Jelajahi Wisata Pontianak yang Indah dan Sarat Budaya

Di antara banyaknya kota-kota yang masuk ke dalam bucket list liburanmu, sudahkah kamu memasukkan Pontianak? Pontianak yang terletak di provinsi Kalimantan Barat menawarkan objek wisata yang berkesan untuk dijelajahi. Pemandangan menarik sudah pasti didapat, namun kamu juga bisa memperoleh kisah sejarah di dalamnya. Mau mengunjungi Pontianak? Jangan melewatkan rekomendasi tempat wisata di Pontianak dari TripZilla Indonesia di bawah ini, ya!

1. Berjalan di tengah cuaca cerah di Taman Alun-Alun Kapuas

Image credit: @pontianak.banget

Taman Alun-Alun Kapuas merupakan salah satu tempat ikonik yang wajib didatangi. Kala cuaca cerah, taman di tepi Sungai Kapuas ini menjadi latar foto yang cantik. Dipenuhi dengan pedagang makanan, kamu bisa berkeliling sambil menjajal kuliner lokal. Tidak hanya itu, bila ingin menyusuri Sungai Kapuas, kamu bisa menaiki kapal galaherang dari sini. Setelah selesai, di sore hari sempatkan dirimu untuk menatap indahnya pencahayaan di taman ketika hari mulai gelap.

Lokasi: Jl. Rahadi Usman, Tengah, Kec. Pontianak Kota, Pontianak
Jam Buka: Setiap hari, 06.00 – 20.00 WIB
Harga Tiket: Gratis

2. Taman Digulis, tempat wisata di Pontianak dengan beragam aktivitas

tempat wisata di pontianak
Image credit: @adi_balola

Taman berikutnya yang terkenal di Pontianak adalah Taman Digulis. Taman yang ditandai dengan tugu yang disebut Tugu Bambu Runcing ini bisa menjadi lokasi untuk melakukan berbagai kegiatan. Dilengkapi dengan area jogging, maka lari atau jalan santai di pagi dan sore hari bisa dilakukan. Bila gemar bermain sepeda BMX dan skateboard, ada juga tempatnya di sini. Bahkan lapangan tenis pun tersedia. Jadi bagi yang ingin wisata sambil olahraga, datang ke taman ini ya!

Lokasi: Jl. Jenderal Ahmad Yani No.114, Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Pontianak
Jam Buka: Rabu – Minggu, 06.00 – 22.00 WIB
Harga Tiket: Gratis

3. Melihat keunikan monumen di Taman Tugu Khatulistiwa

tempat wisata di pontianak
Image credit: @ridwan_fazani

Apa yang unik dari Taman Tugu Khatulistiwa? Tugu ini merupakan satu bangunan di Indonesia dari 14 negara di dunia yang dilewati oleh garis khatulistiwa. Karena kelangkaannya, maka tempat ini menjadi istimewa untuk dikunjungi. Bila kamu berkunjung di bulan Maret dan September, kamu bisa mengikuti peristiwa kulminasi, dimana bayangan menghilang karena matahari tepat berada di atas garis khatulistiwa. Bukan hanya itu, kamu pun bisa meletakkan sebutir telur di sekitar tugu dan telur dapat berdiri tegak. Jadi selain seru untuk dikelilingi sambil berjalan santai, taman ini juga dapat menambah pengetahuanmu, kan?

Lokasi: Jl. Khatulistiwa No.Kel, Batu Layang, Kec. Pontianak Utara, Pontianak
Jam Buka: Setiap hari, 07.30 WIB – 21.00 WIB
Harga Tiket: Gratis

4. Arboretum Sylva Untan, tempat wisata di Pontianak bernuansa alam

Image credit: ARBORETUM SYLVA UNTAN

Untuk kamu yang hobi mengamati tumbuhan maka wajib datang ke Arboretum Sylva Untan. Tempat wisata edukasi ini berlokasi dalam kawasan Universitas Tanjungpura dan punya luas sekitar 3,48 hektar. Bayangkan betapa banyak spesies flora dan fauna yang ada di dalamnya! Bila kamu sudah betah berada di sini, kamu dapat berkemah dan merasakan suasana malam hari yang sangat berbeda. Masukkan ke dalam agendamu dan kamu akan pulang dari Pontianak dengan kenangan yang berkesan!

Lokasi: Jl. Jenderal Ahmad Yani, Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Pontianak
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 – 17.00 WIB
Harga Tiket: Gratis

5. Rumah Radakng, memasuki warisan budaya

tempat wisata di pontianak
Image credit: Rumah Radakng Pontianak

Ingin melihat isi dari rumah adat di Pontianak? Ada Rumah Radakng yang menjadi ciri khas dari Kalimantan Barat. Rumah suku Dayak ini berukuran lebih panjang dari rumah pada umumnya dan bisa menampung hingga ratusan orang. Kamu bisa masuk dan mengagumi desain interiornya juga dengan lantai dari bambu dan ornamen-ornamen khas Dayak yang ada. Di mana lagi ada yang seperti ini? Sebelum pulang, kamu juga bisa mampir  membeli oleh-oleh di toko yang tersedia.

Lokasi: Sungai Bangkong, Pontianak Kota, Pontianak
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 18.00 WIB
Harga Tiket: 5,000 IDR

6. Mengulik sejarah Melayu di Pontianak dalam Keraton Kadriyah

tempat wisata di pontianak
Image credit: @devioctaviani87

Keraton Kadriyah atau disebut juga Istana Kadariyah menjadi tujuan wisata budaya selanjutnya di Pontianak. Kamu bisa tiba di keraton yang juga museum ini dengan kendaraan darat atau perahu. Dimiliki oleh keluarga Kerajaan Kesultanan Kadriyah, di dalamnya kamu dapat melihat tempat peristirahatan, genta hingga ruangan dengan jendela menghadap ke Sungai Kapuas. Kamu pun bisa puas menikmati koleksi barang antik peninggalan kerajaan yang dipamerkan di sini. Dengan harga tiket yang masih gratis, tidak ada alasan untuk melewatkan tempat ini!

Lokasi: Jl. Tj. Raya 1, Dalam Bugis, Kec. Pontianak Tim., Pontianak
Jam Buka: Setiap hari, 10.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Gratis

7. Pecinan Pontianak, tempat wisata di Pontianak yang kental nuansa Tionghoa

Image credit: Pecinan Pontianak Chinatown Indonesia PPCI

Pecinan Pontianak Chinatown Indonesia atau yang biasa disebut PPCI menjadi destinasi yang pas untuk menikmati nuansa China di Pontianak. Ada Taman Lampion yang menarik untuk diabadikan. Bila ingin berkeliling dengan sepeda, ada Taman Sepeda Pontianak dengan penyewaan sepedanya. Di hari-hari tertentu juga diadakan acara khusus seperti pameran lukisan. Mural-mural yang ada juga keren untuk menjadi latar fotomu.

Lokasi: Gg. Gajah Mada 9 No.2, Benua Melayu Darat, Kec. Pontianak Sel., Pontianak
Jam Buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 21.00 WIB
Harga Tiket: Gratis

8. Melihat proses pembuatan caping di Kampung Caping Pontianak

Pontianak memiliki benda yang khas yaitu caping. Penutup kepala ini dibuat dengan berbagai motif dan kamu bisa melihat prosesnya di Kampung Caping Pontianak. Terletak di tepi sungai, kamu dapat melihat warga yang berperahu sekaligus melukis caping. Dirancang sebagai kampung wisata, kampung yang tertata ini dapat membuatmu lebih melebur dengan budaya lokal yang khas. Seru dan lain dari yang lain!

Lokasi: Gg. Mendawai 1, Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Pontianak
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

9. Peninggalan penuh sejarah di Museum Negeri Kalimantan Barat

Image credit: @sahabatkalbar

Tidak habis-habisnya tempat untuk menggali kekayaan budaya di Pontianak. Salah satunya adalah di Museum Negeri Kalimantan Barat. Sesuai namanya, kamu akan menemukan benda-benda bersejarah dari suku Melayu dan suku Dayak. Desain museum pun dirancang dengan memadukan dua kebudayaan ini. Museum akan tutup di hari Senin dan hari libur nasional, jadi pastikan kamu berkunjung di waktu yang tepat.

Lokasi: Komplek Museum Negeri Pontianak, Jl. Jenderal Ahmad Yani, Parit Tokaya, Kec. Pontianak Sel., Pontianak
Jam Buka: Selasa – Jumat pukul 08.00 – 16.00 WIB, Sabtu – Minggu pukul 08.00 – 13.00 WIB
Harga Tiket: 3,000 IDR

10. Beribadah atau wisata budaya bisa dilakukan di Vihara Bodhisatva Karaniya Metta

Image credit: @teribulat

Bila kamu tidak menganut agama Buddha, kamu bisa mengunjungi Vihara Bodhisatva Karaniya Metta untuk wisata budaya. Kelenteng ini disebut juga Kelenteng Tiga Dewa Dewi dan merupakan bangunan cagar budaya. Sudah banyak bagian yang direnovasi dan menjadikan kelenteng semakin megah. Kamu bisa takjub dengan arsitekturnya yang bukan hanya indah tapi juga kaya makna. Kamu dapat menanyakan hal-hal yang ingin diketahui kepada pengurus kelenteng. Selain untuk ibadah, juga sesuai untuk tempat menambah wawasanmu.

Lokasi: Jl. Kapten Marsan No.33, Darat Sekip, Kec. Pontianak Kota, Pontianak
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Gratis

11. Waterfront Pontianak, tempat wisata asyik menikmati hari

Image credit: @n0rth_hooligan

Waterfront Pontianak menjadi salah satu tempat wisata yang menarik di Kota Khatulistiwa. Waktu terbaik mengunjungi tempat ini adalah sore hingga malam hari. Dari sini, kamu bisa menikmati suasana kota dan perkampungan kawasan Siantan dari seberang Sungai Kapuas. Selain itu, ada banyak fasilitas yang bisa dimaksimalkan. Untuk menambah keseruan, tak ada salahnya naik kapal wisata, yang beberapa di antaranya sandar di daerah ini.

Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: Gratis

Baca juga: Oleh Oleh Khas Pontianak Yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Siap untuk mengeksplorasi tempat yang menyimpan banyak kisah menarik? Pergilah ke Pontianak karena pengalaman baru menantimu di sini!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru