Unik Dan Keren Banget, Tempat Wisata Di Palu Ini Wajib Dikunjungi!

Palu, ibu kota provinsi Sulawesi Tengah, tidak banyak terdengar sebagai tujuan wisata dan liburan. Bisa jadi kali terakhir kamu mendengar tentang Palu adalah ketika bencana tsunami melanda kota ini di tahun 2018. Padahal, Palu juga memiliki berbagai pilihan objek wisata yang menarik.

Kota yang berbatasan dengan Kabupaten Donggala, Kabupaten Sigi dan Kabupaten Parigi Moutong ini dikelilingi pegunungan sehingga pemandangan indah bisa dinikmati dari tiap sudutnya. TripZilla Indonesia merekomendasikan sejumlah tempat wisata asyik di Palu, yang daftarnya bisa dilihat di bawah ini!

1. Mencicipi rasa sejarah di Sou Raja

Image credit: @amirinhega

Sepotong nuansa sejarah dapat kamu rasakan di Sou Raja. Sou Raja sendiri adalah rumah adat yang disebut juga sebagai Banua Oge. Rumah yang dahulu ditinggali para bangsawan saat ini dibuka bagi pengunjung yang ingin mempelajari kebudayaan kota Palu di masa lalu.

Image credit: @like_palu

Bangunan yang masih dalam bentuk aslinya ini bisa kamu jelajahi. Di dalamnya, kamu dapat melihat ruangan-ruangan yang tertata rapi dengan perabotan kunonya. Sou Raja terawat karena dijaga oleh masyarakat. Jika ingin memasuki Sou Raja, kamu wajib mematuhi peraturan setempat karena rumah ini merupakan bangunan yang disakralkan.

Lokasi: Jl. Pangeran Hidayat, Lere, Kec. Palu Barat, Kota Palu, Sulawesi Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 06.00 WITA – 18.00 WITA
Harga Tiket: Gratis

2. Mengagumi megahnya Monumen Nosarara Nosabatutu

wisata palu
Image credit: @maswidhy

Nama Nosarara Nosabatutu bermakna “kita bersaudara, kita bersatu” yang diambil dari bahasa Kaili. Sejalan dengan namanya, di atas monumen ini kita dapat melihat tugu perdamaian yang semakin menambah kemegahan bangunan.

Image credit: @firmanhussein_

Kamu bisa melihat keindahan kota Palu dari ketinggian di lantai ketiga monumen ini. Begitu turun ke bawah, beranjaklah ke spot lain yang masih berdekatan yaitu Gong Perdamaian Nusantara. Gong ini tidak hanya cantik untuk diabadikan, namun setiap lambang di dalamnya pun punya makna filosofis. Keren, kan?

Lokasi: Jl. Soekarno Hatta, Tondo, Mantikulore, Kota Palu, Sulawesi Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WITA – 22.00 WITA
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

3. Berolahraga sambil menjelajahi Taman GOR

Image credit: @r4nstagram

GOR adalah kependekan dari Gelanggang Olah Raga sehingga tidak heran jika warga setempat memanfaatkan taman ini untuk berolahraga. Taman yang cukup luas, tertata dan dikelilingi pepohonan memang mendukung bagi kamu yang ingin bergerak sambil menghirup udara segar.

Image credit: @juansimangunsong

Daya tarik lain di dalam Taman GOR ini adalah patung Soekarno yang dibangun guna mengingat kunjungan Bung Karno ke taman ini untuk berpidato di tahun 1957. Setelah puas menikmati suasana di Taman GOR, kamu juga bisa berwisata kuliner di pusat jajanan yang tersedia.

Lokasi: Besusu Tengah, Palu Timur, Kota Palu, Sulawesi Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

4. Meresapi suasana damai di Pantai Talise

wisata palu
Image credit: @chapoenkphoto

Pantai Talise memiliki pemandangan yang cantik dengan latar belakang Pegunungan Gawalise. Kalau kamu berkunjung di waktu-waktu tertentu, kabut yang turun akan membuat suasana terasa damai. Uniknya, kamu dapat menjumpai buaya di Pantai Talise, jadi berhati-hatilah ketika melangkah ya!

wisata palu
Image credit: @eciieklesia

Pantai Talise ramai dikunjungi untuk memancing atau berenang karena airnya yang jernih. Dikelilingi pohon ketapang yang disebut juga sebagai talise, pantai ini juga memiliki area tambak garam. Belum tentu hal-hal seperti ini dapat kamu temukan di pantai-pantai lain, kan?

Lokasi: Jl. Komodo, Talise, Mantikulore, Kota Palu, Sulawesi Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

5. Melirik benda-benda bersejarah di Museum Negeri Provinsi Sulawesi Tengah

Image credit: @agussangkal__

Palu sarat dengan sudut-sudut bersejarah dan tempat yang sayang untuk dilewatkan adalah Museum Negeri Provinsi Sulawesi Tengah. Di museum ini, ragam koleksi benda bersejarah seperti pakaian adat, keramik dan ukiran yang jumlahnya mencapai ribuan dapat kamu nikmati. Berfoto di depan koleksi yang berukuran besar juga menarik untuk dilakukan karena kamu akan mendapatkan latar unik yang sulit ditemukan di tempat lain. Yuk luangkan waktu untuk berkunjung ke sini!

Lokasi: Jl. Kemiri No.23, Kamonji, Kec. Palu Barat, Kota Palu, Sulawesi Tengah
Jam Buka: Senin – Sabtu, pukul 07.30 WITA – 17.00 WITA
Harga Tiket: Mulai dari 3,000 IDR

6. Melihat ombak dari gazebo di Pantai Taipa

wisata palu
Image credit: @ivan_jonadie

Pantai Taipa yang indah ini sempat hancur diterjang tsunami. Namun saat ini, pantai sudah tertata dan kamu bisa melayangkan pandang ke laut sambil duduk manis di gazebo. Pemandangan semakin indah lagi dengan siluet Gunung Gawalise yang megah.

wisata palu
Image credit: @sarlindah_

Di permukaan, pasir putih pantai akan menyambutmu. Berfoto dengan gaya apa pun dijamin hasilnya akan menarik. Di bawah laut, Pantai Taipa menyimpan kecantikan terumbu karang untuk dijelajahi. Kalau tidak ingin berenang di laut, kamu bisa berjalan sedikit dan menemukan kolam renang dengan berbagai wahana. Lengkap dan menyenangkan!

Lokasi: Jl. Pantai Taipa, Taipa, Palu Utara, Kota Palu, Sulawesi Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WITA – 18.00 WITA
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

7. Mengunjungi spot ikonik Masjid Apung Arqam Baburahman

wisata palu
Image credit: @mediaindonesia

Dikatakan sebagai masjid apung karena masjid ini terletak di pesisir pantai dan seakan-akan terapung di permukaan laut. Masjid Apung Arqam Baburahman menjadi makin populer karena tetap berdiri walau diterjang tsunami beberapa tahun lampau. Saat ini banyak warga yang datang untuk mengenang peristiwa bencana alam tersebut. Jika sedang berada di Palu, masjid ikonik ini layak dikunjungi agar liburanmu makin berkesan.

Lokasi: Jalan Cumi Cumi, Lere, Palu Barat, Kota Palu, Sulawesi Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

8. Berparalayang dari puncak Bukit Salena

Image credit: @fahryancuu

Ingin jalan-jalan melihat cantiknya alam kota Palu? Maka Bukit Salena wajib dimasukkan ke dalam bucket list. Selain pemandangan alamnya luar biasa indah dari puncak bukit, kamu juga bisa berparalayang di sini.

Image credit: @haku7719

Perjalanan ke puncak Bukit Salena cukup menantang karena medannya terjal. Tetapi bukit ini tetap digemari oleh warga sekitar. Jalanan yang sulit dilalui justru menjadi tantangan bagi kamu yang ingin berpetualang lho!

Lokasi: Buluri, Palu Barat, Kota Palu, Sulawesi Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

9. Piknik santai di tepi Danau Sibili

wisata palu
Image credit: @simpe____

Danau Sibili menawarkan panorama yang asri dan cantik. Cocok dikunjungi jika kamu ingin duduk santai sambil mengobrol atau piknik ketika hari cerah. Warga sekitar pun membudidayakan ikan mas di Danau Sibili. Kalau ingin berkeliling danau, kamu juga bisa menyewa rakit dari penduduk setempat.

Lokasi: Jl. Pengga Lembah, Pantoloan, Tawaeli, Kota Palu, Sulawesi Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

10. Bermain atau berolahraga di Taman Vatulemo

Image credit: @brown.asfoto_20

Taman Vatulemo merupakan taman kota yang populer di Palu. Selain ditata dengan rapi, banyak aktivitas yang dapat dilakukan di sini.

Image credit: @haku7719

Kamu bisa berolahraga, jajan atau menyewa mainan untuk si kecil. Lokasinya berada di depan kantor Walikota Palu dan ramai dikunjungi oleh komunitas lokal. Jadi kalau kamu ingin melihat kehidupan warga setempat dan komunitasnya, boleh juga bersantai dan wisata di taman Kota Palu ini.

Lokasi: Jl. Balai Kota Timur Tanamodindi Mantikulore, Lolu Utara, Kec. Palu Sel., Kota Palu, Sulawesi Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

Baca juga: 12 Tujuan Wisata Sulawesi Tengah, Dari Situs Megalitikum Sampai Pulau Eksotis

Kota Palu masih kental dengan adat istiadat dan juga peninggalan sejarah. Berwisata ke kota ini bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan tidak terlupakan. Siap berangkat dan wisata ke Palu?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru