12 Tempat Wisata Malam Asyik dan Populer di Semarang

Tahukah kamu Semarang menjadi kota yang asyik dijelajahi di pagi, siang, sore dan malam hari? Ya, salah satu kota terbesar dan paling sibuk di Jawa Tengah ini memiliki banyak hal yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari destinasi wisata kuliner yang seru, pemandangan alam yang mengesankan, wisata kota yang menarik dan masih banyak lagi lainnya. Bahkan, wisata malam Semarang bisa dikatakan menjadi salah satu aktivitas yang menarik untuk dilakukan.

Wisata malam Semarang memang memberikan warna baru untuk aktivitas liburan di ibu kota Jawa Tengah ini. Kamu bisa menemukan banyak hal yang menarik, bahkan eksotis, untuk dilakukan di malam hari saat berada di Semarang.

Penasaran dengan aktivitas wisata malam Semarang yang menarik untuk dilakukan? Yuk simak rekomendasi TripZilla Indonesia di bawah ini. Dijamin seru, deh!

1. Menikmati jajanan yang menggoda di kawasan Pecinan Waroeng Semawis

Image credit: Waroeng Semawis Semarang

Waroeng Semawis alias Pasar Malam Semawis berlokasi di kawasan Pecinan kota Semarang. Pasar ini sangat digemari karena menjual berbagai kuliner mulai dari yang khas Semarang hingga yang kekinian.

Image credit: Waroeng Semawis Semarang

Waroeng Semawis hanya buka pada akhir pekan jadi pastikan kamu mengosongkan agendamu agar dapat mengunjunginya! Kosongkan juga perutmu agar puas berwisata kuliner mulai dari hidangan halal hingga non halal. Harga setiap makanannya juga ramah di kantong, lho!

Lokasi: Jl. Gg. Warung No.50, Kauman, Kec. Semarang Tengah, Semarang
Jam Buka: Jumat – Minggu pukul 18.00 WIB – 22.00 WIB
Harga Tiket: Gratis

2. Meresapi nuansa kolonial yang kental di Lawang Sewu

Image credit: @d_n_s_p_t_4 

Lawang Sewu adalah bangunan bersejarah yang dulunya menjadi kantor pusat perusahaan kereta api swasta. Kini gedung yang bermakna seribu pintu ini juga memajang replika lokomotif uap dan berbagai koleksi yang berhubungan dengan perkeretaapian.

Image credit: @agusti_sadewa 

Tidak hanya koleksi-koleksinya yang menarik, bentuk bangunan Lawang Sewu pun mengesankan. Di dalamnya kamu dapat menjumpai mosaik kaca yang indah dan sangat banyak ruangan. Ditambah dengan pencahayaan yang menyinari bagian luar gedung, semuanya terlihat cantik banget!

Lokasi: Jl. Pemuda, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Semarang
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 21.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

3. Melihat figur dan taman yang menarik di Taman Indonesia Kaya

Image credit: @amg22_suka 

Taman Indonesia Kaya adalah ruang terbuka yang menarik untuk dikunjungi di malam hari. Sesuai dengan namanya, berbagai hal yang berbau Indonesia ada di sini. Bentuk-bentuk khas yang ada akan semakin menonjol berkat tata cahaya dan dijamin menggoda untuk dijadikan latar fotomu.

Image credit: @amg22_suka

Kamu akan disambut dengan dinding mural dan berbagai figur karakter wayang yang instagrammable. Ada pula panggung kesenian di mana kamu dapat menonton pertunjukan di waktu-waktu tertentu. Ketika berkeliling, nikmati juga keindahan taman bunga dan air mancur warna-warninya. Dijamin nyaman untuk tempat menghabiskan harimu!

Lokasi: Jl. Menteri Supeno No.11 A, Mugassari, Kec. Semarang Sel., Semarang
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

4. Semilirnya angin akan kamu rasakan sepanjang piknik di Dusun Semilir

wisata malam semarang
Image credit: Dusun Semilir Official Account

Dusun Semilir menjadi salah satu tempat wisata yang unik karena di malam hari, tempat ini semakin cantik untuk dipandang. Banyaknya lampu-lampu dan dekorasi yang bercahaya menjadikan pengalaman jalan-jalan di Dusun Semilir sangat mengesankan.

Image credit: Dusun Semilir Official Account

Aktivitas yang wajib dilakukan di sini tentunya adalah berburu foto. Selain itu kamu pun dapat mencoba berkeliling dengan menaiki gondola dan diakhiri dengan berwisata kuliner di sejumlah tempat makan yang ada. Sebelum pulang, sempatkan diri untuk berbelanja karena ada deretan toko cenderamata yang dapat kamu pilih di sini.

Lokasi: Jl. Soekarno Hatta No. 49, Bawen, Semarang
Jam Buka: Senin – Jumat pukul 10.00 WIB – 18.00 WIB, Sabtu – Minggu pukul 08.00 WIB – 20.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 25,000 IDR

5. Melihat pesona sungai Banjir Kanal Barat yang berbeda

Image credit: @nafhan.ramadhan 

Banjir Kanal Barat jadi salah satu tempat wisata malam gratis namun unik. Sungai ini sudah ditata sehingga nyaman untuk dikunjungi sepanjang hari. Pada malam hari, Banjir Kanal Barat sudah didukung pencahayaan yang bagus untuk dinikmati pengunjungnya.

Image credit: @adinugrohofaisal 

Daya tarik utamanya adalah Semarang Bridge Fountain yaitu air mancur menari yang berwarna-warni. Tidak heran kalau banyak warga yang gemar nongkrong di malam hari sebab panorama jembatan dan air mancurnya memang lain dari yang lain. Tertarik untuk ikut menikmati pesonanya?

Lokasi: Jl. Gedung Batu Tim. No.203 G, Ngemplak Simongan, Kec. Semarang Bar., Semarang
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

6. Wisata religi dan budaya yang lengkap di Kelenteng Sam Poo Kong

Image credit: @achmad_noer_cholis 

Kelenteng Sam Poo Kong yang luas dengan bangunan dan patung-patungnya yang megah sayang untuk dilewatkan saat kamu sedang berada di Semarang. Kelenteng yang masih digunakan untuk beribadah ini punya detil-detil mengagumkan yang bisa kamu amati. Setiap sudut di dalam kawasan Kelenteng Sam Poo Kong pun menarik untuk diabadikan. Kalau kamu membeli tiket terusan, kamu pun dapat berfoto dengan kostum dan mendapatkan kenang-kenangan. Asyik kan?

Lokasi: Jl. Simongan No. 129, Semarang Barat, Semarang
Jam Buka: Senin – Jumat pukul 08.00 WIB – 20.00 WIB, Sabtu – Minggu pukul 07.00 WIB – 20.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

7. Makan malam yang bersahaja dan berkesan di Angkringan Kampung Jawi

Image credit: Kampung Jawi Kampung Tematik

Ingin mengisi perut dengan suasana yang tidak biasa? Datang saja ke Angkringan Kampung Jawi yang buka dari sore hingga malam hari. Kamu akan makan dalam suasana temaram diterangi lampu minyak dengan atmosfer khas pedesaan. Sedikit gelap tapi dengan banyaknya pilihan makanan, kamu akan betah berlama-lama di sini.

Image credit: Kampung Jawi Kampung Tematik

Kios-kios yang menjual menu dengan harga terjangkau sudah menantimu. Tidak perlu takut akan terasa sepi karena di Angkringan Kampung Jawi sering diadakan hiburan seperti pentas tari, ketoprak, wayang atau baca puisi. Makan sambil menonton pementasan terasa lebih menyenangkan!

Lokasi: Jl. Kalialang Lama, RT.02/RW.01, Sukorejo, Kec. Gn. Pati, Semarang
Jam Buka: Setiap hari, 17.00 WIB – 22.00 WIB
Harga Tiket: Gratis

8. Peningmu akan hilang berkat keindahan Danau Rawa Pening

Image credit: @syahrulbhtr_ 

Danau Rawa Pening punya keindahan yang akan menghipnotis matamu. Udara segar, air danau yang bening dan tenang menyenangkan untuk dinikmati. Selain itu pemandangan danau yang dikelilingi pegunungan sungguh menarik untuk dilihat. Kamu dapat naik ke anjungan dan melihat danau dari ketinggian. Meskipun sederhana namun dijamin tidak membosankan!

Lokasi: Jl. Lingkar Selatan Kilometer 3, Ambarawa, Semarang
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

9. Berlama-lama berkeliling sampai puas di Kota Lama Semarang

wisata malam semarang
Image credit: @ronnyjonathan 

Kota Lama Semarang adalah kawasan yang sangat terkenal dan digemari karena banyaknya bangunan tua nan cantik. Pada malam hari, gemerlap Kota Lama Semarang akan menarik perhatianmu dan menggodamu untuk mengunjunginya.

wisata malam semarang
Image credit: @idhayhidayat

Ada banyak bangunan dengan desain kolonial yang seru untuk diabadikan. Ada pula trick art museum untuk kamu yang ingin mencoba foto dengan latar yang unik. Kalau kamu penyuka barang antik, maka ada Pasar Sentiling untuk disambangi. Tentunya juga banyak lokasi untuk berwisata kuliner di sini. Jika tidak ingin berjalan kaki, kamu dapat menyewa sepeda onthel atau vespa dengan tambahan biaya.

Lokasi: Jl. Letjen Suprapto No.31, Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Semarang
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

10. Melihat Simpang Lima Semarang yang makin heboh di malam hari

Image credit: @meltoy.photo

Jika berkunjung ke Simpang Lima ketika hari masih terang, kamu akan menemukan lapangan yang enak untuk beristirahat. Namun saat malam tiba, Simpang Lima justru terlihat lebih seru untuk gaul sambil merasakan kehidupan kota Semarang. Lapangan Pancasila yang ada di tengah Simpang Lima menjadi spot untuk pertunjukan seni budaya atau konser musik di waktu tertentu. Kamu bisa jajan sampai puas di pedagang kaki lima yang tersebar di seantero lapangan. Lanjutkan dengan bermain sepeda atau kereta kayuh dengan lampu warna-warni bersama teman-temanmu. Pasti jadi pengalaman yang tidak akan terlupakan!

Lokasi: Lamper Lor, Kecamatan Semarang Selatan, Semarang
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

11. Melihat Tugu Muda, salah satu monumen bersejarah di Semarang

wisata malam semarang
Image credit: @meltoy.photo 

Tugu Muda yang tidak kalah menariknya di malam hari ini merupakan monumen bersejarah yang awalnya dibangun pada tahun 1945. Tugu Muda dibangun dalam rangka mengenang perjuangan rakyat Indonesia dalam Pertempuran Lima Hari. Jika dilihat, Tugu Muda memiliki bentuk menyerupai lilin. Memang benar karena bagian puncak tugu yang berbentuk api yang menyala melambangkan semangat berjuang yang tidak pernah padam. Banyak detil-detil lain yang ada di tugu yang menyenangkan untuk dipelajari. Taman di sekitarnya sudah ditata rapi dan akan membuatmu lebih nyaman untuk berjalan santai di malam hari.

Lokasi: Jl. Pandanaran, Mugassari, Kec. Semarang Sel., Semarang
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

12. Melihat lampu kota yang menjadi daya tarik di Bukit Gombel

wisata malam semarang
Image credit: @ilham_jaya_andika 

Selagi masih di Semarang, mampirlah ke Bukit Gombel untuk menikmati pemandangan kota. Kelap-kelip lampu yang dapat dilihat dari ketinggian membuat banyak orang gemar mengunjungi Bukit Gombel. Memang seseru apa sih rasanya? Coba saja sendiri, sambil ditemani segelas kopi panas atau jagung bakar. Ini aktivitas yang tidak membuat kantongmu bolong tapi menyenangkan lho!

Lokasi: Jl. Dr. Setiabudi No. 5A, Tinjomoyo, Banyumanik, Semarang
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

Baca juga: 21 Destinasi Wisata Kuliner Malam Nikmat Untuk Dicicipi Di Semarang

Wisata malam Semarang tidak kalah seru dibandingkan dengan wisata ketika pagi atau siang hari. Memang selalu ada tempat asyik untuk dikunjungi sepanjang hari di Semarang. Datang lagi yuk ke Semarang!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru