12 Tempat Wisata Lombok Barat Yang Menawan Dan Mengesankan

Jika dilihat dari bentang alamnya saja, Lombok dan Bali memiliki banyak kesamaan. Kedua pulau bertetangga ini sama-sama punya banyak pantai indah, pemandangan gunung dan alam yang menyegarkan, serta ombak yang sempurna untuk berselancar. Pembeda utamanya adalah bahwa Bali sudah menancapkan namanya di kancah pariwisata internasional sedangkan Lombok masih dalam tahap menuju ke sana.

Itu pula sebabnya wisatawan mancanegara yang menjuluki Lombok dengan sebutan ‘Bali yang masih alami’. Ada banyak tempat wisata di Lombok yang belum tersentuh oleh pembangunan. Lombok Barat yang berbatasan langsung dengan Bali bisa menjadi destinasi pilihan bagus karena memiliki tipe wisata yang sangat beragam; mulai dari hutan dan sumber air bening, hingga menyelam bersama para pemangsa di dasar samudra.

Ada banyak pilihan bagi semuanya, dari yang suka riuh berpesta sampai yang ingin menyendiri di pantai yang serasa milik pribadi. 12 Destinasi wisata di Lombok Barat ini akan membuat kamu mengerti mengapa Lombok juga tak kalah dari Bali.

1. Senang-senang tanpa henti di indahnya Pantai Senggigi

Image credit: teamkk.official

Bisa dikatakan kalau Pantai Senggigi adalah destinasi pertama di pulau Lombok yang dikenal oleh dunia internasional. Garis pantai panjang di pesisir barat pulau dihiasi dengan deretan pantai-pantai indah berpasir putih. Jadi jangan kaget kalau kamu berjalan menyusuri pantai dan melihat seolah keindahan pantai ini seperti tak ada habisnya. Ombaknya lumayan bagus untuk peselancar pemula dan kalau kamu mau berenang, snorkeling atau bahkan diving, keindahan batu karang tempat wisata di Lombok Barat ini bakal buat kamu terpesona.

Image credit: tarinaminusta

Nah, bagi kamu yang doyan berpesta, Senggigi ini adalah salah satu tempat terbaik di Lombok untuk melakukannya. Ada banyak night club dan bar bagi kamu penyuka nightlife. Jalanan di Senggigi juga sudah sangat bagus, kamu tidak akan kesulitan mencapai atau bahkan bereksplorasi di area ini dengan motor atau mobil. Kalau suka memancing, kamu juga bisa memesan paket yang akan membawamu memancing ke tengah lautan.

Lokasi: Jalan Raya Senggigi, Kecamatan Batu Layar, Lombok Barat
Harga tiket masuk: Gratis.

2. Kunjungi pulau cinta nan mungil, Gili Kedis dan sekitarnya

Image credit: fabiankiby

Salah satu kelebihan utama Lombok dibanding Bali adalah karena Lombok dikelilingi banyak pulau kecil nan eksotis. Gili Kedis misalnya. Pulau ini luasnya hanya beberapa ratus meter pesegi, kamu mungkin bisa mengitarinya dengan jalan kaki hanya dalam waktu 10 menit. Gili Kedis sepenuhnya terbentuk dari pasir putih yang halus. Cuma ada beberapa pohon dan bebatuan di sana. Tempat ini sempurna bagi kamu yang menyukai fotografi, terutama yang menggunakan drone. Lantaran bentuk pulau ini menyerupai hati, banyak juga yang memberinya label pulau cinta.

Image credit: zanzibalibok

Di sekeliling Gili Kedis juga terdapat pulau-pulau lain seperti Gili Nanggu, Gili Sudak, dan Gili Tangkong. Ukurannya jauh lebih besar dari Gili Kedis tapi semuanya masih sepenuhnya alami. Hanya ada beberapa resort dan penginapan di sana, jadi keindahan alamnya masih sangat terjaga. Semua pulau ini letaknya berdekatan dan bisa terlihat dari satu sama lain.

Image credit: jambigemilang

Di salah satu tempat wisata ngehits di Lombok Barat ini kamu bisa menemukan pantai pasir putih yang masih perawan serta keindahan bawah laut yang luar biasa. Perairannya relatif tenang sehingga sangat aman untuk aktivitas air seperti snorkeling dan diving. Cobalah sapa ikan-ikan beraneka warna yang bisa kamu temui di air dangkal kebiruan di sana. Lihat juga karang yang masih sehat dan penuh kehidupan, rumah dari makhluk-makhluk lautan.

Lokasi: Desa Sekotong Barat, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat
Harga tiket masuk: Gratis, harga sewa kapal bervariasi, tergantung paket perjalanan.

3. Mengunjungi replika spiritual Gunung Rinjani di Taman Narmada

Image credit: ibuubuko

Pada tahun 1727, Raja Anak Agung Ngurah Karangasem tak mampu lagi mendaki Gunung Rinjani untuk melangsungkan Upacara Pekelan. Agar bisa terus berdoa, sang raja kemudian membangun taman sebagai miniatur Rinjani di desa Lembuak, sekitar 10 km di sebelah timur kota Mataram. Taman ini dilengkapi dengan kolam pemandian, kamar tidur permaisuri, serta pura untuk tujuan peribadatan. Kolam pemandian raja itu kini sudah menjadi kolam umum yang menyegarkan.

Image credit: tilytravels

Air di taman ini berasal dari tiga sumber di Gunung Rinjani; Narmada, Lingsar, dan Suranadi. Konon, air di sini, terutama di Bale Petirtaan, dipercaya bisa membuat awet muda, lho! Patut dicoba buat yang kepingin kulitnya sehat selalu. Tapi kamu juga harus selalu bersikap hormat ya, karena bagian Pura Taman Narmada ini adalah tempat suci bagi umat Hindu. Selain untuk wisata air, Taman Narmada juga Instagramable banget!

Lokasi: Jalan Raya Narmada, Lembuak, Narmada, Lembuak, Narmada, Kabupaten Lombok Barat.
Jam buka: Setiap hari, 9.00 – 17.00
Harga tiket masuk: Rp5.000 (wisatawan lokal) dan Rp10.000 (wisatawan luar negeri).

4. Menerjang ombak menantang di Desert Point dan Bangko-Bangko

Image credit: sebastianrojasphoto

Di salah satu sudut barat daya Lombok, 70 kilometer dari Mataram, di semenanjung Sekotong, terdapat spot berselancar rahasia. Pantai Bangko-Bangko dan Desert Point tidak terlalu dikenal oleh kebanyakan wisatawan. Namun bagi para peselancar, tempat ini adalah surga rahasia. Lantaran lokasinya yang cukup terpencil dan akses yang sulit, wisatawan umum tak banyak yang datang ke sini meski pantainya indah.

Image credit: duduschutt

Namun bagi para peselancar, dua pantai berdekatan ini adalah cuilan firdaus tempat mereka bisa bersenang-senang nyaris tanpa batas. Ombak sepanjang 300 meter dengan ketinggian mencapai 3 meter membuat para penantang gelombang bisa bermanuver sepuasnya di air. Menurut salah satu majalah selancar dunia, Bangko-Bangko adalah salah satu spot surfing terbaik sejagat. Jadi kalau kamu merasa tertantang untuk berdiri di atas ombak yang bergulung, tempat wisata Lombok Barat ini wajib kamu kunjungi.

Lokasi: Jalan Raya Bangko Bangko, Desa Batu Putih, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat.
Harga tiket masuk: Gratis

5. Island hopping di pulau rahasia Gili Gede

Image credit: sipetualangid

Image credit: sipetualangid

Masih di semenanjung sekotong, ada sekumpulan pulau yang mendapat julukan sebagai Gili-gili Rahasia. Gili dalam bahasa setempat memang berarti pulau. Ada Gili Gede, Gili Asahan, Gili Rengit, Gili Anyaran dan Gili Layar. Ini kawasan yang sempurna banget sih kalau kamu pengen merasakan sensasi island hopping, alias menjelajah dari satu pulau ke pulau lain yang semuanya memang memukau.

Image credit: reismeemetsandra

Gili paling populer sekaligus yang terbesar adalah Gili Gede. Pulau ini bahkan memiliki dua danau dan sudah banyak fasilitas pendukung bagi wisatawan. Ada pula desa nelayan di mana kamu bisa beli dan menikmati ikan segar. Pesona utama di Gili-gili Rahasia tentu saja adalah pantainya yang indah dengan pasir putih bersih nan lembut. Keindahan bawah lautnya juga sempurna untuk dijadikan lokasi snorkeling dan berenang.

Lokasi: Desa Gili Gede Indah, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat
Harga tiket masuk: Gratis

6. Berbagai rupa kesejukan air terjun di Penimbung

Image credit: riadymix

Meski namanya mirip, air terjun Penimbung dan Penimbungan adalah dua destinasi yang berbeda. Penimbung berada di Lombok Barat sementara Penimbungan di Lombok Utara. Air terjun Penimbung berada di desa Penimbung, Kecamatan Gunung Sari, Lombok Barat. Desa Penimbung memiliki beberapa spot air terjun yang bisa kamu kunjungi.

Image credit: lombokfriendly

Meski ada beberapa spot, semuanya masih disebut sesuai nama desanya saja. Air terjun di sini tidak terlalu tinggi, tetapi memiliki keunikan tersendiri. Ada air terjun kembar yang mengalir ke sebuah kolam alami. Kamu bisa lho berenang di kolam yang segar di sini. Lalu ada juga air terjun tersembunyi yang lokasinya tertutup oleh tebing-tebing dan kolam. Selanjutnya yang paling populer adalah air terjun yang aliran airnya cukup besar dan menghasilkan busa putih di atas bebatuan hitam. Semuanya fotogenik! Wajib bawa kamera kalau ke sini.

Lokasi: Desa Penimbung, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat.
Harga tiket masuk: Gratis

7. Menikmati kesegaran 6 pancuran dan 40 mata air di Hutan Lindung Sesaot

Image credit: masdenii

Berada di kaki Gunung Rinjani, Hutan Lindung Sesaot berhawa sejuk dan akan membuat siapa saja yang berkunjung merasa betah. Suasana hutan yang masih terjaga secara alami, ditambah dengan gemericik air kemanapun kaki melangkah akan membuat pikiran menjadi tenang. Semua masalah akan sejenak terlupakan.

Image credit: nirwanmulyawardana

Hutan ini konon memiliki 40 mata air yang pada akhirnya membentuk satu aliran sungai. Namun di kerimbunan Sesaot, ada beberapa titik yang wajib kamu kunjungi. Yang pertama adalah kolam Aiq Nyet yang berarti ‘kolam Air Dingin’. Kolam ini lebih terlihat layaknya danau alami dengan air yang selalu jernih. Lalu ada Pancor Enem, enam pancuran yang airnya tak pernah kering bahkan di musim kemarau. Jika lapar, warung-warung di sekitar kolam menawarkan makanan khas Lombok; Sate Bulayak yang menggugah selera.

Lokasi: Desa Sesaot, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat.
Jam buka: Setiap hari, 9.00 – 17.00
Harga tiket masuk: 5,000 IDR per orang

8. Laguna jernih dan pulau-pulau karang di Pantai Panggang

Image credit: vian.inside

Struktur pantai di bagian selatan Lombok kebanyakan bertebing batu tinggi dengan arus bawah yang kuat. Sedikit mirip dengan ujung selatan Bali di Tanjung Benoa, mulai Uluwatu hingga Gunung Payung. Hanya daerah yang berteluk saja yang bisa memiliki pantai dengan ombak tenang dan berpasir putih. Namun tebing dan bebatuan itu juga pesonanya tersendiri. Pantai Panggang menjadi buktinya.

Image credit: panz_lombok_liah

Cobalah nikmati keindahan keseluruhan Pantai Panggang dari atas bukit. Kamu akan melihat banyak pulau karang berceceran, selalu dihantam ganasnya gelombang. Tapi di tengah semua kengerian yang indah itu, ada satu spot tenang berupa laguna yang terlindung oleh tembok karang. Laguna bernama Tanjung Pengeroh ini mirip dengan Angel Billabong di Nusa Penida. Pas banget buat basah-basahan kalau cuaca lagi panas.

Lokasi: Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat.
Harga tiket masuk: Gratis

9. Uji nyali diving dikelilingi hiu di Teluk Belongas

Image credit: nonnida

Meski sarana jalan menuju teluk Belongas masih belum terlalu bagus, namun tempat ini menawarkan petualangan luar biasa bagi yang bernyali tebal. Pantai di teluk ini sangat panjang, berbentuk melengkung, serta memiliki pasir putih yang indah. Tak perlu ditanya lagi, pantai ini masih sangat alami. Tapi keindahan sebenarnya di teluk ini ada di bawah air.

Image credit: iva.icarver

Jika kamu hobi menyelam, rasakan sensasi menyelam bersama hiu di Magnet Point, sebuah titik penyelaman di lepas pantai Belongas. Kamu harus naik perahu untuk bisa ke sana. Tidak semua orang diperbolehkan menyelam di sini karena lokasi ini sudah masuk kategori ekstrem. Hanya diver dengan lisensi khusus saja yang bisa bercengkrama dengan kumpulan hiu martil yang tinggal di sana.

Lokasi: Jalan Raya Sepi, Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat
Harga tiket masuk: Gratis

10. Serasa punya pantai pribadi di Mekaki

Image credit: bppdntb

Kalau kamu datang ke Pantai Mekaki, yang akan kamu dapat bukan cuma pantai yang indah, tetapi juga perjalanan yang berkesan. Sebelumnya pantai ini banyak disebut sebagai surga tersembunyi karena jarang dikunjungi wisatawan akibat aksesnya yang sulit. Tapi kini jalan menuju Mekaki sudah halus mulus. Jalanannya berkelok cantik dengan pemandangan perbukitan dan pantai yang aduhai. Ga akan sempat bosan deh selama di jalan.

Image credit: fajaralexa

Pantainya sendiri sangat panjang dengan pasir putih halus dan air yang relatif tenang. Belum banyak fasilitas yang bisa kamu nikmati di sini dan semuanya masih alami. Tapi kamu juga tak perlu khawatir soal pantai yang kotor atau terlalu penuh dengan wisatawan. Kalau datang pas hari kerja, dijamin Mekaki akan terasa seperti pantai pribadi milik kamu sendiri. Selain itu, pantai ini juga menjadi tempat diselenggarakannya event tahunan Mekaki Marathon yang memperlombakan lari marathon 5K dan 10K.

Lokasi: Jl. Raya Mekaki, Pelangan, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat.
Harga tiket masuk: Gratis

11. Keajaiban air terjun air asin di Pantai Nambung

Image credit: lalurizeka_jaya

Tak banyak air terjun yang langsung mengalir ke laut atau ke pantai di Indonesia. Lebih sedikit lagi air terjun yang mengalirkan air asin ke laut. Itulah yang bisa kamu temui di Pantai Nambung. Dari sebuah tebing karang di sisi laguna yang tenang, akan ada semburan air dan kemudian diikuti dengan air terjun setiap kali ada ombak yang datang. Air terjun ini punya nama lokal ‘Tanjung Jagog’.

Image credit: stepenpen

Ya, air terjun di Pantai Nambung memang tercipta dari ombak pasang yang menghantam karang, kemudian dialirkan ke sisi lainnya. Meski tidak berlangsung terus menerus, tapi pertunjukan alami ini sangat spektakuler. Untuk sampai ke tempat wisata Lombok Barat ini, kamu harus berjalan melewati bebatuan karang. Kamu bisa berenang di laguna sambil menunggu disiram air terjun yang datang secara berkala itu. Sungguh seru.

Lokasi: Dusun Pengantap, Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat.
Harga tiket masuk: Gratis

12. Menjadi pengagum senja jingga di Bukit Malimbu

Image credit: barli8js

Kalau kamu menjelajahi pesisir barat Lombok, kamu bakal berkendara melewati jalan berliku naik dan turun. Jalan tepi pantai dari Mataram, melewati Senggigi, Malimbu, hingga Pamenang adalah rute yang istimewa. Memang menantang, tapi hadiahnya juga menggiurkan. Sepanjang jalan, kamu akan melihat pemandangan menakjubkan dari pantai-pantai dan perbukitan di perbatasan Lombok Barat dan Lombok Utara.

Image credit: zaqyiqbl

Cobalah datang ke Bukit Malimbu pada sore hari menjelang matahari tenggelam. Kamu akan dibuat terperangah dengan pemandangan emas jingga senja yang menggelora. Pilih salah satu sudut Malimbu untuk mengagumi langit yang berubah warna sebelum akhirnya gelap menutupinya. Dari Malimbu ini pula kamu bisa melihat Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gunung Agung di Bali dari kejauhan.

Lokasi: Bukit Malimbu I dan Malimbu II. Jalan Raya Malimbu, Pamenang
Harga tiket masuk: Gratis

Baca juga: 9 Tempat Makan Kuliner Lombok Wajib Coba Untuk Pengalaman Otentik

Jadi, sudah siap menjelajah tempat wisata di Lombok Barat? Pastikan kamu menyiapkan itinerary yang tepat agar bisa menjelajahi banyak keajaiban di bagian dunia yang menakjubkan ini.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru