16 Tempat Wisata Di Ciamis Yang Menawarkan View Keren Dan Aktivitas Seru

Ada apa di Ciamis? Mungkin belum banyak dari kamu yang lebih akrab dengan Pangandaran dengan pantai-pantainya. Sebenarnya Pangandaran sendiri awalnya adalah bagian dari Kabupaten Ciamis yang dikembangkan sehingga kini menjadi Kabupaten Pangandaran. Sebenarnya, Ciamis tidak hanya punya pantai-pantai yang menarik namun juga beragam jenis objek wisata lainnya.

Selain menikmati pemandangan, kamu pun dapat melakukan banyak aktivitas seru ketika berwisata di Ciamis. Tersedia pilihan untuk kamu yang gemar berfoto hingga yang suka menjajal petualangan.  Penasaran ingin berkunjung ke Ciamis? Susun dulu jadwalmu dengan rekomendasi dari Tripzilla Indonesia di bawah ini!

1. Seru-seruan bareng teman-temanmu di Sedekan River Tubing

wisata ciamis
Image credit: River Tubing Sedekan

Ingin merasakan adrenaline rush saat melihat Sungai Cileueur yang deras? Maka kamu dapat mencoba mengarunginya dengan tubing. Biar makin mantap, ajak juga teman-temanmu untuk tubing bersama!

Image credit: River Tubing Sedekan

Membuat formasi di tengah sungai menjadi hal yang mengasyikkan dari river tubing. Jika kamu datang di musim penghujan, maka jantungmu akan terasa makin berdebar karena arus sungai yang makin deras. Setelah puas berbasah-basah ria, kamu juga bisa mencoba wahana Ayun Ambing dimana kamu akan diayunkan di atas sungai dengan tali. Wow!

Lokasi: Jl. Dewi Sartika No. 67, Mekarjadi, Sadananya, Ciamis
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB -16.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

2. Wisata asyik dan melihat Ciamis dari Bukit Pangangonan

wisata ciamis
Image credit: @miradewiprasetya

Kunjungi Bukit Pangangonan dan kamu bisa menyapukan pandang melihat keindahan Ciamis dari ketinggian! Rencanakan kunjunganmu, apakah ingin melihat pemandangan pagi atau sore hari, karena akan memberikan sensasi yang berbeda untuk diabadikan. Tapi tidak hanya foto-foto cantik yang akan kamu dapatkan di sini. Pengalaman seru berolahraga paralayang juga bisa kamu rasakan lho! Aktivitas paralayang yang belum lama dikembangkan di Bukit Pangangonan akan membuat liburanmu di Ciamis semakin tidak terlupakan.

Lokasi: Dusun Baros, Desa Ciomas, Kec. Panjalu, Ciamis
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

3. Berkeliling Wisata Alam Pinus Batu Cakra Ciamis dan menikmati udara segar

wisata ciamis
Image credit: @ilektro.shop

Sudah lelah dengan udara panas yang sumpek dan ingin menyepi sejenak? Kamu dapat meluncur ke Wisata Alam Pinus Batu Cakra. Hutan pinus yang sudah ditata rapi ini menyediakan udara segar dan atmosfer damai untuk dinikmati.

Image credit: @afii.amara_

Terletak di kaki Gunung Sawal, kesejukan tempat ini cocok untuk aktivitas kemping ceria. Kalau kamu hanya punya waktu singkat, maka mengagendakan piknik di tengah pepohonan pinus juga asyik. Boleh juga membaca buku favoritmu sambil berselonjor di dalam hammock yang digoyang angin semilir. Nikmat!

Lokasi: Desa Darmacaang, Kec. Cikoneng, Ciamis
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

4. Mengalami kehidupan ala pedesaan yang bersahaja di Desa Jelat

Image credit: @indrinrlndd

Ingin melebur dengan masyarakat sekitar dan penasaran dengan berbagai rutinitas keseharian mereka? Maka aktivitas homestay dapat kamu lakukan di Desa Jelat yang termasuk desa wisata di Ciamis. Ketika memulai kehidupan di Desa Jelat, maka telingamu akan disegarkan dengan lebih banyak suara hewan-hewan di sekitarmu.  Kamu bisa membantu warga untuk memberi makan dan memanen ikan, menanam padi atau menetaskan telur ayam. Ditambah dengan keramahan penduduknya, maka wisata di Desa Jelat ini menjadi pengalaman yang juga akan memperkaya wawasanmu. Menarik, bukan?

Lokasi: Desa Jelat, Kec. Baregbeg, Ciamis
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

5. Wisata dan menyimak sejarah Ciamis di Astana Gede Kawali

Image credit: @indonesiahiddenheritage

Melancong ke tempat baru akan semakin afdol jika kamu juga menggali sejarah mengenai tempat tersebut. Di Ciamis, wisata sejarah bisa kamu lakukan dengan mengunjungi Astana Gede Kawali. Kata astana berarti makam dan gede berarti besar dalam bahasa Sunda, sehingga banyak yang menafsirkan tempat ini berisi makam dari orang-orang yang terpandang. Akan tetapi tidak hanya pemakaman yang ada di sini. Kamu juga dapat melihat kolam pemandian bagi keluarga keraton dan berbagai prasasti bersejarah. Seru lho!

Lokasi: Dusun Indrayasa, Kec. Kawali, Ciamis
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 18.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 2,500 IDR

6. Mengagumi peninggalan Kerajaan Galuh di Museum Galuh Pakuan

wisata ciamis
Image credit: @arop444

Sesuai namanya, Museum Galuh Pakuan menyimpan benda-benda peninggalan Kerajaan Galuh di Ciamis. Kamu dapat menemukan koleksi arca, perkakas dan gong pemujaan yang jumlahnya mencapai 200 buah. Bahkan kalau kamu gemar membaca, terdapat perpustakaan yang berisi buku-buku tentang kebudayaan Sunda dan Kerajaan Galuh. Meski dari luar museumnya terlihat kecil, namun di dalamnya banyak sekali sumber pengetahuan yang bisa kamu gali. Kalau kamu pencinta wisata sejarah dan budaya, pasti akan kagum dengan isi dari museum ini!

Lokasi: Jl. K. H. Ahmad Dahlan, Kec. Ciamis, Ciamis
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 16.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

7. Mempelajari kebudayaan yang unik di Kampung Kuta

Image credit: @idingbudiman

Meski namanya Kuta, tetapi kampung ini bukan berada di Bali. Kamu bisa menemukannya di Ciamis dan tempat ini dapat menjadi objek wisata budaya yang menarik. Banyak hal-hal unik yang masih dilestarikan di Kampung Kuta, misalnya berbagai pantangan yang dilakukan.

Image credit: @aminisgood

Beberapa pantangannya misalnya dilarang membangun rumah dengan semen dan dilarang mengubur jenazah di dalam kampung.  Terdengar tidak biasa, tetapi sebenarnya ada pantangan yang berfungsi untuk melestarikan lingkungan.  Senang mempelajari kearifan lokal? Maka kamu wajib menyambangi Kampung Kuta ini!

Lokasi: Desa Karangpaningal, Kec. Tambaksari, Ciamis
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

8. Puas berenang dengan latar pemandangan yang alami di Wisata Alam Cireong Park Ciamis

Image credit: @rimaimeigui

Wisata Alam Cireong Park seperti oase, di mana kamu bisa bermain air dengan latar alam yang menyejukkan.  Kamu  dapat memilih ingin mencoba pemandian sungai atau kolam renang. Ada juga kolam renang untuk anak-anak sehingga aman untuk mengajak si kecil. Pengelola sudah menyediakan fasilitas yang cukup lengkap sehingga menambah kenyamanan pengunjung. Puas bermain air, jangan lupa untuk ber-wefie-ria ya!

Lokasi: Desa Sukaresik, Kec. Sindangkasih, Ciamis
Jam Buka: Sabtu –Kamis pukul 07.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

9. Menginap sampai mencoba beragam wahana wisata seru di Jatisewu Cibungbang Ciamis

Image credit: Wisata Jatisewu Cibungbang

Jatisewu Cibungbang dengan kolam renangnya ini tidak cuma bisa dikunjungi kalau kamu ingin berenang. Mengidentikkan diri sebagai tempat wisata keluarga, ada banyak hal lain yang menarik untuk dilakukan.  Misalnya kamu bisa mencoba kebolehanmu di area panahan atau menikmati keseruan wahana outbound yang ada.

wisata ciamis
Image credit: Wisata Jatisewu Cibungbang

Kalau kamu tipe yang ingin santai, tersedia juga kedai kopi yang semakin malam akan semakin cantik berkat penerangan yang ada. Puas dan capek bermain dari pagi hingga malam sampai malas pulang? Jangan khawatir, kamu dapat menyewa vila untuk bermalam. Serba ada kan?

Lokasi: Desa Jalatrang, Kec. Cipaku, Ciamis
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 19.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

10. Mendaki untuk mendapatkan keindahan yang maksimal di Curug Tujuh Cibolang

Image credit: @indonesia_wonderful76

Tidak heran jika Curug Tujuh Cibolang menjadi curug yang terkenal di Ciamis. Tujuh air terjun yang bersanding menjadi pemandangan yang apik dan enak dipandang. Berada di lokasi yang sejuk, tubuhmu akan terasa makin segar jika sudah terkena siraman air curug.  Asyiknya lagi, kamu juga dapat berkemah karena tersedia area perkemahan yang sudah tertata rapi. Selain itu fasilitas seperti warung makan pun banyak dibuka di dalam area curug. Nyaman dan dijamin tidak akan kelaparan, siapa yang bisa menolak?

Lokasi: Desa Sandingtaman, Kec. Panjalu, Ciamis
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 18.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 7,500 IDR

11. Aneka anjungan yang wajib dicoba oleh penggemar selfie di Grand Sayang Kaak

wisata ciamis
Image credit: @lindamalik_24

Siapa di antara kamu yang hobi selfie? Kalau ke Ciamis, kamu wajib mampir ke Grand Sayang Kaak yang menawarkan anjungan cantik berlatar pegunungan dan sungai yang kece berat.  Kabut tipis yang terkadang turun justru akan menambah kesan alami di dalam fotomu. Tinggal pilih saja sisi yang menurutmu paling keren!

wisata ciamis
Image credit: gska

Selain untuk berfoto, kamu pun dapat menjajal fasilitas seru seperti mengendarai jip di medan offroad. Pastikan kamu memakai pakaian yang nyaman supaya makin asyik saat mobilmu melibas tanah berlumpur yang menantang! Ada juga flying fox yang akan menghadirkan sensasi tersendiri di tengah suasana yang asri.

Lokasi: Desa Handapherang, Kec. Cijeungjing, Ciamis
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

12. Berkemah yang selalu bisa bikin hati gembira di Puncak Puspa Camping Ground

Image credit: @ratnafatimah_63

Puncak Puspa yang terletak di kaki Gunung Sawal berketinggian sekitar 1004 mdpl. Dibalut dengan udara sejuk dan kabut tipis, kamu pasti sulit menolak godaan untuk mendirikan tenda di sini. Pakai dulu alas kaki yang nyaman sebelum mulai berjalan menuju area perkemahannya ya!

wisata ciamis
Image credit: @detojft002

Kamu dapat mengamati pemandangan yang cantik dari ketinggian dan juga berbagai tumbuhan liar yang ada. Berhati-hatilah karena ada tanaman yang bisa membuat kulitmu terasa gatal dan jangan menyalakan api sembarangan agar tidak merusak alam di sekitarmu. Kamu pun bisa berfoto di anjungan-anjungan yang ada, hasilnya dijamin keren!

Lokasi: Desa Medanglayang, Kec. Panumbangan, Ciamis
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

13. Menyusuri tebing batu untuk menikmati cantiknya Curug Gumawang

Image credit: @iwansetiawwan27

Curug Gumawang ini terlihat cantik berkat tebing batu yang menjadi latar belakangnya. Selain enak dilihat, kolam curug ini juga bisa kamu manfaatkan untuk berenang. Berketinggian sekitar 40 meter, jangan lupa untuk mengabadikan diri ketika kamu sudah tiba di lokasi. Aksesnya mudah, kamu dapat mengendarai mobil atau motor dan disambung dengan berjalan kaki sejauh kira-kira 200 meter. Pasti kamu tidak akan merasa lelah karena akan dihibur dengan pemandangan pedesaan yang asri di sepanjang jalan!

Lokasi: Desa Banjaranyar, Kec. Banjaranyar, Ciamis
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 18.00 WIB
Harga Tiket: Gratis

14. Melihat ajaibnya kabut dari spot Puncak Bangku

Image credit: @oyannasution

Kalau kamu sedang mendaki gunung, biasanya kabut adalah hal yang dihindari. Tapi di Puncak Bangku, kabut justru menjadi daya tarik yang diburu pengunjung. Sebab pemandangan alam Ciamis yang tersaji dari ketinggian malah semakin cantik jika diselimuti kabut!

wisata ciamis
Image credit: @maurizsl

Untuk “menangkap” kabut yang terkenal di Puncak Bangku, kamu perlu datang pagi-pagi. Kalau bangun kesiangan, maka kabut tersebut tentunya semakin memudar dan menghilang. Tapi jangan khawatir karena kamu pun bisa melihat kabut di sore atau malam hari, apalagi jika setelah turun hujan. Ditambah dengan udara yang dingin, suasananya akan semakin seru!

Lokasi: Desa Situmandala, Kec. Rancah, Ciamis
Jam Buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Gratis

15. Turun ke bawah derasnya air yang jernih di Curug Landung

Image credit: @tedielreal

Curug Landung alias Curug Cibodas terletak di dalam Situs Gunung Ranji, yang biasanya dikunjungi masyarakat yang ingin berwisata religi. Ternyata situs itu menyimpan keindahan alam yaitu Curug Landung yang berair jernih dan dikelilingi batu-batu berlumut. Bagi kamu yang menyukai wisata alam, Curug Landung wajib dikunjungi karena masih alami dan belum ramai oleh turis. Duduk sejenak atau berlama-lama, gemericik airnya ampuh menghilangkan penat dan menerbitkan rasa tenang di pikiranmu.

Lokasi: Dusun Cibodas, Desa Cihalarang, Kec. Cijeunjing, Ciamis
Jam Buka:  Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Gratis

16. Merenung hingga berziarah di Situ Lengkong Panjalu

Image credit: @fikrifauzig

Situ Lengkong Panjalu dengan airnya yang tenang sukses menggaet banyak wisatawan untuk datang. Kamu pun pasti tergoda untuk merasakan suasana di danau seluas sekitar 70 hektar ini.

wisata ciamis
Image credit: @mongmapa

Situ Lengkong umumnya dijadikan lokasi wisata religi karena terdapat makam keramat dari Prabu Hariang Kancana. Untuk melihat makam ini, kamu perlu menaiki perahu menuju ke pulau kecil yang ada di tengah situ. Kamu dapat memotret momen-momen menarik yang ada, tetapi jangan lupa tetap menjaga kesopanan di sini ya!

Lokasi: Kec. Panjalu, Ciamis
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

Baca juga: 13 Destinasi Wisata Di Pangandaran Yang Eksotik

Wisata ke Ciamis tidak akan membosankan karena banyak hal yang bisa dilakukan. Kunjungi bersama keluarga atau teman-teman dekatmu untuk mendapatkan quality time yang seru!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru