
Image credit: Gunung Tampomas

Image: gilangboril

Gunung ini terletak dalam area Taman Wisata Alam Gunung Tampomas. Memiliki ketinggian 1,684 mdpl, Gunung Tampomas memiliki sumber air panas di kaki-kakinya. Kamu dapat mendaki Gunung Tampomas lewat jalur Narimbang, jalur Buah Dua atau jalur Cibeureum. Jika ingin menikmati jalur landai dengan pemandangan hutan pinus, kamu dapat memilih jalur Cibeureum. Dibutuhkan waktu kira-kira empat sampai tujuh jam untuk tiba di puncaknya, yaitu Puncak Sangiang Taraje. Di puncak, kamu akan menjumpai lubang-lubang kawah dengan bebatuan besar dan makam yang dikeramatkan.

Alamat: Cibeureum Wetan, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

8. Gunung Gajah untuk kamu yang ingin menikmati pemandangan dari ketinggian

Image credit: ivanagustiannn

Bagi kamu yang belum pernah mendaki gunung tapi ingin merasakan sensasi berada di ketinggian, Gunung Gajah adalah tempat yang tepat. Akses ke gunung ini mudah dan kamu dapat menggunakan motor atau mobil. Letaknya hanya sekitar 20 kilometer dari pusat kota Sumedang dan kendaraan bisa kamu kendarai hingga tiba di SDN 3 Cikondang. Dari sana, kamu harus menitipkan kendaraan dan berjalan kaki melewati sawah dan perkebunan yang asri. Agar makin nyaman, kamu sebaiknya menyewa jasa pemandu lokal agar tidak tersasar. Di akhir perjalanan menuju puncak, kamu perlu sedikit mendaki untuk menikmati keindahan panorama di puncaknya. Bawa sendiri bekal makanan dan minuman karena tidak ada warung di sini, namun jangan lupa untuk membawa turun lagi sampahmu ya!

Alamat: Cikondang, Desa Batugara, Kecamatan Ganeas, Kabupaten Sumedang Jawa Barat
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

9. Nikmati birunya pemandangan di Danau Biru Situ Cilembang

wisata sumedang
Image credit: Yudha Ilham Ramdhani

Ketika cuaca sedang cerah di Sumedang, kamu tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan untuk datang ke Danau Biru Situ Cilembang. Warna biru airnya akan terlihat jelas di bawah sinar matahari dan membuat danau ini jadi instagramable banget! Berenang juga bisa dilakukan karena di area ini sudah dibuat juga kolam khusus untuk berenang bagi dewasa dan anak-anak. Setelah puas selfie dan berolahraga, kamu pun bisa mencoba fasilitas terapi ikan yang disediakan di sini.

Alamat: Hariang, Buahdua, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 16.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 15,000 IDR

10. Temukan cantiknya Danau Sunyaruri yang tersembunyi 

Image credit: Ridwan Nur Arifin

Disebut juga sebagai Cekdam Pamulihan, danau ini tenang dan memiliki pemandangan sekitar yang indah. Karena keindahannya, Danau Sunyaruri dijuluki miniatur Ranu Kumbolo di Sumedang. Awalnya, kamu mungkin akan terkejut karena danau ini terletak di tengah perbukitan. Dikelilingi pepohonan yang rindang, kamu akan merasakan kesunyian saat berada di sini. Kamu dapat menikmati ketenangan di danau ini dengan memancing, namun tidak disediakan persewaan sehingga kamu harus membawa alat pancing sendiri.

Alamat: Desa Cimarias, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 16.00 WIB
Harga Tiket: Gratis

11. Melihat suasana pedesaan yang menarik di Wisata Alam Pangjugjugan

Image credit: Wisata Alam Pangjugjugan

Kangen melihat yang hijau-hijau, kamu bisa datang ke Wisata Alam Pangjugjugan ini. Selain mata yang dibuat rileks dengan pemandangan asri, di sini juga terdapat berbagai fasilitas yang bisa dinikmati. Sebut saja flying fox, kolam renang, kolam terapi ikan, permainan egrang dan bakiak, becak mini atau berperahu. Cocok jika kamu ingin mengajak anak-anak berwisata ke sini karena selain disuguhi alam yang indah, juga terdapat unsur edukatif. Dengan area seluas delapan hektar, tempat ini akan jadi destinasi wisata keluarga yang pas untukmu.

Alamat: Kampung Babakan Anjun, Desa Cilembu, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 16.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

12. Kemping ceria yang seru di Agrowisata Kampung Nangorak

Image credit: Nangorak Camp Camping Ground

Jika merasakan perjalanan menanjak saat menuju tempat ini, kamu dapat membayangkan cantiknya panorama perbukitan yang akan kamu peroleh. Bukit Nangorak ini sangat sesuai untuk lokasi kemah sehingga kamu bisa mencoba mengagendakan kemping ceria di sini. Dijamin akan benar-benar ceria berkat udara sejuk dan bentangan bukit-bukit hijau yang terhampar. Selain itu, peristiwa matahari terbit atau terbenam akan jadi istimewa jika kamu saksikan di Bukit Nangorak. Setelah matahari terbenam pun, kelap-kelip lampu kota Sumedang akan jadi hiburan yang mencerahkan malammu. Boleh banget nih dicoba!

Alamat: Desa Margamekar, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 1,000 IDR

13. Menikmati arung jeram di kawasan Pangcalikan yang menguji nyali

Jangan meremehkan arung jeram di sini karena medannya cukup menantang dengan sungai yang diapit dua tebing batu. Dikategorikan dalam tingkat dua, arung jeram Pangcalikan ini bisa juga dilakukan oleh kamu yang masih pemula. Asal nama Pangcalikan adalah dari lokasi yang konon merupakan tempat duduk-duduk bagi para raja Sumedang dan keluarganya. Dalam bahasa Sunda, kata duduk disebut calik dan dari sanalah muncul kata Pangcalikan. Air yang jernih dan kerimbunan pepohonan di sekitarnya akan menambah keasyikan berarung jeram di sini lho!

Alamat: Sungai Cipeles, Desa Citepok, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 16.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 225,000 IDR

14. Melihat situs sejarah di Taman Hutan Raya Gunung Kunci

Gunung Kunci sendiri sebenarnya bukanlah gunung asli, tetapi merupakan bunker Belanda yang tertimbun tanah. Bunker ini tampak seperti gundukan sehingga disebut gunung oleh masyarakat setempat. Pada jaman dahulu, bunker ini adalah tempat menyekap tawanan selain juga dimanfaatkan untuk pertahanan. Nuansa tua yang ada membuat bunker ini terlihat keren dan instagramable lho! Selain melihat bunker, kamu juga dapat berjalan mengelilingi bukit untuk menikmati lingkungan sekitarnya yang asri.

Alamat: Kotakulon, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 16.30 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

15. Menikmati lanskap Sumedang lewat olahraga paralayang di Bukit Batu Dua

Ingin melihat pemandangan Sumedang dari sisi yang tidak biasa? Cobalah olahraga paralayang yang tersedia di Bukit Batu Dua! Olahraga ini termasuk ekstrim sehingga tentunya ada syarat-syarat kesehatan yang perlu kamu penuhi. Saat berada di ketinggian, kamu dapat melihat juga air di Waduk Jatigede yang biru. Lewat paralayang, kamu dapat mencapai ketinggian hingga lebih dari 1000 mdpl. Akses ke tempat wisata alam di Sumedang ini pun sudah baik sehingga kamu tidak perlu susah payah untuk bisa menikmati keindahan di Batu Dua.

Alamat: Jl. Batu Dua, Linggajaya, Cisitu, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat
Jam Buka: Setiap hari, 10.00 WIB – 16.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 150,000 IDR

Baca juga: 18 Destinasi Wisata Di Sukabumi Yang Keren, Ngehits Dan Instagrammable

Keindahan tempat wisata alam Sumedang tidak kalah menarik dengan kota-kota lainnya, kan? Mungkin di sesi liburan berikutnya, kamu bisa menuju ke Sumedang dan menikmati setiap keseruan wisata di sini.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru