Tempat Wisata Baru Di Jakarta, Dari Yang Nge-Hits Hingga Edukatif

Tempat wisata di Jakarta tidak ada habisnya untuk ditelusuri, mulai dari yang instagenik hingga kawasan edukatif yang bermanfaat untuk anak-anak. Memang, Jakarta bukan hanya kota super sibuk dengan gedung pencakar langit, pun demikian dengan tempat wisatanya, yang bukan hanya taman hiburan atau pusat perbelanjaan. Tempat wisata terus dibangun untuk dinikmati warganya. Karenanya, banyak tempat wisata baru yang menarik untuk dikunjungi di Jakarta.

Setiap tempat wisata dibangun dengan fasilitas yang lengkap, bersih dan terawat, memanjakan wisatawan yang datang untuk menikmati liburan. Aksesnya mudah dijangkau dan tentunya tidak menguras dompet terlalu dalam, dan berikut tempat wisata baru di Jakarta yang patut untuk kamu kunjungi:

1. TeamLab Future Park, wahana seni dari tangan sendiri

tempat wisata baru jakarta
Image credit: @futureparkjakarta

Tempat wisata baru di Jakarta ini berada di dalam pusat perbelanjaan, Gandaria City, yaitu destinasi yang ramah anak dan orang dewasa, sekaligus menjadi wahana hiburan untuk pecinta selfie. Berbagai ruangan dihias sedemikian rupa dengan neon berwarna-warni sehingga menghasilkan cahaya abstrak yang sangat indah. Latarnya bermacam-macam, didesain khusus oleh seniman sehingga menghasilkan bentuk-bentuk cahaya yang mengagumkan.

Image credit: @futureparkjakarta

Selain selfie, kamu juga bisa mencoba menggambar dengan media yang sudah disediakan. Menurut TeamLab Future Park, wahana yang mereka sediakan ini merupakan terapi seni untuk menenangkan pikiran meski hanya sejenak.

Image credit: @futureparkjakarta

Lokasi: Lantai 2 Gandaria City, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.
Retribusi: mulai dari 125,000 IDR

2. Berfoto kece di Terowongan Jalan Kendal

Bukan sekedar terowongan biasa, tembok setinggi lima meter ini ternyata memilliki keunikan tersendiri karena dihiasi lampu-lampu menarik, yang bukan hanya menjadi penerang untuk pengguna yang ingin ke Stasiun Sudirman, Stasiun BNI City, dan Stasiun MRT Dukuh Atas, tapi juga menghiasi terowongan karena bisa berubah warna seperti merah, ungu, hingga putih, yang menghasilkan area yang instagenik

tempat wisata baru jakarta
Image credit: decode.uai.ac.id

Sejak tahun 2019 terowongan ini sudah menyita perhatian warga Jakarta dan sekitarnya, terlebih saat ini dinding terowongan kian ramai dengan adanya lukisan-lukisan mural yang berubah gambar setiap bulannya. Saat hari-hari tertentu tak jarang ada event-event menarik yang bisa kamu kunjungi disini.

Image credit: Pemprov DKI Jakarta

Lokasi: Jl. Kendal, RT.2/RW.6, RT.2/RW.6, Dukuh Atas, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10310
Retribusi: gratis

3. Menikmati keindahan bunga matahari di BKT Cakung

Ketika sampai disini kamu mungkin tidak akan percaya bahwa disini adalah kawasan BKT (Banjir Kanal Timur). Sejak ada ratusan bunga matahari yang berkembang di sini, taman BKT Cakung mendadak jadi tempat swafoto yang viral. Kamu bisa berswafoto sepanjang hari sepuasnya dan gratis, selama tidak merusak tanaman yang ada di BKT Cakung.

Lokasi: Pinggiran aliran Banjir Kanal Timur, Cakung, Jakarta Timur.
Retribusi: gratis

4. Pelayaran mewah dengan Kapal Phinisi

tempat wisata baru jakarta
Image credit: @jakartaphinisi

Merasakan berlayar mengelilingi laut dengan kapal Phinisi menjadi andalan wisata Labuan Bajo, tapi yang tinggal di wilayah Jakarta dan sekitarnya tidak perlu jauh-jauh terbang ke Nusa Tenggara Timur untuk mendapatkan sensasi yang sama. Kamu bisa berangkat ke dermaga Baywalk Mall Pluit Jakarta untuk menaiki Kapal Phinisi De Sartika atau Kapal Phinisi De Kartini yang tak kalah mewah.

Image credit: @jakartaphinisi

Kapal Phinisi De Sartika mampu menampung 16 hingga 150 orang. Masing-masing kapal memiliki layanan dan kapasitas yang berbeda-beda, kamu bisa memilih paket khusus personal atau kelompok. Bahkan Kapal Phinisi juga menyediakan paket khusus seperti acara ulang tahun, bridal photoshoot, dan gathering di atas kapal. Paket personal biasanya akan ikut serta dengan wisatawan lain ke Kepulauan Seribu untuk menuju sunset point, atau ke salah satu Pulau di Kepulauan Seribu.

Selama 1,5 jam perjalanan menuju sunset point kamu bisa menikmati live music, hidangan restorasi yang lezat, hingga ruang santai dengan big pillow yang nyaman. Ruang yang tersedia di dalam kapal juga sangat lengkap seperti meeting room, VIP room, kamar mandi pribadi dan setiap pemesanan tiket kamu akan dikenakan biaya asuransi.

Berlayar dengan kapal Phinisi tidak akan mengecewakan, terutama bagi kamu yang senang berswafoto, karena kapal ini didesain dengan sangat epik sangat cocok bersanding dengan cakrawala dan laut lepas.

Lokasi: Dermaga Baywalk Mall Pluit, Jakarta Utara..
Retribusi: mulai dari 799,000 IDR/ pax

5. Petak 9 Glodok, Pecinan tersembunyi di Pusat Kota Jakarta

tempat wisata baru jakarta

Bukan rahasia lagi jika Glodok merupakan tempat tinggal bagi keturunan Tionghoa yang menetap di Jakarta. Kawasan ini padat dengan pertokoan yang menjajakan seperangkat benda Ibadah umat Buddha. Hanya berjarak 5 meter, kamu bisa menemukan pasar tradisional yang menjual kebutuhan makanan seperti daging sapi, ayam, sayur mayur, daging kodok, hingga babi. Petak 9 Glodok juga menjadi kawasan yang favorit bagi pecinta bahan-bahan herbal, karena tidak sedikit toko obat yang menjajakan minuman berkhasiat untuk kesehatan.

Sebagai wisatawan kamu bisa berkunjung ke Glodok untuk mencicipi kuliner ikonik yang ada disini seperti Kari Lam khas Medan, Bakmi Amoy, Cempedak Cik Lina, Rujak Shanghai Encim, hingga Bakso Adam. Semua makanan yang telah disebutkan tadi merupakan jenis makanan halal yang aman dikonsumsi bagi umat Muslim. Tapi jika kamu penasaran dengan kuliner lain, usahakan bertanya bahan makanannya terlebih dahulu.

Pencinta fotografi juga bisa berburu foto yang estetis di kawasan Petak 9 Glodok ini, pernak-pernik yang khas serta ornamen masing-masing toko akan menciptakan visual yang otentik.  Atau kalau kamu wisatawan yang senang berfoto bisa mampir ke Klenteng Tang Seng Ong Se dan Toa Se Bio. Arsitekturnya yang serba merah terlihat sangat indah berpadu dengan patung-patung umat Buddha.

Alamat: Jl. Kemenangan Raya No.40, Glodok, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11120
Retribusi: gratis

6. Menikmati citylight di Rooftop Lucy in The Sky

Image credit: @lucyinthesky

Lucy in The Sky adalah tempat hangout yang paling pas untuk kamu dan teman-teman menghabiskan waktu di Jakarta, serta merasakan atmosfer kota yang diselimuti gedung pencakar langit. Tempatnya instagenik, dan ditata dengan konsep urban garden sehingga menciptakan suasana hijau yang hidup.

Image credit: @lucyinthesky

Lounge ini menyediakan menu makanan yang beragam mulai dari Western food hingga Asian. Ragam menunya juga sangat lengkap mulai dari appetizer, dessert, makanan berat, burger dan aneka sandwich. Reservasi bisa kamu lakukan secara online atau menghubungi secara langsung.

Alamat: Fairgrounds Building, Jl. Jend. sudirman kav 52-53 No.Lot 22, RT.5/RW.3, Senayan, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12190
Harga: Menu mulai dari 30,000 IDR

7. Terbang menjadi pilot bersama Flight Experience Gandaria

tempat wisata baru jakarta
Image credit: @flightexperience_jakarta

Tempat wisata baru di Jakarta ini merupakan wahana yang dikelola oleh perusahaan asal Swedia. Letaknya berada di dalam pusat perbelanjaan, sehingga membuat suasana mall sedikit berbeda. Flight Experience Gandaria adalah mesin simulator khusus pesawat Boeing 737 sehingga setiap wisatawan bisa merasakan menjadi seorang pilot. Bahkan orang bisa merasakan seperti berada di atas ketinggian 24000 kaki. Anak-anak tidak diizinkan mengendarai pesawat, namun bisa merasakan berada di dalam pesawat dan menyaksikan orang dewasa seolah-olah mengendarai pesawat.

Selain bisa mencoba mengendarai simulator pesawat, kamu juga bisa membeli akessoris pesawat Boeing yang beraneka ragam seperti mouse, t-shirt, mug, gantungan kunci, dsb. Semua barang tersebut diproduksi secara premium dan kalau beruntung kamu bisa mendapatkannya dengan harga diskon.

Alamat: Gandaria City Mall, Shop MG-28A
Retribusi: mulai dari 990,000 IDR/ orang

8. Menyeberang dengan gaya di jembatan penyeberangan orang (JPO)

tempat wisata baru jakartaArea yang bisa kamu jadikan sebagai tempat wisata baru adalah JPO yang baru-baru ini lumayan menyita perhatian warga Jakarta dan sekitarnya. Arsitekturnya unik, instagramworthy, dan terawat dengan bersih dengan fasilitas yang tidak kalah menarik. JPO yang baru ada di beberapa titik ini sudah dilengkapi dengan khusus orang difabel, lift, dan tangga berjalan. Tidak jarang warga dan wisatawan menikmati suasana Kota Jakarta dari JPO dan atmosfer seperti inilah yang sulit kamu temukan di tempat lain di Indonesia.

Lokasi:

  • Jakarta Pusat: JPO Tubagus Angke (Perdana Kusuma), JPO Pos (Pasar Baru Busway), JPO Kyai Caringin (RS Tarakan Busway)JPO Tubagus Angke (RPTRA Kalijodo), JPO Suryopranoto (Petojo Busway)
  • Jakarta Barat: JPO Bintaro Permai (Flyover Bintaro Permai), JPO Saharjo (Menteng Pulo)
  • Jakarta Timur: JPO Warung Jati Barat (Pejaten Village), Jalan Kolonel Sugiyono,
  • Jakarta Selatan: JPO KH Mas Mansyur, JPO Lenteng Agung (Flyover Lenteng Agung-IISIP), JPO Fatmawati (RS Fatmawati)
  • Jakarta Utara: Skywalk Halte Velbak-Stasiun Kebayoran Lama,

Retribusi: gratis

9. Menikmati pemandangan hijau di Taman Bambu, Cipayung

Image credit: Mommies Daily

Area hijau yang berada di Jakarta Timur ini sangat menarik untuk dikunjungi, terutama kamu yang senang dengan pemandangan hijau. Taman Bambu Cipayung memang tidak seperti namanya, tak ada pohon bambu yang mendominasi di tempat wisata baru di Jakarta ini. Area yang memiliki luas 2,9 hektar ini bisa menjadi tempat rekreasi alternatif untuk kamu yang tidak sempat pergi keluar kota.

Di sini kamu bisa menikmati pemandangan taman yang sejuk, jogging atau berolahraga. Jika mengajak anak kecil kamu bisa mengajak mereka ke area playground untuk menikmati wahana sederhana yang sudah disediakan. Tak hanya area hijau dan tempat olahraga, disekitar taman ini terdapat kolam besar yang memanjang seperti danau. pemandangan ini sangat cocok untuk kamu yang hobi berfoto.

Alamat: Jl. Pagelarang No.11c, RT.6/RW.1, Setu, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13880
Retribusi: gratis

10. Kilas balik mobil kuno ke Hauwke’s Auto Gallery

tempat wisata baru jakarta
Image credit: @hauwkeautogallery

Huwke’s Auto Gallery adalah showroom mobil tua yang dikemas secara retro-modern yang belakangan ini sering menyita perhatian warga Jakarta dan sekitarnya. Bagi wisatawan, gallery ini sangat cocok untuk menjadi latar foto social media. terutama karena arsitekturnya yang unik dan koleksi mobil yang sangat beragam. Rata-rata usia mobil yang tersimpan disini sudah berusia 60 tahun lebih, bahkan ada pula koleksi mobil milik mantan Presiden Pertama Indonesia, Ir. Soekarno.

Mobil-mobil yang disini juga bisa disewakan untuk acara wedding, perfilman, hingga hajatan para pejabat. Biasanya di gallery ini banyak dikunjungi para fotografi untuk mengabadikan antiknya koleksi mobil yang dipamerkan disana, bahkan di Hauke’w Auto Gallery juga tersedia studio khusus untuk foto pre-wedding.

Alamat: Jalan Puri Mutiara VI No. 18B, Cipete, RT.6/RW.4, Cilandak Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan
Retribusi: gratis

11. Relaksasi sejenak di Taman Spathodea

Image credit: Housingestate.id

Obyek wisata Taman Spathodea adalah area hijau yang membentang luas sekitar 10,000 meter persegi dengan berbagai macam tumbuhan yang terpelihara dengan baik. Jika kamu pecinta flora, di taman ini akan ditemukan banyak tanaman hias yang berasal dari Afrika seperti Spathodea Campanulata, yakni tanaman bunga terompet yang bisa tumbuh hingga 24 meter. Area ini terbuka untuk umum dan memiliki suasana yang sejuk, tempat yang sangat pas untuk kamu menghabiskan sore setelah berjam-jam berkutat dengan pekerjaan di kantor. Biasanya setiap hari minggu di taman ini banyak terselenggara aktifitas menarik seperti senam lansia, atau demo memasak dari Ibu-Ibu PKK setempat. Taman ini sudah dilengkapi dengan fasilitas kebersihan seperti toilet dan kamar mandi. Rumah ibadah seperti musholla juga ada di taman ini dan selalu terjaga kebersihannya.

Alamat: Jalan Kebagusan Raya, Jakarta Selatan
Jam operasional: Setiap hari, 05.00 – 21.00 WIB
Retribusi: gratis

12. Menikmati kembaran bunga Sakura Jepang, di Taman Tabebuya

Image credit: Anandastoon

Tak perlu jauh-jauh ke Jepang untuk menyaksikan bunga-bunga cantik yang berguguran. Kamu bisa merasakan sensasinya di Jakarta Selatan tepatnya di Taman Tabebuya. Lahan seluas 9000 meter persegi ini dipenuhi dengan rumput yang hijau serta flora penghias yang beraneka ragam. Dari sekian banyak tanaman yang subur di sini, pohon bunga tabebuya yang menjadi primadona karena kemiripannya seperti bunga sakura. Kolam luas yang menyerupai danau juga turut menambah keindahan Taman Tabebuya.

Kamu juga bisa menikmati area hijau yang amat sejuk dan kalau bunga Tabebuya sedang berkemang ada baiknya kamu berfoto untuk melengkapi halaman social media. Ajaklah si kecil ke taman ini untuk bermain di wahana permainan anak atau mengikuti kelas menggambar di lahan terbuka. Selain sebagai taman rekreasi, Taman Tabebuya juga sangat friendly untuk kamu yang suka jogging karena tersedia jogging track yang mengitari taman.

Alamat: Jalan Muhammad Kafi No.1, RT.1/RW.2, Ciganjur, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12630
Retribusi: gratis
Jam operasional: Setiap hari, 7.00 – 17.30 WIB

13. Menjadi detektif di Escape Hunt Jakarta

Setelah sukses menjalankan bisnis pariwisata di Bangkok, Escape Hunt akhirnya hadir di Jakarta. Tempat wisata baru di Jakarta ini menawarkan rekreasi dengan cara yang berbeda, yaitu mengasah kemampuan menjadi seorang detektif dan merasakan serunya memecahkan kasus-kasus penyelidikan.

Pengunjung dipersilahkan untuk membeli tiket dan memposisikan diri menjadi seorang detektif di era 1900-an awal, persis seperti Sherlock Holmes. Setiap wisatawan akan dibagi menjadi beberapa kelompok dan diberi kasus yang berbeda-beda. Nuansa setiap ruangan disulap menjadi mirip seperti rumah-rumah era Victoria di London dengan furnitur klasik. Nantinya kamu akan disuguhkan snack time ala warga Inggris setelah menyelesaikan kasus.

Alamat: Jl. Kemang Raya 15 Ruko 2nd Floor, South Jakarta, Jakarta 12730 Indonesia
Retribusi: mulai dari 210,000 IDR

14. Menikmati sensasi Kota Jakarta yang nyata di Spot Budaya Dukuh Atas

Di tengah hiruk-pikuk Kota Jakarta, Spot Budaya Dukuh Atas menjadi pusat perhatian warga DKI dan sekitarnya terutama bagi pecinta skate. Area ini belum lama diresmikan oleh pemda setempat, terlihat sederhana namun instagramworthy untuk kamu yang gemar fotografi atau selfie. Tempat ini dirancang untuk segala umur dan sangat ramah untuk para skater menunjukkan skill-nya. Untuk pengunjung yang tidak suka bermain papan seluncur, bisa melihat pemandangan kota dari view deck atau sekedar bersantai sejenak.

Alamat: Jl. Jend. Sudirman No.20, RT.10/RW.20, Kb. Melati, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10230
Retribusi: gratis

15. Menghargai keberagaman di Vihara Hemadhiro Mettavati

tempat wisata baru jakarta
Image credit: @hemadhiromettavati

Rumah ibadah untuk umat Buddha ini masih tergolong baru, sehingga arsitekturnya masih sangat terlihat estetis. Vihara Hemadhiro Mettavati selalu terbuka untuk wisatawan yang ingin melihat-lihat kemegahan bangunan atau sekedar foto selfie. Keunikan dari Vihara ini adalah gaya bangunannya yang bercorak arsitektur khas Thailand dan terdapat naga emas yang menjulang di bagian tangga depan. Bangunannya terlihat megah didukung patung Buddha suci yang menjulang di bagian bawah atap, sehingga kamu tak akan kecewa hunting foto di Vihara ini. Keunikan dari Vihara Hermadhiro Mettavati adalah keberadaan Mushola di dalam kompleks, sebagai wujud penghormatan dengan memfasilitasi rumah ibadah kepada warga setempat atau wisatawan yang ingin berkunjung ke sini.

Alamat: Jl. Kapuk Raya Jl. Mawar SCB No.gang, RT.11/RW.1, Kapuk, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11720
Retribusi: gratis

16. Menggeber detak jantung di atas bianglala tertinggi se-Indonesia, J-Sky Ferris Wheel AEON Mall

Image credit: @aeonmall_jakartagardencity

Bianglala yang berada di arena AEON Mall Garden City ini terletak di rooftop pusat perbelanjaan, dan pastinya sangat menantang untuk kamu coba. Memiliki tinggi sekitar 50 meter dan terus berputar selama 15 menit membuat detak jantung kamu selalu berpacu, namun di waktu yang sama akan ada pemandangan Jakarta Timur dan sekitarnya yang sangat indah dari atas kincir ria. Sensasinya sangat menegangkan, meski dalam kondisi hujan dan penuh penumpang bianglala J-Sky ini akan terus berputar sesuai durasi dan kecepatan yang sudah ditentukan. Sekedar informasi saja bahwa bianglala J-Sky AEON Mall Garden City ini adalah yang tertinggi di Indonesia dan berhasil memecahkan Rekor MURI sejak diresmikan.

Pengelola menyediakan area khusus difabel yang nantinya akan didampingi petugas. Tempatnya juga nyaman dan mampu menampung setidaknya enam orang dalam satu gondola. Wahana ini sangat aman untuk dinaiki dewasa hingga anak-anak, bahkan jika penumpangnya memiliki tinggi tidak sampai 90 cm tidak dikenakan biaya retribusi.

Alamat: Jl. Jkt Garden City Boulevard No.1, RW.6, Cakung Tim., Kec. Cakung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13910
Retribusi: mulai dari 50,000 IDR/ orang

17. Venue asyik menikmati hasil seni di Ciputra Artpreneur

Image credit: @artpreneur

Ciputra Artpreneur adalah sebuah area khusus memamerkan benda-benda seni, hingga gedung pertunjukkan. Biasanya yang sering dibuka untuk umum setiap hari adalah museum khusus menyimpan lukisan-lukisan karya Maestro Indonesia, Hendra Gunawan. Paling tidak ada sekitar 32 lukisan dan 18 sketsa yang dibuat oleh Hendra Gunawan yang dipamerkan di setiap spot museum Ciputra Artpreneur.

Di dalam ruang museum ini juga terdapat beberapa koleksi lukisan milik pendiri Ciputra Group, Ir. Tjie Tjin Hoan, yang sudah berusia puluhan tahun. Kamu bisa merasakan emosional Hendra Gunawan dalam setiap karyanya yang berani dan vulgar terutama dalam melukiskan perempuan dalam setiap karyanya. Kondisi museumnya sangat bersih dan satu lokasi dengan Mall. Untuk sekelas lukisan maestro Indonesia era perjuangan Indonesia di zaman penjajahan Jepang, dengan fasilitas museum yang sangat bagus harga tiketnya tergolong murah namun museum ini tidak buka saat hari libur Nasional.

Alamat: Retail Podium, Jl. Prof. DR. Satrio Kav. 3-5 Ciputra World 1, RT.18/RW.4, Kuningan, Karet Kuningan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12940
Retribusi: mulai dari 30,000 IDR/ orang

Baca juga: 15 Pantai Sekitar Jakarta Ini Siap Jadi Destinasi Liburan Singkat Kamu

Semua tempat wisata baru di Jakarta sangat patut untuk dikunjungi, terutama karena kelengkapan fasilitas serta wahana terbaru yang membuat hari libur kamu makin bersemangat. Jangan lupa untuk tetap mengikuti protokol kesehatan selama masa new normal, ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru