14 Tempat Wisata Di Kintamani Yang Sejuk Dan Mengesankan

Berlibur ke Pulau Dewata adalah saat yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang.  Siapa yang bisa menyangkal keindahan Pulau Bali? Namun sudahkah kamu menyempatkan untuk berkeliling jika sedang berwisata ke Bali? Selain Kuta, banyak lho daerah lain di Bali yang kaya dengan tempat wisata. Salah satunya adalah Kintamani yang terletak di Kabupaten Bangli. wisata kintamani

Tidak hanya terkenal dengan ras anjing Kintamani, kamu akan menemukan dataran berhawa sejuk di sini. Kintamani pun merupakan rumah dari gunung-gunung terkenal di Bali yang membuat panoramanya jadi semakin memukau.  Sebelum kamu terbang ke sana, cek dulu lokasi-lokasi wisata Kintamani rekomendasi TripZilla Indonesia ini, jangan sampai terlewat ya!

1. Mendaki demi pemandangan danau yang indah dari Gunung Batur

wisata kintamani
Image credit: @mountbatur_

Gunung Batur memang tidak setinggi Gunung Agung dengan puncaknya yang berjarak “hanya”  1717 meter di atas permukaan laut. Tetapi gunung ini sangat populer dan kamu dapat menemukan pelancong yang menyesaki puncaknya ketika matahari terbit. Apalagi yang diburu kalau bukan pemandangan Danau Batur yang indah dari ketinggian.

Image credit: @ayuutamii12 

Hingga saat ini, Gunung Batur masih dinyatakan sebagai gunung berapi aktif dan kamu mungkin bisa mencium bau belerang dari kawahnya. Hal ini justru membuat Gunung Batur menjadi semakin eksotis. Tidak perlu khawatir karena umumnya  Gunung Batur aman untuk didaki dan kamu dapat menemukan jasa pemandu dengan mudah.

Lokasi: Batur Selatan, Kec. Kintamani, Bali
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 15,000 IDR

2. Berkano atau sekedar menikmati kemilaunya permukaan Danau Batur

Image credit: @wyydyav 

Danau Batur merupakan danau terbesar di Bali yang terbentuk dari letusan Gunung Batur. Berbentuk seperti bulan sabit, kedalaman danaunya mencapai sekitar 65 meter sehingga kamu harus memperhatikan faktor keamanan ketika berkunjung ke sini.  Jika kamu ingin merasakan sensasi berbeda, coba kitari Danau Batur dengan menggunakan kano. Pasti rasanya wow!

wisata kintamani
Image credit: @dara_devii

Selain mendayung keliling danau, kamu juga dapat memancing. Carilah nelayan setempat yang dapat memberikan jasa panduan memancing agar kamu bisa segera duduk anteng menikmati udara segar sambil menanti ikan datang. Atau kalau udara sejuk bikin kamu malas bergerak, maka menjepret banyak foto bisa juga jadi aktivitas yang seru!

Lokasi: Desa Penelokan Utara, Kec. Kintamani, Bali
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WITA – 18.00 WITA
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

3. Menambah wawasan dan wisata sejarah di Museum Geopark Batur Kintamani

Image credit: @lur_nand 

Kalau kamu ingin menggali mengenai sejarah Gunung Batur, maka berkunjunglah ke Museum Geopark Batur. Kawasan gunung dan danau Batur memang telah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu global geopark yang artinya memiliki kekayaan di bidang arkeologi, geologi hingga budaya. Kamu bisa menikmati semua detilnya yang terpampang di dalam museum ini.

Image credit: @kompasmuda 

Mempunyai dua lantai, kamu dapat melihat koleksi di ruang keanekaragaman hayati, keanekaragaman budaya dan auditorium. Ruang auditorium menyediakan sejumlah film edukasi tentang gunung api. Serunya lagi, juga ada pos pengamatan yang dapat dikunjungi untuk mengamati aktivitas vulkanik Gunung Batur. Menarik!

Lokasi: Jl. Raya Penelokan, Batur Selatan, Kec. Kintamani, Bali
Jam Buka: Senin – Kamis pukul 08.00 WITA – 16.00 WITA, Sabtu – Minggu pukul 08.00 WITA – 14.00 WITA
Harga Tiket: Mulai dari 20,000 IDR

4. Menikmati hangatnya sinar matahari di Sukawana Sunrise Spot

wisata kintamani
Image credit: @ennoverawatty_

Lokasi melihat matahari terbit memang tidak boleh dilewatkan. Sukawana Sunrise Spot membuatmu bisa menikmati tidak hanya hangatnya sinar matahari tapi juga cantiknya pemandangan yang ada di sekelilingmu. Selain itu tempatnya pun sudah tertata rapi dan dilengkapi anjungan sehingga memudahkanmu untuk menemukan spot yang keren.

wisata kintamani
Image credit: @ivanapriliyansyah 

Ketika kabut pagi mulai tersibak, kamu dapat menyapukan pandangan ke hamparan perumahan dan sawah yang ada di bawah kakimu. Takut tidak bisa bangun pagi? Sewa saja akomodasi untuk camping atau glamping yang ada di sekitarnya. Jika sudah puas mengabadikan diri, kamu dapat turun untuk sarapan ke Sukawana Sunrise Cafe.  

Lokasi: Jl. Pura Penulisan – Balingkang, Desa Sukawana, Kec. Kintamani, Bali
Jam Buka: Setiap hari, 05.00 WITA – 18.00 WITA
Harga Tiket: Mulai dari 15,000 IDR

5. Wisata dan berolahraga sambil ditemani pepohonan di Gunung Abang Kintamani

Image credit: @yupurnama16_ 

Gunung lain yang juga jadi primadona di Bali adalah Gunung Abang dengan ketinggian 2152 mdpl. Bagi kamu yang sering malas berolahraga, kamu pasti tertarik untuk olahraga dengan mendaki Gunung Abang karena bakal jadi pengalaman yang asyik. Bayangkan berjalan dengan dikelilingi keasrian pepohonan dan rumput di sekelilingmu, belum sampai puncak saja pemandangannya sudah menyejukkan!

wisata kintamani
Image credit: @sandhy_zane 

Pakailah sepatu yang sesuai agar pendakianmu berlangsung dengan nyaman dan aman. Keunikan dari Gunung Abang ini adalah terdapat pura di setiap posnya. Walau jalurnya ramah untuk pemula, namun bagi kamu yang baru pertama kali berkunjung, disarankan untuk tetap menggunakan pemandu. Pendeknya, tidak akan menyesal kalau meluangkan waktu datang ke sini!

Lokasi: Desa Abangsongan, Kec. Kintamani, Bali
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 24,000 IDR

6. Menghirup udara segar di tengah pedesaan di Hutan Pinus Glagahlinggah Lestari

wisata kintamani
Image credit: @iamsteve23 

Bagi kamu yang menggemari hutan pinus, kamu dapat menyambangi Hutan Pinus Glagahlinggah Lestari yang berudara sejuk dan segar. Lokasinya mudah ditemukan karena dekat dengan rumah penduduk. Sembari berjalan kaki, kamu dapat menikmati nuansa pedesaan yang menenteramkan di sini. Dengar juga suara serangga dan kicauan burung yang sulit kamu temukan di perkotaan. Pasti akan membuat telinga dan hatimu terasa adem, pas untuk mengusir bad mood!

Lokasi: Jl. Manikliyu, Kintamani, Kec. Kintamani, Bali
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WITA – 18.00 WITA
Harga Tiket: Gratis

7. Berjalan kaki sepanjang jalur yang menarik ke Puncak Indrakila Trunyan

Image credit: @yogiw666 

Puncak Indrakila juga disebut sebagai Puncak Bukit Trunyan dan memiliki dua jalur pendakian. Salah satu yang populer adalah dimulai dari Desa Trunyan yang terkenal dengan tradisi penguburan yang unik. Sebelum mendaki bukit ini, boleh juga nih berwisata dulu keliling Desa Trunyan!

Image credit: @nakmengwi 

Punya tinggi 1800 mdpl, pemandangan apik akan menjadi bonus setelah kamu mencapai puncak bukit. Kamu bisa leluasa melihat pemandangan Gunung Agung, Gunung Batur dan Gunung Abang yang memikat. Untuk pengalaman yang maksimal, tersedia juga area perkemahan untuk kemping ceria. Pasti ceria jika alamnya seindah ini kan?

Lokasi: Jl. Trunyan, Terunyan, Kec. Kintamani, Bali
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 125,000 (sudah termasuk jasa pemandu dan peralatan)

8. Berendam untuk menghilangkan lelah di Toya Devasya Hotspring Waterpark & Camping Ground

Image credit: Toya Devasya Bali

Banyak pemandian air panas di Kintamani dan salah satu yang kondang adalah Toya Devasya Hotspring Waterpark & Camping Ground. Kolam air panas yang langsung berbatasan dengan Danau Batur menjadi daya tarik utama di sini. Kamu akan merasakan pegal-pegal hilang berkat sentuhan air panas di tubuhmu sambil menikmati hembusan angin khas pegunungan.

Image credit: Toya Devasya Bali

Tidak hanya menyediakan fasilitas pemandian air panas, kamu pun bisa memesan fasilitas berkemah yang seru atau menyewa vila bergaya minimalis. Toya Devasya juga menyediakan fasilitas olahraga air seperti jetski hingga flyboarding. Selain itu, ada petualangan di medan offroad sambil mengendarai jip mengelilingi kaldera Gunung Batur yang tidak kalah asyiknya untuk memompa adrenalinmu.

Lokasi: Jl. Puri Bening, Toya Bungkah, Kec. Kintamani, Bali
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WITA – 21.00 WITA
Harga Tiket: Mulai dari 100,000 IDR

9. Wisata religi yang eksotis di Pura Segara Ulun Danu Batur Kintamani

wisata kintamani
Image credit: @nindyaserlinasandy

Pura yang lokasinya dekat dengan Gunung Batur ini seringkali tampak berselimut kabut. Hal ini justru membuat pemandangan menjadi semakin eksotis dan cantik untuk dilihat. Banyak upacara religi yang diadakan di Pura Segara Ulun Danu Batur ini dan jika beruntung kamu juga bisa menyaksikannya. Mengabadikan upacara religi akan jadi aktivitas yang seru di sini tapi hati-hati agar kamu tidak mengganggu prosesinya ya!

wisata kintamani
Image credit: @marthhamez 

Selain pura, kamu juga akan menemukan Candi Bentar dan beragam bangunan lain dengan detil yang mengagumkan. Kamera tidak boleh lupa disiapkan karena dijamin kamu bakal ingin mengambil foto sebanyak-banyaknya. Jangan lupa bahwa untuk memasuki kawasan pura, ada beberapa norma adat yang perlu dipatuhi misalnya wajib mengenakan sarung atau rok panjang dan berpakaian sopan.

Lokasi: Jl. Pendakian Gn. Batur, Batur Tengah, Kec. Kintamani, Bali
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WITA – 18.00 WITA
Harga Tiket: Mulai dari 35,000 IDR

10. Membersihkan diri ala Bali di Tirta Pancoran Solas Pura Pelisan

Image credit: @ndy_pratama

Tirta Pancoran Solas yang ada di Pura Pelisan menjadi lokasi yang banyak dikunjungi untuk melukat, yaitu membersihkan diri untuk menyucikan pikiran. Air yang ada terasa hangat dan kamu bisa menatap panorama Danau Batur yang mengagumkan dari sini. Hanya dengan berkunjung saja, kamu akan bisa merasakan atmosfer damainya.

Image credit: @desykrisma 

Terdapat dua tingkat pancuran di sini, di mana tingkat atas adalah pancuran untuk upacara dan di tingkat bawah adalah pancuran untuk pembersihan spiritual atau melukat. Jika kamu berkunjung di waktu-waktu tertentu, tempat ini akan ramai oleh warga yang ingin melukat. Berkat pemandangannya yang indah, bahkan warga Bali di luar Kintamani banyak yang berkunjung ke sini, lho!

Lokasi: Jl. Kedisan, Kec. Kintamani, Bali
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WITA – 17.00 WITA
Harga Tiket: Gratis

11. Mempelajari adat-istiadat yang unik di Desa Wisata Bayunggede Kintamani

Image credit: @chyaaa.21 

Sudah berkali-kali ke Bali tapi tidak banyak mengenal budaya Bali? Kalau ya, maka saatnya kamu berkunjung ke Desa Wisata Bayunggede. Desa yang masih menjalankan budaya Bali kuno yaitu Bali Aga ini dapat membuatmu kagum dengan warisan tradisinya yang unik. Jadi selain bisa melihat bangunan dan alamnya yang cantik, wawasanmu juga akan bertambah. Belajar sejarah di sini dijamin tidak akan terasa membosankan!

Lokasi: Desa Bayunggede, Kec. Kintamani, Bali
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

12. Eloknya Desa Penelokan Kintamani yang punya banyak atraksi wisata

Image credit: @turahoka 

Desa Penelokan dengan perkebunan jeruk dan kopinya memang elok untuk dipandang. Lokasinya di tepi kaldera Gunung Batur sehingga kamu bisa leluasa menikmati pesona gunung hingga danau di depan matamu. Desa Penelokan sudah punya fasilitas restoran dan tempat menginap, sehingga kamu dapat menyeruput kopi panas di spot yang kece seperti ini.

Image credit: @idbagusyoga 

Apabila kamu gemar melihat matahari terbit, maka Desa Penelokan adalah lokasi yang tepat. Bila langit cerah, kamu bahkan bisa melihat puncak Gunung Rinjani dari sini. Selfie atau wefie jadi agenda wajib karena tiap sudut desa keren dan fotogenik banget!

Lokasi: Desa Penelokan, Kec. Kintamani, Bali
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 15,000 IDR

13. Serasa berada di atas awan ketika ada di Pinggan Sunrise Spot

wisata kintamani
Image credit: @putridecia 

Desa Pinggan dijuluki sebagai desa di atas awan karena lokasinya yang berada di dataran tinggi dan ketika kabut turun, maka kamu akan benar-benar merasa seperti terbang di atas gumpalan awan. Cukup siapkan baju hangat yang keren dan kamu akan siap menjelajah setiap sudutnya yang sangat instagrammable.

wisata kintamani
Image credit: @cnlulaby 

Tempat yang digemari banyak pelancong adalah Pinggan Sunrise Spot di mana kamu dapat melihat semburat sinar matahari pagi yang luar biasa sebelum muncul sempurna menyinari desa di bawahnya. Sebaiknya kamu sudah siap di sunrise spot sekitar pukul 05.30 WITA agar tidak ketinggalan momen singkat yang berharga itu. Masih ngantuk? Dijamin kantukmu langsung hilang setelah diterpa sinar matahari paginya!

Lokasi: Desa Pinggan, Kec. Kintamani, Bali
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

14. Duduk santai di tengah aliran air yang sejuk di Air Terjun Langgahan

Image credit: @kartdew

Air Terjun Langgahan atau disebut juga Air Terjun Pelisan ini mempunyai aliran air berkelok-kelok yang cantik saat dilihat dari atas. Di hari-hari biasa, debit airnya tidak terlalu deras sehingga kamu bisa berendam sambil duduk di atas bebatuannya. Duduk sejenak di tempat seperti ini sambil mendengar gemericik air dan melihat rimbunnya pepohonan dapat membuatmu merasa segar kembali. Kamu juga bisa bertemu dengan penduduk sekitar yang bermain air di sini. Siapa yang bisa menolak untuk berbasah-basahan di tempat yang seindah ini?

Lokasi: Banjar Langgahan Kangin, Langgahan, Kec. Kintamani, Bali
Jam Buka: Senin – Jumat, 07.00 WITA – 18.00 WITA
Harga Tiket: Gratis

Baca juga: 12 Spot Menikmati Sunrise Di Bali Yang Harus Kamu Kunjungi

Destinasi wisata di Kintamani sangat menarik, bukan? Jadi jangan hanya berkeliling pusat kota saja jika kamu berlibur ke Bali. Coba jelajahi Kintamani dan temukan banyak hidden gem yang menantimu!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru