18 Destinasi Wisata Di Sukabumi Yang Keren, Ngehits Dan Instagrammable

Ingin mencari alternatif wisata baru selain Bandung dan Bogor, yang tidak jauh dari Jakarta? Sukabumi bisa jadi pilihan paling asyik untuk dipilih, lho! Selain jaraknya yang tidak terlalu jauh, sekitar 110 kilometer, atau bisa ditempuh dalam tiga jam perjalanan darat dari Jakarta, destinasi wisata di Sukabumi juga keren abis.

Pelabuhan Ratu, air terjun hingga pantai yang asri bisa kamu temui di Sukabumi. Nuansanya juga tidak kalah asyik jika dibandingkan dengan Bandung dan Bogor, yang saat ini sudah menjadi destinasi wisata mainstream bagi warga ibukota.

Tertarik mengunjungi Sukabumi, yang juga memiliki Geopark Ciletuh, yang dinobatkan sebagai UNESCO Global Geopark? 18 destinasi wisata ini bisa menjadi hiburan yang asyik untuk dikunjungi di sesi liburan kamu berikutnya. Cekidot, ya!

1. Curug asyik dengan medan yang menantang – Curug Larangan

Curug Larangan menjadi salah satu destinasi wisata di Sukabumi yang tersembunyi. Aliran airnya jernih dengan tebing batu tinggi menjulang menjadi background-nya. Banyak juga tetumbuhan yang mempercantik panorama alam di sekitar curug ini.

Image credit: @abee_aries

Kemegahan curug Larangan ini juga menjadi daya tarik tersendiri. Dengan debit air yang cukup melimpah, terutama saat musim penghujan, curug di desa Girimukti ini asyik untuk dikunjungi. Curug ini juga masih masuk wilayah Geopark Ciletuh, lho!

Image credit: @derimi23

Lokasi: Cisaat, Girimukti, Padalarang, Girimukti, Ciemas, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
Harga tiket: 5,000 IDR per orang

2. Curug cantik nan eksotik – Curug Cikaso

Bagi penggemar misteri dan cerita mistis, Curug Cikaso bisa menjadi jujukan wisata kamu. Soalnya, mitos yang beredar menyebutkan curug ini ditunggui Nyai Blorong hingga Prabu Siliwangi.

Image credit: @warmanwardhani

Tapi bila melihat keindahan yang disajikan curug ini, lumrah jika ada yang bersedia menungguinya. Bukan hanya mengesankan, Curug Cikaso ini menyajikan atmosfer yang alami, sejuk dan memiliki panorama alam yang mengesankan. Keren abis!

Image credit: @muhammadsidik99

Lokasi: Desa Ciniti, Cibitung, Sukabumi, Jawa Barat
Harga tiket: 25,000 IDR untuk tiket dan tarif parkir kendaraan

3. Spot menikmati sunset yang syahdu – Pantai Cibuaya

Mencari spot untuk menyaksikan sunset di Sukabumi? Well, ada banyak pilihan, dan salah satunya di Pantai Cibuaya. Berada di kawasan Ujung Genteng, Pantai Cibuaya menawarkan pantai dengan pasir putih dan lanskap yang landai.

Image credit: @kangmasprast_

Selain itu, kamu juga bisa melihat beragam karam berbentuk unik, terutama saat air laut surut. Bermain air di sini juga direkomendasikan, mengingat pantainya cukup landai. Pertunjukan utamanya tentunya adalah sunset berwarna kemerahan yang asyik dan syahdu.

Lokasi: Ujung Genteng, Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat
Harga tiket: 10,000 IDR per orang

4. Meniti jembatan berayun terpanjang di Indonesia – Jembatan Gantung Situgunung

Ingin menguji adrenalin sekaligus menambah foto yang Instagrammable? Langsung saja menuju Situ Gunung dan meniti jembatan gantung terpanjang di Indonesia. Hasilnya dijamin keren banget!

Image credit: @ekaputragalih

Dari atas jembatan gantung ini, kamu bisa menikmati hutan damar di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dari ketinggian. Hembusan angin, udara yang segar dan goyangan jembatan gantung menambah sensasi asyik, dan juga sedikit ngeri. Hiii!

Image credit: @aji.caesar

Lokasi: Kampung Pasanggrahan, Desa Gunung  Pangrango Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat
Harga tiket: 5,000 IDR untuk masuk Wana Wisata Situ Gunung

5. Air terjun kembar yang mengesankan – Curug Sodong

Image credit: @_kopites_man

Saat tiba di lokasi, kamu akan disuguhi pemandangan dua air terjun kembar yang mengesankan. Debit air yang cukup besar, terutama di musim penghujan, menambah kemegahan curug ini.

Image credit: @akmalip

Adanya cerukan di bawah curug menambah keunikan dari destinasi ini. Belum lagi panorama alam di sekitar curug yang asri, yang pastinya akan menjadikan kunjungan kamu ke destinasi wisata di Sukabumi ini akan sangat berkesan.

Image credit: @warmanwardhani

Lokasi: Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat
Harga tiket: 3,000 IDR per orang

6. Pantai dengan keindahan alami – Pantai Karang Bolong

Image credit: @muhammadsidik99

Tidak sedikit yang menyebut pantai ini sebagai cuilan surga di selatan Pasundan. Bisa dimaklumi karena keindahan yang ditawarkan tidak terbantahkan lagi.

Image credit: @tandichasgalih

Dahsyatnya gelombang Laut Selatan berpadu dengan karang yang megah dan kokoh menghadirkan pemandangan yang keren. Asyiknya, kamu bisa menjelajahi pantainya dan menerobos karang bolong untuk sampai ke halaman depan Laut Selatan. Tertarik untuk mencobanya?

Image credit: @hidayatasep

ILokasi: Cicaladi, Sukatani, Surade, Sukatani, Surade, Sukabumi, Jawa Barat
Harga tiket: 10,000 IDR per orang

7. Keindahan di balik kengerian – Goa Kunti

Di wilayah Geopark Ciletuh, ada wilayah yang dibayangi kengerian, yaitu Pulau Kunti, yang di dalamnya terdapat Goa Kunti. Dari namanya, kamu bisa membayangkan sumber kengerian yang ada.

Image credit: @endang_sulaiman

Namun, terlepas dari itu, ada keindahan yang luar biasa di salah satu destinasi wisata di Sukabumi ini, mulai dari kealamian alam yang luar biasa, hingga lanskap bumi yang eksotik. Belum lagi beragam flora dan fauna unik yang ada di sana. Berani menghadapi rasa takutmu dan menyaksikan langsung keindahan di selatan Sukabumi ini?

Lokasi: Desa Girimukti, Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat
Harga tiket: Gratis

8. Menatap air terjun purba – Air Terjun Cimarinjung

Masih di wilayah Geopark Ciletuh, air terjun Cimarinjung menjadi salah satu destinasi wisata di Sukabumi yang harus menjadi jujukan. Kemegahannya dan kealamiannya tetap terjaga dengan panorama alam yang indah sebagai daya tarik di sekitarnya.

Image credit: @warmanwardhani

Suasana pedesaan yang masih alami juga menjadi magnet tersendiri untuk mengunjungi air terjun yang memiliki ketinggian lebih dari 50 meter itu. Debit air yang cukup melimpah dari sungai Cimarinjung membuat kamu bakal tertarik untuk bermain air sambil menikmati kesegarannya.

Image credit: @tertawalepas_

Lokasi: Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat
Harga tiket: 3,000 IDR per orang

9. Curug tiga tingkat yang Instagenik – Curug Cigangsa

Image credit: @balnyes

Tidak seperti curug lainnya yang tersebar di Sukabumi, Curug Cigangsa memiliki tiga level tingkatan dengan debit air yang relatif kecil. Namun karena hal inilah curug ini menjadi lebih Instagenik.

Image credit: @sujanasurya

Air yang ‘meleleh’ di tebing panjang yang ada mengesankan adanya tirai air di sana. Selain itu, pemandangan alami di sekitar curug menambah eksotisme air terjun ini. Kamu juga bisa bermain air dengan aman karena air yang mengalir di sana bisa dibilang sangat tenang. Asyik, kan?

Image credit: @purple13oct

Lokasi: Desa Batusuhunan, Kecamatan Surade, Sukabumi Bagian Selatan, Jawa Barat
Harga tiket: 3,000 IDR per orang

10. Bukit gendut yang imut – Bukit Teletubbies, Ujung Genteng

Di Sukabumi juga terserak bukit yang menggelembung di beberapa bagian, yang menyamai bukit tempat para Teletubbies bermain. Lokasinya berada di wilayah Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap.

Image credit: @nisrinarqa

Jika kamu ingin sekedar bersantai di sore hari, menikmati hembusan angin sejuk khas pedesaan dan mendapatkan asupan sinar matahari yang tidak terlalu kejam, sembari menikmati sejumlah gundukan tanah yang hijau, bukit Teletubbies di Ujung Genteng ini bisa menjadi pilihan yang pas untuk dipilih.

Image credit: @deriizaqi

Lokasi: Kampung Citarate, Desa Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat
Harga tiket: Gratis

11. Menikmati Sukabumi dari ketinggian – Bukit Karang Numpang

Pada momen tertentu, berada di puncak bukit ini dan menikmati pemandangan yang hijau serta bebatuan hitam di kejauhan, sensasinya dijamin sangat istimewa.

Image credit: @aditia.putra.21

Destinasi wisata di Sukabumi ini juga menjadi salah satu yang ngehits dalam beberapa bulan terakhir. Banyaknya batu karang yang terserak di perbukitan juga menjadi fenomena tersendiri untuk dinikmati, selain pemandangan kabupaten Sukabumi dari ketinggian.

Lokasi: Cibolang, Gunungguruh, Sukabumi, Jawa Barat
Harga tiket: Gratis

12. Memanjakan mata dengan hijaunya pemandangan Sukabumi – Pasir Datar, Caringin

Mata ini juga butuh vitamin, dan suplemen yang tepat untuk memanjakannya adalah dengan memberikan suguhan pemandangan yang istimewa. Salah satu vitamin yang tepat untuk mata adalah panorama Pasir Datar di Caringin.

Image credit: @asep_saprudin

Bayangkan, dari ketinggian bukit yang ada, kamu bisa melihat ladang di kaki bukit dengan hamparan hutan pinus dan cemara sebagai latar, dan semuanya berwarna hijau dengan karakternya masing-masing, tidak ada yang bisa mengalahkan pemandangan secantik ini. Maknyesss di hati!

Image credit: @asep_saprudin

Lokasi: Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat
Harga tiket: Gratis

13. Menyelami kearifan lokal kampung adat Sukabumi – Kasepuhan Ciptagelar

Desa adat di kaki gunung Halimun ini bisa menjadi destinasi wisata di Sukabumi yang anti-mainstream bagi pecinta budaya lokal. Kamu bisa melihat seperti apa kearifan lokal dari masyarakat yang masih menjunjung tinggi nilai adat dan tradisi Sunda.

Image credit: @wongabraham

Tidak hanya bisa belajar dan memahami ‘the way of life‘ warga di sini, kampung adat di Kasepuhan Ciptagelar ini juga memiliki keunikan, termasuk dari struktur dan bentuk bangunan rumah di sana. Jika beruntung, kamu juga bisa mengikuti upacara adat yang diselenggarakan di hari-hari tertentu. Menarik sekali, bukan?

Image credit: @kahfiirawan

Lokasi: Kampung Sukamulya, Desa Sinar Resmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat
Harga tiket: Gratis

14. Danau eksotik yang cantik – Danau Batu Bacan

Daerah bekas penambangan batu bisa berubah menjadi destinasi wisata yang keren, lho! Salah satu buktinya adalah Danau Batu Bacan di Sukabumi, yang kini berubah menjadi salah satu spot wisata ngehits.

Image credit: @rafliandireza

Proses terbentuknya destinasi wisata di Sukabumi yang cukup baru ini sama dengan Danau Biru Bukit Jaddih di Madura, yaitu berasal dari bekas penggalian batu yang kemudian menampung air dari curahan hujan. Yang kemudian menjadikannya unik dan eksotik adalah warna hijau pada air danau dan latar bebatuan yang membuatnya jadi Instagenik.

Image credit: @dputri__

Lokasi: Desa Bojongharja, Kecamatan Cikembar, Sukabumi, Jawa Barat
Harga tiket: Gratis

15. Curug asyik di tengah hutan tropis – Curug Cikanteh

Ingin sedikit trekking ke tengah hujan tropis untuk menemukan surga yang tersembunyi, kamu bisa mencoba rute di Geopark Ciletuh menuju ke Curug Cikanteh yang megah. Bukan hanya memiliki debit air yang besar, atmosfer alamnya juga mendukung untuk petualangan seru kamu.

Image credit: @johanesmojo

Untuk bisa mencapai curug ini, kamu harus melakukan trekking selama beberapa saat, melewati sejumlah semak dan anak sungai dalam perjalanan menanjak. Namun, sesampainya di lokasi, kamu akan mendapati cuilan surga yang nyata, dengan panorama alam yang natural dan udara yang menyegarkan.

Lokasi: Ciwaru, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat
Harga tiket: 3,000 IDR per orang

16. Menjelajahi perut bumi Sukabumi – Goa Buniayu

Siapa menyangka alam bawah bumi Sukabumi juga begitu eksotik. Jika kamu tertarik menjelajahinya, langsung saja menuju ke Goa Buniayu, goa dengan beragam bentuk stalaktit dan stalakmit.

Image credit: @elazies

Bukan hanya itu saja, bentukan aktivitas bumi lainnya seperti flow stone dan garundam juga mempercantik salah satu destinasi wisata di Sukabumi yang ngehits ini. Untuk menikmatinya, kamu bisa melakukan aktivitas caving yang cukup ekstrim. Tertarik mencoba?

Lokasi: Cipicung, Kerta Angsana, Nyalindung, Cimerang, Purabaya, Sukabumi, Jawa Barat
Harga tiket: 5,000 IDR per orang

17. Stone Garden ala Sukabumi – Karang Para

Karang Para menjadi salah satu destinasi wisata di Sukabumi yang menanjak popularitasnya. Bagi selebgram, spot ini tidak bisa dilewatkan jika liburan ke Sukabumi.

Image credit: @lenterasore

Ada banyak spot berfoto asyik, mulai dari jembatan berbentuk hati dan stone garden di sepanjang lokasi wisata. Hamparan batu karang ini juga menjadi spot yang eksotis untuk diambil gambarnya. Apalagi dengan background Sukabumi serta Pejampangan, tidak salah jika  destinasi ini menjadi cukup diminati.

Image credit: @alpinpraditya

Lokasi: Kebonmanggu, Kecamatan Gunungguruh, Kebonmanggu, Kec. Gunungguruh, Sukabumi, Jawa Barat
Harga tiket: 2,000 IDR per orang

18. Pantai tersembunyi yang istimewa – Pantai Cipanarikan

Dibutuhkan usaha dan tenaga yang cukup keras untuk bisa sampai ke Pantai Cipanarikan. Tapi dijamin setelah sampai ke lokasi, kamu akan dibuat kagum dengan semua hal yang ada di sana.

Image credit: @tayayes

Pasir putih yang halus dan bersih, muara yang cantik dengan air berwarna hijau, pantai yang luas dengan bibir pantai yang lebar, kamu bisa bebas berlarian ke sana kemari tanpa takut mengganggu orang lain. Momen paling asyik, menikmati sunset yang syahdu di sini. Tertarik berkunjung?

Image credit: @susantisucii

Lokasi: Gunungbatu, Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat
Harga tiket: Gratis

Baca Juga: 8 Destinasi Liburan Akhir Pekan Dekat Jakarta Bersama Keluarga

Punya destinasi wisata di Sukabumi lainnya yang tidak kalah keren dan Instagenik? Langsung saja share foto kamu dengan dengan #TripZillaTraveller untuk kesempatan difitur di IG Tripzilla Indonesia, ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru