12 Tujuan Wisata Sulawesi Tengah, Dari Situs Megalitikum Sampai Pulau Eksotis

Pasca gempa bumi dan tsunami yang melanda Sulawesi Tengah pada bulan September 2018, warga lokal dan pemerintah daerah segera memulihkan diri. Destinasi wisata Sulawesi Tengah pun telah banyak yang direhabilitasi dan dipugar agar wisatawan kembali berdatangan. Jadi, kamu tak perlu khawatir jika ingin traveling ke Palu dan sekitarnya.

Ada apa saja di Sulawesi Tengah? Wah, tujuan wisata Sulawesi Tengah cukup beragam. Danau, air terjun, pantai, hingga situs megalitikum ada di berbagai pelosok – bahkan beberapa destinasi wisata yang terletak tidak jauh dari bandar udara utama Palu, Bandara Mutiara SIS Al-Jufrie. Penasaran? Berikut ulasan Tripzilla.

1. Mencari Ketenangan di Danau Poso, Kabupaten Poso

Image credit: @mujaddid_ahmad

Memiliki kedalaman 450-500 meter, wajar jika Danau Poso menjadi danau terdalam ketiga di Indonesia. Selain itu, dengan panjang 32 km dan lebar 16 km, Danau Poso merupakan salah satu dari danau terbesar di Indonesia. Berada pada ketinggian 657 mdpl, ini adalah tempat yang tepat untuk berwisata alam. Kamu bisa menginap di pinggir danau untuk sekadar refreshing, atau menyusuri danau dengan perahu.

Image credit: @yolland_su

Pada siang hari, disarankan untuk menjelajah kebun cengkeh yang berada di sekeliling danau. Sesaat sebelum matahari terbenam, merapatlah ke tepi danau yang berpasir kekuningan layaknya pantai – dan cicipi ikan sogili bakar, kuliner khas Poso. Sungguh liburan yang nikmat!

Lokasi: Kota Tentena, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah
Cara Menuju Lokasi: Terbang ke Bandar Udara Mutiara SIS Al-Jufrie – Palu, dan melanjutkan perjalanan sejauh 280-an km (sekitar 8 jam) dengan bus; atau terbang ke Bandar Udara Kasiguncu – Poso, dan menempuh jarak 56 km untuk mencapai Danau Poso.

2. Mensyukuri Kekayaan Alam Indonesia di Dataran Tinggi Napu, Kabupaten Poso

Image credit: @achmadsatria

Meskipun berada di dataran tinggi, sebenarnya wisata Sulawesi Tengah yang satu ini merupakan sebuah lembah dengan padang rumput yang luas. Oleh karena tanahnya sangat subur, daerah ini dijadikan tempat budidaya hortikultura. Kamu bisa melihat beragam buah-buahan dan sayur-sayuran, seperti sedang berada di kawasan agrowisata.

Image credit: @dicky_oping

Dataran Tinggi Napu membentang di antara empat desa, yaitu: Desa Sedoa, Wuasa, Wanga, dan Watutau. Setiap sudut area ini mengundangmu untuk menjelajah, dari mulai padang ilalang, hutan pinus, sungai berbatu dengan air yang sejuk (konon airnya bisa langsung diminum), dan masih banyak lagi. Sebuah destinasi wisata yang luar biasa!

Lokasi: Kecamatan Lore Utara dan Lore Peore, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah
Cara Menuju Lokasi: Terbang ke Bandar Udara Kasiguncu – Poso, dan melanjutkan perjalanan darat sejauh 140 km.

3. Seru-seruan dengan Teman-teman di Alam Bebas di Danau Tambing, Kabupaten Poso

Image credit: @rzkid

Kegiatan apa yang lebih afdal untuk dapat menikmati keindahan alam sepuasnya? Ya, berkemah! Dirikan tendamu dan menginap satu-dua malam di pinggir Danau Tambing. Ketika gelap semakin pekat, kamu bisa memandangi langit penuh bintang. Ditambah dengan adanya teman-teman dekat, suasana pun tetap hangat meskipun wisata Sulawesi Tengah ini berada pada ketinggian 1,700 mdpl. Liburan yang istimewa!

Image credit: @yudhakaryo

Danau Tambing yang merupakan bagian dari Taman Nasional Lore Lindu ini, adalah rumah bagi lebih dari 260 jenis burung – dengan hampir setengahnya hanya bisa kamu temukan di sini. Oleh karena lokasi Danau Tambing cukup strategis, tempat ini menjadi pilihan untuk anak muda Palu dan sekitarnya untuk menghabiskan akhir pekan. Penasaran?

Lokasi: Desa Sedoa, Kecamatan Lore Utara, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah
Cara Menuju Lokasi: Terbang ke Bandar Udara Mutiara SIS Al-Jufrie – Palu, dan melanjutkan perjalanan sejauh 90 km melewati Jalan Trans Palu-Napu.

4. Wisata Bukit Plus Pantai di Pulo Dua, Kabupaten Banggai

Image credit: @gypsyandthepostcard

Melihat foto di atas mungkin akan membawa ingatanmu ke Pantai Kelingking di Nusa Penida, betul? Baru-baru ini, Pulo Dua menjadi destinasi wisata yang ngehits karena sangat instagrammable. Bukit yang eksotis atau pantai yang cantik, bisa banget eksplorasi keduanya di satu tempat.

Image credit: @migho_litiloly

Tanggal 25 hingga 28 Juli yang lalu, Festival Pulo Dua diselenggarakan untuk menarik minat wisatawan. Sejumlah kegiatan diadakan, termasuk: berenang massal, menyelam di 21 diving spot di sekitar pulau, parade perahu nelayan, paragliding, dan pameran kuliner. Masukkan destinasi wisata ini dalam daftar rencana traveling-mu, dan pastikan kamu tidak ketinggalan Festival Pulo Dua tahun depan!

Lokasi: Balantak, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah
Cara Menuju Lokasi: Terbang ke Bandar Udara Syukuran Aminuddin Amir – Banggai; lalu melanjutkan perjalanan dengan mobil sewaan sejauh 130 km.

5. Piknik Asyik di Pantai Enu, Kabupaten Donggala

Image credit: @feldazulfiana

Walaupun wilayah Donggala sempat runtuh karena gempa, sekarang kamu sudah bisa kembali mengunjungi Pantai Enu. Terletak di sebelah utara Kota Palu, masyarakat Sulawesi Tengah kerap menyebut pantai ini dengan nama Pantai Barat. Ombak yang tenang dan karang batu yang cantik – dua faktor utama mengapa warga lokal senang menghabiskan waktu di sini.

Image credit: @uned_una

Ada banyak kudapan khas Sulawesi Tengah yang bisa kamu coba di seputar Pantai Enu, sebut saja: uta kelo, duo, dan uvempoi. Tak perlu khawatir kelaparan jika berenang di sini – atau jika kamu membawa camilan sendiri, pastikan kamu membereskan sampahmu, ya!

Lokasi: Desa Enu, Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah
Cara Menuju Lokasi: Terbang ke Bandar Udara Mutiara SIS Al-Jufrie – Palu, dan melanjutkan perjalanan sejauh 50 km.

6. Destinasi Pantai dengan Kesan Mewah – Pantai Kaluku, Kabupaten Donggala

Image credit: @djuhrieghy

Kabupaten Donggala punya beberapa pantai cantik, seperti Pantai Kaluku yang memberikan kesan bak pantai pribadi. Wisata Sulawesi Tengah yang satu ini memiliki berbagai keunikan, seperti garis pantai berpasir putih yang cukup lebar, serta air kebiruan yang jernih. Benar-benar bikin betah!

Image credit: @orangkaili

Pantai Kaluku baru mulai dikenal wisatawan sekitar tiga tahun terakhir, lho. Makanya, masih lumayan sepi dibandingkan tujuan wisata lainnya. Tapi tenang, sudah ada saung-saung yang dibangun di tepi pantai untuk tempatmu bersantai.

Lokasi: Limboro, Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah
Cara Menuju Lokasi: Terbang ke Bandar Udara Mutiara SIS Al-Jufrie – Palu, dan melanjutkan perjalanan sejauh 54 km.

7. Berpetualang Menemukan Air Terjun Sampala, Kabupaten Morowali

Image credit: @intanwatulingas

Ingin liburan berkonsep petualangan? Kabupaten Morowali punya beragam destinasi wisata alam yang patut kamu coba, dan untuk mencapai sebagian dari tempat wisata tersebut dibutuhkan usaha ekstra. Bagaikan menyibak permata tersembunyi, pasti ini menjadi tantangan tersendiri untuk kamu. Sebagai contoh, untuk tiba di Air Terjun Sampala ini kamu harus melakukan trekking sejauh kurang-lebih 1,5 km. Lumayan melelahkan, tapi worthy!

Image credit: @john_trisatya

Berdekatan dengan Air Terjun Sampala, ada Pemandian Tompaika/Tompa Ika, yaitu kolam alami yang arusnya lebih tenang. Saat musim hujan, tentu saja kedalaman kolam akan bertambah – tetapi masih tetap aman untuk berendam kok. Cocok untuk traveler yang ingin bermain air sepuasnya.

Lokasi: Desa Sakita, Kabupaten Morowali
Cara Menuju Lokasi: Terbang ke Bandar Udara Maleo Morowali, dan melanjutkan perjalanan sejauh 60 km.

8. Menjelajah Miniatur Raja Ampat di Pulau Sombori, Kabupaten Morowali 

Image credit: @christinasusilo

Kamu tidak salah baca, destinasi wisata yang satu ini bukan Raja Ampat, melainkan Pulau Sombori yang berada di Sulawesi Tengah. Kawasan konservasi ini terdiri dari belasan pulau kecil dengan pantai yang ‘gagah’ – demikian warga setempat menjuluki tujuan wisata yang elok nan indah. Jika kamu hendak berwisata ke sini, tempat untuk menginap tersedia di Pulau Labengki, yang masih berada di satu kawasan.

Image credit: @queenchaidy

Beberapa spot yang harus kamu datangi di Pulau Sombori antara lain: Pulau Kayangan yang memiliki pantai yang lumayan luas; Puncak Kaihanga 2 dimana kamu bisa melihat sekeliling Pulau Sombori; Danau Tobelo yang super jernih; serta Goa Allo yang hanya bisa dicapai dengan perahu kecil dan akses masuknya hilang ketika laut pasang. Menarik, kan?

Lokasi: Matarape, Kepulauan Menui, Kabupaten Morowali
Cara Menuju Lokasi: Terbang ke Bandar Udara Maleo Morowali, lanjut perjalanan dengan mobil selama kurang lebih 30 menit ke Pelabuhan Bungku, dan menggunakan speedboat selama 2 jam ke Pulau Sombori.

9. Menapaki Jejak Sejarah di Taman Nasional Lore Lindu

Image credit: @donnypalutok80

Berwisata di Sulawesi Tengah belum lengkap jika belum menjejakkan kaki di Taman Nasional Lore Lindu. Kawasan yang merupakan habitat mamalia asli terbesar di Sulawesi ini terdiri dari Suaka Margasatwa Lore Kalamanta, Hutan Wisata Danau Lindu, dan Suaka Margasatwa Sopu Gumbasa. Kamu akan berdecak kagum memandangi fauna unik nan eksentrik, seperti binatang pemakan daging terbesar di Sulawesi, musang Sulawesi; kera hantu (Tangkasi); kera kakaktonkea; kuskus marsupial; dan masih banyak lagi.

Image credit: @wherearethefinks

Di Taman Nasional Lore Lindu, kamu juga bisa menemukan patung-patung megalit yang usianya mencapai ratusan, bahkan ribuan tahun. Terdapat setidaknya 1,400-an monumen batu yang tersebar di kawasan ini, dengan beragam bentuk seperti: badan manusia; jambangan atau piringan besar yang mungkin dulunya adalah tempat persediaan air; tiang penyangga tempat tinggal; dan sebagainya. Unik banget!

Image credit: @naa_bawotong

Lokasi: Katoe, Watutau, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah
Cara Menuju Lokasi: Terbang ke Bandar Udara Mutiara SIS Al-Jufrie – Palu, dan melanjutkan perjalanan sejauh 140 km.

10. Bantu Promosikan Air Terjun Marondo, Kabupaten Tojo Una-una

Image credit: @faisal.agi

Kabupaten Tojo Una-una adalah kabupaten hasil pemekaran wilayah Kabupaten Poso yang baru berdiri sendiri pada tahun 2003. Di wilayah ini, terdapat banyak destinasi wisata Sulawesi Tengah yang belum dieksplorasi. Misalnya Air Terjun Marondo ini, sangat sedikit informasi untuk mencapainya – tapi bukan berarti harus dihapuskan dari daftar kunjung. Pesonanya sayang untuk dilewatkan!

Image credit: @zallong_

Pedesaan yang masih asri, berpadu dengan wisata alam yang menyejukkan. Sembari menjelajah untuk menemukan letak Air Terjun Marondo, kamu akan dihibur dengan suasana yang masih alami.

Lokasi: Desa Kalemba, Kabupaten Tojo Una-una
Cara Menuju Lokasi: Terbang ke Bandar Udara Tanjung Api – Tojo Una-una, lalu melanjutkan perjalanan dengan ‘pemandu’ yaitu warga setempat.

11. Memeluk Keberagaman di Tugu Perdamaian Nosarara Nosabatutu, Kota Palu

Image credit: @aridaeng

Singgah di kota Palu, bukan berarti tidak ada tempat wisata indah yang bisa kamu kunjungi. Berlokasi di puncak Bukit Jabal Nur, Palu, terdapat tugu dan gong yang dibangun untuk mengingatkan persatuan dan perdamaian masyarakat Sulawesi Tengah pasca konflik komunal yang terjadi di Poso pada rentang tahun 1998-2000.

Image credit: @sunutriwasono

Dari lantai tiga bangunan tugu, kamu bisa melihat keindahan Kota Palu dan Teluk Palu. Saat matahari terbenam, keindahannya sulit diungkapkan dengan kata-kata!

Lokasi: Palu Timur, Tondo, Kota Palu, Sulawesi Tengah
Cara Menuju Lokasi: Terbang ke Bandar Udara Mutiara SIS Al-Jufrie – Palu, dan melanjutkan perjalanan sejauh 12 km.

12. Kabur dari Keramaian di Ampana, Kabupaten Tojo Una-una

Image credit: @sulhammapu

Di samping Kepulauan Togean, Ampana juga merupakan kawasan pantai dan kepulauan yang masih amat sangat sepi. Sebagian besar pulau yang berada di sini bahkan belum berpenghuni. Buat kamu pecinta wisata bahari, harus segera mengunjungi Ampana sebelum daerah ini ramai oleh wisatawan!

Image credit: @reconnect.id

Polusi di daerah ini masih sangat minim, sehingga Ampana merupakan surga bagi pecinta snorkeling. Ampana sendiri adalah ibu kota Kabupaten Tojo Una-una, dan terdapat berbagai pilihan akomodasi di kota Ampana untuk kamu menginap. Kamu bisa meminta warga setempat untuk mengantarmu ke pulau-pulau eksotis di sekitar Ampana dengan perahu mereka. Wisata yang pamungkas untuk menutup perjalananmu di Sulawesi Tengah.

Lokasi: Kabupaten Tojo Una-una
Cara Menuju Lokasi: Terbang ke Bandar Udara Tanjung Api – Tojo Una-una.

Baca Juga: Wisata Di Kepulauan Togean, 6 Aktivitas untuk Pengalaman Tidak Terlupakan

Yuk, dukung usaha rehabilitasi dengan berkunjung dan mempromosikan destinasi wisata Sulawesi Tengah lewat media sosialmu. Kapan kamu akan berwisata ke sini?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru