Ngehits dan Instagenik Banget, Tempat Wisata Di Lembang Ini Harus Dikunjungi

Lembang yang terletak di dataran tinggi memiliki karakter udara sejuk dan alam yang masih asri. Tidak heran jika Lembang menjadi destinasi liburan dan wisata favorit di Bandung.  Terlebih lagi saat ini, Lembang makin ditata dan dilengkapi dengan banyak tempat wisata sehingga pelancong dijamin tidak akan bosan menghabiskan waktu di sini.

Jika kamu tidak percaya, cobalah berkunjung ke Lembang dan kamu akan selalu menemukan hal baru untuk dieksplorasi. Selain memanfaatkan alam yang indah, tempat-tempat wisata yang ada juga umumnya ramah anak jadi kamu bisa mengajak si kecil ikut serta berlibur. Tidak sekedar bermain, ada pula sisi edukatif yang ditawarkan, lho! Cek rekomendasi lokasinya dari TripZilla Indonesia agar pengalaman liburanmu semakin seru!

1. Piknik cantik di tengah hijaunya Taman Lembah Dewata

wisata lembang
Image credit: Taman Lembah Dewata Official

Kenapa namanya Taman Lembah Dewata? Sambangi saja langsung dan kamu akan tahu alasannya. Taman yang berada di tengah lembah lengkap dengan danau buatan akan membuatmu merasa seperti singgah di tempat para dewa. Bawa perlengkapan piknikmu jika ingin menghabiskan family time di taman yang instagrammable ini!

Image credit: Taman Lembah Dewata Official

Pakai outfit yang kece karena kamu dijamin ingin mengabadikan keseruanmu bersantai di sini. Sudut-sudut yang memang dirancang untuk latar foto dapat dengan mudah kamu temukan. Ada pula area kafe untuk mengisi perut yang keroncongan dan jika sudah bertenaga, cobalah belajar menunggang kuda di area Steeds Station. Serba ada dan menyenangkan!

Lokasi: Jl. Raya Tangkuban Parahu No. KM 3, 7, Cibogo, Lembang
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 15,000 IDR

2. Berpose di depan Rumah Belanda tanpa perlu terbang ke Belanda

wisata lembang
Image credit: Rumah Belanda

Tidak usah repot-repot karena lokasi wisata Rumah Belanda ini berada di Lembang. Bangunan mencolok berbentuk kelompen raksasa berwarna kuning tidak mungkin terlewatkan oleh matamu.  Namun tidak hanya itu, di kawasan Rumah Belanda banyak bangunan-bangunan cantik yang didesain khas Negeri Kincir Angin dan bisa membuatmu kalap untuk berfoto!

Image credit: Rumah Belanda

Banyak tempat yang bisa kamu eksplorasi di sini semisal taman bunga, taman bermain dan studio foto. Agar posemu semakin total, kamu dapat menyewa kostum khas Belanda dengan tarif tertentu. Kalau udara dingin Lembang sudah membuat rasa laparmu muncul, maka jangan menunda untuk makan karena juga ada garden restaurant yang cantik di sini!

Lokasi: Jl. Raya Maribaya Sukamaju RW 03/RT 04, Cibodas, Lembang
Jam Buka: Selasa – Minggu, 10.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 20,000 IDR

3. Wisata interaksi dengan hewan-hewan menggemaskan di Lembang Park & Zoo

wisata lembang
Image credit: @setiawantjong (kiri), Lembang Park & Zoo

Berkunjung ke kebun binatang selalu jadi acara yang menyenangkan untuk semua usia. Lembang Park & Zoo merupakan salah satu tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan karena kamu bisa menikmati udara segar sambil melihat hewan-hewan lucu yang ada. Selain sebagai kebun binatang, ada pula beragam fasilitas lain yang tersedia di dalamnya.

Image credit: Lembang Park & Zoo

Datangi area Bird Aviary untuk melihat puluhan burung yang suaranya akan menyejukkan telingamu. Kamu juga dapat mencoba memberi makan hewan atau makan di Neko Cat Cafe sambil berinteraksi dengan kucing-kucing manis. Si kecil pun akan girang karena ada taman bermain, kereta mini dan kesempatan untuk belajar berkuda yang jarang ditemukan di tempat lain. Seru kan?

Lokasi: Jl. Kolonel Masturi No. 171, Sukajaya, Lembang
Jam Buka: Senin – Jumat pukul 09.00 WIB – 17.00 WIB, Sabtu – Minggu pukul 08.00 WIB – 18.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 40,000 IDR

4. Wisata dan menikmati teduhnya alam di Lembang lewat Jendela Alam

wisata lembang
Image credit: Jendela Alam Official

Jendela Alam sangat sesuai untuk dikunjungi bersama si kecil karena sarat dengan edukasi. Di sini pengunjung seolah diajari untuk lebih mencintai alam dan menambah wawasan lewat berbagai kegiatan yang dapat dilakukan. Kamu dapat melihat green house yang berisi aneka tanaman hidroponik, bercocok tanam dan juga berinteraksi dengan hewan-hewan yang ada.

Image credit: Jendela Alam Official

Tersedia aneka paket seperti Jendela Edukasi , Jendela Permainan dan Jendela Workshop. Berisi aktivitas-aktivitas menarik seperti membuat cincau, beternak, bermain tangkap ikan hingga workshop hidroponik, dijamin kamu tidak akan bosan berada di tempat ini. Ketika sudah tiba waktunya mengisi perut, maka kamu bisa beranjak ke rumah makan Kedai Alam yang memiliki desain unik.

Lokasi: Komplek Graha Puspa, Jl. Sersan Bajuri RW 5, Cihideung, Kec. Parongpong,Bandung Barat
Jam Buka: Setiap hari, 10.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 20,000 IDR

5. Serunya melemaskan kaki sambil berkemah di Pasir Ipis

wisata lembang
Image credit: @sukmasky (kiri), @siacongs 

Kalau kamu kangen ingin kemping ceria, maka Pasir Ipis dapat menjadi destinasi untuk kamu tuju. Meski namanya pasir, tidak cuma ada pasir di sini. Kamu akan disuguhi pemandangan hutan yang indah lengkap dengan anjungan-anjungan untuk berfoto. Kalau kamu kebetulan datang di sore hari, maka kamu dapat menangkap momen matahari terbenam yang keren untuk diabadikan.

Image credit: @rakhaelreza (kiri), @edmundjeds

Gemar mengendarai motor? Ada jalur untuk dijajal dengan motor kesayanganmu. Menggowes bersama teman-teman pun dapat dilakukan dan pasti akan membuat tubuhmu terasa makin segar. Jika tidak ingin berkemah, kamu bisa juga menyewa homestay hingga katering harian agar liburan semakin maksimal. Berminat mencoba?

Lokasi: Desa Wisata Pasir Ipis, Kel. Jayagiri, Lembang
Jam Buka: Senin – Jumat pukul 08.00 WIB – 18.00 WIB, Sabtu – Minggu 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 7,500 IDR

6. Warna-warni pelangi yang akan mencerahkan wisata kamu di Rainbow Garden Lembang

wisata lembang
Image credit: @ge_aye (kiri), @lucianayap 

Kebun bunga memang tempat yang ampuh untuk membuat hati gembira dan itu juga yang ditawarkan di Rainbow Garden. Selain kebun bunga yang terlihat bak karpet warna-warni, ada pula rumah-rumah hingga sudut dengan kombinasi warna cantik untuk mengisi media sosialmu. Tapi apakah hanya itu yang ada di taman ini?

Image credit: @noviaceacelia

Tentu saja tidak karena selain punya penampilan yang instagrammable, terdapat berbagai fasilitas yang tersedia untuk menambah wawasan tentang tumbuhan. Kunjungi green house untuk mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan bunga atau jelajahi area tanaman organik dan melihat cara perawatannya. Jika kamu penasaran ingin mempraktekkan teknik yang kamu pelajari di sini, kamu pun dapat berbelanja bibit hingga perlengkapan berkebun untuk dibawa pulang. Menggoda bukan?

Lokasi: Jl. Grand Hotel No. 33E, Lembang
Jam Buka: Senin – Jumat pukul 09.00 WIB – 18.00 WIB, Sabtu – Minggu pukul 08.00 WIB – 18.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

7. Gudangnya tanaman anggrek yang anggun di Orchid Forest Cikole

wisata lembang
Image credit: Orchid Forest Cikole

Orchid Forest Cikole adalah lokasi yang sudah cukup tenar karena tempat dengan luas sekitar 12 hektar ini punya koleksi anggrek yang berlimpah. Ditambah dengan pemandangan alam yang luar biasa cantik dan area bermain, maka banyak pelancong yang kepincut setelah berkunjung ke sini. Pastikan kamu datang saat hari cerah agar puas menikmati indahnya hutan pinus hingga wahana outbound yang ada!

Image credit: Orchid Forest Cikole

Ketika berada di sini, maka kamu wajib masuk ke Orchid House yang berisi berbagai jenis anggrek langka. Di dalamnya kamu diharapkan dapat menyayangi tanaman karena Orchid Forest Cikole adalah tempat konservasi anggrek dan konon katanya menjadi yang terbesar di Indonesia. Selain itu, masuki juga Green House dengan tanaman-tanaman hias yang dibentuk seperti bola dan bergelantungan di atas kepalamu. Ajak juga si kecil mengeksplorasi Rabbit Forest, Orchid Castle dan Horse Ranch yang tidak kalah asyiknya!

Lokasi: Jl. Anyar No. 49, Cikole, Lembang
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 18.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 40,000 IDR

8. Menghabiskan waktu di puncak bebatuan raksasa yang megah di Gunung Batu

wisata lembang
Image credit: @_callmemar_ (kiri), @ayati34

Namanya memang sederhana, Gunung Batu. Tetapi sensasi yang akan kamu dapatkan ketika sudah tiba di puncaknya tidak sesederhana itu, lho! Dibuka selama 24 jam, kamu bisa memilih momen apa yang ingin kamu saksikan di tempat ini. Jika datang sejak subuh, maka kamu punya kesempatan melihat matahari terbit yang indah. Sebaliknya pada waktu senja, matahari yang terbenam akan menjadikan langit tampak syahdu.

Image credit: @sarahuzma (kiri) & @warmanwardhani 

Bila kamu tidak mau tanggung-tanggung menikmati suasana Gunung Batu, maka kamu dapat membawa perlengkapan untuk berkemah.  Alam akan menyajikan hamparan sawah yang memikat dan ada pula tempat makan yang instagrammable untuk bersantai. Berwisata ke Gunung Batu akan membawamu ke suasana berbeda yang dapat menyegarkan pikiran yang penat.

Lokasi: Jl. Dago Giri No. 134, Langensari, Lembang
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

9. Berendam air panas yang menyehatkan tubuh di Maribaya Hot Spring Resort

wisata lembang
Image credit: Maribaya Hot Spring Resort

Daya tarik utama dari tempat wisata ini adalah pemandian air panasnya. Seperti yang kamu tahu, Lembang memiliki suhu udara yang relatif sejuk dan jika dibarengi dengan aktivitas berendam di air panas, dijamin akan terasa sangat nyaman. Apalagi dengan atmosfer pemandian yang damai, tubuhmu bakal jadi semakin rileks!

Image credit: @anandadara (kiri), Maribaya Hot Spring Resort

Tidak hanya itu, ada juga area pemancingan dan pemandangan ke Air Terjun Maribaya yang cantik. Kamu dapat menikmati beragam hidangan di Twig Cafe yang memiliki panorama air terjun. Duduk sambil merasakan sinar matahari yang cerah dari bean bag yang menghadap curug tampak asyik kan?

Lokasi: Jl. Maribaya No. 105/212, Langensari, Lembang
Jam Buka: Sabtu – Minggu, 09.00 WIB – 18.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 35,000 IDR

10. Meneguk produk susu yang terkenal dari Farmhouse Lembang

wisata lembang
Image credit: Farmhouse Susu Lembang (kiri), @anggun_fe2518 

Farmhouse Lembang adalah tempat wisata yang juga terkenal, terutama bagi kamu yang ingin berlibur bersama anak-anak.  Meski demikian, hiburan yang ditawarkan Farmhouse Lembang juga cocok dinikmati oleh semua kalangan. Siapa yang tidak senang berkunjung ke area petting zoo dan memberi makan domba-domba lucu seperti ini?

Image credit: @didi_darmadi86 (kiri), @awantara.id

Bagi yang gemar berfoto, maka kamu dapat menyewa kostum untuk menjadikan fotomu lebih unik. Beragam bangunan seperti Rumah Hobbit dan sisi Gembok Cinta juga dapat dikunjungi dan akan menjadi latar foto yang menarik. Tidak lupa, kamu dapat berjalan-jalan keliling area Farmhouse Lembang sambil minum susu  yang akan kamu dapatkan ketika membeli tiket masuk. Jangan lupa mampir untuk membeli buah tangan di toko cenderamatanya ya!

Lokasi: Jl. Raya Lembang No. 108, Gudangkahuripan, Lembang
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 18.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 25,000 IDR

11. Wisata asyik menikmati hijaunya kebun teh yang selalu menarik perhatian di Kebun Teh Sukawana Lembang

wisata lembang
Image credit: @robbypratput (kiri) & @tuhdilhaqiqi 

Kebun teh menjadi tempat yang tidak boleh diremehkan ketika kamu sedang berwisata. Hamparan tanaman teh yang menghijau biasanya sukses membuat mata terpesona, dan demikian juga dengan Kebun Teh Sukawana.  Berlatar langit biru dan megahnya Gunung Burangrang,  kamu dapat rehat sejenak sambil menghirup udara segar di tengah daun-daun teh.

Image credit: @mblitar 

Selain berjalan-jalan, kamu pun bisa mengajak gengmu bersepeda di jalur yang ada. Sudah pasti akan lebih nikmat rasanya dibandingkan bersepeda di kota besar. Kamu pun bisa berkemah dan juga melihat pabrik pengolahan teh di sini. Harum dan dijamin mengesankan!

Lokasi: Karyawangi, Parongpong, Lembang
Jam Buka: Setiap hari 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

12. Duduk diapit pepohonan pinus di Tebing Keraton

wisata lembang
Image credit: @dessyrosdiana (kiri), @ajulius_c 

Tebing Keraton menjadi tempat wisata yang kondang berkat panorama indah dari ketinggian sekitar 1200 mdpl. Kamu dapat memilih sudut tertentu untuk menghasilkan foto yang ciamik di jalur pendakian atau di tepi tebing. Momen matahari terbit dan terbenam akan semakin menambah keindahan di Tebing Keraton maka tidak heran jika biasanya tempat ini ramai diserbu wisatawan di saat-saat tersebut.

Image credit: @nurrihsaan

Menariknya, ada camping ground yang bisa kamu manfaatkan jika ingin menikmati kecantikan Tebing Keraton sebelum ramai pengunjung.  Hal lain yang jamak dilakukan adalah mendaki ringan atau bersepeda menyusuri jalur yang ada. Ditambah dengan rimbunnya hutan pinus, tentu saja aktivitas ini akan jadi lebih menyenangkan!

Lokasi: Ciburial, Kec. Cimenyan, Lembang
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 15.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 15,000 IDR

13. Wisata ala koboi yang seru di De’Ranch Lembang

wisata lembang
Image credit: De’Ranch Lembang

Tidak salah jika De’Ranch Lembang menjuluki dirinya sebagai tempat wisata dengan tema koboi. Memasuki area wisata, kamu akan disambut dengan kereta dan dekorasi ala koboi lainnya serta puluhan ekor kuda. Kamu pun dapat mengambil paket untuk belajar menunggang kuda agar kunjunganmu terasa semakin afdol. Bagi kamu yang datang bersama si kecil, ada juga wahana-wahana lain yang bisa kamu coba dan semuanya seru.

Image credit: De’Ranch Lembang

Datanglah ke area Pelepasan Kelinci untuk membelai dan memberi makan kelinci-kelinci yang manis. Bermain ATV juga dapat menjadi aktivitas pemacu adrenalin yang menyenangkan untuk keluarga. Selain itu, naik delman mini atau melakukan aneka permainan air pun bisa dilakukan. Jadi mau coba yang mana dulu, nih?

Lokasi: Jl. Maribaya No. 17, Kayuambon, Lembang
Jam Buka: Selasa – Minggu, 09.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 26,000 IDR

14. Berjalan naik turun area perbukitan yang nikmat dipandang di Terminal Wisata Grafika Cikole Lembang

wisata lembang
Image credit: Terminal Wisata Grafika Cikole

Melihat topografi dari Terminal Wisata Grafika Cikole yang berbukit-bukit ini serasa melihat negeri dongeng bukan? Kamu juga akan dimanjakan hawa yang sejuk dan segar di sini karena tempat ini berlokasi di ketinggian sekitar 1400 mdpl. Bayangkan suasananya ketika sore hari tiba atau saat musim hujan. Brrr, dinginnya!

Image credit: Terminal Wisata Grafika Cikole

Banyak kegiatan yang ditawarkan untuk mengisi waktumu misalnya melakukan aktivitas luar ruang seperti outbound, paint ball, memanah hingga memetik strawberry. Di tengah udara dingin, aktivitas fisik bisa membantu menghangatkan tubuhmu lho! Kalau malas pulang, coba saja menginap di berbagai pilihan tempat seperti tenda atau rumah panggung yang ada. Kemudian jangan lupa juga untuk bersantap di restoran Taste of Cikole dengan ruangan semi terbuka yang secantik ini!

Lokasi: Jl. Tangkuban Perahu KM. 8, Cikole, Lembang
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 16.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 20,000 IDR

Baca juga: Villa Di Lembang Dengan Kolam Renang, View Keren Dan Atmosfer Yang Cozy Abis

Sudah siap untuk berwisata ke Lembang? Sisihkan waktu khusus agar tidak menyesal saat sudah tiba di sana ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru