14 Destinasi Wisata Menakjubkan di Rembang, dari Pantai, Sawah, Hingga Pegunungan!

Pernahkah kamu mendengar daerah yang namanya Rembang, di Jawa Tengah? Tahukah kamu tempat wisata di Rembang termasuk salah satu yang terbaik dan eksotis di Indonesia? Tidak hanya dianugerahi pantai yang bernuansa tropis, dengan pemandangan laut yang biru dan pasir putih, Rembang memiliki banyak destinasi wisata lain yang tak kalah keren dengan yang ada di Yogyakarta, Solo, Semarang atau bahkan Magelang, kota dengan tempat wisata populer di Jawa Tengah.

Karakter tempat wisata di Rembang bisa dikatakan cukup komplet. Kamu bisa menemukan pantai, hutan, dataran tinggi hingga air terjun yang menarik untuk dikunjungi. Bahkan, dengan potensi alam yang dimiliki Rembang, sungguh mengherankan popularitas wisata relatif rendah jika dibandingkan kabupaten lainnya di Jawa Tengah.

Jika kamu penasaran dengan tempat wisata di Rembang, nuansa yang ditawarkan dan atmosfer keren, yang bisa dikatakan tidak kalah dengan yang ada di Magelang, Solo bahkan Semarang atau Jepara, TripZilla Indonesia merekomendasikan sejumlah destinasi yang layak untuk dikunjungi. Cekidot daftarnya di bawah ini, ya!

1. Menanti senja duduk di gazebo Pantai Dampo Awang

Image credit: @toniktriananto

Setibanya di sini mata akan langsung dimanjakan dengan hamparan pantai yang indah. Kalian juga bebas melakukan apa saja, mulai dari berenang, sekadar jalan-jalan, atau duduk santai di gazebo pantai sambil menenangkan pikiran ditemani senja dan angin sepoi-sepoi.

By the way, perkembangan wisata di Pantai Dampo Awing sudah semakin maju, lho! Selain menikmati suasana pantai, ada juga aktivitas outbound yang menyenangkan dan jembatan Zen Channel yang cantik dijadikan spot foto-foto.

Alamat: Rembangan, Tasikagung, Kec. Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah
Jam buka:

  • Senin, Selasa, Jumat: Tutup.
  • Rabu, Kamis, Sabtu: 07.00-20.00 WIB.
  • Minggu: 07.00-17.00 WIB.

Harga tiket: Mulai dari 5,000 IDR

2. Menikmati suasana lokal Pantai Binangun yang ramah dan ceria

Image credit: @yudirisdianto

Perjalanan healing kamu akan tambah syahdu kalau mampir ke pantai Binangun. Kenapa? Karena kalian bisa langsung menyaksikan kegiatan masyarakat lokal, yang berprofesi sebagai nelayan. Warga di sana juga sangat bersahabat. Siapa tahu bisa mendapatkan ilham, yang membuat kita semakin bersyukur dengan hidup.

Kalau kamu pencinta kuliner seafood, wajib banget cobain menu seafood segar di sini. Ikan dan hewan laut lainnya menjadi salah satu komoditas terbesar di Rembang. Itulah sebabnya, harga seafood segar di Rembang sangatlah terjangkau. Untuk fasilitas yang ada di sekitar Pantai Binangun juga semakin lengkap dengan adanya pembangunan hotel, restauran, rest area dan lain-lain.

Alamat: Kebun & Sawah, Binangun, Kec. Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 06.00-18.00 WIB
Harga tiket: 5,000 IDR

3. Ciptakan memori tak terlupakan di Pantai Karang Jahe

Image credit: @aulannur

Salah satu tempat wisata di Rembang lain yang mulai berkembang adalah Pantai Jahe. Selain hamparan pasir putih yang nyaman sebagai tempat nyantai, kalian bisa melakukan banyak aktivitas lain seperti menjelajah dengan ATV untuk menyusuri pantai.

Untuk menikmati liburan di tempat ini, kamu tidak perlu mengeluarkan uang sama sekali alias gratis, meski masih harus mengeluarkan uang untuk parkir. Fun facts, usut punya usut nama Pantai Karang Jahe dipilih menjadi julukan dari tempat ini karena di lokasi tempat wisata ini banyak ditemukan serpihan karang yang bentuknya mirip dengan jahe.

Alamat: Punjulharjo, Kec. Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah
Jam buka:

  • Senin-Selasa, Kamis-Jumat, Minggu: 08.00-15.00 WIB.
  • Rabu: 08.00-15.09 WIB,
  • Sabtu: 08.00-16.00 WIB

Harga tiket: Gratis

4. Menenangkan diri berkemah di bawah bintang Pantai Caruban

Image credit: @aldi_al_adibi

Kamu suka berkemah? Pantai Caruban adalah salah satu pantai yang menyediakan spot untuk berkemah. Selain sejuk untuk berkemah, penyewaan alat camping pun cenderung terjangkau. Terlebih lagi, tempat ini juga aman karena ombaknya tidak berbahaya.

Katanya, senja hari adalah waktu paling ideal untuk berada di Pantai Caruban. Udara sangat sejuk, langit berwarna oranye kemerahan, begitu menawan. Kamu juga bisa melihat siluet kapal pencari ikan yang pulang.

Alamat: Tambak & Sawah, Gedongmulyo, Kec. Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah
Jam buka:

  • Senin: 05.00-18.00 WIB.
  • Selasa: 05.00-18.30 WIB.
  • Rabu: 05.00-18.45 WIB.
  • Kamis: 08.00-19.00 WIB.
  • Jumat: 08.00-18.15 WIB.

Harga tiket: 5,000 IDR

5. Pantai Jatisari, tempat wisata di Rembang yang tersembunyi

Image credit: @arwd.maulana

Kamu butuh tempat untuk menyendiri? Pantai Jatisari di Rembang mungkin akan cocok untuk menjernihkan pikiran. Lokasi ini masih jarang didatangi bahkan oleh warga lokal sendiri. Pantai ini menyajikan kecantikan yang berbeda dari pantai Rmbang lainnya, yakni perpaduan dari deburan ombak di pesisir pantai yang jernih dan juga tebing-tebing tinggi. Karena adanya lembah-lembah tinggi itulah, maka pantai ini tidak terlalu panas. Makanya tempat ini pas banget untuk kamu yang butuh ketenangan untuk bersantai, menikmati sepoi angin. Kalian juga nggak dipungut biaya sepeserpun untuk bisa nyantai di sini. Karena belum ada pengawas khusus yang menjaga tempat ini, tetap jaga kebersihan, ya!

Alamat: Area Sawah/Kebun, Jatisari, Sluke, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 08.00-18.00 WIB
Harga tiket: Gratis

6. Menikmati matahari terbenam romantis di Pantai Pasir Putih Wates

Image credit: @pantaipasirputihwates

Sesampainya di sini, kalian bakal langsung disambut dengan hamparan pasir berwarna putih yang menghiasi kawasan pantai. Oh iya, ada banyak spot foto yang cantik luar biasa juga di sini, lho! Jalan masuk ke lokasi ini juga bagaikan jalan menuju ke negeri dongeng karena dihiasi dengan deretan pepohonan rimbun yang asri dan terawat.

Nah, kalau mampir ke Pantai Pasir Putih Wates, kurang lengkap rasanya kalau nggak menjelajah Pulau Gede, yang berjarak sekitar 4,3 kilometer dari kawasan pantai. Akses ke pulau cukup dengan menyewa perahu yang tersedia. Di sana, kamu dapat memancing dan berkemah di Pulau Gede. Persewaan perahu sendiri berkisar antara 300 sampai 400 ribu rupiah.

Alamat: Wates, Tasikharjo, Kec. Kaliori, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, jam 06.00-18.00 WIB
Harga tiket:

  • Motor: 5,000 IDR,
  • Mobil, 10.000 IDR

7. Bukan Bali! Ini Pantai Sluke yang nggak kalah indah

Image credit: @seto_udun

Berdekatan dengan Pantai Jatisari, Pantai Sluke juga masih jarang dikunjungi, yang menjadikan tempat wisata di Rembang ini cocok untuk dijadikan spot healing. Yang membuat pantai ini beda dari yang lain adalah kalian bisa menikmati suara pecahan pecahan ombak yang membentur batuan di pinggir pantai.

Batu-batu besar di sana juga bisa jadi tempat untuk duduk-duduk dan menikmati alam. Cobalah untuk berfoto di atasnya pada saat sunrise atau sunset. Kamu akan terlihat seperti dibuai matahari. Jangan lupa jaga kebersihan, ya!

Alamat: Jl. Raya Sluke, Karanganyar, Jatisari, Sluke, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah Jam buka: Setiap hari, jam 08.00-18.00 WIB
Harga tiket: Gratis

8. Tempat wisata di Rembang untuk berkemah di atas awan di Bukit Cendana

tempat wisata di rembang
Image credit: @putriesa_22 (kiri), @desyjoend (kanan)

Nggak cuma wisata pantai, yang suka mendaki juga bisa menikmati perbukitan yang hijau dan asri. Salah satunya adalah Bukit Cendana, yang tahun lalu sempat viral di media sosial.

Di Bukit Cendana, banyak spot foto ciamik. Lokasi ini juga bisa dijadikan tempat untuk berkemah. Pokoknya feed Instagram kalian makin estetik, deh! Salah satu spot swafoto yang menarik gardu pandang yang menyuguhkan hamparan hijau pepohonan dan perbukitan.

Alamat: Bukit Pucak Candimulyo, Unnamed Road, Kebun, Candimulyo, Sedan, Kabupaten Rembang.
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: 5,000 IDR

9. Gunung Nganten, tempat wisata di Rembang untuk uji adrenalin

Image credit: @gunungnganten (kiri), @visitrembang (kanan)

Wisata pendakian selanjutnya adalah Gunung Nganten. Nah, bagi kalian penyuka kegiatan yang memacu adrenalin bisa mencoba mendaki gunung melalui via ferata. Kalau kalian enggan melakukan aktivitas menantang, duduk santai berkemah sambil menikmati secangkir kopi hangat ditemani udara sejuk akan terasa syahdu. Dijamin pikiran langsung jernih dan semua stres hilang. Pengunjung juga tidak dipungut biaya sepeserpun untuk menikmati pemandangan di sini, cukup bayar parkir 5 ribu rupiah saja.

Alamat: Desa Lemah Putih, Kecamatan Sedan, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.
Jam buka: Setiap hari 24 jam
Harga tiket: Gratis

10. Jembatan Merah Hutan Mangrove, tempat wisata di Rembang yang instagenik

tempat wisata di rembang
Image credit: @nilaromadhoni (kiri) @maretaalviaadilasari_ (kanan)

Pemandangan hijau memang bisa membuat hati tenang dan damai, setibanya di sini kalian akan langsung disambut dengan hamparan hutan mangrove yang sejuk. Menyusuri jembatan merah hutan mangrove juga jadi lebih romantis jika bergandengan dengan yang tersayang. Selain itu, banyak spot foto yang ciamik di sini. Daun yang rimbun membuat suasana seakan kita sedang berada di tengah hutan.

Alamat: Desa Pasar Banggi, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Indonesia.
Jam buka: Setiap hari, 06.00-17.30 WIB
Tiket masuk: Gratis (cukup bayar parkir 5,000 IDR)

11. Pagar Pelangi, tempat wisata kuliner di tengah sawah

tempat wisata di rembang
Image credit: Wisata Pagar Pelangi

Jalan-jalan ke Rembang kurang lengkap kalau nggak mencoba makanan tradisionalnya. Nah, di Pagar Pelangi, kalian akan merasakan sensasi kuliner di tengah sawah yang sejuk ditemani pemandangan yang spektakuler.

Taman Pagar Pelangi ini sebelumnya, merupakan area persawahan yang kemudjan disulap sedemikian rupa menjadi taman yang terlihat asri dengan gubug- gubug bambu yang berjajar rapi. Selain itu, juga ada panggung untuk pentas dan pertunjukan seni sehingga pengunjung bisa menyaksikan pertunjukan sambil menikmati jajanan.

Alamat: Jl. Argopuro, Krajan Dua Dadapan, Dadapan, Sedan, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.
Jam buka: Setiap hari, 09.00-17.00 WIB
Tiket masuk:

  • 2,000 IDR untuk parkir,
  • 2,000 IDR untuk infaq pondok pesantren,
  • 5,000 IDR jika ingin masuk ke kolam renang.

12. Menjelajah waktu mengintip masa lampau di Taman Lengkowo

tempat wisata di rembang
Image credit: @rieska_hayun (kiri), @yusnia_eka (kanan)

Lho, benaran bisa menjelajah waktu? Dikelilingi sawah, kamu nggak bakal terasa ada di zaman modern. Ditambah lagi Taman Lengkowo mempersembahkan suasana khas tempo dulu, yang memunculkan sensasi berada di masa lampau. Tempat wisata di Rembang ini juga mendukung wisata keberlanjutan, di mana pedagang menjajakan makanan tradisional menggunakan daun pisang sebagai media pembungkus lalu dimasukkan keranjang dari anyaman bambu.

Area taman ini dihiasi oleh bangunan-bangunan yang terbuat dari bambu. Ada banyak bangunan yang tebuat dari bambu antara lain, bambu yang dibentuk hati, tower yang terbuat dari bambu, serta sebuah panggung.

Alamat: Kebun, Karasgede, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 15.00-21.00 WIB
Tiket masuk: Gratis

13. Air terjun empat tingkat, Kalimancur Gowak

Image credit: @nugroho.boy

Rembang juga memiliki wisata air terjun yang cantik yaitu Kalimancur Gowak. Tempat ini sangat cocok untuk menenangkan diri karena sejuk dan tenang. Airnya yang sangat jernih memungkinkan pengunjung untuk mandi dan bermain air sepuasnya di bawah air terjun secara langsung.

Alamat: Hutan, Gowak, Lasem, rembang, Rembang Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 08.00-17.00 WIB
Harga tiket: 5,000 IDR

14. Pesona Air Terjun Pasucen yang memikat

tempat wisata di rembang
Image credit: @yudiermanto_ (kiri), @nugroho.boy (kanan)

Traveler yang aktif di media sosial pasti pernah mendengar atau mungkin pernah mengunjungi air terjun yang sempat viral ini. Nggak heran bisa trending topic, kecantikan Air Terjun Pasucen memang sangat memikat dan wajib kalian kunjungi kalau sedang mampir ke Rembang.

Alamat: Ds. Pasucen, Gunem, Kab. Rembang, Jawa Tengah.
Jam buka: 08.00-16.00
Harga tiket: 5,000 IDR

Baca juga: Tempat Wisata Semarang Gratis Dengan View Yang Mengesankan

Banyak tempat wisata di Rembang yang menarik, bukan? Tertarik menjadikan Kabupaten Rembang sebagai destinasi wisata kamu berikutnya?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru